Panduan Cara Instalasi Driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition

Radeon Software Adrenalin 2019

Sebagai komitmen AMD kepada konsumen terutama bagi kalangan gamers, AMD pada awal tahun 2019 ini telah merilis Radeon Software Adrenalin 2019 Edition. Tidak hanya menghadirkan peningkatan performa saat bermain game terkini dengan lebih baik, berbagai fitur yang ada juga ditingkatkan, diantaranya:

  1. Radeon Setting: Menu kendali utama Radeon™ Software yakni Radeon Setting, kini diperkaya dengan fitur Radeon Software Advisor yang memberikan informasi dan tips cara mengoptimalkan pengalaman gaming di sistem bertenaga AMD yang bisa langsung diterapkan secara mudah hanya dengan satu klik.
  2. AMD Link : Software ini merupakan software pendamping kartu grafis AMD Radeon™ Anda yang tersedia untuk perangkat Smartphone Android dan iOS. Kini ditingkatkan fiturnya, dimana pengguna bisa merekam aktivitas di layar Desktop, memainkan game PC secara remote melalui Smartphone hingga merekam aktivitas game tersebut dan membagikannya ke jejaring sosial ternama.
  3. Radeon ReLive : Software untuk merekam dan melakukan streaming gameplay di sistem bertenaga AMD ini, kini telah ditingkatkan performanya dan memungkinkan pengguna untuk membuat instant replay dalam bentuk GIF yang dapat dibagikan ke jejaring sosial ternama.
  4. Radeon WattMan : Fitur yang hadir secara eksklusif untuk pengguna kartu grafis Radeon™ RX 400/500 Series dan Radeon™ RX Vega ini, kini juga telah ditingkatkan dimana mengizinkan pengguna untuk mengatur kinerja pendingin kartu grafis dengan lebih baik, opsi overclocking lebih kaya serta fitur Radeon WattMan yang sudah terintregrasi dengan AMD Link.
  5. Radeon Overlay: Fitur ini kini lebih kaya dengan dukungan fitur Radeon Software Advisor yang berisikan banyak tips dan saran untuk setting grafis game yang sesuai untuk sistem Anda. Pengguna kini juga bisa mengetahui informasi performa gaming PC yang digunakan, seperti informasi FPS, Frametimes dan lain sebagainya tanpa butuh software tambahan.

Radeon Software Adrenalin 2019

Kali ini kami akan melanjutkan pembahasan mengenai panduan tata cara instalasi Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition terbaru untuk PC Desktop dan Laptop. Artikel ini hadir sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang panduan cara download driver terbaru AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition terbaru.

Instalasi Radeon Software Adrenalin 2019 Edition: Tampilan Lebih Modern!

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 1)

Pada saat keadaan ini pastikan Anda sudah memiliki installer driver AMD Radeon™ Software yang sudah Anda download sebelumnya, apabila belum ada silahkan ikuti petunjuk download yang telah kami buat sebelumnya di link berikut. Apabila sudah ada, silahkan klik pada logo installer untuk memulai proses instalasi.

  1. Langkah awal Anda akan menemui tampilan seperti gambar 1, pastikan Anda memiliki setidaknya ruang kosong sebesar 1-2 GB pada hard disk utama (drive dengan partisi C). Selanjutnya silahkan klik menu “Install” untuk melanjutkan.

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 2)

  1. Pada menu selanjutnya Anda akan menemui opsi seperti yang ada pada Gambar 2. Untuk Anda yang baru install driver pertama kali, Anda akan menemui menu yang hampir serupa, namun dengan perbedaan opsi “Accept and Upgrade” bagi yang sudah install driver AMD Radeon™ Software sebelumnya. Silahkan pilih menu tersebut untuk melanjutkan.

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 3)

  1. Proses instalasi sedang berjalan seperti yang nampak di gambar 3 harap menunggu sampai muncul proses berikutnya.

NB : Pada tahap proses ini sering umumnya akan ditemui monitor berada dalam kondisi “blank” sementara selama beberapa detik. Hal ini adalah normal adanya merupakan bagian dari proses instalasi. 

