AMD-APU-A10

AMD Richland: Elite Series, Desktop APU Tercepat Di Dunia!

Pada tanggal 4 Juni 2013 yang lalu di acara Computex 2013, AMD secara resmi telah merilis seri baru Desktop APU mereka yaitu Richland: Elite Series. Sebelumnya AMD telah merilis deretan APU dengan arsitektur Richland untuk Mobile Device, dan sekarang AMD kembali melakukan gebrakan dengan memperkenalkan APU tercepat di dunia yang mampu mencapai kecepatan 5GHz pada saat di Overclock.

Tentunya kalian sudah penasaran tentang seri APU terbaru dari AMD ini, berikut adalah spesifikasi dari 5 APU terbaru AMD di Elite Series:

AMD Elite Performance

AMD Elite Performance

Terdapat 5 APU baru pada seri kali ini, 4 diantaranya merupakan Quad Core APU dan 1 adalah Dual Core APUdengan A10-6800K menjadi ujung tombaknya. Sebelum kita mengenal lebih jauh fitur-fitur mumpuni dari Richland: Elite Series, mari kita lihat dulu perbandingan antara APU baru ini dengan pendahulunya.

APU Dari Tahun Ke Tahun

APU Dari Tahun Ke Tahun

Seperti yang kita lihat diatas, meskipun Richland memiliki design yang sama dengan Trinity, akan tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari performa keduanya. Peningkatan performa ini adalah karena kecepatan yang lebih tinggi pada CPU Clock dari 3.8GHz (4.2GHz Turbo) pada Trinity menjadi 4.1GHz (4.4GHz Turbo) pada Richland dan penempatan GPU terbaru dari AMD yaitu AMD Radeon HD 8000 Series yang sudah dipersenjatai dengan arsitektur GCN. Selain peningkatan kecepatan pada CPU dan GPU terdapat beberapa fitur andalan lain pada APU seri terbaru ini yang ikut andil pada peningkatan performa, diantaranya adalah :

  • Dukungan untuk DDR3 sampai dengan 2133MHz (Untuk seri A10-6800K)
  • Enhanched AMD Turbo Core
  • AMD Eyefinity
  • AMD Wireless Display
  • AMD Personal Cloud Gaming
Performa In-game

Performa In-game

 

Dukungan Memory DDR3-2133MHz

Dengan mengkombinasikan APU seri A10-6800K, kita dapat mendapatkan tambahan performa hingga 12%, penggunaan memory berkecepatan tinggi juga sangat dianjurkan oleh AMD untuk menghindari terjadinya bottleneck pada sistem kita.

Enhanched AMD Turbo Core

Enhanched AMD Turbo Core adalah pengembangan lebih lanjut dari fitur AMD Turbo Core yang dapat membantu kita untuk mencapai kecepatan dan performa maksimal dari APU. Tambahan yang disematkan pada fitur ini adalah :

Platform Ideal

Platform Ideal

  • Peningkatan frekuensi dan voltase pada CPU
  • Pendeteksi suhu yang lebih baik
  • Algoritma pendeteksi bottleneck

Untuk kenyamanan user, semua fitur pada Enhanched AMD Turbo Core ini dapat kita atur dari AMD Overdrive.

AMD Eyefinity

Applikasi dan software saat ini sangat haus akan resolusi display yang besar, dengan AMD Eyefinity kita bisa menggunakan hingga 3 monitor ber resolusi Full HDbersamaan dengan performa yang apik untuk mendapatkan kepuasan visual. Semua APU Richland: Elite Series sudah bisa menggunakan fitur ini via display port 1.2.

AMD Wireless Display

AMD Wireless Display

AMD Wireless Display

AMD mempersenjatai APU baru mereka dengan 2 fitur nirkabel baru, yang pertama adalah AMD Wireless Display.Seperti namanya, teknologi ini memungkinkan PC kita untuk mengirimkan gambar ke monitor atau display device lainnya secara nirkabel.Tentunya perangkat penerima gambar juga harus mempunyai teknologi nirkabel untuk dapat menampilkan gambar dari PC.

AMD Personal Cloud Gaming

AMD Personal Cloud Gaming

Teknologi nirkabel kedua yang terdapat pada APU seri terbaru AMD ini memungkinkan kamu untuk dapat memainkan game PC pada perangkat mobile seperti Smartphone, Tablet, atau notebook.Fitur ini dapat berjalan dengan sempurna, tentunya dengan menggunakan perangkat mobile berbasis AMD.

 

Eyefinity

Eyefinity

Bila melihat peningkatan performa yang signifikan dan fitur-fitur mumpuni yang terdapat pada APU generasi terbaru ini tentu kamuakan mengira bahwa mereka harus ditanamkan pada PC terbaru juga, tetapi jangan khawatir karena APU generasi terbaru ini mengusung slogan Easy Upgrades dimana mereka tetap menggunakan socket FM2. Para pecinta AMD tentunya sudah tidak asing dengan socket FM2 yang compatible dengan hampir semua APU AMD yang ada saat ini, jadi kamu tidak perlu membeli motherboard baru atau bahkan membeli PC baru untuk melakukan upgrade.

Tentunya sebuah review mengenai hardware tidak akanafdol tanpa melakukan benchmarking dan komparasi dengan produk lain, berikut adalah hasil benchmark yang dilakukan oleh AMD:

Peningkatan performa yang signifikan, dukungan kepada RAM dan Display generasi terkini, kemudahan untuk melakukan overclock, dukungan untuk tambahan kartu grafis dan kemudahan untuk melakukan upgrade tanpa mengganti motherboard  dan platform, jadi tunggu apa lagi untuk segera beralih ke Richland: Elite Series APU generasi terbaru dari AMD?

8 comments

    • Admin
      Author Reply

      Bulan ini sudah masuk ke Indonesia untuk seri AMD Elite Acecelerated Processor (Richland).
      Silahkan cek ke IT Mall terdekat di kota kamu 🙂

        • Rizki
          Reply

          ya bagusan fx-8350+7790. krn ngerender butuh cache yg besar. perbandingannya gini, a10-6800k cachenya 4mb, kalo fx-8350 8mb dan itu l3 sdgkan a10 l2. kalo dana terbatas a10 oke juga, apalagi dual graphic, tapi kalo dananya ga terbatas, mending fx lah

  1. Rizki
    Reply

    amd richland kan pake chipset sama kaya trinity, berarti ga bisa pake pci express 3.0 dong.. sedangkan richland sendiri pake radeon 8000 series..

Leave a Reply