fbpx

AMD Ryzen™ 7 5800X3D: Prosesor Gaming Terbaik di Dunia dengan Teknologi 3D V-Cache Pertama!

Intro Ryzen 7 5800X3D

AMD, mengumumkan hadirnya sebuah prosesor yang menggebrak dunia teknologi. AMD Ryzen™ 7 5800X3D, spesial karena sudah dilengkapi dengan teknologi 3D V-Cache pertama di dunia. Hal ini, menjadikan prosesor satu ini memiliki kapasitas L3 Cache yang lega, sehingga meningkatkan performa pada aplikasi yang membutuhkan memori cepat khususnya gaming. Tak ayal, prosesor ini dapat julukan prosesor gaming terbaik di dunia.

Menariknya lagi, prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D ini masih menggunakan socket AM4, sehingga para pengguna lama AMD, bisa melakukan upgrade tanpa perlu mengganti motherboard mereka. Tentunya, tetap memerlukan update BIOS pada motherboard yang dimiliki. Prosesor gaming terbaik di dunia ini juga tentunya sudah meluncur di pasar Indonesia.

 

Baca juga: Pastikan Beli Prosesor Bergaransi Resmi di Marketplace dengan Badge Bertanda Khusus!

 

Spesifikasi AMD Ryzen™ 7 5800X3D

Spesifikasi Ryzen 7 5800X3D

AMD Ryzen™ 7 5800X3D sudah dilengkapi dengan 8 Core 16 Thread yang berarsitektur Zen 3 serta berfabrikasi 7 nm. Tentunya, performa yang dihasilkan oleh prosesor gaming terbaik di dunia ini tidak perlu diragukan lagi, serta efisiensi dayanya pasti luar biasa.

 

Teknologi 3D V-Cache Pertama di Dunia

Teknologi 3D V Cache Pertama di Dunia

Secara sederhana, dengan menggunakan teknologi TSV (Through Silicon Via), AMD menumpuk tambahan memori sebesar 64 MB L3 Cache secara vertikal. Sehingga yang tadinya memori L3 Cache hanya sebesar 32 MB, setelah ditambah, menjadi 96 MB. Karena ada perbedaan ketinggian pada permukaan prosesor akibat 3D V-Cache, AMD menambahkan silikon struktural di atasnya agar tidak retak. Sangat inovatif bukan prosesor gaming terbaik di dunia ini?

 

Baca juga: B550, Chipset Terbaru AMD untuk Socket AM4 dengan Dukungan Teknologi PCIe 4.0

 

Pengujian Performa Gaming

Gaming¸ merupakan salah satu komputasi yang membutuhkan akses memori cepat. Berkat besarnya memori Cache prosesor gaming terbaik di dunia ini, pastinya performanya mampu mencapai batas tertinggi. Berikut adalah beberapa review game yang dikutip dari Hot Hardware, TechSpot, dan juga Tom’s Hardware menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D.

Shadow of the Tomb Raider

Pengujian Shadow of the Tomb Raider

Pada pengujian dengan game Shadow of the Tomb Raider dengan resolusi 1080p oleh Hot Hardware, terlihat bahwa AMD Ryzen™ 7 5800X3D mampu memberikan performa teratas hingga 236 FPS. Bahkan, prosesor gaming terbaik di dunia ini mengalahkan prosesor teratas milik kompetitor hingga 12 FPS!

 

Far Cry 6

Pengujian Far Cry 6

Selanjutnya adalah pengujian game Far Cry 6 oleh TechSpot. Pada pengujian dengan resolusi 1080p serta pengaturan grafis high, prosesor gaming terbaik di dunia ini tetap bisa mengungguli prosesor terkuat dari kompetitor walau hanya menggunakan konfigurasi RAM DDR4-3200. Dengan pencapaian hingga 180 FPS, AMD Ryzen™ 7 5800X3D unggul dari kompetitor yang menggunakan konfigurasi RAM DDR5-6400.

