Lenovo IdeaPad 110: Notebook Bertenaga 7th Gen APU A9 Pertama di Indonesia

Bertambah lagi jajaran AMD Notebook yang dilengkapi prosessor terbaru AMD 7th Gen APU, pasalnya AMD dan Lenovo kembali bekerjasama menghadirkan notebook yang terjangkau namun bisa diandalkan untuk kebutuhan komputasi harian hingga hiburan seperti multimedia ataupun gaming, yaitu Lenovo IdeaPad 110. Lenovo IdeaPad 110 ini merupakan Notebook pertama yang hadir dipasaran Indonesia dengan prosessor AMD 7th Gen APU A9-9400 yang dikenal dengan codename “Stoney Ridge”. Dibekali varian dengan layar standar 14” dan layar yang lebih leluasa sebesar 15.6″ resolusi HD, memudahkan Anda penyuka mobilitas untuk membawa notebook ini kemanapun. Lalu, bagaimana dengan kemampuannya?

Lenovo IdeaPad 110 A9-9400

Cek Laptop Gaming Lenovo Terbaru : Lenovo Legion 5: Laptop Gaming Dengan Prosesor Pertama 7nm Wujudkan Performa Idaman Para Gamer

lenovo ideapad 110 7th gen apu A9 dilengkapi radeon diskrit

 

Prosessor AMD 7th Gen APU A9-9400 Berikan Kinerja Komputasi Yang Mumpuni

Anda tak perlu meragukan kemampuan dari Notebook Lenovo IdeaPad 110 ini, karena berbekal prosessor AMD APU A9-9400 yang sudah tersemat kartu grafis terintegrasi Radeon™ R5 Graphics, Anda bisa menikmati kinerja komputasi yang cukup mumpuni dan lancar tanpa kartu grafis tambahan dengan harga yang terbilang terjangkau. Prosessor AMD APU A9-9400 sendiri adalah penerus dari APU A8 di keluarga APUCarrizo-L yang hemat daya. Dan meskipun prosessor ini hadir dengan Dual-Core, tapi bukan berarti performanya kalah dibandingkan dengan Quad-Core generasi sebelumnya. Mengapa? Karena AMD 7th Gen APU menggunakan core berbasis arsitektur “Excavator” yang berukuran lebih besar dibandingkan core berbasis arsitektur “Puma” ataupun “Beema” yang ada pada generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, core yang dipakai sudah di optimalisasi agar berjalan dalam kecepatan hingga 3.2 Ghz yang menghasilkan peningkatan kinerja mencapai hingga 52% dalam pengujian 3D Mark dan Cinebench.

Lenovo IdeaPad 110

Lenovo IdeaPad 110

Tak hanya itu, berkat arsitektur GCN (Graphics Core Next) generasi ketiga pada AMD APU A9-9400 dengan Radeon™ R5 Graphics ini, kinerja performa grafis meningkat hingga 36% lebih baik. Untuk Anda yang hobi gaming mainstream bahkan tidak perlu khawatir soal performa karena Anda bisa memilih varian yang sudah dilengkapi grafis diskrit powerful Radeon™ R5 M430 dengan memori VRAM mandiri hingga 2GB. Tak hanya itu terdapat juga dukungan terhadap memory RAM terbaru DDR4, dimana RAM DDR4 ini memiliki kinerja yang juga lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. Dan meskipun performanya meningkat, prosessor ini tetap hemat daya. Dengan TDP hanya 15W, sama efisiennya dengan AMD APU generasi sebelumnya, atau bahkan lebih baik.

Nikmati Kualitas Video 4K dengan Harga Terjangkau

Belum puas dengan dukungan prosessor yang lebih bertenaga namun hemat daya? Masih ada teknologi HEVC dan VP9 yang sudah tersemat didalam Prosessor AMD 7th Gen APU A9-9400, dimana teknologi ini akan memanjakan Anda dengan kualitas multimedia terbaik. Anda bisa menonton video hingga resolusi 4K dengan lancar serta streaming resolusi tinggi dalam format terkini menggunakan notebook Lenovo IdeaPad 110 tanpa perangkat tambahan.

