RX 460

Bangun PC Gaming Harga Bersahabat? Pakai Athlon™ X4 Series + Radeon™ RX 460

Bermain game merupakan salah satu hiburan yang paling banyak digemari oleh masyarakat modern saat ini. Tak heran jika dari tahun ke tahun banyak orang berbondong-bondong untuk membangun perangkat PC Gaming terbaik yang mumpuni untuk memainkan game terbaru yang muncul di pasaran. Namun, terkadang pengguna tertentu seperti dari kalangan mahasiswa atau pelajar merasa kebingungan mencari racikan PC gaming yang bisa diandalkan dari segi performa namun bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau di kantong.

RX 460

Untuk menjawab keresahan itulah kali ini AMD ingin memberikan solusi terbaik untuk Anda yang ingin menghadirkan sebuah PC Gaming berkualitas tanpa harus menguras dana. Ya, hanya dengan rentang harga sekitar 5 Jutaan Rupiah saja, Anda sudah bisa memperoleh PC Gaming yang handal menggunakan paduan prosessor AMD Athlon X4-860K Quad Core dengan kartu grafis diskrit generasi termutakhir Radeon™ RX 460! Ingin tahu apa saja kelebihan dari prosessor dan grafis diskrit Radeon™ dari AMD satu ini? Yuk simak pembahasan selengkapnya!

Athlon™ X4 Series: Hadirkan Performa Quad Core dengan Harga Terjangkau!

RX 460

Di zaman yang makin canggih sekarang ini, game modern pun berevolusi untuk mampu menyajikan kualitas terbaik untuk para penggemarnya. Namun semakin berkembangnya teknologi game kini mulai dikenal istilah “Two Cores Aren’t an Option​” pada game-game terkini yang memang kebanyakan membutuhkan spesifikasi tinggi. Mayoritas game populer di zaman sekarang setidaknya membutuhkan prosessor dengan 4 inti atau Quad Core untuk bisa berjalan dengan optimal. Oleh karena itulah, penggunaan prosessor berbasiskan Dual Core saat ini sudah mulai kurang relevan untuk perakitan PC Gaming yang future proof  hingga masa mendatang1.

RX 460

Terbentur masalah harga? Tak perlu khawatir! Karena bagi Anda yang masih enggan melakukan upgrade prosessor Anda ke prosessor Quad Core, AMD telah menghadirkan solusi terjangkau prosessor AMD Athlon™ X4 Series dengan empat buah inti (Quad Core) bersoket FM2+ tentunya dengan kinerja mumpuni untuk bermain game hanya pada kisaran 1 Jutaan Rupiah saja! Anda bisa menikmati berbagai keunggulan yang disajikan oleh prosessor satu ini, diantaranya:

  • Windows 10 Ready dengan Dukungan DirectX® 12: Prosessor AMD Athlon™ X4 Series telah hadirkan dukungan penuh untuk sistem operasi terbaru Windows 10. Bahkan prosessor AMD Athlon™ X4 Series juga sudah mendukung berbagai aplikasi berbasis API Next-Gen DirectX® 12 dengan kemampuan aktifkan fitur multi-thread command buffer recording yang mampu memberikan dorongan performa saat bermain game, menjalankan efek 3D hingga menghasilkan kualitas gambar nyata!
  • AMD OverDrive™ Technology: Bagi Anda yang tidak puas dengan performa standar, Anda diberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan prosessor AMD Athlon™ X4 Series melalui penggunaan software khusus AMD OverDrive™ yang dapat digunakan untuk overclocking dan memperoleh informasi suhu prosessor serta informasi lain selengkapnya dari prosessor Anda.
  • AMD Cool’n’Quiet™ Technology: Tidak perlu cemas akan suhu prosessor yang tinggi saat bermain game karena kini AMD sudah menghadirkan bundling AMD Athlon™ X4 Series dengan pendingin berbasis teknologi “Near Silent AMD Thermal Solution”. Pendingin terbaru ini mampu memberikan pendinginan optimal pada prosessor AMD Athlon™ X4 Series milik Anda sekaligus menjaganya tetap hening saat pemakaian sehari-hari.
  • AMD Turbo Core Technology: Prosessor AMD Athlon™ X4 Series juga sudah mendukung teknologi AMD Turbo Core yang mampu meningkatkan kecepatan prosessor secara otomatis sesuai kebutuhan saat menjalankan aplikasi berat.

