fbpx

AMD Luncurkan Inovasi dan Produk yang Dapat Disesuaikan dengan Beban Kerja dalam Gelaran The Accelerated Data Center Premiere

— AMD meluncurkan akselerator seri AMD Instinct™ MI200, pratinjau prosesor AMD EPYC™ Generasi Ketiga dengan AMD 3D V-Cache, dan memberikan detail baru tentang rangkaian prosesor EPYC™ generasi berikutnya yang diperluas dukungan core CPU “Zen 4” dan “Zen 4c”

— Meta memilih CPU EPYC™ untuk data center nya —

 

SANTA CLARA, California, AS November 9, 2021 — AMD (NASDAQ: AMD) menyelenggarakan Accelerated Data Center Premiere  secara virtual, meluncurkan akselerator seri AMD Instinct™ MI200 baru, akselerator tercepat di dunia untuk high performance computing (HPC) dan artificial intelligence (AI), dan memberikan pratinjau prosesor AMD EPYC™ Generasi Ketiga yang inovatif dengan AMD 3D V-Cache. AMD juga mengungkapkan informasi baru tentang core prosesor “Zen 4” generasi berikutnya dan mengumumkan core prosesor “Zen 4c” baru, yang keduanya akan memberi daya pada prosesor server AMD masa depan dan dirancang untuk memperluas produk kepemimpinan perusahaan untuk pusat data.

“Kami berada dalam megasiklus komputasi performa tinggi yang mendorong permintaan akan lebih banyak komputasi untuk memberi daya pada layanan dan perangkat yang memberikan dampak pada setiap aspek kehidupan kita sehari-hari,” ucap Dr. Lisa Su, President and CEO, AMD. “Kami sedang membangun momentum yang signifikan di data center dengan portofolio produk terdepan kami, termasuk adopsi Meta dari AMD EPYC untuk mendukung infrastruktur mereka dan pembangunan Frontier, superkomputer exascale AS pertama yang akan didukung oleh prosesor EPYC dan AMD Instinct. Selain itu, hari ini kami mengumumkan berbagai produk baru yang membangun momentum itu dalam prosesor EPYC generasi berikutnya dengan inovasi baru dalam desain, kepemimpinan, teknologi pengemasan 3D, dan manufaktur performa tinggi 5 nm untuk lebih memperluas kepemimpinan kami di cloud, perusahaan dan pelanggan HPC.”

 

Meta Mengadopsi CPU EPYC [03:09 – 05:29]

AMD mengumumkan Meta adalah perusahaan cloud hyperscale besar terbaru yang telah mengadopsi CPU AMD EPYC untuk memberi daya pada data center nya. AMD dan Meta bekerja sama untuk mendefinisikan server soket tunggal terbuka, skala cloud, yang dirancang untuk performa dan efisiensi daya, berdasarkan prosesor EPYC Generasi Ketiga. Detail lebih lanjut akan dibahas pada Open Compute Global Summit akhir pekan ini.

 

Performa Data Center Mengendalikan Pengemasan Tingkat Lanjut [05:35 – 18:00]

AMD menjelaskan penggunaan teknologi pengemasan chiplet 3D yang inovatif di data center dengan CPU server pertama yang menggunakan die stacking 3D performa tinggi. Prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga dengan AMD 3D V-Cache, dengan kode nama “Milan-X,” mewakili langkah maju yang inovatif dalam desain dan pengemasan CPU, dan akan menawarkan peningkatan performa rata-rata 50% di seluruh beban kerja komputasi teknis[i] yang ditargetkan.

  • EPYC Generasi Ketiga dengan AMD 3D V-Cache akan menawarkan kemampuan dan fitur yang sama dengan prosesor EPYC Generasi Ketiga sehingga akan kompatibel dengan peningkatan BIOS, memberikan adopsi yang mudah dan peningkatan performa.
  • Mesin virtual Microsoft Azure HPC yang menampilkan EPYC Generasi Ketiga dengan AMD 3D V-Cache tersedia hari ini dalam Private Preview, dengan rangkaiannya dalam beberapa minggu mendatang. Informasi lebih lanjut tentang performa dan ketersediaan tersedia disini.
  • CPU EPYC Generasi Ketiga dengan AMD 3D V-Cache akan diluncurkan pada Q1 2022. Mitra termasuk Cisco, Dell Technologies, Lenovo, HPE dan Supermicro berencana untuk menawarkan solusi server dengan prosesor ini.

