Intro ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14: Pengujian Laptop Gaming 14” 8 Core Pertama di Dunia, Libas Game Hingga 111 FPS!

Intro ASUS ROG Zephyrus G14

Setelah kemarin AMD bekerjasama dengan ASUS untuk meluncurkan ASUS TUF Gaming FX506 bertenaga AMD Ryzen™ 4000 H-Series, kini AMD dan ASUS juga mengeluarkan sebuah laptop gaming yang menggemparkan dunia komputasi, ASUS ROG Zephyrus G14. Bagaimana tidak, laptop ini memiliki tenaga prosesor 8 Core berarsitektur 7nm pertama di dunia dalam dimensi 14”-nya. Dan berkat arsitektur 7nm yang disematkan, laptop ini mempunyai ketebalan hanya sekitar 1.79cm serta bobot hanya sekitar 1.6kg saja namun menampilkan performa tinggi layaknya PC Desktop. Meski begitu, laptop ini tetap hemat daya karena prosesor yang disematkan hanya memiliki TDP sekitar 35W.

ASUS ROG Zephyrus G14 juga sudah dilengkapi dengan RAM hingga dual-channel sebesar 16GB berkecepatan 3200MHz. Media penyimpanan yang disematkan juga sudah menggunakan SSD hingga 1TB, memudahkan para content creator untuk menyimpan segala ide mereka. Selain itu, laptop dengan layar 120Hz ber-resolusi Full HD ini juga sudah didesain dengan matriks LED pada body-nya yang dapat di-custom sesuai dengan kreativitas penggunanya. Tak ayal laptop ini diklaim sebagai laptop 14” terkuat di dunia saat ini. Simak selengkapnya mengenai ASUS ROG Zephyrus G14 di ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming 14” Terkuat di Dunia Bertenaga AMD Ryzen™ 4000 H-Series.

 

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14

 

Performa ASUS ROG Zephyrus G14

Penasaran bagaimana performa dari laptop ASUS ROG Zephyrus G14 bertenaga AMD Ryzen™ 4000 HS-Series yang memiliki performa setara dengan PC Desktop? Berikut kami uji pada beberapa software benchmark terkemuka menggunakan varian yang bertenaga AMD Ryzen™ 9 4900HS.

Cinebench R15

Cinebench R15 merupakan software benchmark yang digunakan untuk menguji kemampuan prosesor dalam skenario single-core dan juga multi-core.

Cinebench R15 Single-Core Cinebench R15 Multi-Core

Pada pengujian menggunakan Cinebench R15, ASUS ROG Zephyrus G14 bertenaga AMD Ryzen™ 4000 HS-Series dapat mencapai skor sebesar 1941 pada skenario multi-core dan skor 190 pada skenario single-core. Angka ini tergolong fantastis untuk laptop ukuran 14”, karena performanya cukup dekat dengan prosesor 8 Core versi desktop.

 

Cinebench R20

Cinebench R20 merupakan software benchmark yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan prosesor komputer pada skenario single-core dan multi-core.

Cinebench R20 Single-Core Cinebench R20 Multi-Core

Hasilnya, laptop yang ditenagai prosesor berteknologi 7nm ini mampu mendapatkan skor multi-core hingga 4414, dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan prosesor desktop kelas atas milik kompetitor! Dan mampu mendapatkan skor hingga 485 poin pada skenario single-core, yang juga berada di atas prosesor desktop kelas atas milik kompetitor. Luar biasa bukan?

 

Blender 2.82

Software Blender merupakan software 3D Rendering yang dapat digunakan untuk menguji kecepatan dan kemampuan rendering suatu komputer. Kali ini digunakan Blender versi 2.82.

Blender 2.82

Hasilnya, tidak perlu diragukan lagi. Laptop yang disebut menjadi laptop 14” terkuat di muka bumi saat ini, hanya membutuhkan waktu selama 3 menit 42 detik saja untuk melakukan BMW Blender scene rendering. Waktu tersebut terbilang sangat cepat, karena menyamai rata-rata waktu rendering prosesor desktop.

 

Geekbench 4

Geekbench 4 merupakan software yang digunakan untuk mengukur kemampuan single-core serta multi-core suatu prosesor.

Geekbench 4

ASUS ROG Zephyrus G14, yang ditenagai prosesor dengan TDP sekitar 35W saja, mampu mendapatkan skor single-core sebesar 5321, dan 30204 pada pengujian multi-core. Angka yang sangat tinggi bukan untuk ukuran laptop gaming berukuran 14”.

 

Geekbench 5

Geekbench 5 merupakan software benchmark yang digunakan untuk mengukur kemampuan prosesor suatu komputer pada skenario single-core dan multi-core.

Geekbench 5

Hasilnya, laptop dengan matriks LED pertama di dunia ini mampu mendapatkan skor single-core hingga 1191, dan multi-core hingga 7756.

 

3DMark Fire Strike

3DMark Fire Strike merupakan benchmark untuk mengukur kemampuan komputer dalam mengolah grafis pada scene FireStrike menggunakan DirectX 11.

3DMark FireStrike

Hasilnya, laptop ASUS ROG Zephyrus G14 tidak perlu diragukan lagi performanya. Laptop ini mampu mendapatkan skor grafis sebesar 13971 dengan mudahnya. Dan physics score sebesar 22682, serta totak skor sebesar 13234.