Masih bingung ingin memilih prosessor AMD Athlon™ X4 Series mana yang sesuai kebutuhan Anda? Salah satu rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Athlon™ X4-860K Quad Core dengan pendingin 95W Near-Silent AMD Thermal Solution yang sudah memiliki kecepatan mulai 3.7GHz dimana masih bisa ditingkatkan lagi dengan AMD Turbo Core Technology secara otomatis saat bekerja berat hingga maksimal 4.0GHz! Jika Anda penasaran dengan performa aktual prosessor satu ini terutama saat memainkan game-game terkini, jangan beranjak kemana-mana dan simak pembahasan kami selengkapnya di artikel ini pada bagian pengujian. Namun sebelum masuk ke pembahasan yang lebih seru, yuk kita bahas terlebih dahulu kartu grafis Radeon™ mana yang sekiranya cocok untuk menemani prosessor AMD Athlon™ X4 Series milik Anda nantinya.

Performa Grafis Handal dan Efisien dengan Radeon™ RX 460

Prosessor yang mumpuni saja tidak cukup untuk membangun sebuah PC Gaming yang handal karena dibutuhkan juga sebuah kartu grafis yang mampu mengolah dan menampilkan gambar berkualitas tinggi mulus tanpa hambatan demi menciptakan gaming experience memukau bagi pengguna. Namun bukan berarti Anda harus merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk memiliki sebuah kartu grafis yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk menikmati game masa kini.

RX 460

RX 460

Ya, berkat inovasi terbaru AMD di bidang kartu grafis, kini Anda sudah bisa memiliki sebuah kartu grafis mumpuni dengan harga terjangkau. Radeon™ RX 460 dengan basis arsitektur “Polaris 11” ini sengaja disediakan khusus untuk segmen menengah dengan kisaran harga mulai dari 1.6 Jutaan hingga 2 Jutaan Rupiah saja! Tentunya dengan dukungan teknologi dan desain terbaru yang tersemat di dalamnya Anda akan dimanjakan dengan beragam peningkatan dibanding Radeon™ generasi terdahulu, diantaranya:

  • Kemampuan E-Sport Gaming Luar Biasa: Radeon™ RX 460 sudah siap untuk hadirkan pengalaman bermain game online yang populer di kalangan gamers mulai dari Counter Strike: Global Offensive, DOTA 2, League of Legends termasuk juga game terbaru Overwatch dengan lancar hingga di atas resolusi HD.

RX 460

  • Lebih Efisien : Hadir dengan arsitektur “Polaris” rancangan AMD yang di dukung oleh fabrikasi terbaru 14nm FinFET, Radeon™ RX 460 mampu sajikan konsumsi daya sangat hemat kurang dari 75W! Hal ini tentunya membuat Radeon™ RX 460 merupakan pilihan yang lebih efisien dibandingkan dengan generasi sebelumnya2.
  • DirectX® 12 dan Vulkan™ API Ready : Selain cocok untuk E-Sports gaming, kartu grafis Radeon™ RX 460 ini juga sudah siap untuk memainkan game terkini yang berbasiskan API Next-Gen seperti DirectX® 12 dan Vulkan™ API. Anda bisa membuktikan sendiri kehebatan kinerja kartu grafis Radeon™ RX 460 pada pembahasan selanjutnya saat menjalankan game terbaru berbasis API Next-Gen Rise of Tomb Raider, Total War: Warhammer serta DOOM (2016) dengan baik.
  • Peningkatan Multimedia dan Display: Tidak hanya untuk gaming saja, Anda juga akan mendapatkan tingkatan performa dan fitur di bagian multimedia menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 460 ini, mengingat pada Radeon™ RX series AMD menyediakan dukungan encoding dan decoding Ultra HD HEVC yang memungkinkan Anda melakukan streaming dan merekam permainan favorit Anda dengan lancar. Tak lupa dukungan HDMI™ 2.0 dan Display Port 1.3/1.4 dan dukungan HDR yang kelak akan digunakan pada banyak televisi dan monitor masa depan untuk tampilan gambar lebih memukau.

RX 460

RX 460Setelah membahas secara singkat mengenai keunggulan kartu grafis terbaru Radeon™ RX 460, tentunya banyak dari Anda yang penasaran bagaimana performa sesungguhnya kartu grafis terbaru ini saat menjalankan beragam game yang populer di kalangan pengguna.  Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah penasaran dengan keunggulan Radeon™ RX 460 ini dan berminat untuk memilikinya sebagai senjata PC Gaming pribadi milik Anda, berikut kami uraikan hasil pengujian selengkapnya.

