AMD Dual Graphic

Konfigurasi Dual Graphics Pada AMD APU Elite Series (Richland)

Setelah sebelumnya blog AMD Indonesia telah membahas tentang konfigurasi Dual Graphics pada APU terdahulu, kali ini kami akan membahas konfigurasi pada APU terbaru AMD. Terdapat beberapa perbedaan pada konfigurasi APU terbaru AMD yang menggunakan platform Richland.

Dengan menggunakan Dual Graphics dari APU dan kartu grafis diskrit, platform AMD kamu akan mengaktifkan Dual Graphics dimana sistem secara cerdas akan mengukur kebutuhan grafis dan menyesuaikan penggunaan kartu grafis. Pada saat kebutuhan grafis rendah maka sistem hanya akan menggunakan GPU on-board dari APU dan melakukan penghematan daya, sedangkan pada saat sistem haus akan kebutuhan grafis maka sistem akan mengaktifkan kedua GPU dan mampu meningkatkan performa hingga 99%.

Tentunya untuk mengaktifkan Dual Graphics ini kita harus menggunakan kartu grafis diskrit yang kompatibel dengan APU kita, AMD menyarankan kombinasi APU dan VGA ini untuk performa yang optimal :

  • AMD Elite Quad-Core A10-6800K / 6790K: AMD Radeon HD 6670 & HD 6570
  • AMD Elite Quad-Core A8-6600K: AMD Radeon HD 6670 & HD 6570
  • AMD Elite A6-6400K / 6420K: AMD Radeon HD 6570 & HD 6450

Dual Graphics Richland

Dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa setidaknya performa dan kualitas gambar yang dihasilkan akan meningkat sebanyak 80% jika kita mengaktifkan fitur Dual Graphics.

Dengan kombinasi APU Elite Series dan kartu grafis diskrit ini kalian sudah dapat memainkan game-game terbaru dengan resolusi Full HD. Bagaimana pendapat kalian mengenai Dual Graphics ini?

579 comments

  1. JB06
    Reply

    Bro, mau tanya pny sy processor amd radeon saat sy psang vga card merk his amd radeon R7 240 icooler 2gb 128bite ddr3 wktu install driver trjadi error saat desktop kluar garis” dan tdk jelas it knp ya min, tlong ksh solusi? Atau bs mnt pin bbm lbh jlsnx, mksh

    • Admin
      Author Reply

      Hi, coba kamu lakukan instalasi ulang Windows, pastikan bebas dari virus, dan meng-instalasi driver AMD Crimson yang terbaru :) Jika masalahnya masih belum terselesaikan maka mimin sarankan untuk dibawa ke service center terdekat untuk diperiksa lebih lanjut karena kemungkinan terdapat kerusakan pada VGA nya 😀

Leave a Reply