Fitur-Fitur Unggulan Khusus untuk Anda

Selain didukung dengan prosessor terbaru dari AMD, Lenovo IdeaPad 110 juga dilengkapi dengan Memory terbaru RAM 4GB DDR4 yang lebih cepat serta media penyimpanan sebesar 1TB yang akan membuat  Anda leluasa untuk menyimpan file-file penting. Anda juga bisa nikmati video streaming lebih cepat karena Lenovo IdeaPad 110 menggunakan WiFi 802.11 a/c yang memberikan kecepatan koneksi internet hingga tiga kali lebih cepat di bandingkan versi 802.11 b/g/n.

Bagaimana dengan Anda yang masih sering menonton video, mendengarkan lagu, atau menyimpan data melalui CD/DVD? Tidak perlu cemas karena Lenovo IdeaPad 110 juga dilengkapi dengan DVD/CD-RW drive, sehingga Anda tidak perlu membeli optical drive tambahan untuk memutar CD/DVD secara langsung. Ada juga fitur Lenovo Photo master 2.0 yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengoptimalkan Foto Anda dengan sempurna.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad 110 :

  • Prosessor : AMD APU A9-9400 up to 3.2 Ghz
  • Kartu Grafis : Kartu grafis terintegrasi Radeon™ R5 Graphicatau Kartu grafis Radeon™ R5 M430 2GB Dedicated VRAM.
  • Layar : 14” HD (1366*768) atau 15.6″ HD (1366*768)
  • Memory : RAM 4GB DDR4
  • Hard Disk : 1TB HDD
  • Optical Drive : DVD Recordable
  • Audio : 1x Stereo Speaker
  • Webcam : 0.3 MP with Analog Microphone
  • WiFi : WiFi 11 a/c
  • Warna : hitam
  • Sistem Operasi : DOS
  • Garansi Resmi : 1 Tahun

Game Original Gratis untuk Setiap Pembeliannya

Lenovo IdeaPad 110

Dengan membeli notebook Lenovo IdeaPad 110 bertenaga AMD 7th Gen APU A9-9400, Anda masih berkesempatan untuk mendapatkan Game Original Gratis hingga 31 Desember 2016. Adapun pilihan game yang bisa Anda miliki salah satunya adalah sebagai berikut : LEGO 3 Batman: Beyond Gotham, Space Run, Sonic & All-Stars Racing Transformed, Guacamelee dan Tales from Space: Mutant Blobs Attack.

Dengan kemampuan dan keuntungan yang ditawarkan, tentunya Lenovo IdeaPad 110 ini bisa jadi pilihan ideal bagi Anda yang sedang menginginkan notebook untuk menemani kegiatan komputasi harian Anda dengan harga yang terjangkau. Dibanderol dengan harga 4 jutaan, Anda bahkan sudah bisa menikmati video kualitas 4K dan gaming mainstream. Jadi bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin memilikinya, segera kunjungi toko terdekat di kota Anda.

Latest articles

Related articles

229 Comments

      • Min saya beli yg versi v110 amd a9. Saya cek CPU-Z kok dual channel ya ??. Kata nya a9 hanya support single channel, saya jadi bingung nih. Mohon bantuannya

        • Hi Daffa, bisa saja terjadi kesalahan membaca, karena A9 hanya support singgle channel, meskipun 2 keping RAM yang terpasang tetap metode single channel yang bekerja.

  1. Oiya min, ini monitornya kan 1366×768. itu “main game bola dan nonton 4K” nah pertanyaannya kalo main game bola pake res 4K apa pake vsr? dan apa vsrnya mampu scaling sampai 4K? mohon dijawab.

