fbpx

Teknologi hUMA – HSA Bagian III – Bagaimana hUMA Meningkatkan Kinerja Prosesor

Di artikel Teknologi hUMA – HSA Bagian II lalu kita sudah membahas beberapa fitur yang jadi andalan teknologi hUMA, melengkapi seri pengenalan teknologi terbaru AMD ini kami akan berikan tambahan informasi yang lebih dekat ke penjelasan cara kerja prosesor dengan dan tanpa teknologi hUMA sebagai pemahaman dasar yang penting sebelum membahas topik yang lebih berat ke depan nanti.

Penggunaan teknologi hUMA memang menawarkan beragam manfaat yang akan mengubah dunia komputer masa depan. Manfaat yang dijanjikan oleh teknologi ini akan dibahas di rubrik berikutnya. Sebelum kita menjamah keuntungan penggunaan teknologi hUMA tersebut, ada baiknya jika kita membandingkan sistem kerja dengan dan tanpa teknologi hUMA ini.

Di prosesor multi core yang digunakan luas saat ini, memang prosesor tersebut sudah menjamin kinerja yang cukup apik. Namun, pertanyaan yang muncul adalah, sampai kapan prosesor ini mampu menawarkan performa yang mencukupi kebutuhan komputasi orang, dimana seiring dengan waktu semakin meningkat.

Mari kita bandingkan proses komputasi sekarang dengan masa depan.

Sistem Kerja Prosesor Tanpa hUMA

Ketika CPU merancang struktur data yang akan dikomputasi lebih lanjut, struktur tersebut dibentuk pada memori CPU. Karena pemisahan memori antara CPU dan GPU, GPU tidak dapat mengakses secara langsung struktur data yang dirancang pada memori CPU untuk dikomputasi. Dengan demikian, kedua prosesor akan bekerja secara parallel.

huma-3.1

Setelah struktur data selesai, maka proses kopi dari memori CPU ke bidang memori GPU dilakukan. Setelah memori GPU menerima struktur data tersebut, maka proses komputasi lebih lanjut kemudian dijalankan. Adapun hasil dari komputasi tersebut nantinya akan keluar dan disimpan pada memori GPU, dikarenakan CPU sendiri tidak dapat mengakses memori yang bersangkutan. Untuk itu, proses pemindahan hasil komputasi pun harus dilakukan kembali ke memori CPU.

Sistem Kerja Prosesor Dengan hUMA

Dengan menggunakan teknologi hUMA, prosesor CPU dan GPU akan mendapatkan ruang memori yang sama. Keduanya akan bekerja secara koherensif dan saling bertautan. Hal ini dapat terjadi berkat kehadiran pointer. Pointer adalah sebuah data yang menyimpan lokasi struktur pada memori.

huma - 3.2

Kehadiran pointer membuat prosesor CPU tinggal menunjukkan posisi struktur yang dikomputasi pada kapasitas memori yang dishare dengan GPU. GPU lalu melakukan komputasi, dan hasilnya pun dapat langsung dibaca oleh CPU. Keseluruhan proses komputasi dilakukan tanpa pemindahan struktur data. Hanya dengan membandingkan panjangnya dan waktu yang diperlukan untuk membaca penjelasan sistem kerja tanpa dan dengan hUMA, kita sudah mengetahui betapa efisiennya kinerja yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Beragam manfaat pun sudah menanti dengan menggunakan teknologi hUMA ini. Simaklah lebih lanjut mengenai keuntungan penggunaan teknologi hUMA di dunia industri dan konsumen komputer di Teknologi hUMA – HSA Bagian IV.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here