huma-4.1

Teknologi hUMA – HSA Bagian IV – Manfaat hUMA Untuk Programmer & Konsumen

Arsitektur prosesor terbaru pada teknologi hUMA memang sangat revolusioner di dunia komputer. Kehadirannya di masa depan dipastikan menggeser prosesor multi core yang masih luas digunakan hingga sekarang sebagaimana yang pernah kita bahas di artikel Teknologi hUMA – HSA Bagian III sebelumnya terkait cara kerja hUMA dalam meningkatkan kinerja prosesor. Sistem kerja yang jauh lebih efisien dipastikan akan memanjakan umat manusia di dunia komputer.

huma-4.1

 

AMD, perusahaan yang mempresentasikan proyek hUMA, sangat optimis dengan pangsa pasar potensial yang akan menggunakan teknologi ini. Adapun penggunaan prosesor hUMA sendiri dikatakan sudah mulai diaplikasikan pada sistem konsol permainan PlayStation4. Tidak hanya pada konsol game saja, teknologi hUMA menawarkan proses kerja yang lebih baik pada komputer, tablet, server, dan beragam produk elektronik berbasis komputer lainnya.

huma 4.2

Manfaat Aplikasi hUMA Bagi Developer dan Programmer

Penggunaan teknologi hUMA sendiri akan memberikan benefit sangat besar, selain pada programmer tentu saja pada para penggunanya nanti. Jika kita tilik dari sisi programmer, hUMA membuat sistem komputasi yang lebih ringan dan mudah.

Dengan memperhatikan hal ini, pengembangan program akan menjadi lebih mudah dan simple. Dengan sistem komputasi berbasis hUMA nantinya beragam bahasa programming yang banyak digunakan pada umumnya, seperti C++ maupun Java, pun sudah dapat didukung dengan sangat baik.

Dengan komputasi program yang lebih simple dan mudah, tentu saja modal awal untuk mengembangkan menjadi lebih dapat ditekan. Efisiensi pada arsitektur prosesor ini membuat hanya sedikit orang saja yang harus melakukan kerjaan yang bersifat sama maupun repetitif.

Manfaat Aplikasi hUMA Bagi Konsumen

Jika Anda berpikir bahwa teknologi hUMA hanya akan memudahkan kerja para programmer dan developer, sepertinya Anda salah besar. Teknologi hUMA yang diaplikasikan nantinya pada beragam consumers’ goods juga akan memberikan benefit yang malah jauh lebih besar bagi para konsumen.

Jika kita lihat, proses komputasi yang lebih efisien tentu akan memberikan performa yang lebih tinggi pada beragam gadget dan device yang digunakan. Segala hal berkaitan dengan proses akan menjadi lebih singkat dan cepat. Hal ini membuat para pengguna dapat melakukan aktivitas komputasi sehari-hari dengan sangat efektif.

Tentu saja efisiensi proses kerja dari hUMA juga membuat konsumsi energi yang diperlukan juga lebih sedikit. Dengan performa yang serupa dengan prosesor konvensional saat ini, hUMA hanya memerlukan kurang dari setengah energi pada baterai yang digunakan oleh gadget nantinya.

Dengan benefit yang dijanjikan oleh teknologi hUMA ini, tentu saja kita sudah tidak sabar dengan penggunaannya yang lebih luas lagi di masa depan. Bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sistem prosesor dengan multi-core saat ini, dan sambutlah segera kehadiran hUMA yang akan segera mengubah seisi jagad dunia komputer.

Untuk kembali menyimak ulasan kita dari awal terkait teknologi HSA dan hUMA, Anda dapat membaca:

11 comments

  1. rusman
    Reply

    ketika perusahaan processor lain berusaha masuk ke pasar secara membabi buta, AMD hanya duduk manis dengan teknologi masa depan yang sudah ditangan. Good Job!!!

      • Lies Arief Yuniar
        Reply

        Saya sudah lama menggunakan processor AMD sejak masih genre 80486, sebelum ada Pentium, dan saya selalu mengikuti perkembangan tekhnologi AMD hingga kemunculan HSA sekarang ini, terakhir saya memakai AMD socket AM1 (Kabini), betul2 irit stabil gak pernah rewel. Ada beberapa hal yang jadi ganjalan dalam benak saya soal tekhnologi HSA ini,
        1. “Apa semua OS+Aplikasi saat ini sudah banyak yang mengimplementasikan tekhnologi HSA ini?”
        2. Sejauh mana keunggulan tekhnologi HSA ini dibandingkan tekhnologi processor multicore sekarang ini?
        3. Apakah HSA ini akan bersaing langsung dengan tekhnologi Hyperthread punya Intel?

Leave a Reply