AMD Ryzen™ 9 4900HS

AMD Ryzen 9 4000 H-Series: Prosesor Mobile Tercanggih di Dunia yang Menggunakan Arsitektur 7nm!

Intro AMD Ryzen™ 9 4000 H-Series

Jaman yang semakin berkembang dengan cepat menjadikan tuntutan akan laptop bertenaga namun hemat daya sangat dibutuhkan. Sebagai perusahaan terdepan dalam bidang teknologi, AMD terus berinovasi dalam menciptakan terobosan-terobosan terbarunya. Mulai dari menciptakan prosesor CPU dan GPU dalam satu prosesor untuk pertama kalinya, hingga meluncurkan prosesor AMD Ryzen™ yang telah mengubah sejarah laptop ultrathin. Kali ini, AMD kembali menghadirkan inovasi yang berhasil menggemparkan dunia komputasi, ya AMD pada awal tahun 2020 ini telah meluncurkan prosesor terbarunya yang menjadi prosesor mobile pertama di dunia dengan menggunakan teknologi 7nm, yakni AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series. Berkat teknologi 7nm ini, tentunya menjadi awal yang baru bagi dunia laptop ultrathin untuk gaya hidup mobilitas semakin menyenangkan. Simak juga AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series, Prosesor Mobile Pertama Dengan Teknologi 7nm Gemparkan Dunia Komputasi.

Setelah perkenalan prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series beberapa waktu lalu, AMD memperkenalkan lagi 2 jenis prosesor terbarunya yang termasuk dalam keluarga AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series. Prosesor ini pun memberikan performa hampir setara PC Desktop, yakni AMD Ryzen™ 9 4000 H-Series yang terbagi menjadi 2 jenis, AMD Ryzen™ 9 4900H dan AMD Ryzen™ 9 4900HS. Kedua prosesor ini tentu membuktikan bahwa AMD telah membawa terobosan baru ke dalam dunia laptop gaming on-the-go. Hal ini disebabkan oleh kehebatan performa serta bobot laptop gaming yang menjadi semakin tipis berkat teknologi 7nm.

 

Sudah Dibekali Dengan Fabrikasi 7nm

Teknologi 7nm AMD Ryzen™ Mobile

Sebagai perusahaan teknologi yang terus berkembang, AMD menjadi perusahaan pertama yang menciptakan prosesor laptop dengan fabrikasi 7nm. Hal ini tentunya menjadi terobosan terbaru dalam kategori laptop tipis yang sebelumnya kurang akan performa, menjadi memiliki performa yang mumpuni untuk gaming berat maupun rendering. Prosesor dengan code name “Renoir” ini, tentunya menjanjikan performa 15% lebih tinggi namun dengan konsumsi daya 20% lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Berkat dukungan 8 Core 16 Thread yang disematkan, segala kegiatan multitasking, gaming, maupun konten kreasi, pastinya akan lebih lancar.

 

Spesifikasi AMD Ryzen™ 9 4000 H-Series

AMD Ryzen 9 4900H

AMD Ryzen™ 9 4900H, sebagai salah satu prosesor tertinggi yang diperkenalkan ini merupakan prosesor mobile yang sangat powerful, selain dikarenakan sudah menganut fabrikasi 7nm, prosesor ini juga memiliki performa yang tidak kalah dengan PC Desktop sekelas. Dilengkapi dengan 8 Cores 16 Threads, prosesor ini memiliki clock speed hingga 4.4GHz. AMD Ryzen™ 9 4900H juga memiliki konsumsi daya sekitar 45W yang menjadikan prosesor ini sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi dalam bermain game maupun pembuatan konten. Pengguna dapat merasakan pengalaman bersama laptop lebih dari sebelumnya!

AMD Ryzen 9 4000 HS

Sedangkan bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi namun daya yang lebih rendah, AMD Ryzen™ 9 4900HS adalah pilihan yang tepat. Seri spesial yang satu ini memiliki clock speed hingga 4.3GHz, dan memiliki TDP yang lebih rendah, yaitu sebesar 35W saja. Namun, performa dari prosesor satu ini tidak dapat diremehkan. Pasalnya, berkat teknologi 7nm serta 8 Cores 16 Threads yang disematkan, prosesor ini mampu memberikan performa yang sangat tinggi dikelasnya. Laptop dengan desain tipis dapat disulap menjadi laptop bertenaga tinggi untuk melibas berbagai judul game berat hingga pembuatan konten seperti editing foto dan video.