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 4)

  1. Proses berlanjut kepada munculnya menu untuk instalasi AMD Radeon™ ReLive terbaru seperti yang muncul pada gambar 4. Kami rekomendasikan untuk install fitur tersebut yang dapat digunakan untuk rekam dan streaming video saat bermain game.

adeon Software Adrenalin 2019

(Gambar 5)

  1. Proses instalasi selesai dan terdapat muncul menu restart seperti yang ada di Gambar 5. Silahkan pilih “Restart Now” untuk memulai kembali PC Desktop atau Laptop Anda.

adeon Software Adrenalin 2019

Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition sudah siap digunakan, silahkan jelajahi fitur-fitur andalan yang tersedia.

Selesai sudah penjelasan yang kami berikan untuk langkah proses instalasi AMD Radeon Software Adrenalin 2019 Edition. Untuk info tentang cara penghapusan driver AMD Radeon Software Adrenalin 2019 Edition, bisa anda tuju ke tautan berikut.

F.A.Q (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Radeon Software Adrenalin 2019

Q: Kenapa fitur-fitur yang ada di Radeon Setting saya tidak selengkap kartu grafis AMD Radeon yang lainnya?

A: Hal ini dikarenakan fitur dari masing-masing kartu grafis berbeda antara satu dengan yang lainnya, bergantung kepada masing-masing seri dan generasi produk.

Q: Saya sudah selesai mengunduh driver yang saya rasa tepat, namun kenapa saya tidak bisa membuka installer?

Radeon Software Adrenalin 2019

Contoh icon dan nama file resmi aplikasi installer

A: Pastikan Anda mengunduh file melalui website AMD resmi atau website resmi vendor (untuk laptop). Tidak hanya itu pastikan file installer memiliki icon AMD resmi (anak panah, berwarna hitam) serta memiliki ukuran file yang tepat.

Apabila persyaratan di atas sudah sesuai, harap Anda lakukan unduh ulang menggunakan perangkat komputer lain yang menggunakan penyedia ISP internet yang berbeda, karena terkadang masalah datang dari penyedia ISP internet yang tidak stabil dan membuat file korup.

Q: Saat driver selesai di instalasi, muncul error disertai kode angka, bagaimana tata cara penyelesaiannya?

A: Berikut tautan artikel pemecahan masalah yang sudah diberikan secara resmi oleh AMD. Sementara hanya hadir dalam bahasa Inggris :

Q: Saya tidak mengerti bahasa Inggris, apa ada langkah pertama untuk memecahkan masalah umum bagi instalasi driver yang bermasalah?

A: Silahkan mencoba apa yang disebut proses clean install dengan menghapus kembali driver yang bermasalah sebelumnya hingga bersih dari sistem Anda dan mencoba install ulang drivernya kembali. Kami akan jelaskan tata caranya pada artikel berikut mengenai cara menghapus driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition.

Latest articles

Related articles

105 Comments

  1. Apakah bisa amd ati mobility radeon hd 5470 saya mendapat dukungan amd software adrenalin 2019?

    Jika anda sudah jawab tolong email saya agar saya tahu. Makasih

  2. min sy sdh mentok jd sy harap dpt bantuan dari komentar ini.

    1. Sudah download via amd resmi adrenalin versi 19.1.1, 19.2.2 dan 19.3.3 update.
    2. Semua saya instal dg auto detect dan manual.
    3. Setelah instal semua versi di atas sama sekali tidak ada menu / tab relive nya.
    4. Uninstall seperti tutorial di web ini dan atau pakai amd clean uninstall.
    5. Sudah upgrade driver vendor laptop juga.
    6. Sudah muter2 di blog luar dan dalam negeri, vlog luar dan dalam negeri.
    7. Semenjak kemunculan software ini dg nama yg lama sampai adrenalin 2019, problem terbanyak adalah tidak ada menu tab relive nya di radeon seting.

