Prosessor AMD Ryzen™ 7: Hadirkan 8 Core 16 Thread dengan Kinerja Tinggi & Efisien!

AMD Ryzen 8 Core 16 Thread

Prosessor merupakan salah satu komponen terpenting yang harus ada dalam sebuah PC Desktop, karena prosessor berperan sebagai otak yang berfungsi melaksanakan semua perintah komputasi yang diinginkan oleh pengguna, baik tugas ringan hingga berat. Mulai dari perihal kecepatan, daya yang diserap, teknologi terbaru yang tersemat hingga masalah harga yang diusung oleh sebuah prosessor umumnya selalu menjadi pertimbangan utama dari sebagian besar pengguna dalam merakit PC Desktop idamannya. Kebanyakan dari kalian pastilah menginginkan sebuah prosessor yang tidak hanya mampu menghadirkan kinerja terbaik dalam mengolah tugas komputasi tapi juga memiliki efisiensi daya hebat dengan harga terjangkau kantong. Namun, apakah prosessor sesempurna itu bisa kita temukan?

Lisa Su with Ryzen

CEO AMD, Lisa Su, Berfoto Bersama Produk Final dari Prosessor AMD Ryzen™ 7

Untuk menjawab kebutuhan pengguna tersebut, AMD akhirnya menghadirkan prosessor terbaru AMD Ryzen™ 7 yang diperuntukkan bagi pengguna yang menginginkan prosessor dengan performa tinggi, efisiensi daya hebat dan tentunya dengan harga relatif terjangkau dibandingkan dengan kompetitor. Hadir dengan 8 Core 16 Thread membuat lini prosessor ini bisa diandalkan untuk beragam aktivitas komputasi High-Performance mulai dari kebutuhan gaming di resolusi tinggi, membuat konten 3D, animasi, desain grafis hingga editing video atau film dengan cepat! Penasaran dengan kemampuan AMD Ryzen™ 7 terbaru ini? Simak pembahasan kami selengkapnya berikut ini.

Hadirkan Hingga 8 Core 16 Thread, AMD Ryzen™ 7 Mampu Hadirkan Performa Menakjubkan Hingga 52% Lebih Baik!

Die Prosessor AMD Ryzen

Potret Die Prosessor AMD Ryzen™ 7 yang Tampilkan 8 Core Fisik di Dalamnya

AMD Ryzen™ 7 hadir dengan 8 Core fisik dengan teknologi bernama SMT (Simultaneous Multi-Threading) yang memungkinkan setiap 1 Core fisik untuk menciptakan 2 Thread virtual yang dapat mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus. Dengan kata lain, teknologi ini memungkinkan prosessor untuk membuat hingga 16 “Otak” buatan sehingga mengizinkan lebih banyak pekerjaan diproses secara bersamaan dalam waktu lebih cepat.

Tidak hanya itu berkat kerja keras para engineer AMD selama 4 tahun, produk final AMD Ryzen™ yang akan segera dipasarkan mulai awal Maret 2017 ternyata mampu memberikan kinerja dengan Instruction per Clock 52% lebih tinggi dibanding generasi prosessor AMD sebelumnya yang berbasis “Piledriver” dan “Excavator”. Hal ini tentunya sebuah kemajuan yang sangat besar bagi AMD mengingat pada tahun lalu AMD hanya menargetkan peningkatan Instruction per Clock sebesar 40% untuk produk terbaru berbasis “Zen” Core ini.

14nm FinFET Ryzen

Tidak hanya memfokuskan diri dengan peningkatan performa saja, AMD Ryzen™ 7 juga hadir dengan daya lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini dapat terwujud berkat penggunaan fabrikasi 14nm FinFET yang mampu sajikan kepadatan transistor lebih banyak dengan ukuran die yang lebih kecil sehingga performa/watt yang dihasilkan juga jauh lebih baik dibanding generasi prosessor AMD sebelumnya yang menggunakan fabrikasi 28nm. Mengenai teknologi terbaru dan detail arsitektur yang tersemat pada prosessor AMD berbasis Zen Core bisa Anda simak selengkapnya pada artikel Prosessor AMD Ryzen, Sajikan Performa Tinggi di Dukung dengan SenseMI Technology.