Pengujian Performa PC berbasis AMD Athlon X4-860K dan Radeon™ RX 460

Pada pengujian kali ini, kami menggunakan prosessor AMD Athlon™ X4-860K Quad Core dengan dukungan pendingin terbaru berbasiskan teknologi “Near Silent AMD Thermal Solution”. Walau memiliki desain pendingin lebih sederhana dengan harga prosessor lebih terjangkau, Anda tidak perlu meragukan soal kualitas, karena pendingin pada prosessor ini memiliki kinerja sama dengan pendingin unggulan yang di bundle bersama seri prosessor AMD tertinggi “FX Series” Wraith Cooler, hanya saja hadir tanpa lampu LED bawaan, sehingga mampu menjaga suhu prosessor secara optimal walau saat bekerja berat.

RX 460

Kemudian kami memasangkan prosessor Athlon™ X4-860K dengan kartu grafis Powercolor Radeon™ RX 460 Red Dragon 2GB 128Bit DDR5 yang sudah hadir di pasaran Indonesia dengan harga jual sekitar 1,6 Jutaan Rupiah. Dengan total budget 5 Jutaan, kami mampu menghadirkan spesifikasi yang kurang lebih seperti yang ada di bawah ini dimana terbilang sangat terjangkau bagi pengguna dengan dana terbatas yang ingin membangun sebuah PC Gaming mumpuni.

Spesifikasi Testbed
Processor AMD Athlon™ X4-860K Quad Core
Motherboard ASUS A68HM-E
RAM Corsair Vengeance DDR3 8GB 1600 MHz
Kartu Grafis PowerColor Radeon™ RX 460 Red Dragon 2GB 128Bit DDR5
Hardisk Seagate HDD 500GB
Power Supply Corsair VS450 80 Plus

Catatan : Harap tuju ke catatan kaki nomor 3 untuk info lengkap

Benchmark Game Berbasis DirectX® 12 dan Vulkan™

RX 460

Menggunakan spesifikasi testbed yang sudah dikemukakan sebelumnya, dengan sistem operasi Windows 10 Pro-64Bit dan driver Radeon Software Crimson versi 16.8.2, bisa dilihat bahwa sebuah PC Gaming dengan harga 5 Jutaan Rupiah pun sudah sanggup memainkan game populer berbasis DirectX® 12 Total War: Warhammer dan Rise of Tomb Raider serta game berbasis Vulkan™ API DOOM 2016 dengan lancar di resolusi Full HD 1080p4 sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai performa saat bermain game yang akan datang.

Benchmark Game Online serta Game DirectX® 11 Terkenal

RX 460

Lalu bagaimana dengan pengujian sistem pada game online populer dan game lainnya berbasis API DirectX® 11? Dalam pengujian berikutnya masih menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro-64Bit dan driver Radeon Software Crimson versi 16.8.2 terlihat PC yang berbasiskan AMD Athlon™ X4 860K + Radeon™ RX 460 ini juga handal dalam menjalankan game DirectX® 11 yakni Dirt Rally dan GTA V dengan lancar diatas 60 FPS pada resolusi Full HD 1080p. Tak hanya itu game online terkenal seperti DOTA 2 dan Counter Strike: Global Offensive juga terbukti lancar dimainkan dengan lancar bahkan hingga lebih dari 100 FPS pada setting tinggi. Pengujian ini membuktikan kartu grafis Radeon™ RX 460 merupakan pilihan terbaik bagi penggemar E-Sports gaming5.

Kesimpulan

RX 460

Berdasarkan pengujian yang sudah dilaksanakan terbukti sudah bahwa kombinasi dari prosessor AMD Athlon™ X4-860K serta kartu grafis diskrit Radeon™ RX 460 mampu menghadirkan alternatif PC gaming impian dengan harga terjangkau yang mumpuni untuk menjalankan game modern yang beredar saat ini, baik itu berupa game online sampai game terbaru berbasis API Next-Gen DirectX® 12 maupun Vulkan™ pun bisa dijalankan dengan lancar. Apalagi dengan konsumsi daya yang rendah dari kartu grafis Radeon RX™ series, serta pendingin terbaru yang disematkan pada prosessor AMD Athlon™ X4 Series mampu membuat kegiatan bermain Anda menjadi lebih nyaman tanpa harus khawatir soal tagihan listrik dan suhu saat menjalankan berbagai game dalam waktu yang lama sekalipun. Jika Anda menginginkan PC Gaming yang efisien tanpa harus kehilangan performa tinggi, rekomendasi kami kali ini semoga bisa menjadi salah satu  alternatif terbaik untuk Anda. Tertarik untuk mencobanya?

Catatan Kaki :

  1. Berdasarkan persyaratan minimum dari produsen game terkini seperti (http://help.ea.com/en/article/pc-system-requirements-star-wars-battlefront/) StarWars Battlefont. (http://help.bethesda.net/app/answers/detail/a_id/31148) Fallout 4 (http://www.rockstargames.com/V/info/pc/specs) Grand Theft Auto V, ​ (http://en.cdprojektred.com/support/tw3-system-requirements/) The Witcher 3: Wild Hunt (http://store.steampowered.com/app/239140/) Call of Duty: Black Ops III, ​ (http://support.wbgames.com/link/portal/24022/24028/Article/786/Shadow-of-Mordor-PC-System-Requirements) Middle-earth: Shadow of Mordor
    (http://help.ea.com/en/article/system-requirements-for-battlefield-hardline/) Battlefield™: Hardline
  2. Dibandingkan Radeon R7 260x di rentang harga yang sama (http://radeon.com/en-us/rx-460/)
  3. Tidak termasuk monitor dan aksesoris PC lain seperti keyboard dan mouse. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari nilai pertukaran Rupiah dan hal lainnya.
  4. Berdasarkan test internal AMD dengan settingan grafis sebagai berikut :
  • Rise of The Tomb Raider : DX 12, Medium Preset, 2x AF, PureHair On.
  • Total War: Warhammer : DX 12, Medium Preset, 2x AF.
  • Doom 2016: Vulkan, Medium Preset, 2x AF, 8TX TSSAA.
  1. Berdasarkan test internal AMD dengan settingan grafis sebagai berikut :
  • CS : GO : Maximum Preset, 8x MSAA, 4x AF, FXAA
  • Dota 2 : Best Looking Preset
  • Dirt Rally : High Preset
  • GTA V : High Preset, 4x AF

35 comments

    • Admin
      Author Reply

      Beda kelas sih, yang jelas jika menginginkan performa lebih bisa pilih Athlon X4 dengan tambahan grafis ekksternal, kalau kelebihan A8-7600 itu dia bisa stand alone karena sudah punya grafis terintegrasi APU, jadi pilih sesuai kebutuhan dan budget

  1. Budi
    Reply

    min. klo buat desain grafis bagusnya pake yg athlon x4 860 atua A8 7600, sklian list spek KOMPUTER yang cocok buat Desain Grafis.

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Untuk keduanya sudah cukup untuk digunakan desain grafis. perbedaanya adalah untuk AMD Athlon X4 860K hadir tanpa grafis terintregrasi. Jadi, kamu harus membeli grafis diskrit tambahan. sedangkan AMD A8 tidak. 🙂 pilihan ada di tangan kamu 🙂

  2. asepst
    Reply

    Min, Spek diatas kalo mainboard/vga nya diganti merk lain (Misalnya : ASUS A68HM-E diganti GIGABYTE GA-F2A68HM dan PowerColor Radeon™ RX 460 diganti Sapphire RX 460 berpengaruh sama kinerja ga?
    Terima Kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai, untuk penggantian Motherboard dengan Motherboard seri A68 tidak mempengaruhi performa. hanya saja, beberapa fitur (seperti jumlah port
      SATA dan USB) tidak selengkap Motherboard High-End. untuk kartu grafis tidak ada masalah selama masih satu seri 🙂

  3. Pingback: Review Performa Radeon™ RX 480: Siap Jalankan Game Terkini di Resolusi Tinggi! | SepdaDa

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Kalau ini mimin kurang tahu sampai kapan. Namun satu hal yang pasti. kombinasi spesifikasi gaming diatas, sudah cukup untuk membangun PC Gaming terkini dengan harga bersahabat 🙂

  4. candra
    Reply

    Hi AMD Athlon™ X4-860K sama rx 460 masih bisakah make motherboard tipe A58 fm2+? memory ramnya mentok berapa GB min rekomendasi tipe brapa min?

  5. Dani
    Reply

    @admin klo bangun pc gaming Prosessor AMD A12 tidak melebihi 10 juta diluar monitor,keybod,mouse, apa sj racikannya agar bisa memainkan game CALL OF DUTY seri terbaru.
    Rekomendasinya ya..

Leave a Reply