    maka timbul pertanyaan sebenarnya software ini cocok / support nggak sih buat laptop/notebook sekalipun, kok banyak problem. atau hanya untuk CPU dekstop aja.

    saya dapati komen di comunity amd luar
    software ini hanya untuk dekstop bukan laptop dan dukungan untuk laptop sudah dihentikan untuk relive.

    perangkat saya.
    -asus x540bp
    -amd A9-9425 Radeon R5-M420
    -4gb ddr4 ram dan 1tb memori
    -juga terdapat vram diskrit.

    cara download :
    -graphic
    -Radeon R5™ series.
    -Radeon R5™ 400 series.
    -Radeon R5™ M420.

    1. Salah saya dimana?
    2. Amd Relive support tidak di laptop saya dengan spek di atas.

    terima kasih.

    • Hi Erick,

      Perlu mimin beritahukan untuk Radeon R5 M420 tidak mendukung fitur AMD ReLive sehingga saat kamu install driver terbaru tidak akan muncul tab ReLive.

      Semoga membantu, salam.

  3. min mau nanya kenapa global setting amd radeon r8 setting di raddeon adrenalin kok tidak ada menunya? padahal saya sudah download di website resminya.

    Laptop : asus X555qg amd12 9700p

  4. Team amd saya mau tanya. Ini kan saya pakai
    – Amd Athlon 200ge
    – Mobo Asrock A320m-hdv
    – Ram ddr 4 apacer panther 2666 mhz

    Trus pas install software adrenaline udah done minta restart waktu di restart blank screen, lalu saya masuk safe mode uninstall lagi driver amd radeon vega 3 nya sama uninstall software adrenaline pc saya bisa nyala lagi. Nahh setelah itu di cek di device manager driver vga nya kembali ke microsoft basic display adapter. Dan resolusi seadanya gabisa di naikan lagi min. Minta tolong solusi biar bisa install driver radeon vega 3 nya ga blank lagi gimana tuh? Hatur nuhun..

    Fajar
    Bandung

    • Hi Fajar,

      Silahkan mencoba untuk install driver yang sudah tersedia melalui CD driver yang ada di paket penjualan setelah selesai dan bisa digunakan barulah update ke driver terbaru. click

      Semoga membantu, salam.

  5. di leptop saya kan memiliki 2 vga min yang pertama amd radeon R5 graphic(primary) dan yg kedua R5 M330(switchable) dan saya ingin menggunakan R5 M330 saat bermain game seperti pes 2013. bagaimana cara menyettingnya di driver adrenalin min? karena vga saya yang R5 m330 tidak terdeteksi. dan saya tidak ada amd additional settings?

    • Hi Enrico

      Sayangnya untuk game PES lawas tidak bisa mengubah opsi vga card diskrit secara manual, silahkan mainkan game PES terbaru seperti PES 2018 yang sudah otomatis tersetting ke vga diskrit.

      Semoga membantu, salam.

    • Hi Sholahuddin,

      Radeon Software umumnya akan melakukan pemeriksaan update saat melakukan instalasi driver, kami rekomendasikan untuk mencoba kembali dengan mematikan koneksi internet.

      Semoga membantu, salam.

  6. Hi AMD.
    Saya sudah instal Radeon Software tapi muncul Radeon Settings are currently not available. Please try again after connecting a display to AMD graphics and extending the display.
    Pertanyaannya. Langkah apa yg harus lakukan?

    AMD Athlon 200ge

    Terimakasih

  7. Min, mau tanya versi yg cocok buat dual-core A4-9120E Radeon R3 Graphics yg mana ya? soalmya saya sudah download versi 19.1.1 tp pas ada tulisan please wait while detecting hardware proses nya lama sekali. Hampir 2 jam gk selesai. mohon bantuan nya

  8. Min, mau tanya. Saya punya laptop dengan spec VGA Radeon RX 580, Processor AMD Ryzen 7 1700 8-core. Saya install AMD Software versi 19.4.1, saya coba untuk lihat kelengkapannya, tetapi seperti ada yang hilang dibagian “Global Settings” yaitu tidak ada “Radeon Wattmann”. Apakah hal itu bug atau memang ditiadakan?. Apa itu juga sebagai penyebab GPU clockspeed saya suka drop ke 300MHz waktu sedang gaming? Mohon bantuannya.