 

Menghadirkan Performa Kelas Exascale untuk Percepat Komputasi [18:02 – 31:50]

AMD meluncurkan akselerator seri AMD Instinct MI200. Didasarkan arsitektur AMD CDNA™2, akselerator seri MI200 adalah akselerator paling canggih di dunia dan memberikan performa puncak hingga 4,9x lebih tinggi untuk beban kerja HPC[ii] dan performa presisi campuran 1,2X lebih tinggi untuk pelatihan AI terkemuka, membantu mentenagai konvergensi HPC dan AI.

  • Digunakan dalam supercomputer Frontier di Oak Ridge National Laboratory, kemampuan performa HPC dan AI dalam akselerator seri AMD Instinct MI200 akan menjadi kunci dimana memungkinkan para peneliti dan ilmuwan untuk mempercepat waktu mereka menuju sains dan penemuan.

 

Data Center Bertenaga “Zen 4”, Dirancang untuk Performa Terdepan [31:52 – 36:22]

AMD memberikan detail baru tentang prosesor AMD EPYC generasi berikutnya yang diperluas dengan nama kode “Genoa” dan “Bergamo.”

  • “Genoa” diharapkan menjadi prosesor dengan performa tertinggi di dunia untuk komputasi tujuan umum. Ini akan memiliki hingga 96 inti “Zen 4” performa tinggi yang diproduksi pada teknologi 5nm yang dioptimalkan, dan akan mendukung teknologi memori dan I/O generasi berikutnya dengan DDR5 dan PCIe® 5. “Genoa” juga akan menyertakan dukungan untuk CXL, memungkinkan kemampuan ekspansi memori yang signifikan untuk aplikasi pusat data. “Genoa” berada di jalur untuk produksi dan diluncurkan pada 2022.
  • “Bergamo” adalah CPU dengan jumlah core tinggi, yang dibuat khusus untuk aplikasi asli cloud, menampilkan 128 inti “Zen 4c” performa tinggi. AMD mengoptimalkan inti “Zen 4c” baru untuk komputasi cloud-native, menyetel desain core untuk kepadatan dan meningkatkan efisiensi daya untuk memungkinkan prosesor jumlah core yang lebih tinggi dengan performa terobosan per soket. “Bergamo” hadir dengan semua software dan fitur keamanan yang sama dan kompatibel dengan soket “Genoa.” “Bergamo” berada di jalur untuk dikirim pada paruh pertama tahun 2023.

Anda dapat menyaksikan video lengkapnya disini dan pelajari lebih lanjut produk yang didiskusikan selama acara berlangsung disini.

 

Sumber Pendukung

 

Tentang AMD

Selama lebih dari 50 tahun, AMD telah mendorong inovasi dalam teknologi komputasi, grafis, dan visualisasi berperforma tinggi – blok bangunan untuk game, platform imersif, dan pusat data. Ratusan juta konsumen, bisnis Fortune 500 terkemuka dan fasilitas penelitian ilmiah mutakhir di seluruh dunia mengandalkan teknologi AMD setiap hari untuk meningkatkan cara mereka hidup, bekerja, dan bermain. Karyawan AMD di seluruh dunia berfokus pada pembuatan produk hebat yang mendorong batasan dari apa yang mungkin. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana AMD mengaktifkan hari ini dan menginspirasi hari esok, kunjungi laman AMD (NASDAQ: AMD)   websiteblogFacebook, LinkedIn dan Twitter.

 

[i] MLNX-021R: AMD internal testing as of 09/27/2021 on 2x 64C 3rd Gen EPYC with AMD 3D V-Cache (Milan-X) compared to 2x 64C AMD 3rd Gen EPYC 7763 CPUs using cumulative average of each of the following benchmark’s maximum test result score: ANSYS® Fluent® 2021.1, ANSYS® CFX® 2021.R2, and Altair Radioss 2021. Results may vary.

[ii] MI200-02: Calculations conducted by AMD Performance Labs as of Sep 15, 2021, for the AMD Instinct™ MI250X  accelerator (128GB HBM2e OAM module) at 1,700 MHz peak boost engine clock resulted in 95.7 TFLOPS peak double precision matrix (FP64 Matrix) theoretical, floating-point performance. Published results on the NVidia Ampere A100 (80GB) GPU accelerator resulted in 19.5 TFLOPS peak double precision (FP64 Tensor Core) theoretical, floating-point performance. Results found at: https://www.nvidia.com/content/dam/en-zz/Solutions/Data-Center/nvidia-ampere-architecture-whitepaper.pdf, page 15, Table 1.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here