    • Hi untuk 4K ini hanya untuk nonton film 4K dengan format HEVC ya 🙂 dan untuk menikmati resolusinya, kamu bisa hubungkan notebook ke layar 4K milikmu 🙂

  2. Apa ini lebih bagus dari HP 14-an002ax min?

    Tapi walaupun bisa menikmati kualitas video 4k Lenovo sendiri banyak banget keluhan tentang layarnya, jadi agak ragu dengan ini laptop

    • Kalau untuk prosessornya sih clockspeed lebih tinggi dari yang HP, untuk tugas harian, multimedia, gaming kasual pastinya sudah mumpuni, tapi kalau kamu ingin melakukan tugas komputasi yang butuh banyak core seperti render, lebih baik pakai yang HP karena sudah quad core, kalau yang A9 ini masih dual core 😀

  3. Min, kalau mau mendapatkan game orinya bagaimana caranya? Dan untuk store amd/lenovo ini di mana ya rekomen utk di jakarta-bekasi? Apakah di mangga dua? Atau di mana lagi rekomennya min? Makasih sebelumnya 😀

  4. Untuk Lenovo seri ini ada berapa ya min.?

    Saya liat di Online store belibeli ada 2 Lenovo IdeaPad 110-14AST dan Lenovo IdeaPad 110-05ID, apa perbedaan dari kedua seri ini min.?

    • Lenovo IdeaPad 110-14AST: Layar 14″, tidak ada VGA diskrit hanya menggunakan GPU terintegrasi APU
      Lenovo IdeaPad 110-05ID: Layar 15.6″, ada VGA diskrit R5 M430 2GB

    • Hi, VRAM bervariasi tergantung pada RAM yang kamu miliki, disarankan upgrade sampai 8GB supaya VRAM GPU terintegrasi APU nya jadi lebih besar. Atau kalau mau yang ada GPU diskrit dengan VRAM 2GB beli lenovo ideapad 110 yang 15″ ya 🙂

  5. Saya mau nanya kalo tempat jual laptop AMD di bandung yang mana?? Saya mau nanya tentang AMD 7th gen A9-9400. Kalo boleh saran kenapa nama laptopnya lenovo ideapad 110?? Karena terlalu banyak seri yang sama, seperti ideapad 110-14IBR. Jadi ketika bertanya akan bingung

    • Hi Hafwan, Notebook ini sudah tersedia di pasaran, kamu bisa mendapatkanya di toko Notebook terdekat atau Mall besar dikotamu dan untuk mengenai versi dari Notebook mimin rekomendasikan untuk konsultasikan ke Lenovo Indonesia untuk memperoleh informasi lengkapnya 🙂

      • Min,
        Mohon infonya kalau upgrade RAM yang compatibel dengan Notebook ini (Lenovo Ideapad 110 14 AST AMD A9 9400 RAM yang mana ya?
        Saya khawatir upgrading RAM menjadi 8 (2 X 4 GB) kalau tidak cocok RAM-nya akan menyebabkan notebooknya sering lag atau blue screen.
        Terimakasih.

    • Hi Adit, untuk info menegenai berapa kapasitas maximal Notebook yang digunakan mimin rekomendasikan untuk konsultasikan ke Lenovo Indonesia untuk memperoleh informasi lengkapnya.

  6. Buat yg low budget tapi pengen nge’game. cocok banget buat pake ini laptop. aku sdh beli,dan performance grafik memuaskan. tentunya ada harga ada rupa, tapi lumayan lha bisa buat game Modern WAR,Crysis 3,Far Cry, apalagi memory sampai 1 GIGA.

  7. min kenapa untuk A9 graphic yang terdeteknya cuma 80mb? apakah ini ada penurunan dari seri sebelumnya yang bisa sampai 512?

  8. min download driver laptop lenovo idepad 110-05ID buat win 8.1 64 bit dimana sih ya ? di web amd pas ane instal kok gak work ya ? gak kedetec gitu pas selesai instal gak berubah

  9. saya baru beli 2 bulan laptop ini, tapi sudah 3 kali ganti os (win10) dan tetep aja restart ulang dan muncul pesan error “video.tdr.failure”…kata orang SC nya programnya yg bermasalah tapi masa sampai 3 kali install ulang tetep sama. Apa mungkin vga/prosesornya ?