  9. Hallo admin, saya ingin bertanya,saya lunya laptop lenovo G410, dngan grafis dual,dan saya baru saja install ulang ke windows 10, dan saya ingin menginstall AMD Radeon adrenalin 2019 edition, krtu grafis amd saya adalah AMD Radeon HD 8750M. Masalah yang saya alami adalah, saat proses pemasangan drivernya, PC saya stuck, mouse gak bsa digerak,gak bsa di apapun laptopnya, setelah sekian lama menunggu tanpa ada hasil, akhirnya saya shutdown paksa, dan masuk ke Safe Mode, lalu saya unistall driver tadi menggunakan tools DDU, dan saya mencoba install driblver catalyst yg ada di website resmi lenovo. Tetapi hal yg sama saya dapati, dan lagi PC saya stuck. Kira2 masalahnya kenapa ya?

    • Hi Newbie

      Kami rekomendasikan untuk mencoba install driver yang telah disediakan oleh AMD via Windows Update atau alternatif lainnya kami rekomendasikan untuk install ulang ke Windows 7.

      Semoga membantu, salam.

  10. Hi admin, saya ingin bertanya, kenapa ya saya tidak bisa membuka Amd Radeon Setting? Jika saya double klik shortcut pointer hanya berputar dan tidak mau terbuka tab nya, saya sudah coba uninstall dan reinstall, bahkan sudah di clean up semua driver amd nya sesuai dengan tutorial yg tertera di website amd dan masih tidak bisa. Dulu masih bisa dibuka, namun belakangan sudah beberapa bulan tidak bisa terbuka lagi.
    Spesifikasi PC saya:
    Intel core i5 6500
    ASRock H110M HDV
    SAPPHIRE Nitro R9 380 4GB
    Ram 2×8 gb DDR4

    • Hi Dicky.

      Sepertinya terdapat bug yang menghambat untuk bisa terbukanya Radeon Setting. Mimin akan mencoba melaporkan ke pusat untuk tindakan lebih lanjut

      Semoga membantu.

  11. min Relive saya kok gak bisa ya tulisannya gini (Relive requireswindows Media pack.) itu maksudnya apa ya min . Ane Pake Amd R9 730 4GB ..

  12. hallo min saya punya radeon hd 6570, saya sudah install amd software adrenalin 2019 install dan ternyata gagal, apakah ada cara lain buat install amd software adrenalin 2019, atau grafick card saya emng tidak mendukung buat install md software adrenalin 2019

  13. min knp setiap saya install radeon adrenalin layar pc nya jadi blinking terus” an yah ? kl di roll back driver display adapter nya br normal lg
    jd sampai skrg saya cuma bs pakai microsoft basic display adapter

    cpu : ryzen 2200g
    MB : msi b450m pro vdh plus
    memory : 2×4 klevv 3200mhz (ud bios terbaru)
    windows 10 ver 1903 (ud update)

    • Hi Zaky, software untuk processor dan kartu grafis terbaru saat ini semua sudah menggunakan Radeon Software Adrenalin, namun untuk versinya tergantung dari bawaan laptop tersebut. disarankan gunakan yang bawaan agar lebih stabil dan optimal.

  14. saya sudah download Radeon-Software-Adrenalin-2019-19.7.5-MinimalSetup-190731_64bit.
    sudah saya klik dan terjadi extract
    setelah extract hilang tidak ada tanda-tanda apa-apa
    pas saya cek ke radeon settings, ternyata belum terupdate masih versi 2017.0424.xxxx

  15. Min, Saya sudah instal radeon software adrenaline, dan chipset buat athlon 200ge dengan radeon vega 3, selesai itu, syaa coba instal dota, dan dijalankan, tapi langsung blue screen, dengan code Video Dxgkrnl fatal_error, solusinya gmn min?

