Tingkatkan Performa Notebook Mudah dengan Overclock!

Notebook merupakan salah satu perangkat yang kini menjadi kebutuhan utama baik bagi kalangan pelajar maupun professional. Tidak seperti PC/Desktop, design-nya yang simple dan mudah di bawa kemana-mana menjadi salah satu kelebihan dari notebook. Tak hanya bertujuan untuk membantu mengerjakan tugas sehari-hari, notebook juga diminati sebagai sarana hiburan multimedia hingga gaming sekalipun. Dan untuk Anda penyuka gaming, tentunya membutuhkan performa yang lebih optimal untuk menunjang kebutuhan Anda tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja notebook, salah satunya adalah dengan melakukan overclock. Overclock sendiri merupakan tindakan yang dengan kata lain “memaksa” kecepatan komponen seperti prosessor atau kartu grafis lebih tinggi daripada seharusnya. Maka dari itu, apabila Anda ingin mencoba melakukan overclock, kami sarankan untuk menghindari pemakaian di kasur, sofa ataupun tempat-tempat yang menghambat hawa panas keluar dari notebook Anda. Disarankan juga untuk menggunakan pendingin laptop tambahan (third party fan). Penasaran bagaimana performa notebook yang telah di overclock? Berikut ini adalah pengujian yang kami lakukan dengan Notebook bertenaga AMD APU FX.

Cara melakukan Overclock

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan instalasi Driver AMD sesuai dengan spesifikasi dari notebook yang Anda gunakan. Untuk mendownload driver terbaru dari AMD, Anda bisa kunjungi link berikut ini. Pada pengujian ini, kami menggunakan Driver AMD Radeon Crimson Software versi 15.12.

1

Driver AMD Radeon Crimson Software versi 15.12

Setelah melakukan instalasi driver, pilih menu Global settings pada tab gaming, seperti pada gambar dibawah ini yang telah dilingkari merah.

2

Setelah masuk ke dalam menu Global Settings, akan terdapat pilihan baru yang harus Anda pilih, yakni “Global Overdrive”.

3

Sama seperti gambar dibawah ini, Anda akan menemukan slide bar GPU clock dan memory clock. Disinilah Anda bisa melakukan overclock untuk kartu grafis yang ada pada notebook Anda.

4

Kami cukup beruntung dapat memaksimalkan clock yang terdapat pada notebook kami hingga maksimal.

4-5

Usai melakukan overclock, saatnya yang ditunggu-tunggu. Kami melakukan pengujian di dua game berbeda untuk mendapatkan hasil dari overclock yang telah dilakukan.

Tomb Raider (Setting Normal)

5

Sebelum di overclock

6

Sesudah di overclock

Menggunakan settingan Normal pada game, terlihat peningkatan performa pada game ber-genre action-adventure yang terkenal, Tomb Raider mencapai lebih dari 15%. Pada kondisi sebelum dilakukan overclock, notebook ini mendapatkan FPS rata-rata sebesar 34.7 FPS, sedangkan setelah di overclock, notebook ini mendapatkan FPS rata-rata sebesar 39 FPS! Hal tersebut sangat menambah kelancaran Anda saat bermain.

Grid Autosport (Setting High)

7

Sebelum di overclock

8

Sesudah di overclock

Berlanjut ke game kedua yang kami uji, yakni Grid Autosport. Peningkatan performa juga kita dapatkan lebih dari 10% pada game balapan yang satu ini. Bisa dilihat saat kondisi notebook masih dalam keadaan normal atau belum di overclock, FPS rata-rata sekitar 26 FPS dengan maximum FPS hanya sekitar 35 FPS. Namun, setelah di overclock, FPS rata-rata meningkat sebesar 29 FPS dan maximum FPS naik mencapai sekitar 39 FPS. Bila Anda menginginkan FPS yang lebih tinggi, Anda bisa menurunkan settingan game menjadi normal ataupun low.

Dari hasil pengujian performa game ini, dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan overclock memang bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin mengoptimalkan notebook untuk gaming. Perlu diingat juga bahwa kemampuan overclock di tiap notebook akan berbeda-beda. Dan apabila overclock tidak dilakukan dengan benar, bisa mengakibatkan ketidakstabilan pada sistem Anda. Oleh karena itu, lakukanlah overclock dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing notebook.

Latest articles

Related articles

82 Comments

  1. Min saya udah download dan install amd radeon settingnya tapi di dalamnya tidak ada setting “Global Overdrive”, solusinya bagaimana ya?

