fbpx

AMD Ryzen™ 6000 Series: Prosesor Laptop 6 nm Pertama dengan Performa dan Efisiensi Tinggi!

Intro AMD Ryzen™ 6000 Series

AMD, pada awal 2022 lalu mengumumkan prosesor laptop terbaru mereka ke dunia, yaitu AMD Ryzen™ 6000 Series. Perkenalan ini, merupakan terobosan terbaru di dunia teknologi, karena merupakan prosesor laptop pertama yang menggunakan fabrikasi 6 nm dari arsitektur Zen 3+. Tentunya, hal ini dapat memberikan performa yang lebih tinggi, serta efisiensi daya yang lebih baik lagi dibandingkan generasi sebelumnya.

Menariknya lagi, prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series juga sudah dibekali dengan kartu grafsi terintegrasi AMD Radeon™ yang sudah berbekal teknologi arsitektur RDNA™ 2. Arsitektur yang sudah diimplementasikan pada kartu grafis desktop AMD Radeon™ RX 6000 Series ini tentu dapat menghasilkan performa grafis terintegrasi yang setara dengan kartu grafis diskrit sekalipun.

 

Baca juga: Tuangkan Ide Kreativitasmu dengan AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile Processor

 

Segmentasi Prosesor untuk Kebutuhan Pengguna

Segmentasi Prosesor untuk Kebutuhan Pengguna

AMD, menghadirkan 3 segmen prosesor untuk laptop sesuai dengan kebutuhannya. Seperti yang pertama, untuk laptop tipis serta ringan, namun juga dengan performa tinggi, ada prosesor AMD Ryzen™ 6000 U-Series. Kemudian untuk para gamer atau content creator yang membutuhkan laptop berperforma tinggi, ringan, serta dengan efisiensi daya luar biasa, bisa memilih prosesor AMD Ryzen™ 6000 HS-Series. Terakhir adalah prosesor AMD Ryzen™ 6000 H-Series dan HX-Series untuk laptop yang tidak berkompromi terhadap performa, alias memiliki performa tertinggi untuk bermain game ataupun kreasi konten.

 

Arsitektur Zen 3+ Berfabrikasi 6 nm

Arsitektur Zen 3+ Berfabrikasi 6 nm

Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series sudah berteknologi arsitektur Zen 3+ yang berfabrikasi 6 nm. Hal ini, tentunya memberikan dampak besar terutama dalam hal performa dan juga efisiensi daya. Selain itu, didukung juga dengan sisi software yang memiliki manajemen daya yang baru, serta platform dengan optimasi komponen. Apalagi, efisiensi daya ini akan lebih luar biasa lagi bagi laptop yang mengenyam teknologi AMD Advantage™.

Arsitektur Zen 3+ terbaru ini mampu memberikan efisiensi yang lebih tinggi berkat berbagai optimasi dari sisi desain. Berkat desain tersebut, AMD mampu mengontrol lebih banyak level thread pemrosesan dan clock, sehingga mampu menghasilkan performa lebih dengan daya yang sama dari single core complex.

 

Baca juga: AMD Advantage™: Solusi Terpadu Laptop Gaming dari AMD Hadirkan Kualitas Terbaik

 

Kartu Grafis Terintegrasi Arsitektur RDNA™ 2

Kartu Grafis Terintegrasi Arsitektur RDNA™ 2

Arsitektur RDNA™ 2, yang sebelumnya hanya hadir pada kartu grafis diskrit, sekarang juga hadir pada kartu grafis terintegrasi AMD Radeon™ 600M. Berkat arsitektur terbaru ini, AMD Radeon™ 600M Series bahkan mampu memberikan performa hingga 2,32 kali lipat lebih tinggi dibandingkan prosesor kompetitor yang menggunakan kartu grafis diskrit tambahan.

AMD Radeon™ 600M Series

Ada AMD Radeon™ 680M yang disematkan pada prosesor AMD Ryzen™ 7 dan Ryzen™ 9, serta AMD Radeon™ 660M yang disematkan pada prosesor AMD Ryzen™ 5. Menariknya, kartu grafis terintegrasi yang berarsitektur RDNA™ 2 ini, mampu memberikan bandwidth tinggi, serta efisiensi daya yang luar biasa jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

 

Dukungan Akan Teknologi Terbaru

Dukungan Akan Teknologi Terbaru

Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series, tentunya sudah bekerja dengan berbagai standar modern masa depan. Seperti memori RAM DDR5 dan LPDDR5, USB4 yang berkecepatan hingga 40 Gbps, PCIe Gen 4, AV1 Media Engine, dan masih banyak lagi. Tentunya, dengan dukungan teknologi kekinian tersebut, prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series yang berarsitektur Zen 3+ ini mampu memberikan performa teratas bagi para penggunanya.

 

Baca juga: Radeon™ RX 6000M Series: Tenaga Arsitektur RDNA™ 2 yang Powerful dan Efisien

 

Performa dan Efisiensi Terdepan

Performa dan Efisiensi Terdepan

Prosesor laptop tentunya harus berjalan dengan standar efisiensi tertentu sehingga dapat memberikan umur penggunaan baterai yang lebih panjang. Pada pengujian internal AMD, tercatat bahwa Ryzen™ 9 6900HS mampu memberikan efisiensi daya yang lebih tinggi hingga 2,62 kali lipat bila dibandingkan kompetitor di kelas serupa.

Performa Benchmark AMD Ryzen™ 6000 Series

Dari sisi performa untuk berbagai aplikasi kreatif dan profesional, AMD mengklaim bahwa prosesor terbarunya ini mampu memberikan performa hingga 2,1 kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Battery Life Increase

Secara umur penggunaan baterai, prosesor ini juga diklaim mampu memberikan daya tahan baterai hingga 17% lebih tinggi di penggunaan laptop sehari-hari.

 

Kesimpulan

AMD Ryzen™ 6000 Series merupakan seri prosesor terbaru untuk laptop dari AMD yang berhasil mengoptimasi dan memberikan peningkatan di berbagai aspek dari generasi sebelumnya. Teknologi fabrikasi terbaru 6 nm, arsitektur CPU Zen 3+ yang disempurnakan, serta arsitektur grafis RDNA™ 2 yang sudah terbukti kencang dan efisien kini disatukan pula dengan berbagai dukungan standar terbaru seperti memori DDR5 dan LPDDR5, PCIe 4.0, USB4 40 Gbps, dan masih banyak lagi.

Peningkatan performa dan efisiensi pun tidak dapat dipandang sebelah mata. Penggunaan 8 core Zen 3+ dan berbagai macam optimasi yang dikembangkan oleh AMD mampu memberikan efisiensi hingga 2,62 kali lipat lebih tinggi dibandingkan kompetitor di kelas yang serupa. Selain itu, konsumsi daya yang lebih rendah mampu memberikan daya tahan baterai hingga 17% dibandingkan Ryzen™ generasi sebelumnya yang sudah efisien menjadi semakin efisien.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here