  10. saya baru beli laptop ini, baru 1 bulan muncul masalah ‘video tdr failur’, sudah 3 kali install ulang win 10. Kata orang SC nya bukan hardware tapi sofwarenya. Setelah saya perhatikan ternyata kalu driver amd nya di hilangkan maka error video tdr failure hilang, gimana sebaiknya, mohon yg tahu solusinya . Driver amd yg tadinya diinstall crimson

  11. Bg mau nanya
    Aku baru beli Lenovo ip110-14ast, tapi kenapa ya ngerestart sendiri dan keluar blue screen gitu. Kenapa ya min bisa gitu, solusinya gimana?

  12. Cara setring vga buat maen game gimana caranya? Di amd catalys control panel center tidak ada pilihan gamesnya. Dan di lptop saya juga tidak terdapat radeon additional settings

  13. Permisi saya mau bertanya, saya pemakai lenovo ideapad 110 saya punya masalah di vramnya, pada saat beemain PES 2013 hayang terdeteksi hanya 80mb mohon bantuannya terima kasih

  14. Min, saya pakai ideapad 110-14ast kok sering kali badsector ya? dan apakah recomen win yg cocok, dan saya sudah beberapakali instal ulang windows, tolong berikan solusinya, dan satu lg apakah dr pihak lenvoo bisa servis panggilan? terimakasih

  15. Kalo Untuk editing.,, Photoshop, autodesk inventor, edit video,, lebih baik yang mana antara lenovo ideapad 110 yg 14 inch dengan asus x454yi.? Mohon bantuannya

  16. min, saya baru saja beli lenovo ideapad 110 15ast, diatas tertulis dedicated vram 2gb, tetapi begitu saya install driver dan saya cek dengan gpuz, ternyata cuman 80mb, tolong solusi, thx

  17. Min, bedanya lenovo 110 yg pake procesor Amd A9 9400 & VGA R5 M430 dengan Lenovo 110 yg pake Vga R5 apa yah? Untuk main game standar macem Football Manager 2017, rekomen mana min? Soalnya saya pgn beli antara kedua jenis ini min udah ngebet bgt 🙂

  18. min, lenovo a9 9400 ini kok vga nya cuma 80 mb kedetectnya trus sering restart sendiri
    saya udah cari disettingannya sama download driver vga juga msh error
    mohon pencerahannya nih

    • Untuk VRAM akan bertambah jika kamu lakukan upgrade RAM hingga 8GB, untuk menghilangkan blue screen bisa update windows mu ke windows 10 anniversary ya 🙂

  19. min tolonggggg, saya bingung min, kemaren beli laptop lenovi 110-14ast ini, terus saya install pake win10, terus saya install juga drivernya, tapi malah blue screen terus, VIDEOFAILURE atikmag, udah di otak atik semuanya ,dan setelah di cari cari ternyata driver vganya ga cocok,
    link donlot driver vganya dong buat win10, ?

  20. mau tanya, laptop saya lenovo 110 14AST, saat di setting pes 2016 kok vram nya cm terbaca 80mb, mohon dibantu cara mengatasinya. terima kasih

    • Hi Deven, tergantung dari penggunaan kamu, game apa yang ingin dimainkan, apakah game tersebut membutuhkan quad core atau lebih mementingkan clock speed.

    • Hi untuk gaming yang butuh minimal 4 core tentu berpengaruh 🙂 Jika kamu mau mainkan game yang butuh minimal 4 core, bisa pilih A8 🙂 tapi kalau kamu mau menikmati multimedia hingga 4K HEVC dengan harga terjangkau bisa pilih A9

  21. mau tanya min, kenapa laptop seri ini yang 15.6 inch padahal VGA dedicated 2GB, knp ya untuk game PES settingan resolusi tidak bisa sesuai’in dng resolusi si layar laptop dan hanya bisa di low tidak bisa diubah ke medium atau high, padahal saya udh download driver nya di website si vendor, tolong ksh pencerahan min, thx…

    • Hi Agil, untuk laptop gunakan driver bawaan laptop yang bisa didownload di situs resmi Lenovo, kemudian untuk mengatasi bluescreen coba update windows 10 ke versi anniversarry bila kamu menggunakan windows 10.

