fbpx

Solusi Rakit PC Gaming Terjangkau dengan Prosesor AMD Ryzen™ 5 7500F

Prosesor merupakan salah satu komponen penting bagi PC gaming selain kartu grafis. Selain harus kencang, juga harus efisien dan dingin saat beroprasi. Secara umum, AMD telah menjawab tantangan ini melalui prosesor AMD Ryzen™ 7000 Series yang telah dirilis sebelumnya. Kali ini akan dibahas lebih dalam melalui sudut pandang gamer PC dengan bujet ekonomis melalui seri terendah yaitu AMD Ryzen™ 5 7500F.

AMD Ryzen™ 5 7500F merupakan seri yang unik, karena hingga saat ini merupakan satu-satunya yang datang tanpa dibekali grafis terintegrasi diantara lini AMD Ryzen™ 7000 series lainnya. Hal ini selain untuk memangkas ongkos produksi juga karena mayoritas gamer PC akan memilih menggunakan kartu grafis diskrit. Walau begitu, prosesor ini tetap canggih dan kencang karena sudah dilengkapi dengan 6 core 12 thread dan arsitektur “Zen 4” terbaru.

Sebagai anggota keluarga AMD Ryzen™ 7000 Series, AMD Ryzen™ 5 7500F juga menggunakan fabrikasi 5 nm terbaru, didukung oleh platform AM5 yang menggunakan standar memori terkini DDR5, juga memiliki standar interkoneksi terkini PCIe 5.0. Berkat itu juga, prosesor ini cocok untuk gamer yang memilih untuk investasi platform terbaru agar mudah dalam opsi upgrade prosesor kedepannya nanti.

Spesifikasi AMD Ryzen™ 5 7500F

Process Size: 5 nm
tJMax: 95°C
Cache L3: 32 MB
Bundled Cooler: Wraith Stealth
PCI-Express: Gen 5.0, 24 Lanes (CPU only)
Frequency: 3.7 GHz
Turbo Clock: up to 5 GHz
TDP: 65 W
Cores: 6
Threads: 12

Loncatan Performa Signifikan dengan Arsitektur “Zen 4” Terbaru!

Sama seperti saudara-saudaranya, AMD Ryzen™ 5 7500F mampu memberikan performa single thread yang lebih tinggi berkat peningkatan IPC dan core clock-nya. Hal ini akan meningkatkan performa gaming secara signifikan dibanding generasi AMD Ryzen™ 5 sebelumnya. Belum lagi jika membahas dukungan memori DDR5 yang mampu memberikan peningkatan arus data yang lewat, tentunya AMD Ryzen™ 5 7500F akan menjadi prosesor yang menarik untuk PC gaming.

Dukungan Platform AM5 dengan Interkoneksi Terkini

AM5 sebagai platform yang mendukung AMD Ryzen™ 5 7500F tentunya tidak afdol jika tidak dilengkapi dengan berbagai fitur dan konektivitas terbaru. Hadir dalam varian chipset X670E, X670, B650E, B650, dan A620, platform ini mendukung PCIe 5.0 hingga 24 lane untuk berbagai perangkat storage dan grafis, USB 20 Gbps dan Type-C hingga 14 port, Wifi 6E dengan DBS dan Bluetooth LE 5.2, serta port HDMI 2.1 dan DisplayPort 2 hingga 4 port.

Performa Gaming Terbaik di Kelasnya

QuasarZone, salah satu web reviewer hardware dari Korea Selatan telah menguji AMD Ryzen™ 5 7500F di banyak game. Pengujian mereka menunjukkan bahwa prosesor ini mampu memberikan performa yang lebih tinggi dibanding prosesor di kelas yang sama dari kompetitor.

Unggul di Aplikasi Produktif

Tidak hanya gaming, AMD Ryzen™ 5 7500F juga mampu memberikan performa jempolan di aplikasi produktif seperti render 3D menggunakan Blender dan encoding menggunakan HandBrake.

Konsumsi Daya yang Kompetitif

Dengan hanya menggunakan 6 core, AMD Ryzen™ 5 7500F mampu memberikan performa yang mengungguli kompetitor dengan core yang lebih banyak. Berkat jumlah core yang lebih sedikit itu pula yang membuatnya lebih efisien.

Kesimpulan

AMD sekali lagi menunjukkan dahsyatnya arsitektur terbaru mereka melalui opsi prosesor AMD Ryzen™ 5 7500F. Dibekali dengan arsitektur “Zen 4” dan fabrikasi 5 nm, prosesor ini menunjukkan bahwa ia merupakan lawan yang berat untuk dihadapi walau hanya dibekali dengan 6 core 12 thread. Tidak hanya itu, platform AM5 yang lebih baik dengan dukungan standar terbaru seperti PCIe 5.0 dan DDR5 menambah panjang deretan alasan untuk mengambil AMD Ryzen™ 5 7500F sebagai prosesor di PC gaming kalian.

Latest articles

Related articles

2 Comments

Leave a Reply