Dirt Rally Resolusi Quad HD Asus N551ZU

GAMING REVIEW: Rasakan Pengalaman Gaming Hingga Resolusi 2K bersama Asus N551ZU

Anda pasti sudah mengenal notebook legendaris satu ini: Asus N551ZU yang kini dibanderol seharga 12 juta Rupiah dengan AMD APU tertinggi di jajaran mobile FX-7600P 12 Compute Cores (4 CPU + 8 GPU) dan grafis powerful AMD Radeon R9 M280X. Dilengkapi prosessor dan grafis berkualitas dari AMD tentunya tak heran jika notebook ini dipatok dengan harga tinggi karena potensi performa yang terpendam di dalamnya. Apalagi notebook ini juga sudah memiliki fitur canggih seperti backlight keyboard, subwoofer khusus untuk membuat suara layaknya berada di bioskop dan tak lupa layar 15.6” berpanel IPS Display dengan dukungan resolusi hingga Full HD yang jernih! Kegiatan desain, menonton film, bahkan bermain game terkini pasti sanggup dijalankan dengan baik menggunakan notebook satu ini.

 Asus N551ZU

Namun pada kesempatan kali ini kami tidak akan membahas detail mengenai spesifikasi dan kehebatan fitur yang terkandung pada notebook premium Asus N551ZU karena semua itu bisa Anda peroleh dengan membaca artikel review kami di sini. Kali ini kami justru lebih tertarik membahas bagaimana kiranya performa gaming notebook ini ketika dihadapkan dengan judul-judul game yang menuntut spesifikasi tinggi untuk bisa dijalankan dengan mulus. Harga yang tinggi tentunya menimbulkan ekspektasi yang tinggi pula dalam soal performa dan melalui artikel ini mari kita cari tahu jawaban sebenarnya yang mungkin juga sudah lama bersarang dalam kepala para pembaca yang masih setengah yakin untuk meminang notebook ini di rumah.

Rahasia Performa Tinggi Asus N551ZU

Sebelumnya mungkin perlu kami bahas sekali lagi secara singkat, rahasia yang membuat Notebook Asus N551ZU menjadi istimewa di kelasnya. Notebook ini mengemas prosessor Accelerated Processing Unit (APU) FX-7600P yang merupakan mobile APU dengan kecepatan tertinggi dan sudah mengandung 4 core CPU berkecepatan hingga 3.6 GHz dan 8 core GPU AMD Radeon R7 Graphics Series dengan 512 stream processors berkecepatan 686 MHz. Dengan prosessor berkemampuan tinggi notebook ini tentunya mampu melakukan berbagai proses komputasi berat dengan cepat dan ringkas. Apalagi notebook ini juga sudah mendukung memori DDR3 berkecepatan 2.133 MHz dan sudah memiliki RAM bawaan 8GB konfigurasi dual-channel yang menyebabkan performa multitaskingnya tidak perlu diragukan lagi.

Menemani AMD FX-7600P didalam Asus N551ZU juga terdapat grafis diskrit AMD Radeon R9 M280X yang sudah memiliki 896 stream processors berkecepatan hingga 1.000 MHz dengan Unified Video Decoder 3 (UVD3) untuk memutar video dalam format MPEG-4 AVC/H.264, VC-1, MPEG-2 hingga Adobe Flash. Termasuk dalam salah satu grafis mobile Radeon seri tinggi tentunya membuat notebook ini mampu melaksanakan olah grafis berat seperti kegiatan desain, editing multimedia bahkan gaming. Namun begitu, Anda tak perlu khawatir masalah daya karena notebook ini juga sudah dilengkapi teknologi AMD Enduro yang dapat secara otomatis memilih antara GPU terintegrasi dalam APU atau GPU diskrit sesuai kebutuhan serta terdapat juga teknologi AMD ZeroCore yang mampu mematikan secara otomatis semua core pada GPU saat tidak digunakan. Tentunya hal ini mampu menjaga ketahanan notebook Anda hingga waktu maksimal saat berada jauh dari jangkauan sumber listrik.

Pengujian Performa Gaming

Dengan APU dan grafis berkemampuan tinggi, tentu banyak dari pembaca yang mempertanyakan soal performa terutama dalam hal gaming mengingat kegiatan bermain game merupakan salah satu hiburan yang dirasa cukup vital bagi kebanyakan pengguna notebook zaman sekarang. Oleh karena itu, untuk membuktikan performa kencangnya, kali ini kami akan melakukan pengujian menggunakan judul game yang populer saat ini: Grand Theft Auto V, Dirt Rally, Tomb Raider, dan DOTA 2.

