Ryzen 7 Wraith Cooler

AMD Ryzen™ 7 Hadirkan Performa Gaming Kompetitif dan Unggul dalam Aplikasi Harian!

AMD Ryzen 7

Seperti yang kita ketahui sejak Februari 2017 lalu, AMD akhirnya dengan bangga mampu meluncurkan produk prosessor berperforma tinggi dengan teknologi terbaru yang sudah lama ditunggu-tunggu yakni Prosessor AMD Ryzen™ 7. Sejak awal peluncuran AMD Ryzen™ 7 hingga saat ini, prosessor ini telah membuktikan dirinya dengan peningkatan performa yang sangat pesat dibandingkan dengan prosessor untuk PC Desktop performa tinggi yang diusung AMD sebelumnya, yakni AMD FX hingga 52% lebih baik dalam hal Instruction Per Clock (IPC) dibandingkan sebelumnya, melampaui target awal yang diperkirakan hanya sebesar 40%.

AMD Ryzen 7

Salah satu kunci dari pencapaian diatas adalah berkat penggunaan arsitektur “Zen” terbaru yang digunakan dalam Processor AMD Ryzen™ 7. Tidak hanya itu dengan ditunjang juga dengan fabrikasi 14nm FinFET terkini membuat AMD AMD Ryzen™ 7 memiliki ukuran lebih kecil sehingga mampu hadirkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor.

AMD Ryzen 7

AMD Ryzen™ 7 hadir dalam 3 varian :

  • Ryzen™ 7 1800X : merupakan prosessor 8 Core 16 Thread terkencang dengan kecepatan hingga 0 GHz dan TDP 95W yang diperuntukkan untuk berbagai kebutuhan professional seperti workstation, editing video, desain grafis, bahkan gaming resolusi tinggi hingga 4K dan juga kegiatan multitasking berat lainnya yang membutuhkan kinerja tinggi. Kamu bisa mendapatkannya pada harga 6,9 Jutaan Rupiah.
  • Ryzen™ 7 1700X : merupakan prosessor yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan prosessor 8 Core 16 Thread dengan kinerja tinggi berkecepatan hingga 8 GHz dan TDP 95W namun dengan harga lebih terjangkau dibanding AMD Ryzen™ 1800X dimana kamu sudah bisa mendapatkannya pada harga 5,2 Jutaan Rupiah.
  • Ryzen™ 7 1700: merupakan prosessor yang hadir sebagai prosessor 8 Core 16 Thread pertama di dunia dengan TDP hanya 65W! Cocok bagi pengguna yang menginginkan kinerja tinggi berkecepatan hingga7 GHz namun tetap efisien dalam hal penggunaan daya dan tentunya hemat biaya. Di antara prosessor AMD Ryzen™ 7 lainnya, AMD Ryzen™ 7 1700 sudah bisa kamu peroleh pada harga 4,4 Jutaan Rupiah.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai penjelasan spesifikasi teknis dari ketiga varian AMD Ryzen™ 7 bisa dilihat pada artikel kami Prosessor AMD Ryzen™ 7: Hadirkan 8 Core 16 Thread dengan Kinerja Tinggi & Efisien.

Lalu bagaimana keunggulan AMD Ryzen™ 7 dalam soal performa? Mari kita simak rangkuman reviewnya berikut ini!

Hadirkan Performa Tinggi 8 Core 16 Thread dengan Teknologi SMT!

AMD Ryzen 7

AMD Ryzen™ 7 mampu memberikan “True” 8 Core dengan performa tinggi!  Seperti yang Anda bisa lihat dalam gambar fisik diatas, prosessor AMD Ryzen™ 7 terdiri dari 2 buah CCX (Core Complex) yang masing-masing berisikan 4 Core dengan arsitektur “Zen”. Tidak hanya itu dengan teknologi bernama Simultaneous Multi-Threading (SMT), masing-masing Core fisik yang ada pada prosessor AMD Ryzen™ bisa menciptakan 2 Thread Virtual sehingga seolah-olah memiliki 16 “Virtual Core” dalam satu prosessor AMD Ryzen™ 7 untuk mengolah tugas lebih banyak dalam waktu bersamaan.

