AMD Ryzen 3000 Series, Era Baru Prosesor Kencang dengan Dukungan PCIe 4.0 Terkini

AMD RyzenTM 3000 Series

Tahun 2017 lalu, AMD telah menghadirkan gebrakan baru ke publik dengan menghadirkan arsitektur bertenaga sekaligus hemat daya “Zen” yang kini telah menjadi “otak” dari beragam prosesor handal yang telah tersedia mulai dari PC Desktop, laptop hingga data center.

AMD RyzenTM 3000 Series

AMD pada ajang Computex 2019 dan E3 Gaming 2019 dengan bangga mengumumkan kehadiran arsitektur terbaru “Zen 2” yang akan hadir sebagai “otak” untuk prosesor AMD generasi selanjutnya dengan peningkatan performa IPC yang signifikan mencapai 15% dibandingkan arsitektur “Zen” generasi sebelumnya.

Prosesor AMD RyzenTM 3000 Series (3rd Gen Ryzen), Kencang dan Efisien dengan Kombinasi Arsitektur Zen 2 dan Fabrikasi 7nm Pertama di Dunia! 

AMD RyzenTM 3000 Series

AMD dengan bangga merilis AMD RyzenTM 3000 Series (3rd Gen Ryzen) yang pertama dilengkapi dengan arsitektur CPU “Zen 2” menghadirkan peningkatan performa signifikan, tidak hanya kencang saja, AMD RyzenTM 3000 Series juga telah dilengkapi dengan dukungan konektivitas super cepat PCIe 4.0, Wi-Fi 6 serta dukungan keamanan lebih baik1.

AMD RyzenTM 3000 Series

Prosesor AMD RyzenTM 3000 Series telah menorehkan prestasi menjadi yang pertama di kelasnya yang diproduksi menggunakan fabrikasi 7nm FinFET hingga mengalami peningkatan performa 1.25x lebih kencang dengan penggunaan daya lebih hemat dibandingkan fabrikasi 14nm FinFET pada prosesor Ryzen generasi sebelumnya.

AMD RyzenTM 3000 Series

Terinspirasi dari prosesor server yakni AMD EPYC, kini pengguna PC Desktop bisa merasakan manfaat dari desain “chiplet” serta dukungan teknologi Infinity Fabric generasi terbaru menghasilkan jumlah Core/Thread yang lebih banyak pada AMD RyzenTM 3000 Series serta peningkatan performa single-thread yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

AMD RyzenTM 3000 Series

Para overclocker dan antusias akan dimanjakan dengan kehadiran fitur Precision Boost Overdrive yang kini hadir dengan dukungan Auto Overclocking meningkatkan performa lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya dengan hanya sekali klik menghasilkan peningkatan performa signifikan. 2

AMD RyzenTM 3000 Series

Mayoritas penggunaan PC Desktop digunakan untuk kegiatan gaming oleh karena itu pada prosesor AMD RyzenTM 3000 Series telah hadir dukungan CPU Game Cache yang menghadirkan kapasitas L3 Cache lebih besar dengan latensi yang lebih rendah sehingga menghasilkan performa gaming yang lebih baik hingga 21% dibandingkan sebelumnya.

AMD RyzenTM 3000 Series

Walaupun menggunakan arsitektur dan desain CPU baru namun AMD telah bekerjasama dengan Microsoft untuk menghadirkan dukungan penuh untuk prosesor AMD RyzenTM 3000 Series pada update Windows 10 May 2019 terbaru.

AMD RyzenTM 3000 Series

Prosesor AMD RyzenTM 3000 Series menjadi yang pertama di dunia yang mendukung konektivitas super cepat PCIe 4.0 terbaru menghadirkan bandwith lebih baik untuk gaming dan pembuatan konten lebih cepat di perangkat kartu grafis dan SSD yang didukung1, 3.

AMD RyzenTM 3000 Series

AMD sangat memperhatikan keamanan penggunany, Anda tidak perlu khawatir akan kerentanan keamanan yang ada saat ini karena prosesor berbasis arsitektur “Zen 2” telah dilindungi dengan baik dengan perlindungan keamanan via hardware tidak hanya terbukti lebih aman pengguna juga tidak merasakan dampak penurunan performa seperti yang dialami oleh kompetitor.