AMD Ryzen™ 7 Hadir Dalam 3 Seri!

Seri AMD Ryzen 7

AMD hadirkan tiga jenis prosessor khusus untuk komputasi High Performance pada lini produk AMD Ryzen™ 7 dimana semuanya sama-sama menyajikan 8 Core 16 Thread. Dengan harga relatif terjangkau dibandingkan dengan produk prosessor 8 Core milik kompetitor dan dengan performa lebih tinggi, AMD mengharapkan lebih banyak orang bisa menikmati komputasi High Performance dengan lebih mudah bersama AMD Ryzen™ 7. Berikut penjelasan spesifikasi teknis dari masing-masing serinya:

AMD Ryzen™ 7 1800X: Prosessor Desktop 8 Core Terkencang di Dunia Saat Ini!

AMD Ryzen 7 1800X

AMD Ryzen™ 7 1800X diperuntukkan untuk para pengguna dari segmen Enthusiast yang menginginkan performa PC terbaik tanpa ada kompromi! Hadir dengan 8 Core 16 Thread berkecepatan tinggi sampai dengan 4.0 GHz, membuat prosessor ini siap untuk digunakan dalam berbagai kegiatan komputasi berat seperti bermain game hingga resolusi 4K, Virtual Reality, membuat konten desain grafis dan animasi 3D hingga editing video dengan resolusi UHD.

Benchmark AMD Ryzen 7 1800X Cinebench

Harga AMD Ryzen 7 1800X

Tak hanya sajikan performa tinggi untuk berbagai kegiatan komputasi berat, AMD Ryzen™ 7 1800X menyimpan kejutan untuk Anda yang bertanya mengenai price per performance yang ditawarkan prosessor ini jika dibandingkan dengan kompetitor. Berdasarkan pengujian internal yang dilakukan oleh AMD menggunakan aplikasi benchmark Cinebench R15 untuk simulasi rendering 3D terlihat bahwa ternyata AMD Ryzen™ 7 mampu menyaingi kinerja pesaing dengan harga yang jauh lebih terjangkau! Bayangkan, dengan mengeluarkan uang hanya setengah harga dari prosessor yang dijual oleh kompetitor Anda bisa mendapatkan performa yang tidak jauh berbeda bahkan 9% lebih tinggi dibanding kompetitor! Penawaran yang sangat menguntungkan bukan?

AMD Ryzen™ 7 1700X: Prosessor 8 Core dengan Performa Kompetitif!

AMD Ryzen 7 1700X

Di bawah AMD Ryzen™ 7 1800X, terdapat pilihan  8 Core 16 Thread dengan harga lebih terjangkau yakni AMD Ryzen™ 7 1700X yang juga masih diperuntukkan untuk para pengguna dari segmen enthusiast, gamer dan kreator konten. Prosessor ini hadir dengan kecepatan sedikit lebih rendah dibanding AMD Ryzen™ 7 1800X dimana miliki base clock 3.4 GHz namun masih bisa di boost hingga 3.8 GHz dengan TDP hanya 95W.

Benchmark AMD Ryzen 7 1700X Cinebench

Harga AMD Ryzen 7 1700X

Untuk masalah performa, tentunya kemampuan prosessor ini tidak perlu dipertanyakan lagi, karena lagi-lagi prosessor AMD Ryzen™ 1700X mampu mempertunjukkan performa yang sangat kompetitif dimana lebih tinggi hingga 39% dibanding prosessor 6 Core yang lebih mahal keluaran kompetitor. Pengujian ini merupakan hasil pengujian internal AMD menggunakan aplikasi Cinebench R15 yang mensimulasikan proses rendering konten 3D sinematik. Kabar gembira untuk Anda AMD Ryzen™ 1700X dibanderol pada harga jauh lebih murah $100 dibanding kompetitor! Tentunya penawaran ini merupakan penawaran terbaik yang relatif bersahabat untuk kantong Anda.

AMD Ryzen™ 1700: Prosessor Desktop 8 Core Paling Hemat Daya di Dunia untuk Semua Kalangan!

