fbpx

AMD Perluas Kepemimpinan PC Mobile dengan Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dan Sofware AI Ryzen™ Tersedia Luas untuk Hadirkan Lebih Banyak Kemampuan AI Bagi Para Pengguna PC AI

— Laptop Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan Razer bertenaga prosesor mobile AMD Ryzen™ 8040 Series untuk menghadirkan komputasi canggih untuk bekerja, bermain, dan pengalaman yang didukung AI —

Ryzen™ AI Software tersedia untuk mempermudah penerapan model pada PC Ryzen AI—

SANTA CLARA, California — 6 Desember 2023 — Hari ini, AMD (NASDAQ: AMD) mengumumkan prosesor mobile AMD Ryzen™ 8040 Series baru, yang memperluas kepemimpinan AMD di pasar mobile, dengan kekuatan, efisiensi, dan kinerja yang lebih baik dibandingkan kompetitor. Dengan NPU Ryzen AI terintegrasi yang terpasang pada model-model tertentu, AMD menghadirkan lebih banyak PC AI terbaik di kelasnya ke pasar,[1] dengan kinerja pemrosesan AI 1,6x lebih baik dibandingkan model AMD sebelumnya,[2] untuk menghadirkan pengalaman premium baru dengan kemampuan AI-readiness.

Prosesor AMD Ryzen 8040 Series merupakan prosesor terbaru yang tergabung dengan jajaran prosesor Ryzen™ bertenaga dan akan tersedia secara luas dari OEM terkemuka termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Razer, mulai pada Q1 2024. Dirancang diatas arsitektur prosesor AMD “Zen 4” dan dengan hingga delapan core yang mampu menghadirkan kekuatan pemrosesan hingga 16 thread, Ryzen 8040 Series menghadirkan kinerja single-core dan multi-core yang terdepan.[3] Dengan grafis AMD Radeon™ RDNA 3 dan sistem pilihan bertenaga arsitektur AMD XDNA™ yang dibangun untuk AMD Ryzen™ AI, prosesor baru ini dirancang untuk para profesional kreatif, gamer, dan pengguna mainstream yang mencari laptop tangguh dengan performa tepercaya saat ini, dan kemampuan untuk menjalankan  pengalaman AI tingkat lanjut. Untuk mengaktifkan pengalaman AI ini, AMD juga membuat Ryzen AI Software tersedia secara luas bagi pengguna untuk dengan mudah membangun dan menerapkan model pembelajaran mesin pada PC mereka yang berbasis AI.

“Prosesor AMD Ryzen 8040 Series terus memberikan kinerja dan efisiensi luar biasa untuk notebook premium” kata Jason Banta, corporate vice president and GM dari OEM PC business ,AMD. “Dari para gamer dan pembuat konten paling elit, hingga ilmuwan dan pengembang data terkemuka, Ryzen 8040 dibuat untuk menangani beban kerja mereka yang paling menantang. Peningkatan kemampuan AI pada seri 8040 kini akan menangani model yang lebih luas dan memungkinkan pengalaman pengguna PC AI generasi berikutnya.”

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series adalah tambahan terbaru pada keluarga prosesor AMD Ryzen™, memberikan daya, efisiensi, kinerja, dan kesiapan masa depan yang lebih dibandingkan generasi sebelumnya serta kompetitor. Prosesor baru ini menawarkan performa tingkat berikutnya mulai dari produktivitas sehari-hari hingga kreasi konten, dengan Ryzen 9 8945HS menawarkan pengeditan video hingga 64% lebih kencang dan rendering 3D hingga 37% lebih cepat dibandingkan kompetitor.[4] Sementara itu, para gamer dapat menikmati game hingga 77% lebih cepat dibandingkan kompetitor kami.[5]

Prosesor Ryzen™ terbaru memberikan performa terbaik yang tersedia untuk laptop PC ultrathin dan daya baterai paling lama melalui fitur manajemen daya yang inovatif, menjadikannya pilihan sempurna bagi para profesional modern, penggemar game, dan kreatif yang mencari komputasi yang lebih cepat dan hemat daya. Prosesor AMD Ryzen 8040 Series juga hadir dengan dukungan memori LPDDR5 yang canggih. Dengan prosesor baru ini, pengguna dapat memanfaatkan pengalaman virtual, bermain game, dan streaming yang imersif, serta percaya bahwa perangkat mereka mendukung kasus penggunaan AI yang menuntut namun tetap hemat energi.