    • Hi Fredy, pastikan mengunakan software update terbaru, drivernya versi beraapa? Coba driver versi terbaru dan juga driver sebelumnya. sebelum install, hapus driver yang terpasang hingga bersih dengan aplikasi pihak ke 3.

  16. Min mau nanya kan vga ane amd redeon r5 Series tpi kok ane cek lagi jadi vga nya gak ada jdi ilang kaya uninstall sendri gimana tuh min

    • Hi, untuk driver laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan laptop yang didownload di situs resmi brand laptop yang digunakan agar lebih stabil dan optimal. Karena driver yang disitus resmi AMD dibuat secara umum sehingga masih ada kemungkinan bug atau tidak cocok.

  17. hai admin… saya sudah download amd radeon adrenalin 2019. tidak bisa saya instal. ada pemberitahuan “the app you’re trying to install isn’t a microsoft-verified app”. saya pakai radeon RX 570. apa solusinya admin? mohon bantuannya… thanks.

  18. min saya maunanya saya baru aktifin relive di amd, tapi hotkeysnya kalau di tekan ga terjadi apa apa, record gbsa jga itu gimana ya min ?

    • Hi Alexander, perangkat yang digunakan apa dan tidak bisa di installnya seperti apa? Bisa lampirkan screenshotnya di kirim ke instagram atau facebook AMD Indonesia akan admin bantu disana ya.

    • Hi Ican, untuk laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan dari website resmi brand laptop yang digunakan. Coba masuk ke safe mode, uninstall driver yang terpasang, kemudian install driver dari website Asus sesuai dengan tipe laptopnya.

    • Hi Elvin, untuk laptop disarankan menggunakan driver bawaan dari laptop yang didownload disitus resmi brand laptop yang dimiliki sesuai dengan tipenya karena driver tersebut lah yang paling cocok, stabil dan optimal. Driver pada situs resmi AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan perangkat yang kamu gunakan.

  19. min tolong saya, ini saya lagi mencari driver VGA AXR7 240 1GB DDR5 seri Powercolor untuk windows 7 64 bith…karena driver dari amd yg seri R7 200 series di instal malah terjadi layar blank hitam dan harus di shutdown manual komputernya

  20. Setelah instal driver terbaru vga rx 550 ,sering restart sendiri.knp yaah?
    Spek win 10 64 bit
    Procie intel pentium g4400
    Mobo gigabyte g110m

  21. min kok laptop saya kalo main game mentok 30 fps saya pakai hp pavilion g6
    spek:
    ram 4gb
    intel core i5 gen 2
    intel hd graphic
    radeon graphic
    :
    ini saya udah instal software terbaru amd tetapi kok tidak di terbaca di gpu z
    dan kok hanya terbaca intel hd graphic
    terus pas mau instal radeon radeon software kok gk bisa

    • Hi Rizay, untuk driver laptop disarankan kamu menggunakan driver dari website resmi brand yakni HP sesuai dengan tipenya. Kemudiannya di GPU-Z pastikan disebelah kiri bawah sudah terdapat dua pilihan kartu grafisnya. Cek juga di device manager bagian display apakah sudah muncul Radeonnya. Terakhir, jangan lupa untuk setting laptop kamu ke maximize performance di control panel bagian power option.

  22. Hello min. Saya sudah mendownload driver amd yg sesuai dengan vga card saya. Namun ketika saya melakukan instal driver tsb. Muncul notif “No AMD graphics drivers is installed”. Saya sudah mencoba berbagai macam cara namun belum juga menemukan titik terang. Mohon pencerahannya.

    Laptop yg saya gunakan. Asus x550dp
    Radeon HD 8670M. Win 10. Dan driver yg saya instal radeon software adrenaline 2020

    • Hi, untuk driver laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan yang disediakan website resmi brand laptopnya karena laptop tersebut yang paling stabil dan cocok sedangkan driver dari web AMD dibuat secara umum sehingga masih ada kemungkinan bug dan belum tentu cocok dengan perangkat yang kamu gunakan.