AMD Ryzen 7 1700

AMD juga turut menghadirkan prosessor AMD Ryzen™ 1700 yang merupakan seri prosessor Desktop 8 Core 16 Thread paling hemat daya di dunia dengan TDP 65W! Dengan TDP 65W tentunya impian Anda untuk memiliki PC berperforma tinggi dengan suhu dingin dan sangat efisien kini bisa menjadi kenyataan. Prosessor ini pas sekali untuk pengguna yang ingin menggunakan PC nya sebagai senjata gaming esports tangguh serta handal menangani pekerjaan harian dengan cepat seperti pembuatan dokumen, proses perhitungan di aplikasi spreadsheet, editing multimedia atau rendering grafis 3D.

Harga AMD Ryzen 7 1700

Berdasarkan pengujian internal yang sudah dilakukan oleh AMD terbukti AMD Ryzen™ 7 1700 memiliki performa yang sangat kompetitif lebih tinggi hingga 46% dibandingkan dengan prosessor 4 Core keluaran kompetitor yang dibanderol pada harga yang lebih mahal.  Anda bisa mendapat keuntungan lebih dari $20 jika memilih AMD Ryzen™ 7 1700 dengan keuntungan mendapatkan Core lebih banyak hingga 8 Core yang lebih kencang dan bertenaga!

Lini produk AMD Ryzen 7

Harga Resmi Internasional Prosessor AMD Ryzen™ 7 yang dimulai pada Rentang Harga 4 Jutaan Hingga 6 Jutaan Rupiah!

Menggunakan Motherboard Socket AM4 Berteknologi Mutakhir

motherboard AM4 Ryzen

Berbarengan dengan peluncuran AMD Ryzen™ 7, AMD bekerjasama dengan berbagai partner terkemuka juga turut menghadirkan motherboard terbaru dengan teknologi mutakhir bersoket AM4. Teknologi yang Anda dapat nikmati dengan motherboard terbaru ini diantaranya adalah penggunaan memori terbaru DDR4, slot PCIe 3.0 serta dukungan konektivitas NVMe, USB 3.1 Gen2 dan Sata Express.

AM4 Motherboard Chipset Ryzen

Motherboard terbaru ini akan hadir dengan berbagai Chipset dimana masing-masing dibekali beberapa fasilitas dengan berbagai fungsi sesuai dengan segmentasi pengguna. Rencananya akan dirilis juga motherboard dengan Chipset khusus, yang nantinya diperuntukkan bagi peminat PC Small Form Factor (SFF) seperti PC mini-ITX yang biasa digunakan sebagai Home-Theater PC (HTPC).

Hadirkan Pendingin Wraith Spire Terbaru dengan Tampilan Modern!

AMD Wraith Spire Cooler

Tampilan Pendingin Wraith Spire Terbaru dengan LED Menawan!

Pada generasi prosessor Desktop 8 Core sebelumnya AMD FX™ Series, AMD membekalinya dengan pendingin bawaan bernama AMD Wraith Cooler yang sudah dikenal publik dengan kinerja yang mumpuni namun tetap hening untuk kegiatan harian. Dengan peluncuran AMD Ryzen™ 7 terbaru ini AMD juga kembali menghadirkan pendingin bawaan yang tidak kalah canggih, yakni Wraith Spire dengan bentuk desain yang ramping disertai bracket khusus untuk mempermudah pemasangan. Tidak lupa terdapat juga kehadiran lampu LED-RGB dengan cahaya yang akan berubah-ubah warna menyesuaikan dengan keadaan suhu prosessor.

AMD Ryzen 7 1700X & AMD Ryzen 7 1800X

Tampilan Box AMD Ryzen™ 7 1800X & AMD Ryzen™ 7 1700X yang Hadir di Indonesia Tanpa Pendingin Bawaan

Tampilan Box dari AMD Ryzen™ 7 1700 dengan Pendingin Bawaan AMD Wraith Spire

Sayangnya untuk di Indonesia, pendingin bawaan AMD Wraith Spire hanya akan hadir pada produk prosessor AMD Ryzen™ 7 1700 saja, sedangkan untuk AMD Ryzen™ 7 1800X dan AMD Ryzen™ 7 1700X tidak disertakan pendingin bawaan mengingat rata-rata pengguna PC Enthusiast lebih memilih menggunakan pendingin pihak ketiga seperti liquid cooling.