 

F1 2021

Pengujian F1 2021

Terakhir pada pengujian game F1 2021 oleh Tom’s Hardware, terlihat bahwa Ryzen™ 7 5800X3D jauh lebih kencang dibanding semua prosesor desktop yang ada di pasaran saat ini. Tercatat prosesor gaming terbaik di dunia ini mampu memberikan hingga 343,4 FPS dengan konfigurasi DDR4-3800 bila dibandingkan dengan prosesor tertinggi kompetitor dalam kondisi overclock ke 5,1 GHz sekalipun yang hanya mencapai 307,9 FPS.

 

Baca juga: AMD Ryzen™ 5000 Series: Prosesor Terbaik di Dunia untuk Gaming dan Kreasi Konten

 

Pengujian Konsumsi Daya

Walaupun memiliki performa sebagai prosesor gaming terbaik di dunia, nyatanya AMD Ryzen™ 7 5800X3D memiliki efisiensi daya yang luar biasa berkat arsitektur Zen 3 berfabrikasi 7 nm. Hal ini terbukti dari pengujian yang dilakukan oleh Tom’s Hardware, Techspot, dan juga Hot Hardware.

Pengujian Konsumsi Daya Toms Hardware

Tom’s Hardware melakukan pengujian konsumsi daya dari prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D pada saat menjalankan aplikasi pengujian HandBrake x265. Hasilnya, prosesor gaming terbaik di dunia ini memiliki konsumsi daya yang sangat rendah sekitar 111 Watt saja. Berbanding jauh dengan prosesor teratas dari kompetitor yang mengkonsumsi daya sebesar 213 Watt, bahkan mencapai 265 Watt saat dikonfigurasi tanpa Power Limit.

Pengujian Konsumsi Daya TechSpot

TechSpot juga menguji konsumsi daya dari prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D dibandingkan dengan prosesor teratas milik kompetitor pada saat menjalankan game AAA. Hasilnya, prosesor gaming terbaik di dunia ini mengkonsumsi daya hingga 92 Watt lebih kecil dibandingkan kompetitor pada game Far Cry 6.

Pengujian Konsumsi Daya Hot Hardware

Hot Hardware, juga melakukan pengujian konsumsi daya pada saat kondisi Full Load. Hasilnya, prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D yang merupakan prosesor gaming terbaik di dunia ini memiliki konsumsi daya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan prosesor teratas milik kompetitor. Perbedaan tersebut terpaut jauh hingga 159 Watt, dimana AMD Ryzen™ 7 5800X3D hanya memakan daya sekitar 193 Watt, dan prosesor teratas kompetitor memakan daya hingga 352 Watt. Hal ini menunjukkan bahwa arsitektur Zen 3 berfabrikasi 7 nm yang ditempatkan pada prosesor ini memberikan peran nyata terhadap watt-to-performance yang luar biasa.

 

Baca juga: AMD Radeon™ RX 6700 XT: Lengkapi Kebutuhan Kreasi Konten dan Gaming 1440p

 

Kesimpulan

Kesimpulan Ryzen 7 5800X3D

AMD Ryzen™ 7 5800X3D, prosesor gaming terbaik di dunia dari AMD satu ini memang merupakan terobosan besar di dunia teknologi. Selain mengenyam konfigurasi 8 Core 16 Thread berarsitektur Zen 3 serta berfabrikasi 7 nm, prosesor ini juga dibekali dengan memori V-Cache yang berbentuk 3D. Hal ini, menyebabkan memori L3 Cache dari prosesor ini menjadi lebih besar, yakni sebesar 96 MB.

Guna memberikan kemudahan bagi para pengguna setia AMD untuk melakukan upgrade, prosesor gaming terbaik di dunia ini masih mengemban socket AM4. Sehingga pengguna tidak perlu mengganti motherboard mereka. Apalagi, performa dari prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D bukan main-main. Terlihat dari berbagai pengujian yang dilakukan, prosesor ini mampu mengalahkan performa gaming dari prosesor teratas milik kompetitor.

Walau dengan performa yang sangat tinggi, prosesor ini tetap memiliki efisiensi daya yang luar biasa. Berkat arsitektur Zen 3 berfabrikasi 7 nm, prosesor gaming terbaik di dunia ini mampu memangkas konsumsi daya hingga 2 kali lipat lebih kecil dibandingkan prosesor teratas milik kompetitor. Tentu, prosesor AMD Ryzen™ 7 5800X3D ini akan sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari performa terbaik untuk PC gaming Anda.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here