Untuk mengetahui kinerja CPU yang ada pada prosessor AMD Ryzen™ 7, berikut adalah beberapa hasil pengujian dari situs pihak ketiga Hexus.Net tentang performa AMD Ryzen™ 7 dalam benchmark sintetis dan aplikasi sehari-hari. Untuk pengujian sintetis digunakan tiga aplikasi standar seperti Cinebench  yang akan menguji kecepatan prosessor dalam hal merender photorealistic 3D Scene, wPrime untuk menguji kemampuan multi-threading sebuah prosessor dan 3DMark Fire Strike yang akan menguji kemampuan prosessor dalam menjalankan simulasi render grafis secara real time dengan detail dan kompleksitas yang sangat tinggi.

 AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

Pada hasil pengujian sintetis di atas, terlihat bahwa prosessor AMD Ryzen™ 7 1800X seharga 6,9 Jutaan Rupiah mampu menghadirkan performa mendekati bahkan lebih tinggi dibandingkan prosessor 8 Core 16 Thread kompetitor yang hadir dengan harga jauh lebih mahal hingga belasan juta Rupiah.

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

Dalam penggunaan aplikasi sehari-hari pun seperti aplikasi untuk video editing resolusi tinggi, editing gambar hingga pembuatan animasi, konten 2D atau 3D, AMD Ryzen™ 7 1800X seharga 6,9 Jutaan Rupiah ini juga mampu menyajikan kinerja sebanding dengan prosessor 8 Core 16 Thread milik kompetitor yang memiliki harga jauh lebih mahal. Tentunya dari pengujian Jagat Review ini bisa terlihat bahwa AMD Ryzen™ merupakan prosessor yang sangat unggul dari segi harga maupun performa, pas untuk Anda yang mementingkan value di atas segala-galanya untuk menyelesaikan beragam kebutuhan pekerjaan professional Anda.

Hadirkan Performa Gaming yang Kompetitif Hingga Resolusi 4K!

Seiring kebutuhan gaming yang semakin tinggi, kebutuhan akan prosessor yang mumpuni untuk menjalankan gaming terkini juga tak bisa dihindari. Tak hanya unggul untuk kebutuhan professional, AMD Ryzen™ 7 yang ditunjang oleh 8 Core 16 Thread berperforma tinggi juga merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mendambakan kenyamanan dalam bermain game hingga resolusi 4K. Anda bisa melihat detail pengujian oleh AMD berikut ini.

AMD Ryzen 7

Kemampuan tinggi prosessor ini untuk gaming resolusi tinggi terbukti dalam pengujian internal AMD dalam berbagai judul game terkini yang sudah menggunakan API DirectX® 11, DirectX® 12 dan Vulkan™, seperti Grand Theft Auto™ V, Alien: Isolation™, Battlefield™ 4, Ashes of the Singularity™, Civilization® VI dan DOOM™. Pada resolusi 4K, AMD Ryzen™ 7 1800X mampu menampilkan performa setingkat dengan prosessor 8 Core 16 Thread milik kompetitor dengan harga jauh lebih mahal. Hanya berbeda 1-2 FPS dalam hal rata-rata framerate per detik yang dihasilkan. Tak hanya itu pada mayoritas game bahkan terlihat bahwa pada 99% kasus, minimum framerate per detik yang dihasilkan oleh AMD Ryzen™ 1800X terbukti lebih tinggi dibandingkan prosessor 8 Core 16 Thread milik kompetitor! Hal ini mengindikasikan bahwa prosessor AMD Ryzen™ 1800X jauh lebih lancar dan mulus dalam memainkan game berat terkini dengan jumlah frame drops yang lebih rendah.

