fbpx

AMD FidelityFX Super Resolution, Manjakan Mata dan Maksimalkan Gaming-mu

Intro FidelityFX Super Resolution

Dalam bermain game, tentu semua orang ingin mendapatkan grafis yang dapat memanjakan mata. Namun, demi bisa mendapatkan grafis yang cukup memukau, harus mengorbankan performa FPS (Frame Per Second) dalam menunjangnya. Hal ini, AMD menghadirkan sebuah solusi teknologi untuk memberikan performa yang tinggi, namun tanpa mengorbankan kualitas grafis yang memukau dalam bermain game. Pada Computex 2021 lalu, AMD memperkenalkan AMD FidelityFX Super Resolution.

AMD FidelityFX Super Resolution atau biasa disebut FSR merupakan fitur teknologi canggih terbaru dari AMD yang mampu meningkatkan kualitas grafis dari game yang kamu mainkan, namun secara bersamaan juga meningkatkan performa FPS dalam menjalankan game tersebut. Sangat menarik bukan? Secara garis besar, teknologi ini melakukan upscaling resolusi agar menghasilkan grafis yang lebih memukau, namun menjalankan pada resolusi yang kamu pakai supaya mendapatkan performa yang optimal.

 

Baca juga: Update Driver itu Penting! Ini Alasannya!

 

Cara Kerja AMD FidelityFX Super Resolution

Cara Kerja AMD FidelityFX Super Resolution

Secara sederhana, FidelityFX Super Resolution mengurangi resolusi render dari game untuk mendapatkan peningkatan performa FPS yang optimal. Kemudian, dengan algoritma canggih, FSR melakukan upscaling untuk mendapatkan detail gambar dan melakukan rekonstruksi. Setelahnya, gambar dinaikkan ke resolusi di atasnya guna mendapatkan kualitas gambar serta meningkatkan detail pixel. Hasilnya, gambar memiliki resolusi super dengan kualitas tepian gambar serta detail pixel yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan teknologi upscaling lainnya.

 

Berbagai Mode FSR untuk Keseimbangan antara Kualitas dan Performa

Berbagai Mode FSR untuk Keseimbangan antara Kualitas dan Performa

FidelityFX Super Resolution hadir dengan berbagai mode kualitas gambar yang berbeda. Gamer nantinya bisa memilih opsi untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik, hingga mementingkan performa tertinggi sesuai dengan keinginan. Berikut adalah empat mode yang hadir pada fitur FSR ini.

  • Ultra Quality” menghasilkan gambar FSR dengan kualitas tertinggi yang sulit dibedakan dengan rendering native pada resolusi target.
  • Quality” menghasilkan gambar FSR yang mirip dengan rendering native pada resolusi target dan menghasilkan performa tambahan.
  • Balanced” menghasilkan gambar FSR yang kurang lebih sama dengan rendering native pada resolusi target dan menghasilkan tambahan yang lebih.
  • Performance” menghasilkan gambar yang terlihat perbedaannya dengan rendering native pada resolusi target. Mode ini hanya dipilih di situasi kebutuhan performa yang tinggi.

Sebagai gambaran mengenai bagaimana berbagai mode bekerja pada resolusi 4K dan 1440p, berikut adalah tabel skala dan resolusi input.

MODE KUALITAS FSRSKALARESOLUSI INPUT UNTUK FSR PADA RESOLUSI TARGET 1440PRESOLUSI INPUT UNTUK FSR PADA RESOLUSI TARGET 4K
“Ultra Quality”1.3X per dimensi1970 x 11082954 x 1662
“Quality”1.5X per dimensi1706 x 9602560 x 1440
“Balanced”1.7X per dimensi1506 x 8472259 x 1270
“Performance”2.0X per dimensi1280 x 7201920 x 1080

 

Baca juga: Tingkatkan Gaming-mu dengan Mengurangi Latency Pakai Fitur Radeon Software!

 

Dukungan Developer untuk Berbagai API Gaming Modern

Dukungan Developer untuk Berbagai API Gaming Modern

AMD, mendukung developer dengan berbagai kode open source dalam menghadirkan FidelityFX Super Resolution pada platform GPUOpen. Karenanya, FSR mendukung berbagai API mulai dari DirectX 11, DirectX 12, hingga Vulkan. FSR juga mendukung berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS. Menariknya, karena hadir pada platform GPUOpen untuk berbagai developer, menjadikan teknologi FidelityFX Super Resolution mampu digunakan oleh berbagai kartu grafis mulai dari AMD Radeon™, hingga non-AMD* sekalipun.

 

Tak Hanya Tingkatkan Kualitas Grafis, Juga Berikan Performa Ekstra

Teknologi FidelityFX Super Resolution juga meningkatkan FPS dalam menjalankan game. Berikut hasil pengujian pada tiga game yang sudah mendukung teknologi FSR ini, yakni Terminator Resistance, Godfall, dan Rift Breaker dijalankan menggunakan beberapa kartu grafis AMD.

Performa FSR Radeon RX 6800 XT

Dengan menggunakan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800 XT, terlihat peningkatan performa yang sangat signifikan pada saat tidak menggunakan dan saat menggunakan teknologi FidelityFX Super Resolution. Seperti contohnya pada game Rift Breaker, yang awalnya mendapatkan sekitar 92 FPS, performanya meningkat hingga 243 FPS saat menyalakan teknologi FSR.

Performa FSR Radeon RX 6800M

Tidak hanya pada kartu grafis desktop, FidelityFX Super Resolution juga dapat digunakan bahkan pada kartu grafis mobile. Seperti pada saat menjalankan game Godfall, terdapat peningkatan performa hingga 42 FPS dari kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800M pada saat menggunakan teknologi FSR ini.

Performa FSR Radeon RX 580

Tidak terkecuali untuk kartu grafis seri lama pun seperti AMD Radeon™ RX 500 Series juga bisa menggunakan teknologi FidelityFX Super Resolution ini. Hebatnya. Peningkatan performa juga dapat dilihat secara signifikan seperti pada game Terminator Resistance, yang awalnya hanya mendapatkan sekitar 71 FPS, setelah menyalakan fitur FSR, bisa menembus performa di 133 FPS!

 

Baca juga: Telah Hadir! AMD Radeon™ Software Adrenalin Terbaru Tingkatkan Performa Gaming-mu!

 

Kesimpulan

Kesimpulan FidelityFX Super Resolution

AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) merupakan teknologi canggih yang memungkinkan gamer untuk dapat menikmati berbagai game dengan kualitas grafis yang memukau, namun juga dengan performa FPS yang optimal dan memuaskan. Tidak hanya bekerja di kartu grafis terbaru, teknologi canggih ini juga dapat digunakan pada kartu grafis seri lama sekalipun, bahkan tidak terkecuali kartu grafis non-AMD*. Empat mode FSR yang dapat dipilih memberikan pilihan pada gamer terhadap keseimbangan antara kualitas gambar dengan performa untuk memberikan akses gaming ke berbagai macam hardware dan perangkat gaming. Segala keuntungan dari teknologi canggih ini menjadikan FSR lebih baik daripada fitur upscaling lainnya.

 

Hingga saat artikel ini ditulis, ada beberapa game yang sudah mendukung teknologi FidelityFX Super Resolution ini. Di antaranya adalah:

Game FSR 1 Game FSR 2

 

*AMD tidak akan memberikan dukungan teknis maupun garansi terhadap pengaktifan FSR di kartu grafis non-AMD.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply