Panduan Cara Instalasi Driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition

Panduan Cara Instalasi Driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition

Radeon Software Adrenalin 2019

Sebagai komitmen AMD kepada konsumen terutama bagi kalangan gamers, AMD pada awal tahun 2019 ini telah merilis Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition. Tidak hanya menghadirkan peningkatan performa saat bermain game terkini dengan lebih baik, berbagai fitur yang ada juga ditingkatkan, diantaranya:

  1. Radeon Setting: Menu kendali utama Radeon™ Software yakni Radeon Setting, kini diperkaya dengan fitur Radeon Software Advisor yang memberikan informasi dan tips cara mengoptimalkan pengalaman gaming di sistem bertenaga AMD yang bisa langsung diterapkan secara mudah hanya dengan satu klik.
  2. AMD Link : Software ini merupakan software pendamping kartu grafis AMD Radeon™ Anda yang tersedia untuk perangkat Smartphone Android dan iOS. Kini ditingkatkan fiturnya, dimana pengguna bisa merekam aktivitas di layar Desktop, memainkan game PC secara remote melalui Smartphone hingga merekam aktivitas game tersebut dan membagikannya ke jejaring sosial ternama.
  3. Radeon ReLive : Software untuk merekam dan melakukan streaming gameplay di sistem bertenaga AMD ini, kini telah ditingkatkan performanya dan memungkinkan pengguna untuk membuat instant replay dalam bentuk GIF yang dapat dibagikan ke jejaring sosial ternama.
  4. Radeon WattMan : Fitur yang hadir secara eksklusif untuk pengguna kartu grafis Radeon™ RX 400/500 Series dan Radeon™ RX Vega ini, kini juga telah ditingkatkan dimana mengizinkan pengguna untuk mengatur kinerja pendingin kartu grafis dengan lebih baik, opsi overclocking lebih kaya serta fitur Radeon WattMan yang sudah terintregrasi dengan AMD Link.
  5. Radeon Overlay: Fitur ini kini lebih kaya dengan dukungan fitur Radeon Software Advisor yang berisikan banyak tips dan saran untuk setting grafis game yang sesuai untuk sistem Anda. Pengguna kini juga bisa mengetahui informasi performa gaming PC yang digunakan, seperti informasi FPS, Frametimes dan lain sebagainya tanpa butuh software tambahan.

Radeon Software Adrenalin 2019

Kali ini kami akan melanjutkan pembahasan mengenai panduan tata cara instalasi Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition terbaru untuk PC Desktop dan Laptop. Artikel ini hadir sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang panduan cara download driver terbaru AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition terbaru.

Instalasi Radeon Software Adrenalin 2019 Edition: Tampilan Lebih Modern!

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 1)

Pada saat keadaan ini pastikan Anda sudah memiliki installer driver AMD Radeon™ Software yang sudah Anda download sebelumnya, apabila belum ada silahkan ikuti petunjuk download yang telah kami buat sebelumnya di link berikut. Apabila sudah ada, silahkan klik pada logo installer untuk memulai proses instalasi.

  1. Langkah awal Anda akan menemui tampilan seperti gambar 1, pastikan Anda memiliki setidaknya ruang kosong sebesar 1-2 GB pada hard disk utama (drive dengan partisi C). Selanjutnya silahkan klik menu “Install” untuk melanjutkan.

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 2)

  1. Pada menu selanjutnya Anda akan menemui opsi seperti yang ada pada Gambar 2. Untuk Anda yang baru install driver pertama kali, Anda akan menemui menu yang hampir serupa, namun dengan perbedaan opsi “Accept and Upgrade” bagi yang sudah install driver AMD Radeon™ Software sebelumnya. Silahkan pilih menu tersebut untuk melanjutkan.

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 3)

  1. Proses instalasi sedang berjalan seperti yang nampak di gambar 3 harap menunggu sampai muncul proses berikutnya.

NB : Pada tahap proses ini sering umumnya akan ditemui monitor berada dalam kondisi “blank” sementara selama beberapa detik. Hal ini adalah normal adanya merupakan bagian dari proses instalasi. 

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 4)

  1. Proses berlanjut kepada munculnya menu untuk instalasi AMD Radeon™ ReLive terbaru seperti yang muncul pada gambar 4. Kami rekomendasikan untuk install fitur tersebut yang dapat digunakan untuk rekam dan streaming video saat bermain game.