Keluarga AMD RyzenTM 3rd Gen Terbaru, Jumlah Core Lebih Banyak, Performa Antar Core Meningkat

AMD RyzenTM 3000 Series

Keluarga prosesor AMD RyzenTM 3rd Gen hadir dalam 5 lini tersedia mulai dari prosesor 6 Core kelas menengah hingga prosesor 12 Core kelas atas, kabar baiknya semua lini prosesor hadir dengan harga kompetitif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya.

Setelah kita membahas tentang arsitektur “Zen 2” serta beberapa fitur unggulan, sekarang kita berlanjut kepada pembahasan masing-masing lini keluarga prosesor AMD RyzenTM 3000 Series terbaru yang bisa dilihat di bawah ini:

AMD RyzenTM 9 3900X : Pemimpin Baru Prosesor PC Desktop Performa Tinggi

AMD RyzenTM 3000 Series

Sambutlah pemimpin prosesor PC Desktop performa tinggi saat ini AMD RyzenTM 9 3900X menghadirkan performa CPU 12 Core 24 Thread perdana untuk segmen PC desktop, tidak hanya itu prosesor ini juga didukung dengan Game Cache dengan kapasitas besar yakni 70 MB sehingga menjadikannya handal untuk kegiatan gaming dan pembuatan konten resolusi tinggi hingga 8K!

AMD RyzenTM 3000 Series

Anda akan mendapatkan performa pembuatan konten yang lebih kencang hingga 47% serta performa gaming yang setara dengan kompetitor yang dibanderol dengan harga lebih mahal, efisiensi daya yang hadir juga lebih baik dan Anda akan menjadi pertama yang merasakan performa PCIe 4.01 yang tidak ada pada kompetitor saat ini menjadikan AMD RyzenTM 9 3900X sangat cocok bagi Anda seorang gaming antusias dan pembuat konten profesional.

AMD RyzenTM 7 3800X dan RyzenTM 7 3700X: Tetap Menjadi Pilihan Prosesor Handal untuk Kegiatan Gaming dan Pembuatan Konten Terkini

AMD RyzenTM 3000 Series

Melanjutkan kesuksesan prosesor AMD RyzenTM 7 sebelumnya, AMD RyzenTM 7 3800X hadir dengan performa  CPU 8 Core 16 Thread yang lebih handal dan hemat daya dibandingkan sebelumnya berkat dukungan arsitektur “Zen 2” terbaru dengan dukungan Game Cache dengan kapasitas sebesar 36 MB mencapai 1.8x lebih besar dibandingkan sebelumnya.

AMD RyzenTM 3000 Series

Prosesor AMD RyzenTM 7 3800X terbukti menghadirkan performa pembuatan konten yang lebih kencang hingga 37%, performa gaming FHD 1080p yang setara dibandingkan kompetitor yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tidak hanya itu efisiensi yang dihadirkan lebih baik hingga 30% dengan dukungan konektivitas terbaru PCIe 4.01 menjadikan prosesor kelas ini sangat cocok buat para gamer antusias dan pembuat konten profesional.

AMD RyzenTM 3000 Series

Prosesor AMD RyzenTM 7 3700X merupakan versi efisien dari keluarga AMD RyzenTM 7 3000 Series hadir dengan TDP 65W menjadikannya lebih efisien dan hemat daya, sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun mini PC yang bertenaga untuk gaming maupun pembuatan konten.

AMD RyzenTM 3000 Series

Berdasarkan pengujian menggunakan kamera inframerah membuktikan prosesor AMD Ryzen 7 3700X dengan TDP 65W sangat efisien dengan menggunakan konsumsi daya yang lebih rendah dan suhu yang lebih dingin dibandingkan dengan kompetitor dengan TDP 95W.

AMD RyzenTM 3000 Series

Tidak hanya performa yang kencang untuk gaming dan pembuatan konten saja, Anda juga berkesempatan mendapatkan pendingin bawaan terbaik dan penuh gaya AMD Wraith Prism Cooler setiap pembelian prosesor AMD RyzenTM 9 3rd Gen dan RyzenTM 7 3rd Gen seri apa saja.

AMD RyzenTM 5 3600X dan RyzenTM 5 3600: Prosesor Performa Tinggi untuk Gaming Mainstream Harga Lebih Terjangkau

AMD RyzenTM 3000 Series

Prosesor AMD RyzenTM 5 sebelumnya sering dipilih oleh mainstream gamers dan para pembuat konten pemula karena selain menghadirkan performa yang handal dan irit daya harga yang dihadirkan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor.

