GPU Embedded AMD Radeon E8860

AMD Hadirkan Grafis Lebih Baik untuk Aplikasi Embedded Melalui GPU Embedded AMD Radeon E8860

GPU berbasis Graphics Core Next sajikan peningkatan performa hingga dua kali lipat dari pendahulunya dengan ketahanan hingga tujuh tahun untuk hadirkan era baru visual dan sistem embedded GPU

GPU Embedded AMD Radeon E8860 

NUREMBERG, Germany. — Embedded World 2014 – Feb. 25, 2014 AMD (NYSE: AMD )hari ini mengumumkan GPU Embedded AMD Radeon E8860 (codename “Adelaar”), kartu grafis berbasis Graphics Core Next (GCN) pertama di dunia dengan arsitektur yang didesain secara khusus untuk meningkatkan kualitas visual dan proses paralel dalam menjalankan aplikasi embedded. Dengan peningkatan performa lebih dari dua kali lipat namun dengan konsumsi daya yang sama seperti seri sebelumnya, GPU AMD E8860 membawa teknologi grafis 3D dan 4K ke dalam mesin game embedded, digital signage, pencitraan medis, penerbangan komersil, militer, serta beragam aplikasi embedded lainnya. Dengan floating point yang lebih tinggi hingga 33 persen dari generasi sebelumnya dengan 768 GFLOPS membuat performa GPU AMD E8860 dapat melonjak  ketika menjalankan aplikasi paralel kompleks seperti pemetaan tanah dan cuaca, pengenalan gerak isyarat dan biometrik wajah, serta analisa DNA.

“Kebutuhan visual yang lebih kaya warna, tajam, serta peningkatan kemampuan komputasi paralel dalam sistem embedded kini semakin besar dan diramalkan akan terus berkembang ketika kita memasuki era Surround Computing,” kata Scott Aylor, Corporate Vice President and General Manager, AMD Embedded Solutions. “Teknologi grafis yang ada sebelumnya tak lagi mampu memenuhi kebutuhan sistem embedded saat ini dan yang akan datang. GPU AMD E8860 ditujukan untuk kebutuhan multi-display, konten 3D dan 4K, serta komputasi GPGPU.”

GPU AMD E8860 didesain dengan modul multi-chip, datang dengan komponen yang tahan hingga tujuh tahun dalam bentuk PCI Express mobile (MXM) dan add-in-board PCI Express. GPU AMD E8860 dapat mengoperasikan beberapa layar sekaligus dengan teknologi AMD Eyefinity Technology, dan mendukung teknologi DirectX 11.1, OpenGL 4.2, dan OpenCL 1.2 dengan dukungan untuk sistem operasi Microsoft Windows 7, Windows Embedded 7 Standard, Windows 8/8.1, Windows Embedded 8 Standard, Linux serta sistem operasi dengan tingkat keamanan ekstra yang didukung oleh rangkaian aplikasi CoreAVI’s. Fitur-fitur pendukungnya antara lain:

  • Memori grafis terbaik
    • GPU AMD E8860 dilengkapi RAM 2GB GDDR5 dengan bandwith memori hingga 80% lebih tinggi dari GPU NVIDIA tertinggi dengan konsumsi daya di bawah 50W5
    • Kemampuan performance-per-watt GPGPU lebih baik hingga 61 persen untuk processing paralel dibanding GPU lainnya dengan daya di bawah 50W6
      • 640 Shader processors
      • Teknologi AMD APP, OpenCL™ 1.2, DirectCompute 11.1
      • 768 / 48 GFLOPS single / double precision peak (600e/4.5Gbps)
      • Performa performance-per-watt lebih tinggi hingga 92 persen untuk grafis 3D dibanding generasi sebelumnya7
        • Skor 3DMark® 11 2689
        • Manajemen power TDP 37W
        • Peningkatan video dan grafis
          • 128-bit, 2GB GDDR5, 72GB/s
          • VCE (video encode), UVD4 (video decode)
          • DP1.2, HDMI™ 1.4, Wireless Display, Stereo 3D

“GPU embedded seperti AMD E8860 bisa mengakomodasi peningkatan kebutuhan OEM akan grafis HD, 3D, bahkan resolusi 4K yang terus meningkat dalam berbagai jenis dan ukuran layar,” kata Chris Rommel, Executive Vice President of M2M Embedded Technology, VDC Research. “Perkembangan komputasi GPGPU akan memperluas penerapan GPU pada aplikasi visual di bidang medis, militer, hingga penerbangan komersil  yang membutuhkan komputasi paralel ekstra tinggi.”

GPU AMD E8860 untuk berbagai kebutuhan seperti digital signage, penerbangan komersil, militer, pencitraan medis, dan mesin game embedded bisa didapatkan dari berbagai vendor seperti Curtiss-Wright Defense Solutions, Quixant, SAPPHIRE, Tech Source Inc., TUL, WOLF Industrial Systems Inc., dan berbagai produsen ternama lainnya mulai kuartal satu 2014.

Tinggalkan Balasan