3rd Party Cooler Ryzen

Bagi Anda yang sudah sejak lama memiliki pendingin pihak ketiga berkualitas, Anda masih bisa menggunakan pendingin tersebut jika ingin membeli AMD Ryzen™ 7 mengingat sebagian besar vendor terkenal sudah menyiapkan bracket khusus untuk socket AM4 yang digunakan bersamaan dengan produk prosessor AMD Ryzen™ 7. Anda bisa menghubungi pihak penyedia masing-masing untuk mendapatkannya.

Harga dan Ketersediaan di Pasaran

Product Line Model Base Clock (GHz) Boost Clock (GHz) TDP (Watts) Included Cooler Suggested Price
 AMD Ryzen 7 1700X & AMD Ryzen 7 1800X Ryzen™ 7 1800X 3.6 4.0 95 N/A Rp. 6,900,000
Ryzen™ 7 1700X 3.4 3.8 95 N/A Rp. 5,200,000
  Ryzen™ 7 1700 3.0 3.7 65 Wraith Spire Rp. 4,400,000

Prosessor AMD Ryzen™ 7 akan dijual secara publik mulai dari tanggal 3 Maret 2017 di seluruh dunia, namun bagi Anda yang takut kehabisan saat tanggal rilis resmi, bisa melakukan pre-order di toko langganan Anda atau di daftar situs e-commerce rekomendasi kami.

AM4 Motherboard Ryzen

Begitupun dengan ketersediaan motherboard dengan socket AM4, diperkirakan mulai tanggal 2 Maret 2017 sudah tersedia secara global lebih dari 82 opsi motherboard dari berbagai vendor terkemuka dengan chipset X370 dan B350 yang bisa Anda beli diantaranya dengan brand ASRock, ASUS, Biostar, Gigabyte, dan MSI.

2017 : AMD is Back!

AMD 2017 Product

AMD Ryzen™ 7 yang hadir untuk PC Desktop hanyalah permulaan saja, karena AMD akan merilis banyak produk terbaru nantinya di tahun 2017 ini yang akan melengkapi banyak lini, diantaranya:

  • Ryzen™ Desktop: Peluncuran AMD Ryzen™ 7 untuk prosessor HighEnd kelas enthusiast nantinya akan diikuti dengan seri lainnya untuk kelas mainstream dan essential.
  • Radeon™ “Vega”: Radeon™ Vega akan hadir sebagai arsitektur GPU dari AMD dengan teknologi paling mutakhir yang diperuntukkan bagi segmen pengguna Enthusiast yang sering berkecimpung pada komputasi High-End. Meninggalkan memori jenis GDDR5, seri Radeon™ Vega akan hadir dengan memori bandwith tinggi HBM2.
  • “Naples”: Merupakan codename untuk Prosessor AMD terbaru yang diperuntukkan bagi segmen server dimana dibangun berdasarkan arsitektur “Zen”.
  • Radeon Instinct: Merupakan teknologi kartu grafis yang diperuntukkan bagi segmen HPC (High-Performance Computing) seperti superkomputer, server kelas atas atau Artificial Intelligence.

Diharapkan dengan adanya produk-produk terbaru ini, AMD dapat memenuhi harapan pengguna setia akan produk komputasi berkualitas tinggi. Terima kasih atas dukungan kalian selama ini yang memungkinkan kami untuk mewujudkan inovasi terbaik di masa kini hingga di masa depan!

Latest articles

Related articles

8 Comments

  1. sejak dari jaman K5 dulu sampai FX, saya tidak pernah berpaling dari AMD.
    Kini ada Ryzen.. yes.. Maju terus AMD
    hajar para pendukung status quo itu. hehehehe…

  2. moga aja kuartal kedua tahun ini atau kuartal pertama tahun depan laptop dengan prosesor zen sudah ada
    Ngebet beli laptop tapi cancel sembari ngumpulin duit lagi buat Laptop with Zen processor

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here