fbpx

AMD Ryzen 5000 Series: Semakin Kencang, Efisien, dan Mendominasi Performa Gaming

Sebelumnya pada tahun 2017, AMD meluncurkan prosesor dengan arsitektur Zen pertamanya. Prosesor dengan arsitektur Zen tersebut berhasil mendobrak pasar dengan serangkaian peningkatan performa per clock (IPC) hingga 52% dari generasi prosesor AMD sebelumnya serta jumlah core yang fantastis hingga 8 core 16 thread. Kali ini, AMD kembali mengumumkan prosesor terbarunya RyzenTM 5000 Series dengan arsitektur Zen 3 yang menghadirkan peningkatan IPC hingga 19% dengan latensi lebih rendah dan akses langsung ke L3 Cache sehingga bisa meningkatkan performa gaming secara signifikan dan membuat kinerja menjadi lebih responsif.

 

20668152-A_Ryzen5000_Wallpaper_CHIP_1440p

AMD menjanjikan performa gaming terbaik di dunia, mengalahkan seluruh prosesor desktop yang tersedia di pasaran saat ini. Di sisi produktivitas, AMD juga tetap berjaya mengalahkan kompetitor dengan perbedaan signifikan berkat jumlah core yang lebih banyak menggunakan fabrikasi 7nm yang disempurnakan seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Performa Ryzen 9 5950X

AMD merombak struktur core complex (CCX) dari yang sebelumnya berjumlah 4 core per CCX menjadi 8 core per CCX. Hal ini memberikan kecepatan komunikasi antar core yang lebih baik dan dapat menghasilkan performa gaming hingga 26% lebih kencang dari generasi sebelumnya.

Perbedaan Cache Zen 2 Zen 3

Melalui berbagai optimasi dari sisi konfigurasi cache, perbaikan front-end dan latensi yang lebih rendah, AMD menjanjikan RyzenTM 5000 Series memberikan efisiensi hingga 2.8x lipat lebih tinggi dibanding kompetitor.

Efisiensi Daya

Jika sebelumnya AMD RyzenTM dikenal dengan performa multi-core-nya yang luar biasa, kali ini AMD RyzenTM 5000 Series berhasil meningkatkan performa single-core secara signifikan. Berdasarkan hasil pengujian internal dari AMD, prosesor terbaru ini bahkan mampu memecahkan rekor Cinebench R20 1T sebagai prosesor pertama yang menghasilkan skor lebih dari 600 poin.

Cinebench R20 1T

Mengenai dukungan ekosistem, AMD RyzenTM 5000 Series masih menggunakan socket AM4. Pengguna tidak perlu khawatir untuk migrasi dari prosesor AMD RyzenTM seri sebelumnya dan cukup melakukan update BIOS untuk semua motherboard dengan chipset 500-series dan 400-series.

BIOS Update

 

Berikut adalah spesifikasi teknis dari AMD RyzenTM 5000 Series yang bisa Anda pilih.

List AMD Ryzen 5000 Series

Seluruh prosesor AMD RyzenTM 5000 Series akan tersedia pada 5 November 2020 dengan lini yang lengkap mulai dari 6 core 12 thread hingga 16 core 32 thread. Setiap pembelian prosesor AMD RyzenTM 5000 Series akan mendapatkan bonus game Far Cry 6 hingga 31 Desember 2020 mendatang. Lihat artikel di link berikut untuk informasi lebih lanjut terkait program promosi ini Ada Game Far Cry 6 Gratis Untuk Pembelian Prosesor AMD Ryzen™ Seri Tertentu!

 

Kesimpulan

Kesimpulan Ryzen 5000 Series

AMD RyzenTM 5000 Series merupakan prosesor yang patut ditunggu kehadirannya oleh para gamer maupun pekerja kreatif. Penggunaan fabrikasi 7nm terkini disertai dengan berbagai optimasi dari segi IPC maupun konfigurasi menjadikan AMD RyzenTM 5000 Series semakin terdepan. Dukungan ekosistem yang sudah matang serta kompatibilitas dengan socket yang sudah ada semakin mempermudah pengguna dalam meng-upgrade PC mereka dengan prosesor terbaru ini. AMD kali ini dengan berani menyatakan bahwa dengan prosesor AMD RyzenTM 5000 Series, pengguna akan memperoleh produktivitas, efisiensi, IPC, kompatibilitas, dan performa gaming terbaik.

 

Latest articles

Related articles

2 Comments

    • Hi Mike, Untuk AMD Ryzen 7 4700G sudah dipasarkan di Indonesia, namun perlu diketahui Ryzen 7 4700G Series adalah prosesor yang tidak dijual secara terpisah dan harus dibeli dalam bentuk 1 unit desktop PC, kemudian untuk ketersediaan stok silahkan kunjungi toko komputer langganan kamu, karena stok tergantung toko masing-masing

Leave a Reply