fbpx

GAMING REVIEW: Harga 7 Jutaan, Notebook AMD 7th Gen APU A12 Hadirkan Performa Gaming Mumpuni!

7th gen AMD APU

Bermain game merupakan salah satu hobi yang dilakukan banyak orang untuk melepaskan penat setelah lelah beraktivitas. Pilihan perangkat yang kini mulai populer di kalangan gamers sebagai penyalur hobi gaming nya antara lain adalah notebook, dikarenakan hadirkan fungsi yang sama dengan PC Desktop namun memungkinkan pengguna untuk membawanya kemanapun diperlukan. Lalu notebook seperti apakah yang kiranya pas untuk Anda para gamers yang menginginkan performa tangguh dengan harga relatif terjangkau? Jawabannya adalah notebook AMD bertenaga 7th Gen APU A12 terbaru!

Keunggulan 7th Gen APU

Apa saja kelebihan dari prosessor AMD 7th Gen APU A12 terbaru yang tersemat pada notebook AMD? Berikut beberapa peningkatan yang bisa Anda peroleh dengan memiliki notebook AMD bertenaga 7th Gen APU A12 dibandingkan generasi sebelumnya:

  • Hadirkan peningkatan performa CPU hingga 56% lebih baik dibandingkan notebook AMD generasi ketiga berumur 2 tahun sebelumnya dengan codename “Kaveri”.
  • Hadirkan peningkatan performa di sektor GPU terintegrasi hingga 53% lebih tinggi dibandingkan kompetitor dan miliki kemampuan online gaming hingga 38% lebih baik dibandingkan 6th Gen APU dalam permainan game online terkenal seperti DoTA 2 berkat penggunaan arsitektur GCN generasi ketiga yang menghasilkan performa/watt lebih
  • Lebih efisien daya hingga 38% dibandingkan dengan notebook AMD yang berumur 3 tahun lalu serta lebih hemat baterai saat menonton video 1080p berkat peningkatan kualitas dalam komponen hardware Unified Video Decoder (UVD) yang digunakan.

Keunggulan AMD 7th Gen APU A12

AMD 7th Gen APU A12 dengan 4 Core CPU berkecepatan hingga 3.4 GHz akan disematkan pada lini notebook kelas menengah yang direntang pada harga kisaran 7 jutaan Rupiah. Tentunya dengan hadirnya notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A12 mampu memberikan alternatif notebook dengan kemampuan gaming kencang yang berperforma lebih baik dibandingkan notebook bertenaga prosessor AMD 7th Gen APU A10 namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan notebook bertenaga prosessor AMD APU FX tertinggi. Kabar baiknya Anda akan tetap mendapatkan dukungan gaming berbasis API DirectX® 12 dan Vulkan™ terkini serta dukungan multimedia berbasis 4K HEVC dan VP9 yang hadirpula di notebook bertenaga AMD APU seri tertinggi APU FX.

Pilihan Varian Notebook Bertenaga AMD 7th Gen APU A12 di Indonesia

Acer E5-553G

Acer E5-553G A12

Notebook Acer Aspire E5-553G hadir dalam beberapa varian yang salah satunya menggunakan tenaga prosessor AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core. Didukung kartu grafis diskrit dengan fitur Dual Graphics Radeon™ R8 M445 DX 2GB serta dukungan RAM bawaan 2×4GB DDR4 Dual Channel membuat notebook ini sudah cukup mumpuni untuk memainkan game terkini. Tidak hanya itu Acer juga telah membekali notebook ini dengan slot M.2 yang bisa dipasangkan dengan SSD untuk performa yang lebih baik.  Untuk informasi selengkapnya mengenai spesifikasi teknis notebook ini Anda bisa melihat artikel mengenai Acer Aspire E5-553G berikut.

Asus X555QG

Asus X555QG A12

Asus juga turut menghadirkan notebook bertenaga AMD 7th Gen APU yakni Asus X555QG dengan beragam varian yang salah satunya menggunakan tenaga  AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core. Dikombinasikan dengan kartu grafis diskrit Radeon™ R8 M435DX 2GB yang mendukung fitur Dual Graphics dan RAM bawaan 1x8GB DDR4 notebook ini mampu hadirkan performa multitasking dan bahkan gaming terbaik. Pengalaman bermain game juga menjadi lebih nyaman berkat fitur tambahan seperti Asus Sonic Master yang hasilkan kualitas audio tinggi dan IceCool Technology yang membuat notebook tetap dingin walau saat bekerja berat! Anda bisa melihat spesifikasi teknis notebook ini selengkapnya pada artikel Asus X555QG berikut.