 

Performa AMD Ryzen 9 4000 H-Series

Untuk membuktikan kekuatannya, berikut adalah pengujian dari prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS berteknologi 7nm pada beberapa aplikasi benchmark, serta game eSports dan game AAA atau game berat.

Performa Content Creations

Alhasil, dibandingkan dengan prosesor mobile kompetitor yang memiliki TDP lebih besar, AMD Ryzen™ 9 4900HS dapat mengungguli performanya hingga 56% lebih tinggi! Angka tersebut merupakan keunggulan pada saat diuji menggunakan aplikasi benchmark Blender pada BMW Rendering Scene. Untuk hasil lainnya, terlihat AMD Ryzen™ 9 4900HS masih mendominasi seperti pada aplikasi benchmark Cinebench R20 nT dengan keunggulan sebesar 28% dan aplikasi benchmark LAME di Audio Encoding dapat unggul sebesar 32%.

Performa Gaming AMD Ryzen 9 4000 H-Series

Dalam pengujian gaming, mulai dari game eSports, hingga game AAA kelas berat pastinya dapat dilibas oleh prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS berteknologi 7nm ini. Pada game yang membutuhkan FPS tinggi agar nyaman dimainkan seperti CS:GO, AMD Ryzen™ 9 4900HS bisa menjalankannya hingga 229FPS! Kemudian pada game AAA berat seperti Rise of the Tomb Raider, AMD Ryzen™ 9 4900HS dengan TDP 35W mampu menjalankan game ini hingga 104FPS! Untuk game berat yang lain pun juga masih dapat dilibas diatas 60FPS, menandakan prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS sangat mumpuni dalam melibas berbagai macam game terkini.

 

Laptop Pertama Bertenaga Ryzen™ 9 4900HS

ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14 adalah laptop hasil kerja sama antara AMD dengan ASUS yang menjadi laptop pertama bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS. Berkat teknologi 7nm yang disematkan, laptop gaming pada era sekarang dapat berubah menjadi tipis dan berukuran hanya 14” saja! Hal ini tentunya mengubah persepsi tentang laptop gaming yang melulu tebal dan membawa penggunaan laptop kepada sebuah era yang baru. Penasaran bagaimana performa dari laptop pengguncang dunia teknologi ini? Nantikan kehadirannya segera di pasaran Indonesia!

 

Kesimpulan

Kesimpulan AMD Ryzen 9 4000 H-Series

AMD Ryzen™ 9 4000 H-Series, prosesor mobile berperforma tinggi dari AMD ini terdiri dari 2 jenis, yaitu AMD Ryzen™ 9 4900H dan AMD Ryzen™ 9 4900HS. Prosesor berteknologi 7nm ini dapat memberikan performa lebih tinggi secara signifikan namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk Anda, pengguna laptop enthusiast yang mendambakan laptop berperforma tinggi untuk melibas segala macam game kekinian serta kegiatan konten kreasi yang berat, AMD Ryzen™ 9 4900H sangat cocok bagi Anda. Namun, ada juga seri Spesial yang khusus dirancang bagi Anda yang mendambakan laptop berperforma tinggi tapi dengan konsumsi daya yang lebih rendah, AMD Ryzen™ 9 4900HS jawabannya.

Dari pengujian yang dilakukan, prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS memiliki performa hampir setara dengan PC Desktop sekelas, bahkan mampu menyuguhkan performa yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor dengan TDP yang lebih tinggi. Mampu melibas berbagai macam game kelas berat hingga lebih dari 60FPS serta kegiatan konten kreasi seperti editing video maupun foto, prosesor generasi terdepan ini tentu saja dapat mengubah pandangan terhadap laptop gaming dari segi ukurannya yang sebelumnya besar, menjadi kecil. Bagaimana? Tertarik untuk memiliki laptop dengan prosesor berteknologi 7nm ini?

Leave a Reply