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 5)

  1. Proses instalasi selesai dan terdapat muncul menu restart seperti yang ada di Gambar 5. Silahkan pilih “Restart Now” untuk memulai kembali PC Desktop atau Laptop Anda.

adeon Software Adrenalin 2019

Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition sudah siap digunakan, silahkan jelajahi fitur-fitur andalan yang tersedia.

Selesai sudah penjelasan yang kami berikan untuk langkah proses instalasi AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition. Untuk info tentang cara penghapusan driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition, bisa anda tuju ke tautan berikut.

F.A.Q (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Radeon Software Adrenalin 2019

Q: Kenapa fitur-fitur yang ada di Radeon Setting saya tidak selengkap kartu grafis AMD Radeon yang lainnya?

A: Hal ini dikarenakan fitur dari masing-masing kartu grafis berbeda antara satu dengan yang lainnya, bergantung kepada masing-masing seri dan generasi produk.

Q: Saya sudah selesai mengunduh driver yang saya rasa tepat, namun kenapa saya tidak bisa membuka installer?

Radeon Software Adrenalin 2019

Contoh icon dan nama file resmi aplikasi installer

A: Pastikan Anda mengunduh file melalui website AMD resmi atau website resmi vendor (untuk laptop). Tidak hanya itu pastikan file installer memiliki icon AMD resmi (anak panah, berwarna hitam) serta memiliki ukuran file yang tepat.

Apabila persyaratan di atas sudah sesuai, harap Anda lakukan unduh ulang menggunakan perangkat komputer lain yang menggunakan penyedia ISP internet yang berbeda, karena terkadang masalah datang dari penyedia ISP internet yang tidak stabil dan membuat file korup.

Q: Saat driver selesai di instalasi, muncul error disertai kode angka, bagaimana tata cara penyelesaiannya?

A: Berikut tautan artikel pemecahan masalah yang sudah diberikan secara resmi oleh AMD. Sementara hanya hadir dalam bahasa Inggris :

Q: Saya tidak mengerti bahasa Inggris, apa ada langkah pertama untuk memecahkan masalah umum bagi instalasi driver yang bermasalah?

A: Silahkan mencoba apa yang disebut proses clean install dengan menghapus kembali driver yang bermasalah sebelumnya hingga bersih dari sistem Anda dan mencoba install ulang drivernya kembali. Kami akan jelaskan tata caranya pada artikel berikut mengenai cara menghapus driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition.

29 comments

  1. Fathi
    Reply

    Apakah bisa amd ati mobility radeon hd 5470 saya mendapat dukungan amd software adrenalin 2019?

    Jika anda sudah jawab tolong email saya agar saya tahu. Makasih

  2. Erick Tan
    Reply

    min sy sdh mentok jd sy harap dpt bantuan dari komentar ini.

    1. Sudah download via amd resmi adrenalin versi 19.1.1, 19.2.2 dan 19.3.3 update.
    2. Semua saya instal dg auto detect dan manual.
    3. Setelah instal semua versi di atas sama sekali tidak ada menu / tab relive nya.
    4. Uninstall seperti tutorial di web ini dan atau pakai amd clean uninstall.
    5. Sudah upgrade driver vendor laptop juga.
    6. Sudah muter2 di blog luar dan dalam negeri, vlog luar dan dalam negeri.
    7. Semenjak kemunculan software ini dg nama yg lama sampai adrenalin 2019, problem terbanyak adalah tidak ada menu tab relive nya di radeon seting.

    maka timbul pertanyaan sebenarnya software ini cocok / support nggak sih buat laptop/notebook sekalipun, kok banyak problem. atau hanya untuk CPU dekstop aja.

    saya dapati komen di comunity amd luar
    software ini hanya untuk dekstop bukan laptop dan dukungan untuk laptop sudah dihentikan untuk relive.

    perangkat saya.
    -asus x540bp
    -amd A9-9425 Radeon R5-M420
    -4gb ddr4 ram dan 1tb memori
    -juga terdapat vram diskrit.

    cara download :
    -graphic
    -Radeon R5™ series.
    -Radeon R5™ 400 series.
    -Radeon R5™ M420.

    1. Salah saya dimana?
    2. Amd Relive support tidak di laptop saya dengan spek di atas.

    terima kasih.

    • Hi Erick,

      Perlu mimin beritahukan untuk Radeon R5 M420 tidak mendukung fitur AMD ReLive sehingga saat kamu install driver terbaru tidak akan muncul tab ReLive.

      Semoga membantu, salam.

  3. min mau nanya kenapa global setting amd radeon r8 setting di raddeon adrenalin kok tidak ada menunya? padahal saya sudah download di website resminya.