Lenovo IdeaPad 310

Lenovo IdeaPad 310 A12

Untuk varian dari Lenovo sendiri, tersedia seri Lenovo IdeaPad 310 dengan tenaga prosessor 7th Gen APU A12-9700P Quad Core dan kartu grafis AMD Radeon™ R8 M435DX 2GB yang sudah mendukung fitur Dual Graphics yang tangguh untuk mainkan game terkini, multimedia dan editing foto atau video. Dengan di dukung RAM 2x4GB DDR4 membuat notebook ini siap untuk diajak multitasking mengerjakan pekerjaan harian tanpa hambatan. Hard Disk dengan kapasitas besar 1TB juga turut hadir untuk memenuhi kebutuhan storage yang luas untuk menyimpan berbagai data yang Anda butuhkan. Untuk mengatur penggunaan daya notebook serta memperpanjang umur pemakaian baterai terdapat juga fitur tambahan dari Lenovo seperti Energy Manager. Notebook ini juga sudah optimal untuk menjalankan game di resolusi HD dan menjalankan multimedia pada resolusi Full HD karena sudah memiliki dukungan layar hingga resolusi 1920x1080p. Info selengkapnya mengenai keunggulan spesifikasi teknis dari notebook satu ini bisa Anda simak di artikel Lenovo IdeaPad 310 berikut.

Lalu bagaimana kiranya kemampuan gaming dari notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A12? Yuk simak pengujian kami di bawah ini!

Pengujian Game

Dalam pengujian kali ini, kami menggunakan notebook dengan prosessor AMD 7th Gen APU A12-9700P yang didukung kartu grafis Radeon™ R8 M435DX 2GB, RAM 2x4GB Dual Channel dan sistem operasi Windows 10 64bit. Disarankan untuk menggunakan pengaturan Power Options yang bisa diakses melalui Radeon Setting menjadi “High-Performance” agar kinerja dalam bermain game lebih maksimal. Anda bisa melihat tutorialnya di link berikut.

Battlefield 4

Battlefield 4 Notebook AMD A12

Game pertama yang akan kami ujikan adalah game dengan genre First Person Shooter berjudul Battlefield 4. Game yang mengangkat tema perang ini hadir dengan kualitas grafis sangat realistis sehingga membuat game ini menjadi favorit para gamers hingga sekarang. Namun, kualitas grafis yang tinggi juga membutuhkan requirements yang tinggi pula. Apakah notebook dengan AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core bisa menjalankannya dengan lancar?

Battlefield 4MINIMUM RequirementsRecommended Requirements
ProcessorAMD Athlon X2 2.8 GHzAMD Six Core CPU
System Memory4 GB Memory8 GB Memory
Graphic CardsAMD HD 3870AMD HD 7870
GPU VRAM512-MB2-3 GB
HDD Space80GB80GB

Battlefield 4 Notebook AMD A12

Dengan pengujian menggunakan pengaturan in-game di kualitas grafis Medium, resolusi HD (1366×768p), API DirectX® 11, noteboook dengan prosessor 7th Gen APU A12-9700P Quad Core ini ternyata mampu memperoleh framerate rata-rata sebesar 32 FPS dimana terbilang cukup  nyaman untuk dimainkan dan sangat playable. Untuk mendapatkan framerate lebih tinggi Anda bisa menurunkan kualitas grafis ke Low.

DoTA 2

DOTA 2 Notebook AMD A12

Game selanjutnya yang kami ujikan adalah salah satu game online terpopuler yang pastinya sudah pernah dimainkan oleh sebagian besar gamers mainstream di berbagai negara. Game ini bahkan sering kali dijadikan salah satu game untuk ajang turnamen kompetisi eSports sehingga wajar jika DOTA 2 seakan tidak pernah kehabisan jumlah pemain.

DOTA 2MINIMUM RequirementsRecommended Requirements
ProcessorPentium 4 3.0GHzCore 2 Duo E7400 2.80GHz
System Memory2 GB Memory4 GB Memory
Graphic CardsRadeon X800 GTRadeon HD 2600 Pro
GPU VRAM256-MB512 MB
HDD Space8GB8GB

Nah, untuk kamu penggemar game online seperti DOTA 2, tak perlu khawatir karena notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core juga sudah bisa menjalankannya dengan sangat baik. Pada pengaturan in-game kualitas grafis Medium, resolusi HD (1366×768p), API DirectX® 11, notebook ini ternyata bisa mendapatkan rata-rata framerate per detik hingga 45 FPS!