      • Min , laptop saya juga tidak ad global overdrive nya . laptop saya lenovo ideapad 110 Amd A8 R5. adakah cara / solusi serupa selain pke global over drive untuk melakukan overclocking?

        • Hi Agung.

          Perlu kami informasikan laptop yang kamu gunakan tidak mendukung overclocking. Agar performa yang dihadirkan maksimal, kami rekomendasikan untuk ubah pengaturan power-plan Windows ke “high-performance”.

          Semoga membantu.

        • Hi Agung.

          Perlu kami informasikan laptop yang kamu gunakan tidak mendukung opsi tuning selain melalui overdrive. Namun agar performa yang dihasilkan maksimal kamu bisa rubah pengaturan Power saving ke high-performance.

          Semoga membantu, Terimakasih. 🙂

    • Hi, untuk overclock di perlukan AMD Catalyst Control Center atau Radeon Crimson. Overclock merupakan tindakan memaksa kinerja komponen lebih dari seharusnya sehingga bila dilakukan dengan tidak benar bisa menyebabkan kerusakan, oleh karena itu bila kamu ingin mencoba overclock maka sudah memahami resikonya dan bila perlu dilakukan dengan dampingan orang yang sudah berpengalaman.

    • Hi Mister.

      Fitur Radeon Overdrive tidak mendukung semua laptop AMD. Namun alternatif kamu bisa merubah powerplan Windows ke “High-performance” agar performa gaming tetap maksimal.

      Terimakasih.

    • Hi, driver laptop disarankan menggunakan driver bawaan yang bisa didownload di situs resmi brand laptop tersebut agar lebih stabil dan kompatibel, karena driver update dari website AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan laptop kamu.

  2. Halo saya pengguna asus x555qg setelah update otomatis menu overdrive nya tidak ada dan setelah saya coba instal ulang amd overdrive tidak bisa di buka (“amd overdrive cannot detect………”)

    • Hi Wahyu,

      Perlu kami beritahukan untuk fitur AMD Overdrive sudah tidak didukung di driver terbaru, apabila ingin menggunakan fitur tersebut di driver sebelumnya, kami rekomendasikan untuk hapus terlebih dahulu driver saat ini menggunakan DDU Uninstaller.

      Terimakasih salam

    • Hi Xorf, overdrive tetap beresiko dan resiko tersebut ditanggung oleh pengguna. Oleh karena itu pastikan sudah melakukan overclock dengan benar, atau di dampingi ahlinya. Bila tidak terlalu diperlukan sebaiknya jangan.

    • Hi Iqbal,

      Untuk laptop yang kamu gunakan, mimin rekomendasikan untuk cukup mengaktifkan mode powerplan Windows ke high performance.

      Terimakasih, salam.

  3. Min, di AMD Adrenalin yang terbaru di ASUS X550IU gak ada Global Overdrive, apakah harus download apps AMD Overdrive terlebih dahulu ?

  4. Min saya maj nanya, kok di Crimson saya tidak ada settingan Global Overdrive, laptop saya Lenovo Ideapad 320 ( AMD A12 9720P )

  5. Min,kalo di software adrenalin overdrive nya tidak ada, lalu overdrive nya pakai apa ??? Saya dahulu di crimson ada tapi sekarang tidak ada. Saya pakai laptop ASUS X555QG. Beritahu dong overdrivenya pakai apa ???

  6. min saya pake laptop acer aspire A515-41G-F79R fitur global overdrivenya ini tidak ada, apakah bisa di overcloklock dengan cara lain

  7. min saya pengguna laptop asus x555qg, cara download latest version buat driver laptop saya gimana ya?, biar ada overdrivenya, karena saya sudah mencari tahu tentang overdrive di laptop saya dan tidak ketemu

  8. min mau tanya saya udah install amd overdrive tapi kok pas di buka ada tulisan “amd overdrive cannot detect amd cpu on this computer.or current processor doesnot support overdrive” maksud nya apa yak ?
    ini spesifikasi ya:
    cpu;amd redeon a9 9420 with radeon r5 graphic
    graphic card nya; amd radeon r5 series
    trus udah update driver paling baru tetap tidak bisa

    • Hi Farrel,

      Notebook yang beredar saat ini terutama berbasis AMD Ryzen sudah tidak menyertakan opsi Overclocking via AMD Overdrive, karena sudah memiliki performa yang handal untuk bermain game.

      Semoga bermanfaat, salam.

    • Hi Samudra, untuk laptop lebih disarankan menggunakan driver yang disediakan oleh brand laptopnya yakni website resmi Acer agar lebih optimal dan stabil. Kemudian laptop tersebut belum support overclock.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here