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

Bagi Anda yang bukan pengguna monitor 4K, Anda bahkan bisa mendapatkan performa gaming lebih tinggi menggunakan AMD Ryzen™ 7 1800X dimana dalam hasil pengujian oleh situs Jagat Review,  menyandingkan AMD Ryzen™ 7 1800X dengan kartu grafis Radeon™ RX 480 mampu memberikan rata-rata framerate per detik lebih tinggi pada resolusi Full HD 1080p menggunakan detail grafis Very High pada game berat Grand Theft Auto™ V dibanding saat pengujian di resolusi 4K. Kemudian untuk Anda yang bahkan ingin mencicipi performa gaming Virtual Reality menggunakan AMD Ryzen™ 1800X, tidak perlu ragu lagi untuk segera membelinya karena sudah terbukti memiliki skor performa paling tinggi pada pengujian SteamVR Performance Test oleh GameSpot dibandingkan dengan prosessor milik kompetitor.

AMD Ryzen 7

Lalu bagaimana dengan prosessor AMD Ryzen™ 7 1700X yang berada pada satu tingkat di bawah AMD Ryzen™ 7 1800X? Apakah juga memiliki kemampuan gaming di resolusi tinggi yang bisa diandalkan oleh gamer saat ini?

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

Hadir dengan harga lebih terjangkau, terbukti pada pengujian game terkini oleh Hexus.Net di resolusi Quad HD 1440p kualitas grafis ULTRA,  AMD Ryzen™ 1700X tetap mampu menghadirkan kinerja handal dengan rata-rata framerate per detik di atas 50 FPS dalam menangani berbagai game terbaru dengan minimum requirement cukup berat seperti Deus Ex: Mankind Divided, Hitman 2016 dan Total War: Warhammer.

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

Tak hanya itu, untuk seri AMD Ryzen™ 7 terendah yakni AMD Ryzen™ 7 1700, Anda bahkan tetap bisa melihat kinerja menakjubkan dalam hal gaming resolusi tinggi hingga 4K! Terbukti dengan pengujian yang dilakukan oleh PC World, prosessor dengan TDP 65W seharga 4,4 Jutaan Rupiah ini masih mampu menangani gaming berat terbaru seperti The Division, Far Cry Primal, dan Rise of the Tomb Raider pada kualitas grafis High, Very High hingga ULTRA dengan sangat baik bahkan pada beberapa game sanggup mengejar kinerja prosessor kompetitor dengan harga belasan Juta Rupiah!

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

Bahkan untuk gamers yang lebih suka bermain game terkini di resolusi Full HD 1080p, kamu juga tetap bisa menikmati memainkan game terbaru seperti For Honor dan Civilization VI dengan performa optimal menggunakan AMD Ryzen™ 7 1700 hingga pengaturan kualitas grafis paling ekstrim sekalipun dengan rata-rata framerate per detik di atas 60 FPS! Anda bisa melihat pengujian selengkapnya oleh Digital Trends.

Jadi, dari beragam pengujian di atas, tak perlu ragu lagi untuk memiliki lini prosessor AMD Ryzen™ 7 karena sudah terbukti tangguh untuk menjalankan berbagai game berat populer saat ini dengan harga jauh lebih terjangkau dibanding kompetitor.

Bangun PC Impian Powerful Untuk Pembuatan Konten Professional dengan AMD Ryzen™ 7 dan Radeon™ RX 480

AMD Ryzen 7

Bagi Anda yang ingin membangun PC tangguh untuk kebutuhan professional seperti contohnya editing video resolusi tinggi, salah satu Vlogger terkenal Youtube Max Yuryev mendemonstrasikan kemampuan PC bertenaga AMD Ryzen™ 7 1700X dipadukan dengan kartu grafis Radeon™ RX 480 dengan total harga $988 dan membandingkannya dengan PC kompetitor seharga $1532 yang menggunakan prosessor Intel Core i7 6700K dengan NVIDIA GTX 1070. Pada pengujian yang dilakukan oleh Max, bisa diambil kesimpulan bahwa kombinasi AMD Ryzen™ 7 1700X dengan kartu grafis Radeon™  RX 480 ternyata mampu menghadirkan kemampuan yang tidak kalah dengan PC berharga lebih mahal.