Counter Strike: Global Offensive

CS GO Notebook AMD A12

Tak hanya DOTA 2, kali ini kami juga akan mengujikan performa game online terkenal lainnya Counter Strike: Global Offensive pada notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core. Game ini merupakan game dengan genre Online Multiplayer First Person Shooter. Tentunya seperti game online lainnya, gamers dengan perangkat yang mampu menyajikan framerate per detik tinggi akan mendapatkan keuntungan lebih dari segi keakuratan tembakan saat melawan musuh sehingga sangat penting untuk memiliki perangkat tangguh untuk memperbesar kesempatan memenangkan pertempuran!

CS:GOMINIMUM RequirementsRecommended Requirements
ProcessorAMD Phenom™ X3 8750 processorAMD Athlon X2 2.9 Ghz
System Memory2 GB Memory4 GB Memory
Graphic CardsRadeon X800 GTRadeon HD 6670
GPU VRAM256-MB1GB
HDD Space15GB15GB

Jika kamu termasuk pengguna notebook bertenaga AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core tentunya kamu tidak perlu khawatir soal performa karena game ini bisa dimainkan dengan sangat lancar! Tercatat pada pengaturan in-game dengan kualitas grafis High, resolusi HD (1366×768p), API DirectX® 11, notebook ini berhasil menjalankan game dengan nilai rata-rata framerate per detik sangat memuaskan mencapai 60 FPS!

Dapatkan BONUS Game Original GRATIS!

Gaming Benchmark Notebook AMD APU A12

Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan, bisa dilihat bahwa notebook dengan tenaga prosessor AMD 7th Gen APU A12-9700P Quad Core telah mampu menghadirkan pengalaman gaming yang mumpuni untuk Anda penggemar game mainstream. Tak hanya itu, dengan harga 7 jutaan Rupiah, Anda juga sudah mendapatkan notebook serba bisa yang handal juga untuk kegiatan harian, multimedia dan bahkan menonton video hingga resolusi 4K! Tentu dengan segala kelebihan yang dimiliki, notebook tingkat menengah ini sangat menggiurkan dari segi apapun.

The Banner Saga 2

Winning Putt

Tak hanya tangguh untuk berbagai keperluan, AMD juga akan memberikan bonus untuk setiap pembelian notebook bertenaga 7th Gen APU A12 berupa game original secara gratis! Anda bisa memilih salah satu dari game berikut seperti The Banner Saga 2, Winning Putt, Dirt Rally, Guacamelee, Lego 3 Batman: Beyond Gotham, Space Run, dan Tales from Space: Mutant Blobs Attack dengan mengunjungi https://www.amd4u.com/amdgamepromo/. Namun INGAT! Promo ini hanya berlaku hingga 30 Juni 2017 selama persediaan masih ada. Jadi jika Anda berminat memiliki notebook tangguh ini dan menginginkan bonus tambahan yang menguntungkan ini, segera beli di toko terdekat Anda sebelum kehabisan!

 

Latest articles

Related articles

22 Comments

    • Untuk jenis memori yang Asus dan Acer sudah support Dual Channel sedangkan yang Lenovo belum tahu, mungkin kamu bisa langsung konsultasi dulu ke customer service lenovonya ya supaya gak salah 🙂 Untuk jenis batre removable atau tidak juga silakan konsultasi langsung ke service centre masing2 vendor

    • Performa sih hampir sama karna sama-sama menggunakan AMD APU A12, hanya saja setiap vendor menawarkan fitur yang berbeda baik dari segi resolusi layar atau kualitas sound yang ditawarkan, jadi ada baiknya coba cek review spesifikasi masing-masing notebook terlebih dahulu dan juga mungkin ada pertimbangan dari segi harga juga 🙂

    • Hi Yudhistira, mimin sendiri belum pernah coba sehingga belum bisa memastikan. Kamu bisa cek dahulu system requirmentnya di game-debate.com.

    • Hi Reza.

      FPS Drop terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah setting grafis game yang tidak sesuai. Kami rekomendasikan untuk mencoba sesuaikan setting grafis game.

      Selain itu pastikan opsi powerplan laptop dalam keadaan “High-Performance” agar performa optimal.

      Semoga membantu, salam.

Leave a Reply