  23. Min..laptop saya asus a412da ryzen 3 radeon vega 3, klo mau instal adrenalin 2020 saya pilih yg grapick atau prosesor with grapik card???

    • Hi, untuk laptop lebih disarankan menggunakan driver yang disediakan oleh brand kartu grafis karena driver tersebut yang paling stabil dan cocok. Sedangkan driver dari website AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan perangkat laptop yang kamu gunakan.

  24. saya memakai laptop lenogo yoga 530 dan sudah terinstal Radeon rayzen 7, tapi selalu ada tulisan radeon setting lite detected an old version of radeon setting installed on your system that is not compatible with your current software version. bagaimana mengatasinya ya?

    • Hi Ari, pastikan bahwa kamu hanya menginstall driver bawaan dari laptop yang bisa didownload disitus resmi brand laptop yang dimiliki yakni Lenovo sesuai dengan tipenya yakni Yoga 530.

  25. saya memakai laptop toshiba satellite L655 ketika ingin menginstal terdapat error 195, dan saya sudah mengikuti solusi panduannya tapi tetap tidak bisa menginstall, bagaimana solusinya ya?

    • Hi Maulana, untuk driver laptop lebih disaranakn menggunakan driver yang disediakan oleh brand laptop yang dimiliki sesuai dengan tipe laptopnya karena driver tersebut yang paling stabil dan cocok, sedangkan driver dari AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan perangkat yang kamu gunakan.

  26. Hallo min, mau bertanya kalau radeon vega 8 mobile graphic download sofwarenya dimana ya? saya cari di web untuk download sofwarenya kok tidak ada, mohon bantuannya min.

    • Hi, Untuk pengguna laptop kamu bisa medownload driver AMD melalaui website resmi dari brand laptop masing-masing, karena driver yang ada di website AMD adalah driver yang dibuat untuk global, sehinggga mungkin ada bug bagi pengguna laptop yang menggunakannya.

  27. halo, min. entah kenapa saya tidak bisa meng click custom install dan express install ketika ingin menginstall driver..
    apa ada solusi?

  28. Min, saya mau bertanya setelah install vga driver koq desktop saya jadi kadang suka black screen dan tidak bisa di shutdown??
    Saya pakai AMD ryzen 5 3400g, mobo MSI b450m pro vdh max, adata 2x8g 2666mhz

  29. Min, saya mau nanya ini laptop saya windows 10 64 bit tapi gak bisa instal software dan drivernya
    sebelumnya saya instal software dan drivernya sekaligus tapi malah nyatu ke driver lain alhasil laptop saya black screen
    setelah saya pakai pembersih gpu driver, windows saya ga detect gpu driver saya dan saya mau coba pakai amd softwarenya tapi saat di instal muncul kode error 184
    ini spek laptop saya
    lenovo g400
    windows 10 build 10240 64 bit
    intel pentium 2020m
    ram 2x2gb ddr3
    intel hd graphics / amd radeon hd 8570m

    • Hello Zid, mengenai kendala yang dialami disebabkan karena kamu menggunakan Windows 10, dimana untuk dukungan driver Lenovo G400 hanya didukung hingga Windows 8.1 64 Bit. Untuk itu admin menyarankan agar kamu menggunakan sistem operasi yang masih didukung oleh manufaktur laptopnya

  30. Min mau nanya, saya install driver dari website amd tapi waktu update windows ke replace sama driver amd dari windows jadi not compatible dan ga bisa dibuka. Saya rollback driver ga ada pilihannya, akhirnya saya uninstall dan pake driver amd dari website asus. Masalahnya ga ada aplikasi AMD Radeon Software nya, saya cari di Microsoft Store juga ga ada. Solusinya gimana ya?
    Spec:
    ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400QA
    AMD Ryzen 7 5800H, IGPU AMD Radeon Graphics

    • Halo kak untuk solusinya bisa coba install dulu driver dari windows update, dan setelah itu install driver versi terbaru dari website AMD agar driver tidak tertimpa/replace oleh winodws update 🙂

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here