Dalam pertunjukkan kali ini, Asus N551ZU tampil dengan spesifikasi standar bawaan pabrik tanpa modifikasi apapun pada sisi piranti kerasnya. Spesifikasi Asus N551ZU adalah:

√  APU AMD FX-7600P

√  8 GB DDR3L SDRAM 1.600 MHz

√  15.6″ IPS Full HD 1920x1080p 16:9

√  GPU AMD Radeon R9 M280X 4GB GDDR5

√  1 TB 7.200 RPM HDD

√  Blue-Ray DVD Combo

√  3-in-1 Card Reader

√  HD Web Camera

√  802.11 b/g/n WiFi Interface

√  10/100/1000 Base-T Ethernet

√  Bluetooth 4.0 Support on WLAN + Bluetooth 4.0 Combo Card

√  6 Cells 5.200 mAh Battery

Untuk sistem operasi, kami menggunakan Windows 8.1 dengan driver AMD Catalyst versi 15.7.1 yang dapat Anda unduh dengan mengikuti langkah seperti pada artikel berikut.

AMD Catalyst 15.7.1

Untuk mendapatkan performa paling maksimal dari notebook ini, kami melakukan pengaturan pada Catalyst Control Center bagian Switchable Graphics Global Settings dengan opsi bagian “Plugged In” dan “Battery” di set ke “Maximize Performance“.

AMD Catalyst Switchable Graphic Setting

Berhubung notebook ini juga mendukung kemampuan fitur Virtual Super Resolution (VSR) yang memungkinkan kita bermain pada resolusi 2K di layar Full HD, pada beberapa game kami juga melakukan pengaturan untuk “Enable Virtual Super Resolution” pada menu My Built-in Displays, Properties (Built-in Display). Agar dapat menikmati resolusi 2560 x 1440p dengan sempurna, teknologi AMD Virtual Super Resolution (VSR) diaktifkan dengan pengaturan “Maintain Aspect Ratio” agar ukuran tampilan sesuai dengan aspect ratio pada layar. Terakhir Anda tinggal melakukan klik pada tombol Apply untuk bisa menikmati game di resolusi tersebut.

Asus N551ZU

Sudah tidak sabar menyaksikan bagaimana asyiknya bermain game dengan notebook Asus N551ZU? Mari kita simak hasil pengujian berikut ini!

Grand Theft Auto V

Game pertama yang diuji coba adalah Grand Theft Auto V buatan Rockstar. Game yang terbilang berat dalam hal spesifikasi dan rakus akan RAM ini mampu berjalan mulus pada notebook Asus N551ZU yang sudah mempunyai RAM bawaan dual-channel 8GB ini. Pada resolusi Full HD (1920 x 1080p) dengan pengaturan Normal game ini mampu berjalan pada Frame Per Second (FPS) hingga maksimum 55 FPS dan rata-rata 35 FPS.

GTA V Full HD ASUS N551ZU

GTA V Full HD ASUS N551ZU

GTA V Full HD ASUS N551ZU

GTA V Full HD ASUS N551ZU

Lalu bagaimana jika kita tingkatkan resolusinya ke resolusi 2K? Pengujian game Grand Theft Auto V pada resolusi Quad HD (2560 x 1440p) menggunakan teknologi VSR ternyata mampu berjalan mulus tanpa hambatan, dimana mampu mencapai FPS maksimum hingga 56 FPS dan rata-rata 36 FPS menggunakan pengaturan Normal. Hal ini tentunya membuktikan bahwa VRAM 4GB pada AMD Radeon R9 M280X sudah mampu memberikan akomodasi lebih dari cukup untuk gamers yang menginginkan kualitas game di resolusi tinggi pada sebuah notebook.

GTA V Quad HD ASUS N551ZU

GTA V Quad HD ASUS N551ZU

GTA V Quad HD ASUS N551ZU

GTA V Quad HD ASUS N551ZU

Dirt Rally

Bagi Anda yang menyukai game balap, dengan membeli notebook ini Anda akan mendapatkan sebuah game terbaru berjudul Dirt Rally secara gratis dari AMD! Oleh karena itulah, kami sengaja melakukan pengujian Dirt Rally yang merupakan game bertema otomotif terkini dengan grafis pemandangan yang sangat realistis. Pada resolusi Full HD (1920x1080p) menggunakan benchmark yang telah disediakan di dalam game, Asus N551ZU mampu menjalankan game ini dengan FPS maksimum hingga 48 FPS dan rata-rata 38 FPS pada setting High. Ini artinya Anda bisa menikmati semua keindahan efek visual pada game tanpa gangguan stuttering selagi mengemudi.

