Ryzen 7 4800H

AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series, Prosesor Mobile Pertama Dengan Teknologi 7nm Gemparkan Dunia Komputasi

Intro AMD

Pada 2019 silam, AMD mengeluarkan teknologi terbaru dari berbagai macam produk-produk CPU dan GPU andalannya seperti AMD Ryzen™ Desktop, AMD Ryzen™ Mobile, AMD Ryzen™ Threadripper, AMD Radeon™ GPU serta AMD EPYC. Produk-produk tersebut dikemas dengan beragam inovasi baru seperti teknologi fabrikasi 7nm, Arsitektur Zen 2 hingga RDNA pada prosesor dan kartu grafis di platfrom desktop.

AMD Laptop Portfolio

Sedangkan untuk prosesor mobile pada 2019 silam, AMD kembali sukses meramaikan pasar mobile dengan merilis produk AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen pada berbagai segment seperti laptop premium ultrathin, laptop gaming, serta laptop mainstream yang berikan performa #BeneranCepat untuk berbagai kebutuhan bagi segala kalangan. Laptop yang #PakaiRyzenVega pun banyak dicari berkat price per performance nya yang juga tak kalah dengan PC Dekstop sekelas. Sebut saja prosessor AMD Ryzen™ 3 3200U untuk performa komputasi yang mumpuni dengan harga terjangkau, kemudian juga ada AMD Ryzen™ 5 3500U untuk kegiatan gaming serta rendering mainstream, sedangkan AMD Ryzen™ 7 3700U untuk performa komputasi yang lebih tinggi lagi dalam bermain game maupun editing foto ataupun video. Tak lupa, AMD juga merilis seri prosesor terbaru yang kemudian menjadi tren pada laptop gaming yakni H-Series, prosesor yang dikhususkan dalam menghasilkan performa lebih tinggi. Dengan prosessor H-Series ini, laptop gaming dapat dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

AMD Latest Mobile Technology

Seperti yang telah diketahui juga bahwa sejak diluncurkannya Ryzen™ Mobile generasi pertama sejak 2018 lalu, prosesor AMD Ryzen™ bersama Radeon™ Vega ini berhasil menjadikan laptop ultrathin yang sebelumnya memiliki performa untuk kegiatan harian saja, kini memiliki performa yang tangguh bahkan mampu menjalankan game berat serta dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Karenanya Laptop 2 in 1 convertible dan laptop ultrathin yang #PakaiRyzenVega menjadi incaran banyak kalangan pengguna.

Dan memasuki tahun baru 2020, AMD siap menggemparkan dunia dengan inovasi-inovasi terkininya pada kategori prosesor mobile dengan menerapkan teknologi arsitektur “Zen 2”. Teknologi “Zen 2” dengan fabrikasi 7nm ini tentu dapat memberikan perubahan besar dalam dunia komputasi laptop, karena ukurannya yang semakin kecil prosesor ini dapat memberikan performa yang lebih tinggi lagi dibanding dengan pendahulunya namun dengan konsumsi daya yang bahkan lebih rendah.

AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series

AMD Ryzen™ Mobile 4000 Performance Graph

Oleh karena itu, pada CES 2020 tanggal 7 Januari yang lalu, AMD secara resmi mengumumkan prosesor Ryzen™ Mobile generasi ketiga yakni AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series yang merupakan prosesor mobile pertama dengan fabrikasi 7nm dan juga memiliki spesifikasi hingga 8 Cores 16 Threads! Dengan kehadiran AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series, AMD kembali mencetak sebuah sejarah dalam dunia teknologi dan tetap unggul dalam memberikan performa tercepat pada laptop berukuran tipis yang kini semakin menjadi tren.

Ryzen 4000 Mobile Series

AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile hadir dalam 3 seri, yaitu Seri U, Seri H dan Seri PRO. Seri-U merupakan seri yang umumnya digunakan pada laptop ultrathin atau laptop mainstream, sedangkan seri-H merupakan seri yang digunakan untuk memberikan performa maksimal gaming serta content creator, dan terakhir seri-PRO untuk para profesional dengan teknologi terbaru serta fitur keamanan modern.

 

Prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 U-Series untuk Mobilitas Tingkat Tinggi

U-Series

Terdapat beberapa pilihan untuk AMD Ryzen™ 4000 U-Series, mulai dari AMD Ryzen™ 3 4300U dengan 4 core 4 threads hingga AMD Ryzen™ 7 4800U dengan 8 core 16 threads. Tidak lupa disebutkan pula, bahwa semua jenis prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 U-Series memiliki TDP yang sama, yakni sebesar 15W. Pasalnya prosesor seri U dirancang untuk menunjang mobilitas pengguna, sehingga penggunaan daya juga menjadi point utama selain performanya yang #BeneranCepat.

