richland-logo

Richland: Si Elite Mobile APU Hemat Daya dan Bertenaga!

AMD APU Richland merupakan seri mobile APU generasi terbaru yang diluncurkan beberapa saat lalu menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan diberbagai aspek. Selain menawarkan kecepatan yang makin tinggi dan performa grafik yang superior, Richland juga lebih irit daya lho! Dengan menggunakan brand yang baru yaitu “Elite Performance APU Platform” diharapkan Richland dapat medobrak dunia Notebook.

AMD Richland

Elite Quad Core

Berdasarkan arsitektur dasar, APU Richland jauh diatas para pendahulunya. APU Richland menggunakan fabrikasi 32nm serta Piledriver CPU cores dan GPU berbasis Cayman.

Yang membedakan Richland dari versi APU sebelumnya adalah Richland merupakan APU yang pertama menggunakan AMD Radeon HD seri 8000 sebagai GPU. Selain itu, terdapat peningkatan perfoma CPU dengan nilai clock yang lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya. Walaupun Richland menawarkan peningkatan perfoma CPU dan grafis, daya yang dibutuhkan malah semakin kecil dan hemat. Richland hanya mengkonsumsi energi 17% lebih rendah dalam posisi idle dan hampir 40% lebih rendah saat memainkan video 720p. Jadi, kita tidak perlu takut terhadap daya tahan baterai Notebook saat harus membuka aplikasi 3D dan Game yang tergolong berat.

TDP

Power TDP Richland

Terdapat 4 APURichland yang diperkenalkan oleh AMD yaitu APU quad-core A10-5750M dan A8-5550M serta dual-core A6-5350M dan A4-5150. Berikut ini merupakan spesifikasi lengkapnya:

amd_richland_4

4 Macam AMD Richland

Setiap seri Richland telah menggunakan TDP 35W. Seri APU Richland yang tertinggi yaitu A10-5750M merupakan satu-satunya APU Richland yang mendukung Memory DDR3-1866. Dengan memiliki kecepatan 2.5GHz dan Turbo bisa mencapat 3.5GHz tentunya APU ini dapat menjalankan berbagai aplikasi berat dengan sempurna.

Dengan adanya Radeon HD 8000 series pada Richland, tidak diragukan lagi beberapa fitur pendukung grafis dari Radeon akan otomatis hadir pula di Richland; seperti AMD Dual Graphic yang menawarkanpenambahan performa grafis dengan menambahkan satu VGA tambahan, AMD Eyefinity yang memungkinkan penggunaan 6 buah monitor secara bersamaandan kompabilitas  terhadap DirectX® 11 untuk gaming.

Untuk urusan perfoma, Richland telah menunjukkan kemampuan yang sangat memukau. Dengan mengunakan aplikasi 3DMark terbaru pada pengujian Fire Strike DirectX 11, terbukti Richland mampu mengalahkan saingannya dengan perbedaan lebih dari 50% pada pengujian 3D Benchmark sintetis. Nilai yang didapatkan ini mampu menjalan berbagai Game terbaru dengan mulus walaupun menggunakan Notebook.

AMD-Richland-APU

Richland APU

AMD juga menawarkan berbagai software yang luar biasa untuk mendampingi APU Richland. 3 Teknologi AMD Terbaru di Tahun 2013 yang sempat dibahas juga termasuk dalam bundle ini.

AMD Gesture Control memungkinkan pengguna melakukan gerakan tangan di depan kamera WebCam untuk menjalankan berbagai perintah di Notebook. Sudah bosan menggunakan Password untuk melakukan Login? Dengan menggunakan AMD Face Login, kita dapat melakukan login dengan muka sebagai pengganti password. AMD Screen Mirror dapat membantu kita melakukan duplikasi layar dari Notebook ke layar TV dengan cepat.

gesture AMD

AMD Technology

Ada juga tambahan sebagai bagian dari bundle software termasuk AMD Quick Stream (mengutamakan media streaming ke PC lain tanpa hambatan), AMD Steady Video (biasa digunakan memproses algoritma untuk menstabilkan gambar video), dan AMD Perfect Picture HD (de-interlacing, contrast enhancement, color saturation, and vibrancy).

Beberapa saat lagi, Notebok yang dilengkapi AMD APU Richland akan segera hadir dipasaran, khususnya di Indonesia. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, sudah tidak perlu diragukan bahwa AMD APU Richland bisa menemani kita dalam melakukan berbagai aktivitas pada Notebook. Sudah tidak sabar untuk mencicipinya? Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini!

5 comments

  1. zindroid
    Reply

    Apakah kinerja untuk AMD A-10 ini sama dengan Intel Core i7 yang ada saat ini dan lebih unggul mana diantara kedua processor tersebut

    • ya kalo tidak memakai VGA tambahan, si AMD-A10 menang bro, karena memang APU jagonya kalo masalah VGA integrasi seperti ini..
      lain kalau ke 2nya di pasangkan VGA tambahan, di adu ya menang i7 nya.. thx

Tinggalkan Balasan