AMD Radeon™ RX 6600 XT: Performa Gaming 1080p Dengan Refresh Rate Tinggi

Intro Radeon™ RX 6600 XT

Setelah menggemparkan dunia PC Desktop dengan menghadirkan kartu grafis Radeon™ RX 6000 Series yang memiliki performa mumpuni dalam gaming 1440p dan 4K, kini AMD kembali menghadirkan kartu grafis terjangkau untuk gaming 1080p secara maksimal. Radeon™ RX 6600 XT, dihadirkan sebagai solusi ekonomis yang mampu memenuhi kebutuhan para gamer yang mendambakan performa gaming 1080p dengan refresh rate tinggi.

Sebagai kartu grafis yang masih masuk dalam keluarga AMD Radeon™ RX 6000 Series, Radeon™ RX 6600 XT mendukung sejumlah fitur yang sama mulai dari DirectX 12 Ultimate, Smart Access Memory, hingga FidelityFX Super Resolution. Kartu grafis juga ini melengkapi jajaran Radeon™ terbaru yang memiliki keunggulannya masing-masing seperti kabel PSU standar, arsitektur RDNA 2 dengan fabrikasi 7 nm, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6000 Series: Teknologi RDNA 2 Hadirkan Performa Gaming Teratas!

 

Spesifikasi

Intro RadeonSpesifikasi AMD Radeon™ RX 6600 XT™ RX 6600 XT

Radeon™ RX 6600 XT memiliki memori GDDR6 sebesar 8 GB yang dibantu oleh Infinity Cache sebesar 32 MB untuk memberi bandwidth yang lebih tinggi di berbagai aplikasi. Dari sisi chip GPU sendiri sudah dilengkapi oleh 32 compute unit dengan clockspeed hingga 2589 MHz. Clockspeed yang relatif tinggi tersebut mampu memberikan performa yang tinggi namun tetap irit karena kartu grafis ini hanya membutuhkan 1 x 8 power pin PCIe dan konsumsi daya maksimal 160 W saja.

 

Performa Gaming

Guru3D telah melakukan review dengan menggunakan MSI Radeon™ RX 6600 XT Gaming X. Semua pengujian gaming ini dilakukan pada resolusi 1080p pada beberapa judul game kekinian.

Assassin’s Creed: Valhalla

Assassin's Creed Valhalla

Assassin’s Creed Valhalla

Radeon™ RX 6600 XT | Ultra Quality

81 FPS

Game yang dibangun di atas engine AnvilNext 2 oleh Ubisoft ini memiliki kualitas grafis memukau walau tanpa raytracing sekalipun. Game ini menggunakan API DirectX 12. AMD Radeon™ RX 6600 XT menghasilkan rata-rata frame rate sebesar 81 FPS di resolusi 1080p. Termasuk menakjubkan karena mampu mengalahkan kartu grafis kompetitor sekelas yang rata-rata hanya menghasilkan 79 FPS.

 

Resident Evil Village

Resident Evil Village

Resident Evil Village

Radeon™ RX 6600 XT | Max Quality

200 FPS

Game dari CAPCOM ini dibangun dengan RE Engine dan menggunakan API DirectX 12. Pengaturan grafis pengujian menggunakan raytracing off untuk memberikan gambaran performa yang lebih mewakili skenario gamer pada umumnya. AMD Radeon™ RX 6600 XT mampu dengan mudah mencapai performa hingga 200 FPS pada game AAA satu ini.

 

Hitman 3

Hitman 3

Hitman 3

Radeon™ RX 6600 XT | Ultra Quality

173 FPS

Hitman 3 adalah game yang dipublikasikan oleh IO Interactive dan menggunakan API DirectX 12. Dengan detail grafis serta ambience yang menawan, tentunya membutuhkan spesifikasi mumpuni dalam memainkan game satu ini. AMD Radeon™ RX 6600 XT, lagi-lagi dengan mudah menjalankan game ini pada resolusi 1080p serta preset Ultra Quality dengan rata-rata 173 FPS.

 

The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher Wild Hunt

The Witcher 3: Wild Hunt

Radeon™ RX 6600 XT | Max Detail

130 FPS

Game yang dikembangkan oleh CD Projekt Red ini merupakan salah satu game legendaris yang menggunakan API DirectX 11. The Witcher 3 juga seringkali menjadi game patokan benchmark yang banyak digunakan. Kartu grafis AMD Radeon™ RX 6600 XT, pada resolusi 1080p serta preset Max Detail, dengan mudahnya melibas game satu ini dengan rata-rata 130 FPS.

 

Baca juga: Telah Hadir! AMD Radeon™ Software Adrenalin Terbaru Tingkatkan Performa Gaming-mu!

 

Performa Kreasi Konten

Guru3D, selain melakukan pengujian gaming, juga melakukan pengujian menggunakan beberapa software benchmark.

3DMark Fire Strike Ultra

3DMark adalah aplikasi benchmark yang biasa digunakan untuk mengukur kemampuan rendering dari sebuah kartu grafis. Pengujian yang dilakukan kali ini menggunakan skenario Fire Strike Ultra. Hasilnya, AMD Radeon™ RX 6600 XT mampu mendapatkan skor sebesar 6,619. Angka tersebut termasuk besar dibandingkan dengan kartu grafis milik kompetitor sekelas.

 

3DMark Time Spy

Selain itu, pengujian juga dilakukan pada skenario Time Spy. Dimana kartu grafis AMD Radeon™ RX 6600 XT ini mampu mencetak skor sebesar 9,868. Skor ini, merupakan skor yang cukup tinggi untuk ukuran kartu grafis di kelasnya.

 

Power Consumption

Pada pengujian konsumsi daya yang dilakukan oleh Guru3D, hasilnya terlihat sangat memukau. Pada kondisi idle, kartu grafis AMD Radeon™ RX 6600 XT hanya mengkonsumsi daya sekitar 7 Watt saja! Dimana kartu grafis sekelas milik kompetitor bahkan mengkonsumsi daya lebih dari 15 Watt pada saat yang sama.

Bahkan saat gaming, AMD Radeon™ RX 6600 XT memiliki efisiensi daya yang sangat baik, yakni konsumsi dayanya hanya sekitar 165 Watt saja.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6900 XT: Maksimalkan Kebutuhan Gaming 4K Serta Kreasi Kontenmu!

 

Kesimpulan

Kesimpulan Radeon RX 6600 XT

AMD Radeon™ RX 6600 XT, kartu grafis yang termasuk dalam seri RX 6000 dari AMD ini sangat patut dilirik oleh para gamer. Bagaimana tidak? Performanya yang terbilang unggul di kelasnya, mewujudkan gaming 1080p dengan monitor refresh rate tinggi. Mulai dari game AAA kekinian, hingga game esports, dapat dilibas dengan mudah hingga lebih dari 100 FPS.

Dukungan teknologi RDNA 2 berfabrikasi 7nm serta fitur premium seperti Smart Access Memory, Radeon Anti-Lag, FidelityFX Super Resolution, dan lainnya juga mendongkrak performa dari kartu grafis satu ini. Performa untuk content creation yang dihasilkan juga terbilang unggul di kelasnya. Hingga efisiensi daya yang menjadi daya tarik dari kartu grafis ini, memiliki konsumsi daya yang sangat rendah untuk kartu grafis berperforma tinggi. Tentu, AMD Radeon™ RX 6600 XT patut menjadi kartu grafis idaman para PC enthusiast di kelasnya.

Latest articles

Related articles

4 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here