fbpx

AMD Radeon™ RX 6600, Performa Rata Kanan untuk Gaming Full HD

Radeon RDNA2 Wallpaper 4K V1

Di jaman sekarang, segala game kekinian sudah menyuguhkan grafis yang tergolong sangat imersif. Namun, sejalan dengan peningkatan grafis tersebut, tentulah juga dibutuhkan spesifikasi yang tergolong mumpuni dalam menjalankannya dengan mulus dan lancar. Maka dari itu, AMD menghadirkan sebuah kartu grafis berteknologi kekinian RDNA 2, yang mampu melibas segala game mulai dari esports, hingga AAA dengan lancar, yakni AMD Radeon™ RX 6600.

Menjadi seri terbaru dari lini keluarga AMD Radeon™ RX 6000 Series, kartu grafis ini tetap dibekali dengan segala teknologi maupun fitur premium lainnya. Seperti DirectX 12 Ultimate, AMD Smart Access Memory, maupun AMD FidelityFX Super Resolution yang siap untuk mendongkrak pengalaman gaming kamu.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6000 Series: Teknologi RDNA 2 Hadirkan Performa Gaming Teratas!

 

Spesifikasi

Spesifikasi Radeon RX 6600

AMD Radeon™ RX 6600, sudah dilengkapi dengan 28 compute units yang memiliki boostclock hingga 2491MHz. Menariknya, kartu grafis terbaru dari AMD ini sudah mengenyam teknologi arsitektur RDNA 2 berfabrikasi 7nm, yang tentunya mampu memberikan performa dengan efisiensi daya yang lebih baik lagi dibandingkan generasi sebelumnya. Bahkan, AMD Radeon™ RX 6600 memiliki TDP hanya sekitar 132 Watt saja. Yang berarti, kartu grafis yang memiliki VRAM GDDR6 sebesar 8GB ini masih mampu untuk dipasangkan dengan PSU 450 Watt.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6600 XT: Performa Gaming 1080p dengan Refrest Rate Tinggi

 

Performa Benchmark

Guru3D, sempat melakukan pengujian performa benchmark serta gaming dari kartu grafis Sapphire Pulse Radeon™ RX 6600. Pengujian benchmark dilakukan pada beberapa aplikasi seperti 3DMark, Indigo, serta pengujian konsumsi daya.

3DMark Fire Strike Ultra

AMD Radeon™ RX 6600

DirectX 11, Windows 10

5.440

3DMark adalah sebuah aplikasi benchmark yang biasa digunakan untuk mengukur kemampuan dari kartu grafis dalam melakukan render sebuah scene. Pada pengujian kali ini, digunakan scene Fire Strike dengan grafis Ultra. Hasilnya, performa yang didapatkan menyentuh skor 5.440. Skor ini terbilang besar di kelasnya, serta mampu mengalahkan kartu grafis sekelas milik kompetitor.

 

3DMark Time Spy

AMD Radeon™ RX 6600

DirectX 12, Windows 10

8.445

Pengujian juga dilakukan pada scene Time Spy. Menariknya, pada scene ini, AMD Radeon™ RX 6600 memperoleh skor sebesar 8.445. Skor ini juga terlihat memuaskan untuk ukuran sebuah kartu grafis di kelasnya.

 

IndigoBench

AMD Radeon™ RX 6600

OpenCL, Windows 10

18.072

IndigoBench merupakan aplikasi benchmark yang mengukur kemampuan rendering dari kartu grafis. Pengujian dilakukan menggunakan OpenCL pada scene SuperCar. Hasilnya, Performa dari kartu grafis berarsitektur RDNA 2 ini mampu menyentuh angka 18.072. Sebuah angka performa yang cukup mengagumkan untuk di kelasnya.

 

Konsumsi Daya

AMD Radeon™ RX 6600

Idle

6 W

Gaming

122 W

Maximum

144 W

Untuk konsumsi daya, merupakan satu hal yang dapat dikatakan sangat memukau dari kartu grafis AMD Radeon™ RX 6600. Pada pengujiannya saat kondisi idle, kartu grafis ini hanya memakan daya sekitar 6 Watt saja. Sedangkan saat gaming memakan daya sekitar 122 Watt, dan mampu memakan daya maksimal sebesar 144 Watt. Hasil ini menunjukkan kehebatan dari kartu grafis berarsitektur RDNA 2 yang memiliki efisiensi daya tinggi namun memberikan performa yang bukan main-main.

