driver amd radeon™ software crimson terbaru

Panduan Download Driver AMD Radeon™ Software Crimson Terbaru

driver amd radeon™ software crimson terbaru
Bagi Anda pengguna kartu grafis Radeon™ pasti sudah mengetahui betul pentingnya penggunaan driver terbaru untuk dapat memperoleh kinerja maksimal  sebuah kartu grafis. Selain berfungsi untuk membantu Operating System (OS) agar dapat mengenali perangkat yang Anda gunakan, penggunaan driver terbaru juga mampu memberikan perbaikan bugs, peningkatan performa dan penambahan fitur lainnya yang mungkin akan Anda butuhkan di masa mendatang.

AMD Radeon Crimson Setting

Saat ini telah hadir driver terbaru dengan aplikasi Radeon™ Software Crimson yang miliki performa 10x lebih cepat dibanding driver AMD Catalyst versi sebelumnya, siap digunakan langsung pada OS terbaru Windows 10 dengan antarmuka lebih sederhana. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakan driver terbaru ini mulai dari peningkatan performa gaming pada game terbaru berbasis DirectX® 12, dukungan Virtual Reality pada perangkat VR terkini seperti HTC Vive atau Oculus Rift, ditambah dengan adanya fitur-fitur inovatif seperti Frame Rate Target Control (FRTC), AMD FreeSync dengan Low Framerate Compensation dan bahkan Virtual Super Resolution (VSR). Dengan hadirnya beragam peningkatan serta fitur terbaru, instalasi driver Radeon™ Software Crimson Edition  tentunya merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh pengguna kartu grafis Radeon™ diskrit maupun pengguna prosessor AMD APU dengan grafis Radeon™ terintegrasi yang mengidamkan performa maksimal dari PC atau notebook mereka.

AMD Radeon Crimson Setting

Driver Radeon™ Software Crimson Terbaru Membawa Beragam Peningkatan & Penambahan Fitur yang Diperlukan oleh Pengguna Radeon™

Lalu bagaimana cara mengunduh driver Radeon™ Software Crimson terbaru dari AMD ini? Mari simak tutorial mudahnya secara lengkap pada pembahasan berikut!

1. Langkah pertama kunjungi halaman berikut http://support.amd.com/en-us/download. Pada halaman tersebut Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.
AMD Radeon Crimson Setting2. Untuk memudahkan pengguna, AMD memberikan 2 macam cara untuk mengunduh driver.
a. Download dan Install Otomatis

AMD Radeon Crimson SettingOpsi pertama ini sangat disarankan untuk pemula yang belum mengetahui spesifikasi grafis Radeon™ yang digunakannya secara tepat. Dengan menekan tombol Download Now sistem Anda secara otomatis akan mengunduh software kecil yang akan langsung mendeteksi jenis driver yang sesuai dengan perangkat grafis yang terpasang di sistem Anda.

b. Download dan Install Manual

Jika PC atau notebook Anda sedang tidak berada bersama Anda atau di rumah sedang mengalami masalah koneksi internet, kemudian Anda ingin mengunduh driver melalui perangkat lain di kantor atau iCafe terdekat, Anda bisa melakukannya secara manual melalui opsi ini. Namun mungkin diperlukan pemahaman lebih mengenai spesifikasi grafis Radeon™ atau APU yang Anda gunakan untuk dapat menemukan jenis driver yang tepat.

AMD Radeon Crimson Setting

Anda harus melalui beberapa step berikut jika memilih opsi kedua ini diantaranya:

Step 1: Pilih Tipe Produk

Langkah pertama meminta Anda untuk mengidentifikasi tipe dari produk grafis yang Anda gunakan dimana terdiri dari beberapa pilihan sebagai berikut:

  • APU (Accelerated Processors): Pilih tipe ini apabila perangkat yang Anda gunakan adalah notebook mobile, workstation atau PC Desktop yang menggunakan prosessor berbasis AMD APU (A series/E series/FX series) dengan grafis Radeon™
  • Desktop Graphics: Pilih tipe ini apabila perangkat  yang Anda gunakan adalah PC Desktop yang memakai kartu grafis Radeon™ diskrit misalnya AMD Radeon™ HD Series/Radeon™ R Series.
  • Notebook Graphics: Pilih tipe ini apabila perangkat  yang Anda gunakan adalah notebook yang memiliki kartu grafis Radeon™ diskrit misalnya AMD Mobility Radeon™ HD Series/Radeon™ R Series.
  • TV Tuner Products: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan TV Tuner yang pernah dibuat oleh AMD/ATI, seperti AMD TV Wonder™ 750 Series.
  • Workstation Graphics: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan kartu grafis yang biasa digunakan untuk kebutuhan grafis professional seperti AMD FirePro™ Series.
  • Integrated Motherboard Graphics: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan grafis Radeon™ yang terintegrasi ke motherboard misalnya AMD Radeon™ HD4290 Series.
  • Embedded Graphics:  Pilih tipe ini apabila Anda ingin melakukan instalasi driver untuk aplikasi embedded yang miliki perangkat grafis berperforma tinggi. Contohnya adalah prosessor grafis AMD 785E dan 780E.
  • MAC Graphics:Pilih tipe ini untuk Anda yang menggunakan perangkat berbasis Mac, di sini driver Apple Boot Camp sudah disediakan.