AMD Ryzen™ 7 4800U

Salah satu hal yang menjadi sorotan pada prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 U-Series kali ini adalah AMD Ryzen™ 7 4800U. Didesain untuk laptop ultrathin, prosesor ini memiliki spesifikasi yang tidak main-main, yakni 8 core 16 thread dengan clock speed hingga 4.2Ghz!

Ryzen 7 4800U Performance

Bahkan AMD Ryzen™ 7 4800U mampu mengungguli prosesor seri high-end dari kompetitor karena menyajikan performa lebih tinggi hingga 90% pada berbagai pengujian baik single-thread, multi-thread, serta performa dari kartu grafisnya. Kartu grafis Radeon™ Vega Graphics yang tersemat dalam Ryzen™ Mobile memang apik dalam kegiatan olah grafis yang disebut-sebut setara dengan kartu grafis diskrit sekelas.  Simak selengkapnya dalam artikel Processor Ryzen™ Mobile Dengan Kartu Grafis Radeon™ Vega Hadirkan Performa #BeneranCepat Setara Kartu Grafis Diskrit!.

7 4800U Content Creation

Dalam performa untuk editing maupun konten kreasi, AMD Ryzen™ 7 4800U juga sangat mumpuni. Terbukti dari pengujian yang dilakukan, AMD Ryzen™ 7 4800U dapat mengungguli prosesor kompetitor generasi atas dari segala pengujian aplikasi konten kreasi. Salah satunya adalah aplikasi editing video yang sering digunakan para content creator, yakni Adobe Premier, AMD Ryzen™ 7 4800U dapat memberikan performa lebih tinggi hingga 49% dibandingkan dengan kompetitor.

7 4800U Gaming Test

Bagaimana untuk gaming? Performa AMD Ryzen™ 7 4800U kembali mengungguli kompetitor. Terlihat dalam pengujian yang dilakukan, FPS yang dihasilkan dalam sejumlah game eSports nampak lebih tinggi hingga 30FPS pada resolusi Full HD 1080P. Bahkan pada game GTA V yang merupakan game openworld dengan spesifikasi yang cukup berat dapat dilibas dengan FPS rata-rata 53FPS.

Ryzen 7 4800U Efficiency

Seperti yang sudah dijelaskan, berkat fabrikasi 7nm yang disematkan serta pengembangan desain untuk AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series, efisiensi daya yang dimiliki menjadi jauh di atas prosesor AMD Ryzen™ Mobile generasi-generasi sebelumnya.

Mobile By Design

Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen, prosesor seri mobile kali ini memberikan peningkatan performa/watt hingga 2 kali lebih tinggi, peningkatan latency hingga 5 kali lebih cepat serta support memory LPDDR4X dan SOC yang tentunya lebih hemat daya hingga 20%. Membawa laptop berpergian menjadi lebih nyaman karena daya tahan baterai menjadi lebih lama.

Lenovo Yoga Slim 7

Nah, salah satu laptop dengan Prosesor AMD Ryzen™ 7 4800U terbaru yang akan menyapa pengguna adalah Lenovo Yoga Slim 7. Laptop yang merupakan hasil kerja sama AMD dengan Lenovo ini merupakan laptop ultrathin tertipis dan pertama di dunia yang dipersenjatai oleh prosesor dengan spesifikasi 8 Core 16 Thread ini. Sesuatu yang bahkan oleh kompetitor sekalipun belum pernah ada di laptop dengan ukuran serupa. Sebuah inovasi yang menarik bukan?

 

Prosesor AMD Ryzen™ 4000 H-Series untuk Gaming Lebih Bertenaga

High Performance Processors

Ryzen™ 4000 H-Series

Sementara itu, diciptakan untuk memberikan performa yang maksimal saat gaming, AMD Ryzen™ 4000 H-Series sangat cocok bagi gamer yang mendambakan pengalaman bermain game dengan lancar. Karena performanya yang tangguh, prosesor ini juga cocok digunakan oleh content creator yang membutuhkan performa tinggi untuk editing video maupun foto. Seri-H ini nantinya akan muncul dalam 2 tipe, yaitu AMD Ryzen™ 7 4800H dengan 8 core dan 16 thread serta AMD Ryzen™ 5 4600H dengan 6 core dan 12 thread, keduanya memiliki TDP yang sama, yakni sebesar 45W untuk memberikan kekuatan besar dalam menjalankan kegiatan komputasi.

Ryzen 7 4800H

AMD Ryzen™ 7 4800H, seri tertinggi dari AMD Ryzen™ 4000 H-Series ini pastinya dapat memberikan performa yang tinggi dan dobrakan baru dalam dunia prosesor mobile. Bagaimana tidak? Sudah mempunyai 8 Cores 16 Threads dengan base clock speed 2.9GHz (Boost up to 4.2GHz), dan hanya dengan TDP sebesar 45W saja mampu menghasilkan performa yang setara dengan prosesor desktop. Sangat efisien bukan?

