AMD Radeon™ RX 6400: Kartu Grafis Entry-Level dengan Efisiensi Daya Luar Biasa

Intro AMD Radeon™ RX 6400

Kartu grafis tentunya menjadi salah satu komponen PC yang krusial karena memiliki peran penting dalam menjalankan berbagai macam aplikasi. Mulai dari bermain game, hingga proses rendering sekalipun membutuhkan kartu grafis. AMD menghadirkan sebuah kartu grafis kelas Entry-Level yang dapat menjadi sebuah opsi bagi para gamers maupun PC Enthusiast. Memperkenalkan, AMD Radeon™ RX 6400.

Masih termasuk dalam lini keluarga AMD Radeon™ RX 6000 Series, kartu grafis satu ini juga sudah mengenyam teknologi arsitektur RDNA™ 2. Menariknya, walaupun AMD Radeon™ RX 6400 termasuk dalam kategori Entry-Level, kartu grafis ini sudah mengenyam berbagai macam fitur AMD kekinian.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6000 Series: Teknologi RDNA™ 2 Hadirkan Performa Gaming Teratas!

 

Spesifikasi

Spesifikasi AMD Radeon™ RX 6400

Berbekal 12 compute units serta teknologi RDNA™ 2, AMD Radeon™ RX 6400 memiliki VRAM GDDR6 sebesar 4 GB. Tentunya, hal ini sangat cukup dalam menjalankan berbagai macam game seperti game Esports. Menariknya lagi, kartu grafis berkecepatan 16 Gbps ini memiliki konsumsi daya hanya sekitar 53 Watt saja. Sehingga, konsumsi daya yang diperlukan juga terbilang sangat rendah.

 

Performa Gaming

TechPowerUp telah melakukan uji dan review terhadap unit kartu grafis Radeon™ RX 6400 dari MSI yaitu MSI RX 6400 Aero ITX. Pengujian dilakukan pada beberapa judul game kekinian dan pada resolusi 1080p.

Battlefield V

Battlefield V

AMD Radeon™ RX 6400
1080p, DirectX 11 75,1 FPS

Battlefield V adalah game dengan tema perang dunia ke-2 yang dipublikasikan oleh EA. Tampak bahwa AMD Radeon™ RX 6400 mampu memberikan performa yang setara dengan kartu grafis kelas menengah generasi sebelumnya dari hasil yang diberikan yakni sekitar 75,1 FPS.

 

Far Cry 6

Far Cry 6

AMD Radeon™ RX 6400
1080p, DirectX 12 41 FPS

Far Cry 6, game kekinian yang ber-genre First-Person Shooter ini cukup ramai di kalangan para gamers belakangan. Dipublikasikan oleh Ubisoft, tentunya game ini membutuhkan performa mumpuni dalam menjalankannya. AMD Radeon™ RX 6400, dengan teknologi DirectX 12, mampu menjalankan game ini hingga 41 FPS. Sebuah angka yang bahkan mampu menyamakan performa kompetitor dengan VRAM setara.

 

Resident Evil Village

Resident Evil Village

AMD Radeon™ RX 6400
1080p, DirectX 12 56,5 FPS

Resident Evil Village adalah game bertema horor yang dipublikasikan oleh Capcom. Game yang dibangun menggunakan RE Engine ini menggunakan API DirectX 12. Sekali lagi terlihat bahwa AMD Radeon™ RX 6400 mampu menghasilkan framerate yang playable di 56,5 FPS. Secara performa pada game ini bahkan mampu mengalahkan kompetitor yang memiliki VRAM lebih besar!

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6600: Performa Rata Kanan untuk Gaming Full HD

 

Konsumsi Daya

AMD Radeon™ RX 6400
Idle 3 Watt
Gaming 51 Watt
Maximum 56 Watt

Walaupun kartu grafis AMD Radeon™ RX 6400 ini memiliki performa tinggi yang mampu melibas berbagai macam game kekinian, nyatanya konsumsi daya dari kartu grafis ini sangatlah irit! Terbukti dari pengujian TechPowerUp, pada saat idle hanya memakan sekitar 3 Watt saja. Saat gaming, konsumsinya hingga 51 Watt. Dan memiliki konsumsi maksimum hanya 56 Watt saja. Tentunya, AMD Radeon™ RX 6400 ini dapat dikatakan menjadi kartu grafis kekinian dengan konsumsi daya paling rendah.

 

Kesimpulan

AMD Radeon™ RX 6400 adalah sebuah solusi bagi para gamer yang membutuhkan kartu grafis dengan harga terjangkau. Kartu grafis Entry-Level ini sudah berteknologi arsitektur RDNA™ 2 yang tentunya memiliki performa tinggi dengan konsumsi daya yang lebih efisien. Kartu grafis ini juga sudah berbekal VRAM GDDR6 sebesar 4 GB, serta teknologi kekinian dari AMD seperti AMD Smart Access Memory, AMD Infinity Cache™, Radeon™ Anti-Lag, hingga AMD FidelityFX™ Super Resolution.

Tentunya, dengan dukungan DirectX 12 Ultimate, kartu grafis ini mampu memberikan performa mumpuni dalam melibas berbagai macam game kekinian. Untuk konsumsi daya, juga telah terbukti bahwa AMD Radeon™ RX 6400 ini termasuk dalam kartu grafis kekinian yang memiliki konsumsi daya paling rendah. Pastinya, kartu grafis AMD Radeon™ RX 6400 ini sangat layak untuk menjadi pilihan sebagai kartu grafis dalam memuaskan hasrat bermain game.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here