Model Cores / Threads Boost[6]/Base Frequency Total Cache TDP NPU
AMD Ryzen™ 9 8945HS 8C/16T Up to 5.2 GHz / 4.0 GHz 24MB 45W Yes
AMD Ryzen™ 7 8845HS 8C/16T Up to 5.1 GHz / 3.8 GHz 24MB 45W Yes
AMD Ryzen™ 5 8645HS 6C/12T Up to 5.0 GHz / 4.3 GHz 22MB 45W Yes
AMD Ryzen™ 7 8840HS 8C/16T Up to 5.1 GHz / 3.3 GHz 24MB 28W Yes
AMD Ryzen™ 5 8640HS 6C/12T Up to 4.9 GHz / 3.5 GHz 22MB 28W Yes
AMD Ryzen™ 7 8840U 8C/16T Up to 5.1 GHz / 3.3 GHz 24MB 28W Yes
AMD Ryzen™ 5 8640U 6C/12T Up to 4.9 GHz / 3.5 GHz 22MB 28W Yes
AMD Ryzen™ 5 8540U 6C/12T Up to 4.9 GHz / 3.2 GHz 22MB 28W NA
AMD Ryzen™ 3 8440U 4C/8T Up to 4.7 GHz / 3.0 GHz 12MB 28W NA

Prosesor ini juga menjalin kemitraan erat AMD dengan Microsoft. Prosesor AMD Ryzen 8040 siap memanfaatkan seluruh ekosistem Windows 11 untuk kinerja yang optimal, termasuk dukungan penuh terhadap fitur keamanan Windows 11. Sistem tertentu dengan prosesor AMD Ryzen 8040 Series juga dapat mengakses AI out-of-the-box dengan Window Studio Effects Pack, memungkinkan privasi di rumah atau saat bepergian dengan keburaman latar belakang, pelacakan pandangan mata, dan peredam bising.

Penawaran Microsoft sedang berlangsung

Ketersediaan

AMD Ryzen 8040 Series akan tersedia dari OEM termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Razer mulai Q1 2024.

Penawaran OEM Ryzen 8040 tengah dalam proses

Memperkenalkan Software Pengembang untuk Ryzen AI

Ryzen AI Software kini tersedia secara luas, sehingga memungkinkan pengembang untuk membangun dan menerapkan model pembelajaran mesin yang dilatih dalam kerangka kerja seperti PyTorch atau TensorFlow dan menjalankannya di laptop tertentu yang didukung oleh Ryzen AI. Pada bulan Juli lalu, AMD meluncurkan program akses awal untuk perangkat lunak Ryzen AI untuk mendukung Windows Studio Effects dan saat ini alat-alat ini tersedia secara umum bagi pengembang yang ingin membangun pengalaman AI yang ditingkatkan untuk dijalankan pada PC.

Software Ryzen AI versi 1.0 mengaktifkan aplikasi ONNX Runtime dan menawarkan model zoo yang telah dioptimalkan sebelumnya pada Hugging Face, memungkinkan pengguna untuk memulai dan menjalankan model AI dalam hitungan menit. Laptop bertenaga Ryzen AI memindahkan model AI ke NPU, sehingga membebaskan CPU dan membantu mengurangi konsumsi daya sekaligus memperpanjang masa pakai baterai. Sebagai bagian dari peluncuran perangkat lunak Ryzen AI, pengembang dapat memanfaatkan Ryzen AI untuk membangun aplikasi AI dengan pengenalan gerakan tingkat lanjut, autentikasi biometrik, dan fitur aksesibilitas lainnya. Pengembang juga diberikan dukungan akses awal untuk model Pengenalan Ucapan Otomatis seperti Whisper dan Large Language Models (LLM) seperti OPT dan Llama-2 untuk membangun antarmuka ucapan Bahasa yang alami untuk aplikasi mereka dan membuka fitur Pemrosesan Bahasa Alami lainnya seperti peringkasan dokumen dan bantuan email.

Sumber Pendukung 

Tentang AMD

Selama lebih dari 50 tahun, AMD sudah mendorong inovasi pada teknologi computing, grafis dan visualisasi berperforma tinggi ― unsur pokok untuk bermain game, immersive platforms, dan pusat data. Ratusan juta konsumen, bisnis-bisnis Fortune 500 terkemuka dan fasilitas penelitian sains yang canggih di seluruh dunia bertopang pada teknologi AMD setiap harinya untuk memperbaiki cara mereka hidup, bekerja, dan bermain. Pegawai AMD di seluruh dunia berfokus untuk membangun produk-produk yang hebat yang mendorong melewati batas kemungkinan. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana AMD memungkinkan hari ini dan menginspirasi esok hari, kunjungi halaman AMD (NASDAQ: AMD) di website, blog, LinkedIn dan Twitter.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply