Panduan Download Driver AMD Radeon™ Software Adrenalin 2019 Terbaru

Radeon Software Adrenalin 2019

Sebagai komitmen AMD kepada konsumen terutama bagi kalangan gamers, AMD pada awal tahun 2019 ini telah merilis Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition. Tidak hanya menghadirkan peningkatan performa saat bermain game terkini dengan lebih baik, berbagai fitur yang ada juga ditingkatkan, diantaranya:

  1. Radeon Setting: Menu kendali utama Radeon™ Software yakni Radeon Setting, kini diperkaya dengan fitur Radeon Software Advisor yang memberikan informasi dan tips cara mengoptimalkan pengalaman gaming di sistem bertenaga AMD yang bisa langsung diterapkan secara mudah hanya dengan satu klik.
  2. AMD Link : Software ini merupakan software pendamping kartu grafis AMD Radeon™ Anda yang tersedia untuk perangkat Smartphone Android dan iOS. Kini ditingkatkan fiturnya, dimana pengguna bisa merekam aktivitas di layar Desktop, memainkan game PC secara remote melalui Smartphone hingga merekam aktivitas game tersebut dan membagikannya ke jejaring sosial ternama.
  3. Radeon ReLive : Software untuk merekam dan melakukan streaming gameplay di sistem bertenaga AMD ini, kini telah ditingkatkan performanya dan memungkinkan pengguna untuk membuat instant replay dalam bentuk GIF yang dapat dibagikan ke jejaring sosial ternama.
  4. Radeon WattMan : Fitur yang hadir secara eksklusif untuk pengguna kartu grafis Radeon™ RX 400/500 Series dan Radeon™ RX Vega ini, kini juga telah ditingkatkan dimana mengizinkan pengguna untuk mengatur kinerja pendingin kartu grafis dengan lebih baik, opsi overclocking lebih kaya serta fitur Radeon WattMan yang sudah terintregrasi dengan AMD Link.
  5. Radeon Overlay: Fitur ini kini lebih kaya dengan dukungan fitur Radeon Software Advisor yang berisikan banyak tips dan saran untuk setting grafis game yang sesuai untuk sistem Anda. Pengguna kini juga bisa mengetahui informasi performa gaming PC yang digunakan, seperti informasi FPS, Frametimes dan lain sebagainya tanpa butuh software tambahan.

Setelah berkenalan singkat tentang fitur-fitur dan kelebihan Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition, berikut akan kami sertakan panduan cara download driver terbaru ini sebagai berikut.

Panduan Download Driver Bagi Pengguna PC Desktop dan Laptop Bertenaga Ryzen dengan Radeon Vega atau AMD APU Lawas dengan grafis Radeon

Radeon Software Adrenalin 2019

Radeon Software Adrenalin 2019

Tahapan Langkah-Langkahnya

Radeon Software Adrenalin 2019

Hasil Pencarian Driver

  1. Buka tautan https://www.amd.com/en/support setelah itu tuju ke bagian “Processor with Graphics”.
  2. Menu selanjutnya akan terbuka, silahkan memilih opsi prosessor yang digunakan di perangkat PC Desktop atau laptop Anda, sebagai contoh disini kami memilih prosessor AMD Ryzen™.
  3. Terdapat pilihan kategori prosessor, pastikan sesuai dengan keluarga prosessor yang Anda gunakan, kami memilih opsi “AMD Ryzen™ 7 Mobile Processor With Radeon™ RX Vega Graphics”
  4. Setelah memilih kategori prosessor yang tepat, akan muncul beberapa pilihan seri prosessor yang Anda bisa pilih sesuai dengan spesifikasi PC Desktop ataupun laptop Anda. Setelah selesai silahkan klik tombol Submit. Maka Anda akan beralih ke website yang akan menampilkan jenis driver yang bisa di download.
  5. Download driver sesuai dengan pilihan operasi sistem yang digunakan PC atau laptop Anda. Umumnya akan terdapat dua pilihan driver yakni recommended driver yang merupakan versi final yang paling stabil dan optional driver merupakan versi BETA yang dirilis rutin untuk mendukung game paling terkini.

Panduan Download Bagi Pengguna PC Desktop atau Laptop dengan Kartu Grafis Diskrit AMD Radeon.

Radeon Software Adrenalin 2019Radeon Software Adrenalin 2019

Tahapan Langkah-Langkahnya

Radeon Software Adrenalin 2019

Hasil Pencarian Driver

Berikut langkah-langkah mengunduh driver terbaru bagi pengguna PC Desktop dengan kartu grafis diskrit Radeon™, baik itu Radeon™ RX 400/RX 500 atau  Radeon™ RX Vega / Radeon™ VII atau laptop yang menggunakan kartu grafis diskrit AMD Radeon™.

  1. Buka tautan https://support.amd.com/en-us/download setelah itu tuju ke bagian tabel pemilihan driver, pada opsi product pilih opsi “Graphics”.
  2. Langkah kedua, Anda pilih sesuai dengan pemilihan keluarga masing-masing produk, sebagai contoh disini kami memilih “Radeon™ 500 series”. Informasi terkait jenis produk ini umumnya bisa ditemui di buku manual produk PC Desktop atau Laptop yang Anda pakai.
  3. Langkah ketiga, Anda pilih seri kartu grafis yang digunakan pada PC Desktop atau Laptop Anda, dalam hal ini mimin memilih Radeon™ RX 500.
  4. Langkah terakhir pilih nomor seri dari kartu grafis yang terpasang pada PC Desktop maupun Laptop Anda, setelah itu klik “Submit”. Maka Anda akan beralih ke website yang akan menampilkan jenis driver yang bisa di download.
  5. Download driver sesuai dengan pilihan operasi sistem yang digunakan PC atau Laptop Anda. Umumnya akan terdapat dua pilihan driver yakni recommended driver yang merupakan versi final yang paling stabil dan optional driver merupakan versi BETA yang dirilis rutin untuk mendukung game paling terkini.

Cara Alternatif Untuk Download Driver Yang Tepat

Radeon Software Adrenalin 2019

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengunduh driver menggunakan cara di atas, Anda bisa menggunakan software pendeteksi otomatis bernama AMD Auto Detect and Install Radeon™ Graphics yang bisa di download pada tautan berikut  https://www.amd.com/en/support.

Berikut Tata Cara Penggunaannya:

Radeon Software Adrenalin 2019

  1. Pastikan koneksi internet aktif, setelah itu buka file installer yang telah Anda download sebelumnya. Halaman ekstraksi akan muncul dan pilih opsi “Install” setelah itu, pada jendela awal pastikan Anda sudah mengklik persetujuan dan klik “Accept and Install”.
  2. Aplikasi tersebut akan mencari driver yang cocok untuk sistem Anda dan tampilan selanjutnya muncul dengan memberikan pilihan kepada Anda. Umumnya akan terdapat dua pilihan driver yakni recommended driver yang merupakan versi final yang paling stabil dan optional driver merupakan versi BETA yang dirilis rutin untuk mendukung game paling terkini.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Radeon Software Adrenalin 2019

 

Q : Kenapa Radeon Software Adrenalin 2019 Edition tidak tersedia untuk semua seri grafis Radeon HD series? 

A : Radeon™ Software yang hanya didukung untuk kartu grafis diskrit atau prosessor  AMD APU dengan grafis AMD Radeon™,  hanya yang menggunakan arsitektur GCN saja. Tidak semua kartu grafis atau prosessor AMD APU berbasis Radeon™ HD yang mendukung arsitektur GCN, sehingga tidak semuanya bisa mendapatkan dukungan Radeon™ Software terbaru.

Q : Kenapa tidak ada dukungan Radeon Software Adrenalin 2019 Edition untuk Windows versi 32 bit?

A : Berdasarkan kebijakan resmi AMD, AMD menghentikan dukungan driver untuk Windows versi 32 bit semenjak akhir tahun 2018 lalu. Radeon™ Software Adrenalin 2018 adalah versi terakhir yang mendukungnya.

Q: Kenapa tidak tersedia driver Radeon Software Adrenalin 2019 Edition terbaru untuk Windows 8?

A: Hal ini atas dasar kebijakan Microsoft sehingga hanya operasi sistem Windows 7 dan Windows 10 saja yang didukung saat ini.

Q: Bagaimana tata cara instalasi driver AMD Radeon Software Adrenalin 2019 Edition dengan benar?