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

(Higher is Better)

Dimulai dengan pengujian menggunakan aplikasi Cinebench R15 yang merupakan aplikasi benchmark untuk menguji kinerja PC dalam merender sebuah grafis 3D, bisa dilihat bahwa AMD Ryzen™ 7 1700X mampu unggul sampai dengan 43% lebih baik dibandingkan PC kompetitor. Sedangkan untuk kemampuan render kartu grafis Radeon™ RX 480 hanya memiliki sedikit perbedaan dari kartu grafis kompetitor yang memiliki harga hampir 2x lebih mahal.

AMD Ryzen 7

(Lower is Better)

Dalam pengujian transcoding menggunakan aplikasi Wondershare Video Converter, terlihat perpaduan performa AMD Ryzen™ 7 1700X & Radeon™ RX 480 juga mampu hadirkan kinerja lebih cepat dibandingkan kompetitor!

AMD Ryzen 7 AMD Ryzen 7

(Lower is Better)

Dalam pengujian editing video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro, AMD Ryzen™ 7 1700X juga berhasil unggul dibandingkan kompetitor hingga 13% lebih baik.

AMD Ryzen 7

Bagi kamu editor video dengan pekerjaan yang padat, AMD Ryzen™ 7 1700X tentunya bisa jadi pilihan tepat untuk meningkatkan produktivitasmu, mengingat dalam pengujian menggunakan 4 buah video 4K secara side by side, gabungan kekuatan AMD Ryzen™ 7 & kartu grafis Radeon™ RX 480 ternyata mampu menghadirkan kinerja 37% lebih cepat dibandingkan kompetitor.

AMD Ryzen 7

(Lower is Better)

Masuk pada pengujian terakhir menggunakan aplikasi DaVinci Resolve yang merupakan salah satu perangkat lunak editor video yang sering digunakan dalam pembuatan film Hollywood, dalam pengujian editing video resolusi 1080p, membuktikan bahwa perpaduan kekuatan AMD Ryzen™ 7 1700X & Radeon™ RX 480 memiliki kinerja lebih unggul 13% lebih cepat dibandingkan kompetitor.

AMD Ryzen 7

(Lower is Better)

Masih menggunakan aplikasi DaVinci Resolve, pada pengujian editing 4 buah video resolusi 4K secara bersamaan juga mampu menunjukkan bahwa perpaduan AMD Ryzen™ 7 1700X dan Radeon™ RX 480 mampu kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya, walau untuk kali ini hanya unggul tipis yakni sekitar 7% lebih cepat dibandingkan kompetitor.

Untuk kamu yang penasaran dengan video review dari Max Yuryev selengkapnya, Anda bisa menonton ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kesimpulan

AMD Ryzen 7

Dengan berbagai tampilan pengujian prosessor AMD Ryzen™ 7 diatas, bisa dibuktikan bahwa lini prosessor terbaru dari AMD ini mampu menghadirkan performa yang handal dalam segala kebutuhan yang membutuhkan performa komputasi tinggi, mulai dari menjalani pekerjaan professional seperti editing foto atau video, membuat desain 3D sampai dengan bermain game terkini di resolusi tinggi dengan kualitas grafis terbaik! Semua ini bisa dilakukan dengan mudah berkat kemampuan 8 Core 16 Thread berkecepatan tinggi yang dimilikinya tak lupa ditunjang dengan teknologi terbaru Simultaneous Multi-Threading (SMT) yang mampu mengerjakan banyak tugas berat sekaligus secara bersamaan! Tidak lupa dengan fabrikasi 14nm FinFET terkini, membuat prosessor AMD Ryzen™ 7 mampu hadirkan kinerja tinggi dengan penggunaan daya sangat efisien dengan TDP mulai dari 65W hingga 95W saja. Tentunya semua keuntungan ini dapat dinikmati pengguna dengan dana yang JAUH LEBIH TERJANGKAU dibandingkan dengan produk kompetitor. Jadi, sudahkah Anda bersiap untuk membangun PC terbaik dengan prosessor AMD Ryzen™ 7?

 

Sumber:

Tinggalkan Balasan