fbpx

Asus ROG Zephyrus G14 GA403: Kesempurnaan Laptop Gaming Bertenaga AMD Ryzen™ 8000 HS-Series

Sudah seperti tradisi tahunan, Asus ROG selalu tidak luput dalam menghadirkan seri Zephyrus. Edisi tahun ini dengan kolaborasi bersama AMD, mereka kembali menghadirkan ROG Zephyrus G14 GA403 yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 8000 HS-Series. Semakin spesial karena ini adalah pertama kalinya Zephyrus G14 dihadirkan dengan layar OLED.

Mengingat ini adalah laptop gaming, tentunya pemilihan prosesor akan dikonfigutasi secara cermat. AMD Ryzen™ 8000 HS-Series dipilih karena ia mampu memberikan performa tinggi di kelas laptop gaming tipis berkat penggunaan arsitektur “Zen 4” dan proses fabrikasi modern di 4 nm. Penggunaan arsitektur canggih dengan fabrikasi terkini tersebut membuat prosesor terbaru besutan AMD ini tidak hanya kencang namun juga efisien dan tidak mengeluarkan suhu berlebih. Tidak ketinggalan, prosesor ini juga telah dilengkapi dengan AMD Ryzen™ AI sebagai engine akselerator terintegrasi pada CPU+GPU+NPU yang berarsitektur AMD XDNA™ dan mampu menghasilkan total performa hingga 39 TOPs.

Dari sisi dukungan memori, laptop ini difasilitasi dengan RAM 16 GB LPDDR5X berkecepatan 6400 yang mampu memberikan performa tinggi. Sisi penyimpanan juga relatif menarik dengan kapasitas 1 TB PCIe gen 4 NVMe SSD yang pastinya responsif juga kencang. Tidak lupa hal terbaru yang hadir di seri Zephyrus yaitu layar OLED dengan diagonal 14 inci dan resolusi 3K (2880 x 1800). Layar ini mampu menghasilkan gambar dengan refresh rate 120Hz serta akurasi warna yang jempolan dengan validasi dari Pantone.

 

Spesifikasi Asus ROG Zephyrus G14 GA403

Asus ROG Zephyrus G14 GA403

Processor

AMD Ryzen™ 9 8945HS

AMD Ryzen™ 7 8845HS

Memory

16GB(2×8) LPDDR5X 6400

Graphics

NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 8GB GDDR6

NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 6GB GDDR6

Storage

1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD

Display

14” 3K (2880 x 1800) OLED, 16:10, 120Hz, 100% DCI-P3

I/O ports

1x 3.5mm Combo Audio Jack

1x HDMI 2.1 FRL

2x USB 3.2 Gen 2 Type-A

1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display

1x Type C USB 4 support DisplayPort™ / power delivery

1x card reader (microSD) (UHS-II)

Weight

1.50 kg

Operating System

Windows 11 Home + Office Home and Student

Prosesor Laptop Gaming Tipis Terbaik dengan Dukungan Akselerator AI!

Seperti sudah sejoli, Zephyrus G14 selalu rajin menggunakan prosesor AMD Ryzen™ ke dalam daftar komponennya. Bagaimana tidak? AMD selalu berhasil meningkatkan performa AMD Ryzen™ tahun demi tahun hingga menjadi sekencang dan seefisien sekarang. AMD Ryzen™ generasi terbaru yang digunakan dalam laptop Zephyrus G14 kali ini adalah AMD Ryzen™ 8000 HS-Series. Prosesor ini tentu lebih canggih dibanding seri sebelumnya karena ia sudah mengintegrasikan AMD Ryzen™ AI sebagai engine akselerator terintegrasi pada CPU+GPU+NPU yang berarsitektur AMD XDNA™ sehingga mampu menghasilkan total performa akselerasi hingga mencapai 39 TOPs.

Prosesor terbaru dari AMD ini tidak hanya unggul dalam pemrosesan AI saja namun juga pemrosesan umum. Dilengkapi konfigurasi hingga 8 core dan 16 thread serta memiliki clock hingga 5.2 GHz dengan arsitektur “Zen 4”, prosesor ini dijamin mampu menjalankan banyak aplikasi berat tanpa masalah. Proses fabrikasi 4 nm yang digunakan juga memastikan spesifikasi tadi tidak akan menjadikan prosesor ini boros dan juga panas.

 

Baca juga: Masa Depan PC AI Menjadi Lebih Baik dengan AMD

 

Memanjakan Mata dengan Layar Nebula Display Resolusi 3K Berpanel OLED 120 Hz

Zephyrus G14 GA403 merupakan laptop ROG pertama yang mengintegrasikan layar OLED ke dalamnya. Kali ini pengguna akan dapat menikmati respon ultra cepat dengan rasio kontras HDR True Black 500 yang luar biasa. Layar tersebut juga memiliki resolusi 3K yang akan memberikan kerapatan piksel tinggi. Sebagai laptop gaming, tentunya Asus ROG memberikan layar yang mampu berjalan di 120 Hz refresh rate untuk memastikan semua pergerakan game tampak mulus. Berkat penggunaan panel OLED ini juga cakupan warna yang ditampilkan menjadi lengkap 100% DCI-P3 dengan akurasi delta E di bawah 1 dan validasi Pantone.