A: Untuk tata-cara silahkan lihat di tautan berikut.

Latest articles

Related articles

18 Comments

    • Hi Adnan,

      Perlu diketahui untuk menu Radeon Additional Setting dihilangkan di driver terbaru, karena pengaturan yang ada disana seperti pengaturan kecerahan sudah dipindahkan ke Radeon Setting.

      Semoga membantu, salam.

  1. Permisi nih admin, kenapa ketika saya telah mengupdate vga dengan Adrenalin 19.5.1, laptop saya malah jadi ngelag btw saya pengguna laptop Acer amd a8 6410 vga R5 series, terimakasih

  2. Min, Setelah instal Radeon software adrenalin pas di restart kok blank screen ya. Cara benerin ya gimana min?
    Spesifikasi: and Ryzen 3 2200G
    Motherboard: MSI B450M PRO VDH PLUS

  3. vga saya RX460 OC 2GB sapphire… saya instal driver adrenalin yg terbaru.. tapi kok waktu main game… AMD SOFTWARE restart… bikin game jadi crash

    • Hi Rafli, ada kemungkinan bug mengingat driver masih baru dan belum tentu cocok dengan perangkat ataupun game yang kamu mainkan. Sehingga kamu bisa downgrade terlebih dahulu drivernya, pastikan untuk selalu hapus driver yang terinstall hingga bersih menggunakan aplikasi pihak ketiga baru install lagi.

  4. Min saya menggunakan laptop Lenovo IdeaPad 320 dengan menggunakan prosessor A9-9420 APU with Radeon R7 M530 2gb GDDR5, yang saya tanyakan saya harus download driver amd menggunakan opsi pilihan “Graphics atau Processor With Graphics” ? terimakasih

    • Hi Akameneko, untuk driver laptop lebih disarankan menggunakan driver yang disediakan oleh website resmi brand laptop yang dimiliki yakni Lenovo sesuai dengan tipenya yakni IdeaPad 320 karena driver tersebut dibuat secara khusus untuk laptop yang bersangkutan sehingga lebih cocok dan optimal. Sedangkan driver dari website resmi AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan perangkat yang kamu gunakan. Bila kamu ingin mencoba install, kamu bisa download pilih Processor with Graphics lalu cari dan pilih tipe prosesornya A9-9420, namun jangan lupa di backup agar bila terdapat bug dan tidak cocok dengan perangkat kamu, kamu bisa rollback kembali drivernya menggunakan driver yang disediakan brand laptop.

  5. Kak, bedanya gpu amd radeon r4 graphics sama amd radeon adrenaline edition apa ya?? Di laptop saya kan sudah ter-install gpu amd radeon r4 graphics, apakah saya perlu instal amd radeon adrenaline?? Terimakasih kak.

    • Hi Permana, AMD Radeon Adrenalin Edition adalah driver yang dibuat untuk memaksimalkan perfoma serta fitur-fitur yang terdapat di GPU ekternal AMD seperti Radeon RX 5500XT atau Radeon 5700XT, dan kamu tidak perlu meng-install driver AMD Radeon Adrenalin, karena untuk pengguna laptop disarankan menggunakan driver bawaan dari laptop, karena driver tersebut sudah dibuat khusus untuk laptop kamu sehingga lebih stabil. Namun, kamu tetap bisa mencoba menggunakan driver AMD Radeon Adrenalin, tetapi mungkin kamu akan menemukan bug saat menggunakannya, karena driver tersesbut dibuat untuk umum. Terima kasih kembali

  6. Kak, saya ingin bertanya lagi, jika saya tetap menginstal driver amd radeon adrenaline, bug seperti apa yang biasa terjadi pada laptop?? Apakah kinerja laptop akan meningkat jika saya menginstal driver amd radeon adrenaline?? Terimakasih kak

    • Hi Permana, Jika kamu tetap menggunakan driver AMD Radeon dari website resmi mungkin bisa membuat performa laptopnya menjadi tidak stabil hingga perfoma yang kurang maksimal, oleh karena itu disarankan menggunakan driver AMD Radeon bawaan dari laptopnya agar mendapat performa yang maksimal dan lebih stabil. Terima kasih kembali

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here