 

3DMark FireStrike Ultra

3DMark FireStrike Ultra merupakan benchmark yang digunakan untuk mengukur kemampuan komputer dalam mengolah grafis pada scene FireStrike menggunakan DirectX 11 dan resolusi 4K.

3DMark FireStrike Ultra

Laptop ASUS ROG Zephyrus G14 bertenaga AMD Ryzen™ 4000 Mobile Series Processor, diuji menggunakan 3DMark FireStrike Ultra, mampu mendapatkan Graphics Score sebesar 3501, Physics Score sebesar 22822, serta skor total sebesar 3663.

 

3DMark TimeSpy

3DMark TimeSpy merupakan benchmark yang digunakan untuk mengukur kemampuan komputer dalam mengolah grafis pada scene TimeSpy dengan DirectX 12.

3DMark TimeSpy

Hasilnya, pada pengujian 3DMark saat scene TimeSpy, laptop ASUS ROG Zephyrus G14 mampu mencapai performa Graphics Score sebesar 5803, CPU Score sebesar 8657, serta skor total sebesar 6104. Angka yang sangat tinggi untuk sebuah perangkat laptop

 

3DMark TimeSpy Extreme

3DMark TimeSpy Extreme merupakan benchmark yang digunakan untuk mengukur kemampuan komputer dalam mengolah grafis pada scene TimeSpy dengan DirectX 12 dan resolusi 4K.

3DMark TimeSpy Extreme

Hasilnya, laptop berprosesor 8 Core 16 Thread ini mampu mencapai Graphics Score hingga 2688, CPU Score sebesar 4100, serta skor total sebesar 2834.

 

Pengujian Game

Tidak lengkap nampaknya apabila hanya menguji menggunakan software benchmark tanpa pengujian game. Berikut kami juga melakukan pengujian pada beberapa title game terkenal.

Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Tomb Raider merupakan game AAA Action-Adventure yang dirilis pada tahun 2018 silam. Game ini terkenal akan grafisnya yang mendetail karena mengambil latar belakang alam hutan dan lain-lain.

Shadow of the Tomb Raider Lowest Shadow of the Tomb Raider Medium Shadow of the Tomb Raider Highest

Hasilnya, laptop yang mengembang prosesor berteknologi 7nm ini mampu menjalankan game ini hingga 71FPS pada pengaturan grafis Highest, 84FPS pada pengaturan grafis Medium, dan 111FPS pada pengaturan grafis Lowest. Keren sekali bukan? Pengujian ini dilakukan menggunakan DirectX 12, dan resolusi 1080p.

 

Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint

Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint merupakan game Tactical Shooter yang dirilis pada tahun 2019 lalu. Game ini mengambil latar belakang sebuah pulau, yang tentunya memerlukan detail grafis mendalam agar terasa lebih nyata bagi pemainnya.

Tom Clancy's Ghost Recon Breakpoint Very High

ASUS ROG Zephyrus G14 bertenaga AMD Ryzen™ 4000 HS-Series, dengan mudahnya menjalankan game ini hingga 53FPS pada pengaturan grafis Very High. Game ini juga dijalankan pada resolusi 1080p, jadi selain mendapatkan frame rate yang lancar, mata kamu juga dimanjakan dengan grafis memukau.

 

Battlefield V

Game ber-genre First-Person Shooter besutan EA ini dirilis pada tahun 2018 lalu. Game ini memiliki texture detail serta effect yang sangat mendalam dan keren, karena mengambil latar belakang perang dunia, tentu saja kualitas grafis sangat diperlukan agar pengalaman bermain menjadi lebih maksimal.

Battlefield V High

Laptop dengan prosesor yang memiliki TDP hanya 35W ini, dengan mudahnya mencapai performa hingga 81FPS pada pengaturan grafis High untuk game perang satu ini. Resolusi pada saat menjalankan game ini adalah 1080p, dan menggunakan DirectX 12.

 

Kesimpulan

Kesimpulan ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14 adalah laptop hasil kerja sama antara AMD dengan ASUS. Memiliki ukuran layar hanya selebar 14”, laptop ini diklaim menjadi laptop berukuran 14” terkuat di muka bumi berkat tenaga prosesor AMD Ryzen™ 4000 Mobile Series Processor. Prosesor yang disematkan juga merupakan prosesor mobile pertama berteknologi 7nm, serta memiliki 8 Core 16 Thread. Tidak diragukan lagi, laptop ASUS ROG Zephyrus G14 yang ditenagai oleh prosesor dengan TDP hanya 35W ini memiliki performa yang dapat menyaingi prosesor desktop.

Karena memiliki dimensi yang kecil, laptop ini memiliki mobilitas yang tinggi. Jadi, sangat cocok apabila dipakai oleh para content creator, maupun para gamer yang suka berpergian. Untuk performa, tidak perlu diragukan lagi. Dari hasil pengujian yang diberikan, mulai dari performa prosesornya yang tinggi, hingga performa keseluruhannya memberikan hasil yang sangat memukau. ASUS ROG Zephyrus G14 seperti memberikan pernyataan bahwa laptop masa kini dapat memberikan mobilitas tinggi, namun dengan performa setara PC Desktop.

Segera dapatkan laptop ini di:

shopee button

tokopedia button

Leave a Reply