    Laptop : asus X555qg amd12 9700p

  4. Mohamad Fajar Nugraha
    Reply

    Team amd saya mau tanya. Ini kan saya pakai
    – Amd Athlon 200ge
    – Mobo Asrock A320m-hdv
    – Ram ddr 4 apacer panther 2666 mhz

    Trus pas install software adrenaline udah done minta restart waktu di restart blank screen, lalu saya masuk safe mode uninstall lagi driver amd radeon vega 3 nya sama uninstall software adrenaline pc saya bisa nyala lagi. Nahh setelah itu di cek di device manager driver vga nya kembali ke microsoft basic display adapter. Dan resolusi seadanya gabisa di naikan lagi min. Minta tolong solusi biar bisa install driver radeon vega 3 nya ga blank lagi gimana tuh? Hatur nuhun..

    Fajar
    Bandung

    • Hi Fajar,

      Silahkan mencoba untuk install driver yang sudah tersedia melalui CD driver yang ada di paket penjualan setelah selesai dan bisa digunakan barulah update ke driver terbaru. click

      Semoga membantu, salam.

  5. enrico
    Reply

    di leptop saya kan memiliki 2 vga min yang pertama amd radeon R5 graphic(primary) dan yg kedua R5 M330(switchable) dan saya ingin menggunakan R5 M330 saat bermain game seperti pes 2013. bagaimana cara menyettingnya di driver adrenalin min? karena vga saya yang R5 m330 tidak terdeteksi. dan saya tidak ada amd additional settings?

    • Hi Enrico

      Sayangnya untuk game PES lawas tidak bisa mengubah opsi vga card diskrit secara manual, silahkan mainkan game PES terbaru seperti PES 2018 yang sudah otomatis tersetting ke vga diskrit.

      Semoga membantu, salam.

  6. Min sebenarnya saat install perlu koneksi internet ngak. File installer udah Saya download, Ada tulisan “please wait while detecting hardware” lama banget
    Prossesor Saya
    AMD FX-7500 RADEON R7

    • Hi Sholahuddin,

      Radeon Software umumnya akan melakukan pemeriksaan update saat melakukan instalasi driver, kami rekomendasikan untuk mencoba kembali dengan mematikan koneksi internet.

      Semoga membantu, salam.

  7. Hi AMD.
    Saya sudah instal Radeon Software tapi muncul Radeon Settings are currently not available. Please try again after connecting a display to AMD graphics and extending the display.
    Pertanyaannya. Langkah apa yg harus lakukan?

    AMD Athlon 200ge

    Terimakasih

  8. nikolas
    Reply

    Min, mau tanya versi yg cocok buat dual-core A4-9120E Radeon R3 Graphics yg mana ya? soalmya saya sudah download versi 19.1.1 tp pas ada tulisan please wait while detecting hardware proses nya lama sekali. Hampir 2 jam gk selesai. mohon bantuan nya

  9. Rizki
    Reply

    Min, mau tanya. Saya punya laptop dengan spec VGA Radeon RX 580, Processor AMD Ryzen 7 1700 8-core. Saya install AMD Software versi 19.4.1, saya coba untuk lihat kelengkapannya, tetapi seperti ada yang hilang dibagian “Global Settings” yaitu tidak ada “Radeon Wattmann”. Apakah hal itu bug atau memang ditiadakan?. Apa itu juga sebagai penyebab GPU clockspeed saya suka drop ke 300MHz waktu sedang gaming? Mohon bantuannya.

  10. Newbie
    Reply

    Hallo admin, saya ingin bertanya,saya lunya laptop lenovo G410, dngan grafis dual,dan saya baru saja install ulang ke windows 10, dan saya ingin menginstall AMD Radeon adrenalin 2019 edition, krtu grafis amd saya adalah AMD Radeon HD 8750M. Masalah yang saya alami adalah, saat proses pemasangan drivernya, PC saya stuck, mouse gak bsa digerak,gak bsa di apapun laptopnya, setelah sekian lama menunggu tanpa ada hasil, akhirnya saya shutdown paksa, dan masuk ke Safe Mode, lalu saya unistall driver tadi menggunakan tools DDU, dan saya mencoba install driblver catalyst yg ada di website resmi lenovo. Tetapi hal yg sama saya dapati, dan lagi PC saya stuck. Kira2 masalahnya kenapa ya?

    • Hi Newbie

      Kami rekomendasikan untuk mencoba install driver yang telah disediakan oleh AMD via Windows Update atau alternatif lainnya kami rekomendasikan untuk install ulang ke Windows 7.

      Semoga membantu, salam.

Tinggalkan Balasan