 

Laptop Gaming Ringan Berbahan Aluminium Alloy

Jika biasanya laptop gaming terkenal tebal dan berat, Asus ROG Zephyrus G14 GA403 menghilangkan tradisi tersebut dengan desain yang tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1,63 cm dan bobot 1,5 kg saja. Berbahan aluminium alloy yang dibentuk melalui mesin CNC presisi, laptop ini tampak dan berasa kokoh dengan tampilan elegan. Pilihan warna Eclipse Gray dan Platinum White melalui proses dianodizing menarik siapapun untuk memegangnya.

 

Sistem Pendinginan Mumpuni dengan ROG Intelligent Cooling

ROG Intelligent Cooling merupakan sekumpulan komponen pendinginan yang bekerjasama menjaga laptop tetap berkinerja tinggi namun tetap dingin dan juga hening. Zephyrus G14 GA403 mengintegrasikan hal-hal yang termasuk dalam ROG Intelligent Cooling seperti teknologi tri-fan, Arc Flow Fans generasi ke-2, dust filter untuk menyaring debu, maupun liquid metal untuk thermal interface material berbahan liquid metal.

 

Slash Lighting untuk Perpaduan Sempurna Kinerja dan Gaya

Bodi yang tipis dan kokoh memang sudah menjadi ciri khas dari seri Zephyrus. Namun untuk tahun ini, Asus ROG menambahkan ciri khusus terbaru dari Zephyrus G14 GA403 berupa pencahayaan Slash Lighting. Pencahayaan yang memanjang secara diagonal pada sisi lid luar layar memberikan kesan tersendiri yang menunjukkan ciri Zephyrus edisi terbaru tahun 2024 ini.

 

Kesimpulan

Asus ROG Zephyrus G14 GA403 adalah laptop gaming terbaik yang bisa didapatkan berkat penggunaan berbagai komponen kelas atas serta segudang fitur yang dimilikinya. Tidak hanya berbekal fitur, secara performa laptop ini mampu melibas segala game berkat penggunaan prosesor AMD Ryzen™ 8000 HS-Series yang mumpuni. Prosesor dengan 8 core dan 16 thread berarsitektur “Zen 4” serta akselerator engine AMD Ryzen™ AI terintegrasi menunjukkan betapa canggihnya prosesor tersebut untuk digunakan hari ini dan di masa depan.

Komponen pelengkap yang sama kencangnya seperti memori RAM LPDDR5X 6400, SSD NVMe PCIe gen 4, dan grafis teknologi terbaru menjadikan laptop ini idaman bagi para gamer. Tidak lupa pula layar OLED 120 Hz dengan resolusi 3K yang memanjakan mata, bodi berbahan aluminium alloy yang ringan dan tipis, sistem pendinginan ROG Intelligent Cooling untuk menjaga performa tetap tinggi, hingga Slash Lighting untuk ciri gaya tersendiri.

Apabila kamu tertarik untuk memiliki laptop Asus ROG Zephyrus G14 ini, kamu sudah bisa langsung mendapatkan di toko komputer terdekat atau melalui e-commerce di bawah ini:

tokopedia button

shopee button

 

Alasan untuk Membeli ROG Zephyrus G14 GA403

  1. Dilengkapi dengan prosesor modern AMD Ryzen™ 8000 HS-Series berperforma tinggi dan memiliki akselerator engine AMD Ryzen™ AI terintegrasi. Ia memiliki performa tinggi dengan 8 core 16 thread “Zen 4” namun tetap efisien berkat fabrikasi 4 nm yang diusungnya.
  2. Komponen pendukung kelas atas seperti grafis teknologi terbaru, RAM LPDDR5X 6400, dan SSD NVMe gen 4 untuk melibas apapun game maupun aplikasi berat yang berjalan di atasnya.
  3. Layar OLED dengan warna menawan 100% DCI-P3 bersertifikat Pantone, rasio kontras tinggi dengan dukungan HDR True Black 500, resolusi 3K, dan refresh rate tinggi 120 Hz untuk mendukung aktivitas gaming maupun produktivitas kreatif berbasis warna seperti editing video maupun foto.
  4. Bodi ringan dan kokoh berkat bahan aluminium alloy yang hanya setebal 1.63 cm dan berat 1.5 kg membuat mobilitas menggunakan laptop ini menjadi mudah dan nyaman.
  5. Pendinginan dari ROG Intelligent Cooling yang sudah mengintegrasikan tri-fan Arc Flow Fans generasi ke-2 dan liquid metal memastikan komponen yang didinginkannya tetap berjalan kencang dan dingin walau beban kerja berat sekalipun.
  6. Slash Lighting menawan untuk ciri khas tersendiri ala Zephyrus.

Pengguna yang Cocok dengan Asus ROG Zephyrus G14 GA403

  1. Gamer sejati yang mendambakan performa tinggi, pendingin mumpuni, serta layar respon cepat untuk bermain game kualitas AAA maupun online kompetitif.
  2. Pekerja kreatif yang membutuhkan layar dengan warna akurat dan pemrosesan cepat untuk berkreasi media audio visual dan tiga dimensi.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here