Dirt Rally Resolusi Full HD Asus N551ZU

Dirt Rally Resolusi Full HD Asus N551ZU

Bagaimana pada resolusi 2K? Tes berikutnya dengan resolusi Quad HD (2560x1440p), notebook Asus N551ZU mampu menjalankan game Dirt Rally dengan lancar pada FPS maksimum 39 FPS dan rata-rata 33 FPS pada setting lebih rendah yakni di tingkat Medium. Namun jika Anda menginginkan tingkat FPS lebih tinggi, Anda bisa menurunkan pengaturan ke setting Low dengan FPS maksimal hingga 62 FPS dan rata-rata 44 FPS.

Dirt Rally Resolusi Quad HD Asus N551ZU

Dirt Rally Resolusi Quad HD Asus N551ZU Set Medium

Dirt Rally Resolusi Quad HD Asus N551ZU Set Medium

Hasil Pengujian Dirt Rally pada Resolusi QHD & Pengaturan Medium di Notebook AMD N551ZU

Dirt Rally Resolusi Quad HD Asus N551ZU Set Low

Dirt Rally Resolusi Quad HD Asus N551ZU Set Low

Hasil Pengujian Dirt Rally pada Resolusi QHD & Pengaturan Low di Notebook AMD N551ZU

Tomb Raider

Game terkenal selanjutnya yang akan kita ujikan adalah Tomb Raider. Game ini tentunya tidak asing lagi di telinga dengan tokoh utama bernama Lara Croft dan ragam petualangan menegangkan yang harus dilalui ketika memainkan game ini. Pada resolusi Full HD (1920x1080p) dengan setting High, game ini mampu berjalan dengan optimal di tingkat FPS maksimum hingga 44 FPS dan rata-rata 35 FPS.

Tomb Raider Resolusi Full HD Asus N551ZU Set High

Lalu bagaimana performa Tomb Raider pada resolusi 2K? Pada resolusi Quad HD (2560x1440p), kami menurunkan pengaturan ke tingkat Medium untuk mendapatkan kualitas permainan yang mulus. Pada resolusi yang terbilang tinggi, game ini ternyata mampu berjalan pada maksimum 36 FPS dan rata-rata 29 FPS. Dengan Asus N551ZU Anda jadi bisa menikmati petualangan Lara Croft dengan kualitas grafis yang lebih memanjakan mata, yang tentunya akan membuat ketegangan di setiap scene menjadi terasa lebih nyata!

Tomb Raider Resolusi Quad HD Asus N551ZU Set Medium

DOTA 2

Sebagai perwakilan untuk gamers yang menyukai online game, kami juga melakukan pengujian terhadap game online populer yakni DOTA 2. Game berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti DOTA 2 ini memang terbilang sangat digemari bahkan kini dijadikan sebagai Electronic Sports (e-Sports) berhadiah hampir $ 18.5 juta! Jika anda tertarik untuk menjadi salah satu atlit e-Sports di game ini, Asus N551ZU bisa membantu Anda, karena pada resolusi Full HD (1920x1080p) setting High, DOTA 2 mampu berjalan dengan mulus pada notebook ini hingga FPS maksimum 63 FPS, minimum 31 FPS, dan rata-rata 54 FPS.

Dota 2 Resolusi Full HD Asus N551ZU

Dota 2 Resolusi Full HD Asus N551ZU Set High

Lalu bagaimana performa DOTA 2 pada resolusi 2K? Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih tajam di resolusi tinggi, Anda bisa meningkatkan resolusi hingga Quad HD (2560x1440p) dengan setting Medium. Dengan pengaturan tersebut, DOTA 2 ternyata mampu berjalan pada FPS maksimum 56 FPS dan rata-rata 38 FPS, sehingga Anda bisa mengalahkan musuh dengan mudah dengan FPS yang terbilang cukup tinggi.

Dota 2 Resolusi Quad HD Asus N551ZU

Dota 2 Resolusi Quad HD Asus N551ZU Set Medium

Kesimpulan

Kami mendapat performa yang sangat memuaskan dari notebook Asus N551ZU ini, dimana dengan prosessor dan grafis yang dimilikinya, Notebook ini terbilang powerful untuk menjalankan game-game terkini bahkan hingga resolusi 2K! Apalagi notebook ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sound sytem Bang & Olufsen ICEpower dengan tambahan subwoofer yang mampu memanjakan telinga Anda dengan kualitas audio sangat memuaskan, sehingga mampu memberikan pengalaman gaming yang lebih seru dan berkesan. Suka bermain game pada malam hari? Tak perlu khawatir karena Anda bisa menyalakan fitur backlight keyboard nya untuk mempertahankan akurasi saat bermain. Dengan semua fitur tersebut dan hasil pengujian yang memuaskan, Notebook Asus N551ZU ini terbukti tak hanya unggul di bidang multimedia namun juga gaming sehingga sangat layak dimiliki oleh Anda yang menginginkan sebuah notebook serba bisa untuk berbagai keperluan harian dan hiburan berkelas premium! Tentu Anda sepakat jika nilai uang yang dikeluarkan sangatlah layak untuk notebook dengan kemampuan luar biasa sekaliber Asus N551ZU satu ini.

27 comments

    • Admin
      Author Reply

      Memang 4GB, untuk detailnya bisa lihat di AMD Catalyst Control Centre bagian Information, hardware. GTA V memang tidak bisa membaca VGA Notebook AMD dengan benar jadi tidak perlu dihiraukan. Untuk tes bisa lihat sendiri pakai GPU Z bagian sensor dimana yang akan berjalan adalah R9 M280X nya jika sudah di maximize performance.

  1. u_d
    Reply

    Min Apakah normal jika suhu processor AMD FX-7600p N551ZU saya selalu idle 105 °C lebih?? Apakah aman? Padhal baru startup. Berapa suhu normalnya?
    Check pakai sofware speecy : CPU=105 °C ; Motherboard=50°C ; GPU=51°C ; Storage=40°C

  2. u_d
    Reply

    Hi Admin. Laptop Asus N551ZU saya kenapa ya suhu d processor/CPU fx-7600p selalu idle di 105-110°C. Padahal tidak menjalankan aplikasi apapun. Bila menjalankan aplikasi berat suhu pasti lebih dari 120°C.
    Apakah itu normal? Bagaimana cara menurunkannya? Berapakah suhu normal untuk processor AMD?
    Saya cek pakai sofware spycee dan HWmonitor hasilnya sama.
    PROCESSOR/CPU=105°C ; MOTHERBOARD=55°C ; GPU=55°C ; STORRAGE=46°C. Mohon penjelasannya.Terimakasih.

    • Admin
      Author Reply

      Hmm paling akurat sebenernya bisa liat di BIOS langsung untuk suhunya soalnya kalau aplikasi gitu suka salah baca suhu, atau coba pakai MSI afterburner

      • u_d
        Reply

        Sudah memakai HWMonitor hasilnya sama diatas 110°C. MSI afterburner jg sama.
        Kalau di menu BIOS N551ZU sekarang tidak ada informasi suhu apapun.
        Kalau N551ZU Admin gmn? Normal aja? Touchpad dan area sekitarnya jd ikut panas. Jadi tidak enak .

        • Admin
          Author Reply

          Paling coba minimalkan panasnya dengan menggunakan cooling pad berkualitas 😀 dan kalau mau main di ruangan sejuk, mungkin bisa coba kasih ganjalan di bawah bagian belakang notebook supaya ga langsung nempel ke meja 🙂 karena terkadang suka panasnya juga karena itu

    • Admin
      Author Reply

      Jelas yang Asus N551ZU, karena dari grafisnya saja sudah Radeon R9 M280X 😀 dan apu FX-7600P walau sedikit di bawah Acer E5-552G tetap secara overall dari fiturnya masih menang yang Asus 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Blum pernah coba sih, lagian game ac syndicate kan belum keluar jadi paling lihat dari spek minimum 🙂 Kalau COD advanced warfare bisa di medium-high

  3. Hadyan Luthfan
    Reply

    Min, kalo VSR nya diaktifin trus di resolusi system nya kita tukar dari (1920×1080) ke 2560×1440 tampilan jadi terlalu kecil. Cocokinnya gimana ya min? udah tukar tukar ga cocok. Apa resolusinya di tukar pas main game aja dan di system dibiarin aja?

  4. min, saya sangat bingung mau update driver grafisnya, sudah sya lihat di web amd, n sya juga sudah install driver update nya, tpi sepertinya tdk ccok dg asus n55zu saya, tolong kasih link driver yg terbaru dong min, yg buat win 10 . makasih banyak,.

  5. ziyad
    Reply

    min saya udah nyoba resolusi 2k nya, kok setelah saya update driver ke yang lebih baru justru malah tidak bisa 2k lagi ya? mentok di 1920×1080

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rizky, perlu mimin beritahukan untuk kedua Notebook tersebut sama-sama cocok untuk kegiatan desain grafis yang menjadi perbedaan utama adalah untuk Asus X555QD hadir dengan Processor AMD 7th Gen APU terbaru sedangkan untuk ASUS N551ZU hadirkan kinerja audio yang mumpuni berkat kehadiran subwoofer tambahan, pilihan mimin kembalikan ke tangan kamu 🙂

Leave a Reply