Step 2: Pilih Product Family

Langkah kedua meminta Anda untuk mengidentifikasi product family dari grafis yang Anda gunakan. Pada contoh gambar di atas, jika Anda menggunakan tipe Desktop Graphics Radeon™ R9 Fury X, maka untuk “Product Family” dari grafis tersebut sudah pasti termasuk dalam keluarga Radeon™ R9 Series.

Step 3: Pilih Produk

Langkah ketiga meminta Anda untuk mengidentifikasi produk grafis yang Anda gunakan. Pada contoh gambar di atas, jika Anda menggunakan grafis Desktop Radeon™ R9 Fury X, maka sudah pasti Anda memilih Radeon™ R9 Fury Series.

Step 4: Pilih OS

Langkah keempat meminta Anda untuk mengidentifikasi jenis Operating Sytem (OS) yang digunakan pada PC Desktop atau notebook Anda. Pada contoh gambar di atas menggunakan Windows 10 64-Bit. Namun tersedia beberapa pilihan lainnya selain Windows seperti Linux dan juga Mac OSX.

Step 5: Tunjukkan Hasil

Dengan klik pada tombol “Display Results” atau tunjukkan hasil, maka akan muncul hasil pencarian driver yang sesuai dengan pilihan yang telah Anda lakukan pada step-step sebelumnya. Berikut contoh tampilan halamannya.

AMD Radeon Crimson Setting

Pada halaman tersebut, tepatnya pada tab Features, Anda bisa melihat ukuran file termasuk versi paling baru dari driver yang bisa diunduh saat ini.  Anda bisa mengunduh driver dengan klik tombol “Download” dan tunggu hingga proses selesai. Untuk proses instalasi driver akan kami bahas pada artikel terpisah.

Driver Radeon™ Software Crimson Edition untuk Kartu Grafis/Prosessor AMD APU Lawas

Radeon™ Software Crimson Edition sebenarnya hanya kompatibel dengan produk grafis Radeon™ berbasis Arsitektur GCN terbaru yang di mulai dari:

  • AMD Radeon™ HD 7700-HD 7900 Series sampai Radeon™ Pro Duo untuk produk grafis Desktop,

AMD Desktop Product Family Compatibility

  • AMD Radeon™ HD 8180 – HD 8400 Series hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R3, R4, R5, R6, R7, atau R8 untuk produk APU Mobile/Notebook,
  • AMD Sempron™ APU dengan grafis Radeon™ R3 hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R4, R5, R6, or R7 untuk APU Desktop,

AMD APU Product Family Compatibility

  • AMD Radeon™ HD 7700MHD 7900M Series hingga AMD Radeon™ R9 M300 Series untuk grafis diskrit Mobile/Notebook.

AMD Mobility Product Family Compatibility

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan tipe grafis Radeon™ lawas selain seri yang disebutkan di atas, seperti misalnya Radeon™ HD 5000 Series atau Radeon™ HD 6000 Series masuk dalam mode status “legacy” yang tidak lagi mendapatkan update driver terbaru di masa yang akan datang. Namun, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna Radeon™, kini Radeon™ Software Crimson juga bisa dinikmati pada produk grafis Radeon™ lawas melalui hadirnya satu versi Radeon™ Software Crimson Edition khusus versi Non GCN 16.2.1 Beta. Anda bisa mengetahui kompatibilitas dari driver khusus ini pada perangkat Anda dengan melihat release notes di link berikut.

 AMD Radeon Crimson Setting

Download Driver Tambahan untuk Chipset Motherboard AMD

Selain melakukan instalasi driver untuk grafis Radeon™ Anda, pengguna produk AMD sangat disarankan untuk mendownload driver lainnya yang disebut AMD Chipset Driver. Hal ini dikarenakan driver ini memungkinkan Operating System (OS) agar dapat mengenali dan mengatur fungsi seluruh komponen yang terhubung ke motherboard baik itu prosessor, grafis, atau perangkat lain seperti mouse atau flashdisk agar dapat bekerja secara optimal. Untuk mengunduhnya, Anda hanya perlu menekan tab Optional Downloads pada halaman hasil pencarian driver dan klik tombol Download. 

AMD Chipset Driver

Temukan panduan lanjutan mengenai driver AMD Catalyst pada artikel berikut:

275 comments

  1. Pingback: Tingkatkan Performa Notebook Mudah dengan Overclock! | central pc store

Leave a Reply