7 4800H Performance

7 4800H Creation Performance

Dalam pengujian yang dilakukan saat gaming, prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H dapat memberikan performa yang lebih tinggi bahkan bila dibandingkan dengan prosesor desktop kompetitor yang memiliki TDP 2 kali lebih besar. Begitu pula pada kegiatan content creation yang dapat memberikan performa yang lebih bertenaga dan #BeneranCepat dibandingkan dengan prosesor kompetitor pada ranah Desktop sekalipun. Menarik bukan?

7 4800H Benchmark Graph

H-Series Performance Leadership

Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H, pengguna bisa meraih performa jauh diatas kompetitor pada kelas yang sama pada berbagai bidang. Berbagai pengujian yang dilakukan pada aplikasi benchmark seperti Cinebench dan 3DMark serta berbagai program rendering yang pasti sudah tak asing bagi content creator seperti Adobe Premiere dan Blender, mampu membuktikan bahwa performa yang dihasilkan oleh AMD Ryzen™ 7 4800H jauh diatas prosesor mobile pada kelasnya. Alhasil. melakukan kegiatan seorang content creator seperti rendering video menjadi lebih menyenangkan karena lebih lancar dan lebih cepat.

ASUS ROG Zephyrus G14

Dan salah satu produsen laptop yang akan menawarkan performa kelas atas dari prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H kali ini adalah ASUS. Disematkan pada seri ASUS ROG Zephyrus G14, tentu saja performa yang dihasilkan tidak main-main. Dikhususkan untuk memberikan performa yang maksimal dalam bermain game, ataupun editing foto maupun video, ASUS ROG Zephyrus G14 siap memenuhi segala kebutuhan tersebut dengan membuat pengguna tercengang karena performanya yang tidak biasa. Selain itu, ASUS ROG Zephyrus ini memiliki dimensi yang tidak terlalu berat sehingga tetap nyaman untuk dibawa berpergian. Sebuah laptop gaming yang efisien bukan? Nantikan kehadirannya!

 

Kesimpulan

Outro AMD

Tahun 2020 ini diawali dengan sangat mengagumkan oleh AMD, dengan meluncurkan prosesor mobile berteknologi 7nm pertama di dunia, tentu saja menarik perhatian dari segala kalangan khususnya pecinta teknologi. Diyakini dapat memberikan performa yang tinggi pada platform laptop ultrathin dengan AMD Ryzen™ 4000 U-Series, serta performa yang tangguh untuk laptop gaming dengan AMD Ryzen™ 4000H-Series.

Dengan spesifikasi hingga 8 core 16 thread dan TDP sebesar 15W, AMD Ryzen™ 4000 U-Series tawarkan performa yang tinggi baik untuk produktivitas maupun multimedia dan hiburan pada platform laptop ultrathin berdaya rendah.

Untuk Anda yang ingin performa lebih lagi ada dari AMD Ryzen™ 4000 H-Series dengan spesifikasi hingga 8 core 16 thread yang siap berikan performa tinggi dalam bermain game maupun editing foto serta video yang tidak kalah saing dengan prosesor 8 core desktop dari kompetitor sekalipun. Jadi, pastikan bahwa prosesor mobile AMD Ryzen™ 4000 Series merupakan resolusi Anda!

8 comments

  1. Andi Pujianto
    Reply

    Min, kira kira ryzen 3 4300u nanti bakal diproduksi masal pada laptop gak? Apa nanti kayak ryzen 3 2300u yang jarang ditemukan pada laptop..
    Dan gimana performanya ryzen 3 4300u, ryzen 5 dibandingkan dengan generasi sebelumnya? Dan apakah harganya sama dengan generasi sebelumnya?

  2. Admiral_Mikan
    Reply

    Min, kira2 seri Ryzen 4000 series mobile, keluar di indo bulan apa ya? Apa sekitar sehabis lebaran? Minat ASUS TUF A15 yang make 4800H sama 2060. Buat ganti asus vivobook F570Z saya.

    • Hi, ditunggu informasi resmi mengenai hal tersebut. Pantengin timeline Fan Page AMD Indonesia di Facebook, Instagram atau pun Twitter untuk informasi terupdate mengenai produk2 AMD.

  3. Ardra Alif
    Reply

    Menarik sih Ryzen 4000 series ini.. Harap-harap seri selanjutnya bisa jauh lebih baik dari ini. Yah, semoga matanglah Zen 2+ sama Arcturus🙏.

Tinggalkan Balasan