AMD Dual Graphic

Konfigurasi Dual Graphics Pada AMD APU Elite Series (Richland)

Setelah sebelumnya blog AMD Indonesia telah membahas tentang konfigurasi Dual Graphics pada APU terdahulu, kali ini kami akan membahas konfigurasi pada APU terbaru AMD. Terdapat beberapa perbedaan pada konfigurasi APU terbaru AMD yang menggunakan platform Richland.

Dengan menggunakan Dual Graphics dari APU dan kartu grafis diskrit, platform AMD kamu akan mengaktifkan Dual Graphics dimana sistem secara cerdas akan mengukur kebutuhan grafis dan menyesuaikan penggunaan kartu grafis. Pada saat kebutuhan grafis rendah maka sistem hanya akan menggunakan GPU on-board dari APU dan melakukan penghematan daya, sedangkan pada saat sistem haus akan kebutuhan grafis maka sistem akan mengaktifkan kedua GPU dan mampu meningkatkan performa hingga 99%.

Tentunya untuk mengaktifkan Dual Graphics ini kita harus menggunakan kartu grafis diskrit yang kompatibel dengan APU kita, AMD menyarankan kombinasi APU dan VGA ini untuk performa yang optimal :

  • AMD Elite Quad-Core A10-6800K / 6790K: AMD Radeon HD 6670 & HD 6570
  • AMD Elite Quad-Core A8-6600K: AMD Radeon HD 6670 & HD 6570
  • AMD Elite A6-6400K / 6420K: AMD Radeon HD 6570 & HD 6450

Dual Graphics Richland

Dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa setidaknya performa dan kualitas gambar yang dihasilkan akan meningkat sebanyak 80% jika kita mengaktifkan fitur Dual Graphics.

Dengan kombinasi APU Elite Series dan kartu grafis diskrit ini kalian sudah dapat memainkan game-game terbaru dengan resolusi Full HD. Bagaimana pendapat kalian mengenai Dual Graphics ini?

569 comments

  1. roy
    Reply

    min laptop saya hp p229ax …gimana cara agar radeon r7 nya kebaca menggunakan amd overdrive ?
    yg kebaca cm yg onboard nya doang min,saya mau coba overclocking sedikit soalny .

  2. Tama
    Reply

    min ak newbie dan sangat terbatas dengan budget.. kartu grafis yang cocok dan maksimal dengan amd a6 6400k apa ya min ? mohon pencerahannya. terima kasih..

  3. nanda
    Reply

    Min..tlong jwab,saya punya spec amd richland a6 6400k apu hd 8470d,klo mau nambah jdi dual graphics..bagusnya pkek vga apa ya?tlong pencerahan..dan mohon vga nya lengkap dri segi merek dan type.
    Mkasi min

  4. ozhee
    Reply

    min klo apu a6 5400k bsa dual graphic/crossfire ga sama r7 240 2gb 128bit ddr5.minta penerahan nya min , recomend nya buat vga yang bsa cross fire sama amd a6 5400k ?

    makasih min

  5. adifdermawann
    Reply

    kenapa ya AMD APU A8 saya VGA R5 Graphic setelah di install windows 10 kurang optimal? main game jadi lag mohon pencerahannya
    apakah ada link download driver yg bener optimal sama graphic saya?

    • Admin
      Author Reply

      A10-7850K ya maksudnya? Cocok aja sih tapi akan lebih bagus dipasangkan dengan R7 series seperti R7 250 DDR3 supaya bisa dual grafik atau di atas itu (tanpa dual grafik)

  6. irfan
    Reply

    min…R7 360 ane kok gak bisa dipakek ya?? mesti tampilan pakai onboard terus..meskipun sudah di bios dirubah..ada saran n solusi min? terimakasih

  7. nico
    Reply

    min. mau tanya. punya ku notebook lenovo g40 amd a6 radeon r4. kok gk bisa mengaktifkan dual graphic? apa memang vga saya blom mendukung ato ada kesalahan setting?

  8. anif
    Reply

    apu a10 trinity saya panas min..
    saya beli vga hd 5870.. klo mau pasang vga yg bawaan apu apa harus di matikan atau otomatis..trimakasih

  9. min mau nanya laptop ane lenovo b40-45 amd a8 6410 apu with amd radeon r5 graphics
    setelah saya cek lgi chipset nya Amd R4 graphics dengan memory nya 256mb apakah itu dual graphics atau bagaimana min ?
    tq before

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin notebook ini hanya punya satu buah grafis yakni grafis terintegrasi APU Radeon R5 :) mungkin yang R4 itu hanya salah baca, kamu bacannya pakai software apa? Sebaiknya baca melalui amd catalyst control centre bagian information software

  10. kan gue punya dual graphic amd ama intel kok yang terbaca intel nya gak amd nya kalo gue disable intel nya liad di dxdiag gak kebaca kalo gue enable intel nya trus disable amd nya gak ke baca di dxdiag kalo gue enable keduanya yang kebaca cuma intel doang jadi amd nya gak fungsi bisa tolong gan cara aktifin amd nya

    • Admin
      Author Reply

      Hi, silakan klik kanan desktop akses AMD Catalyst Control Centrenya dan akses menu Power Play dan aktifkan maximize/high performance pada battery dan plugged in. Setelah itu kamu bisa cek pakai aplikasi GPU Z pada bagian sensor untuk memeriksa grafis mana yang bekerja saat main game. Kalau DX Diag memang tidak bisa membaca grafis tambahan karena dia hanya membaca grafis standar bawaan APU :) jadi harus pakai GPU Z kalau mau lihat kinerja grafis dedicated.

  11. irfan bayu baskoro
    Reply

    min, laptop ane kok ga bisa switch ke vga externalnya. pas maenin pes 2016 yg kedetect amd HD8610g terus, sedangkan amd radeon r7 m260nya ga bisa di switch. padahal udh ane setting high performance. laptop ane hp pavilion 15 p229ax, win 8.1 pro 64bit, catalyst 15.7.1. di catalystnya
    ga ada opsi dual graphic.

    • Admin
      Author Reply

      Oh memang untuk notebook HP 15-P229AX ga bisa dual graphic tapi asalkan sudah di setting ke high performance pasti akan langsung berpindah ke grafis dedicated. Untuk ceknya jangan pakai aplikasi gamenya karena game biasanya hanya bisa membaca GPU standar yang terdapat di APU. Kamu bisa cek grafis mana yang bekerja menggunakan aplikasi seperti GPU Z, dimana kamu bisa ganti dropdown sebelah kiri bawah aplikasi ke R7 M260 dan lihat sensor tabnya saat menjalankan game, jika terjadi pergerakan berarti grafis dedicated sudah berjalan.

      • irfan bayu baskoro
        Reply

        Thx infonya bang admin, btw saya maen pes 2016 kok sedikit lag yah. Seharusnya dengan spek sgtu lancar jaya. Ram upgrade 8gb. Optimalnya diwindows brapa? Windows 8.1 apa win 10?

        • Admin
          Author Reply

          Windows 8.1 saja. Coba pakai Patch terbaru dari game PES 2016 dan maksimalkan performa game dengan mengaktifkan maximize performance pada menu powerplay di AMD Catalyst Control Centre.

Leave a Reply