AMD RyzenTM 3000 Series

Kini telah hadir generasi terbaru AMD RyzenTM 5 yakni AMD RyzenTM 5 3600X dan RyzenTM 5 3600, keduanya terbukti menghadirkan performa gaming FHD 1080p yang handal setara dengan kompetitor yang dibanderol harga lebih mahal  serta memiliki keunggulan dari sisi performa pembuatan konten yang lebih baik. Konsumsi daya dihadirkan juga lebih rendah dan mendukung konektivitas PCIe 4.01 yang tidak ditemui pada kompetitor.

AMD RyzenTM 3000 Series dengan Grafis RadeonTM Vega: Tetap Menjadi Pilihan Prosesor  Harga Terjangkau dengan Grafis Mumpuni 

AMD RyzenTM 3000 Series

Bagi Anda yang hobi bermain game e-Sport kekinian telah hadir prosesor AMD RyzenTM 3000 dengan grafis RadeonTM Vega terbaru yang melanjutkan kesuksesan seri sebelumnya. Terdapat dua seri dari prosesor AMD RyzenTM 3000 series dengan grafis RadeonTM Vega yakni AMD RyzenTM 3 3200G dan RyzenTM 5 3400G.

Pada varian AMD RyzenTM 5 3400G kini dilengkapi pendingin AMD Wraith Spire (95W TDP) yang didukung fitur PBO + Automatic Overclocking2 untuk tingkatkan performa gaming menjadi lebih baik lagi.

Chipset AMD X570:  Motherboard Handal Untuk Para Profesional dan Antusias Mendukung Konektivitas Cepat PCIe 4.0 Terkini

AMD RyzenTM 3000 Series

Prosesor yang handal pastinya membutuhkan motherboard tangguh agar berbagai pekerjaan dan kegiatan bisa dijalankan dengan maksimal. AMD merilis motherboard terbaru berbasis chipset X570 yang menghadirkan dukungan teknologi konektivitas PCIe 4.0 terkini serta mendukung fitur modern lainnya seperti Dual NVMe RAID, USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps), Wi-Fi 6 dan AMD StoreMI.

Hadirkan Backward Compatibility dengan Motherboard Socket AM4 Sebelumnya

AMD RyzenTM 3000 Series

Sesuai dengan komitmen dari AMD untuk mendukung platform AM4 hingga tahun 2020 setiap seri prosesor AMD RyzenTM 3000 telah mendukung backward compatibility dengan motherboard socket AM4 yang ada sebelumnya.

AMD RyzenTM 3000 Series

Anda juga dipermudah untuk melakukan upgrade dimana hanya membutuhkan update BIOS terkini yang akan tersedia pada halaman support dari vendor motherboard yang anda digunakan4.

Kesimpulan

AMD RyzenTM 3000 Series

Berdasarkan pembahasan sebelumnya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa prosesor AMD RyzenTM 3000 series menghadirkan performa yang kompetitif dibandingkan kompetitor, pengguna juga akan dimanjakan dengan dukungan berbagai fitur unggulan, performa pendingin lebih baik serta konektivitas PCIe 4.0 yang tidak ditemui pada produk kompetitor.

Prosesor AMD RyzenTM 3000 Series dengan grafis RadeonTM Vega akan tersedia segera di pasaran Indonesia, simak terus informasi di jejaring sosial AMD Indonesia untuk tetap update informasi terkini.

Catatan:

  1. Membutuhkan motherboard berbasis chipset AMD X570 untuk mendukung konektivitas PCIe 4.0.
  2. Fitur PBO + Automatic Overclocking hanya bisa diaktifkan melalui aplikasi AMD Ryzen Master serta bekerja dengan lebih baik pada pendingin yang lebih mumpuni (contohnya liquid cooling).
  3. Pengujian dilakukan menggunakan kartu grafis Radeon RX 5700 XT yang mendukung konektivitas PCIe 4.0, pengujian dilakukan dalam mode PCIe 4.0 dan PCIe 3.0 secara switching di platform Ryzen 3rd Gen.
  4. Ketersediaan dukungan update BIOS ada pada kebijakan masing-masing vendor motherboard.

Tinggalkan Balasan