 

Baca juga: Telah Hadir! AMD Radeon™ Software Adrenalin Terbaru Tingkatkan Performa Gaming-mu!

 

Performa Gaming

Selain pengujian pada performa benchmark, juga dilakukan pengujian gaming pada beberapa judul game kekinian. Perlu dicatat bahwa semua pengujian ini dilakukan pada resolusi 1080p.

Formula 1 2021

F1 2021

AMD Radeon™ RX 6600

Ultra High Quality, Bahrain, DirectX 12

147 FPS

F1 2021, sebuah game balapan yang cukup terkenal ini dibesut oleh codemasters menyuguhkan kualitas grafis sangat imersif. Diuji pada pengaturan grafis rata kanan, serta pada track Bahrain, AMD Radeon™ RX 6600 mampu melibas game ini dengan rata-rata 147 FPS. Sebuah angka yang sangat nyaman untuk dimainkan.

 

Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Tomb Raider

AMD Radeon™ RX 6600

Highest Detail, DirectX 12

105 FPS

Shadow of the Tomb Raider, game besutan Square Enix ini sudah sangat lazim digunakan sebagai patokan benchmark dari kartu grafis karena detail grafis yang menawan. AMD Radeon™ RX 6600, dengan mudah menjalankan game ini pada grafis rata kanan hingga rata-rata 105 FPS.

 

Far Cry 6

Far Cry 6

AMD Radeon™ RX 6600

RayTracing, FSR

71 FPS

Judul game kekinian yang satu ini tentu tidak asing di telinga para gamers. Game dari publishers Ubisoft ini menawarkan gameplay menarik, serta detail grafis yang tidak dapat dianggap remeh. Dengan mengaktifkan fitur RayTracing serta FidelityFX Super Resolution, AMD Radeon™ RX 6600 mampu menjalankan game Far Cry 6 dengan rata-rata 71 FPS.

 

Resident Evil Village

Resident Evil Village

 

AMD Radeon™ RX 6600

Max Settings, RayTracing High, FSR

66 FPS

Game teranyar dari franchise Resident Evil ini cukup menyita perhatian para gamer belakangan ini. Dengan jalan cerita yang menarik serta kualitas grafis menawan, tentunya membutuhkan spesifikasi mumpuni dalam menjalankannya. AMD Radeon™ RX 6600 dengan mudah menjalankan game ini hingga rata-rata 66 FPS pada pengaturan grafis rata kanan, serta RayTracing High dan juga menggunakan FidelityFX Super Resolution.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6900 XT: Maksimalkan Kebutuhan Gaming 4K Serta Kreasi Kontenmu!

 

Kesimpulan

Radeon RX 6600

AMD Radeon™ RX 6600 dapat menjadi solusi bagi para gamer maupun PC enthusiast yang mendambakan performa tinggi, namun juga dengan efisiensi daya yang sangat hebat. Dengan VRAM GDDR6 sebesar 8GB, mampu menghadirkan performa yang tidak dapat dianggap remeh. Hal tersebut mampu dibuktikan dengan tenaga 28 compute units berarsitektur RDNA2 yang memiliki boostclock hingga 2491MHz.

Melalui berbagai pengujian benchmark, AMD Radeon™ RX 6600 terlihat sangat mampu untuk menghadirkan performa tinggi dalam melakukan rendering. Tidak terkecuali pada pengujian gaming, yang menghasilkan performa memukau di atas 60 FPS pada resolusi 1080p. Tentunya mampu menjadi pilihan yang tepat sebagai kartu grafis gaming andalanmu.

 

Kamu bisa mendapatkan bonus game Far Cry 6 dan juga Resident Evil Village apabila melakukan pembelian kartu grafis AMD Radeon™ RX 6600 dan juga AMD Ryzen™ seri tertentu pada periode 9 September hingga 31 Desember 2021. Simak selengkapnya mengenai promo ini pada link berikut.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply