AMD EPYC™

Prosessor AMD EPYC™, Bawa Keseimbangan Performa dan Keamanan Untuk Data Center

Hadirkan 45% core lebih banyak dibandingkan prosessor server generasi sebelumnya

Mendukung bandwidth yang lebih lega dan lebih banyak I/O

Hadirkan dukungan keamanan termutakhir dan terintegrasi

AMD EPYC

Peranan Data Center sangatlah penting bagi perusahaan terutama di era Big Data seperti sekarang ini. Perusahaan membutuhkan data center dengan performa yang handal, mudah untuk di-upgrade dan di ekspansi, hadir dengan keamanan yang handal serta efisien sehingga tidak membuat beban finansial berlebih pada perusahaan.

Perkenalkan AMD EPYC™ 7000, Prosessor Data Center Generasi Terbaru!

AMD EPYC AMD EPYC

Untuk kepentingan pengelolaan data center, AMD hadirkan prosessor server EPYC™ yang hadir dengan kekuatan hingga 32 Cores 64 Threads dalam satu prosessor! Dengan dukungan hingga 2 socket  dalam satu motherboard, tentunya mampu hadirkan jumlah cores 45% lebih banyak dibandingkan prosessor server dari AMD pada generasi sebelumnya1. Tidak hanya itu, AMD EPYC™ juga hadir dengan 8 Channel memori per prosessor dengan dukungan hingga 128 PCIe Lanes, dimana mampu hadirkan 122% Bandwidth memori yang lebih besar, serta 60% lebih banyak dukungan I/O untuk perangkat tambahan yang dibutuhkan dibandingkan prosessor server generasi sebelumnya2.

Keunggulan AMD EPYC™: Dilengkapi Dukungan 8 Channel Memori DDR4,  128 PCIe Lanes dan SCH Terintegrasi

AMD EPYC AMD EPYC

Dikarenakan berbasis System on Chip (SoC), AMD EPYC™ ini tidak membutuhkan adanya Platform Controller Hub (PCH) eksternal yang pastinya membuat pekerjaan komputasi menjadi lebih sederhana dan cepat serta dapat menghemat konsumsi daya prosessor. Berbagai fungsi penting sudah hadir terintegrasi dalam SoC processor EPYC™ ini, diantaranya :

  • 8 Channel Memori DDR4 ECC : AMD EPYC™ sudah terintegrasi dengan Memory Controller berbasiskan 8 Channel Memori DDR4 ECC hingga 2TB RAM per prosessor.
  • 128 PCIe Lanes : Mendukung jalur berkecepatan tinggi PCIe Lanes hingga 128 PCIe Lanes, yang bisa digunakan untuk akselerator seperti Radeon™ Instinct, SSD M.2/U.2 atau LAN Card tambahan untuk mendukung peningkatan performa server.
  • Intregrasi SCH : tidak perlu chipset tambahan pada motherboard untuk USB 3.0 dan konektor lain yang digunakan pada server, karena prosessor sudah mengintegrasikan controller hub dengan prosessor secara langsung. Hal ini tentunya dapat membuat motherboard menjadi 20% lebih minim komponen dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan versi tradisional dengan chipset tambahan atau PCH eksternal.

Didukung Infinity Fabric, AMD EPYC™ Hadirkan Performa Tinggi dengan Efisiensi Terbaik!
AMD EPYC

Demi hadirkan prosessor berkekuatan 32 Cores 64 Threads dengan performa optimal, dibandingkan menggunakan 1 blok besar yang kurang efisien, sebuah prosessor AMD EPYC™ akhirnya hadir dengan 4 buah microprocessor berisikan 8 cores per unit yang hemat daya dimana satu sama lain saling tersambung menggunakan teknologi Infinity Fabric.

Teknologi Infinity Fabric revolusioner dari AMD ini, merupakan teknologi jalur interkoneksi berkecepatan tinggi yang dapat menghubungkan masing-masing unit die dalam sebuah prosessor EPYC™ dengan latensi yang rendah. Dengan teknologi ini walaupun aplikasi hanya sedang menggunakan 8 cores dalam 1 unit die, namun tetap bisa memanfaatkan memory bandwidth secara penuh yang kemudian menghadirkan performa tinggi namun efisien.

AMD EPYC AMD EPYC

Tak hanya itu, teknologi terbaru Infinity Fabric juga mampu hadirkan dukungan interkoneksi socket to socket yang sangat efisien. Dalam mode Dual Socket ini, teknologi Infinity Fabric memungkinkan aplikasi untuk dapat menggunakan bandwidth dari prosessor lain sehingga menghadirkan kapasitas bandwidth 2x lebih besar dengan performa 2x lipat! Tak hanya itu, teknologi Infinity Fabric ini juga mampu mendukung transisi antar core per unit yang berbeda prosessor dengan cepat, dengan penggunaan konsumsi daya yang rendah, sehingga perusahaan dapat diuntungkan dengan tersedianya bandwidth besar yang mendukung performa lebih tinggi namun sangat hemat daya dengan menggunakan prosessor EPYC™ untuk server mereka.

Performa Handal dan Kompetitif untuk Server Dual Socket

AMD EPYC

Seri tertinggi AMD EPYC™, yakni AMD EPYC™ 7601 yang memiliki kekuatan 32 Cores 16 Threads, terbukti unggul dalam pengujian Integer Performance dalam mode Dual Socket dibandingkan prosessor kompetitor dengan perbedaan sampai dengan 47% performa lebih tinggi!

AMD EPYC

Begitupun untuk pengujian performa Floating Point yang menjadi dasar rujukan untuk performa komputasi, terbukti AMD EPYC™ 7601 lebih unggul hingga 75% lebih baik dibandingkan kompetitor pada konfigurasi server Dual Socket.

AMD EPYC

Berkat dukungan Infinity Fabric, AMD EPYC™ juga terbukti mampu hadirkan performa yang lebih baik dan juga hadirkan efisiensi lebih tinggi dibanding kompetitor. Dalam pengujian yang dilakukan di sistem Dual Socket terbukti AMD EPYC™ menggunakan hingga 55% energi yang lebih rendah dengan total performa/watt mencapai 1.54x lebih baik dibanding kompetitor yang pastinya dapat menguntungkan dari segi pengeluaran biaya perusahaan untuk pemeliharaan server.

Ingin melihat langsung ketangguhan performa AMD EPYC™ di sistem dual-socket saat mengerjakan pekerjaan berbasis High Performance Computing (HPC)? Simak demo langsung perbandingan dengan prosessor server kompetitor di video berikut ini!

Dukungan Teknologi Keamanan Berbasis Hardware Terkini
AMD EPYC AMD EPYC

AMD EPYC™ hadir dengan teknologi keamanan terkini yang terintegrasi langsung pada hardware prosessor, salah satunya adalah enkripsi memori secara penuh, langsung saat pengguna menyalakan sistem pertama kali. Dengan terintegrasinya teknologi keamanan AMD Secure Processor di setiap unit AMD EPYC™, membuat AMD EPYC™ hadirkan kemampuan enkripsi tanpa berdampak pada performa aplikasi yang digunakan, sehingga performa sistem tidak terganggu dan data perusahaan tetap aman. AMD Secure Processor juga telah mendukung teknologi akselerasi enkripsi terkini seperti AES 128/256, zLib, SHA, TRNG, RNRAND dan RSA yang digunakan pada perusahaan untuk mengamankan datacenter termasuk bagi yang menggunakan untuk keamanan Virtual Machine (VM).

Pilihan Seri Prosessor AMD EPYC™

AMD EPYC

AMD EPYC™ hadir dengan beragam varian mulai dari yang tertinggi dengan konfigurasi 32 Cores 64 Threads, hingga varian yang terendah berkekuatan 8 Cores 16 Threads. Dengan teknologi Infinity Fabric semua seri akan hadir dengan dukungan hingga 8 Channel RAM DDR4 ECC dan 128 PCIe Lanes, sehingga seri terendah sekalipun akan tetap memiliki bandwidth memori tinggi dengan jumlah PCIe Lanes yang sama.

Perpaduan AMD EPYC™ & Radeon Instinct Hadirkan Performa Pengolah Data Spektakuler!

AMD EPYC AMD EPYC

Kombinasi prosessor AMD EPYC™ dengan akselerator Radeon Instinct adalah pilihan  kombinasi yang sangat tepat untuk superkomputer yang membutuhkan performa tinggi untuk pengolahan data yang sangat kompleks. Perusahaan bisa mendapatkan kombinasi sistem yang efisien berkat dukungan PCIe Lanes yang melimpah dalam satu sistem dengan 1 prosessor AMD EPYC™, dimana mampu mendukung hingga 8 buah akselerator Radeon Instinct. Selain itu dengan dukungan Radeon Open Compute (ROCm) yang berbasis Open Source, perusahaan juga bisa merancang sendiri secara fleksibel sistem untuk kebutuhan apapun yang diperlukan dengan mudah, seperti untuk keperluan High Performance Computing (HPC) dan Machine Learning.

Dapatkan Dukungan Ekosistem Hardware dan Software Dari Berbagai Vendor Terkemuka!

AMD EPYC

AMD EPYC™ telah mendapatkan dukungan ekosistem datacenter yang luas dari berbagai vendor terkemuka seperti Microsoft, VMware, XILINX, Mellanox Technologies, Samsung Electronics, redhat.

AMD EPYC

Tak hanya itu AMD EPYC™ juga telah mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan penyedia server dan komponen server, yang menjadikan AMD EPYC™ siap pakai untuk kebutuhan perusahaan. Ingin tahu lebih banyak mengenai prosessor server berteknologi revolusioner dari AMD ini? Simak lebih lengkap di link berikut ini.

Simak juga testimoni perusahaan terkemuka yang sudah merasakan manfaat AMD EPYC™ untuk solusi datacenter mereka di video berikut.

 

Catatan:

  1. Lebih baik dibandingkan AMD Opteron™ 6300 yang menggunakan arsitektur Piledriver.
  2. Dibandingkan AMD Opteron™ 6000 yang hanya mendukung 22 Lanes per prosessor.

Leave a Reply