  22. Lebih baik mana Lenovo IdeaPad110 sama HP an-004au?
    Lenovo IdeaPad110 Amd A9 9400 Memory 1 Tera, DDR4 4 gb, total graphic 1935 mb vram cuma 128 mb (kalo buat PES17 malah cuma kebaca 80 mb), sering restart sendiri masalah “video trd failure”.
    HP an-004au AMD A8 7410, memory 500 gb, DDR3 4 gb, total grapich 2287 mb vram 512 mb (buat PES agak nge lag).

  23. kenapa kok pas Install Amd Radeon Software Crimson ReLive 17.4.4 Win10-64Bit, Pas Waktu instal AMD Display Driver Lama Banget Ya min??

    • Hi Ardan, bisa saja, namun sebelumnya kamu pastikan terlebih dahulu disitus resmi Lenovo apakah menyediakan driver untuk windows 7 atau tidak.

  24. min saya mau tanya, untuk driver amd ane kan error nich, ada driver yang cocok lagi gak? kayaknya penjualnya salah install driver

  25. habis beli, cuman bisa windows 10 tapi ngelag lagi.. , di instal windows 7 bisa ga ada driver di dus sama webnya lenovonya , puyeng, punya info min cari drivernya buat windows 7

    • Hi Oky, Notebook ini design menggunakan Windows 10 agar memberikan performa yang optimal dan up to date dengan fitur-fitur terbaru yang dibawa. Untuk driver disediakan oleh pihak Lenovo, sehingga kamu bisa langsung konsultasikan dengan Lenovo Indonesia. Agar notebook berjalan dengan optimal, kamu bisa setting laptop kamu ke maximize performance caranya klik kanan desktop – radeon setting – preference – radeon additional setting – power – set ke maximize performance, kemudian kamu bisa matikan saja aplikasi yang dirasa tidak perlu berjalan di background.

    • Hi Icad.

      Laptop Lenovo Ideapad 110 memiliki dua komponen grafis yakni grafis integrasi Radeon R5 Graphics yang digunakan untuk kebutuhan ringan seperti streaming video dan grafis diskrit Radeon R5 M430 yang digunakan untuk kebutuhan gaming.

      Kedua komponen grafis ini diatur oleh teknologi AMD Enduro agar tetap hasilkan daya tahan baterai yang tahan lama.

      Terimakasih.

    • Hi Agung.

      Mimin lebih rekomendasikan untuk membeli laptop berbasis processor AMD Ryzen dengan grafis Radeon Vega yang lebih handal untuk desain.

      Semoga bermanfaat, salam.

    • Hi Ricky.

      Lenovo IP110 hanya direkomendasikan untuk kegiatan office dan editing ringan. Kami rekomendasikan untuk memilih laptop bertenaga AMD Ryzen Mobile yang lebih bertenaga untuk editing.

      Semoga membantu, salam.

  26. Min..ane baru beli Yg A9 nie..Untuk Awal Nya apa Yg perlu di download/update biar Kinerja laptopNya lebih Optimal..Trus CaraNya gmn Min..? Mohon petunjuk/SolusiNya Min..

    • Hi Hardiko.

      Pastikan kamu selalu rutin cek dan update driver terbaru selain itu silahkan anda rubah powerplan Windows dari “Balanced” ke “High-performance” agar performa lebih optimal.

      Semoga bermanfaat, salam.

  27. Min, ini kuat gak buat aplikasi grafis nya teknik sipil/arsitektur, seperti autocad, sketchup, 3dsmax, after effect, dll? Dibanding kan dengan amd a8 quad core dual vga? Sedangkan ini masih dual core

    • Hi Mikhael, tergantung variant ada juga kok variant yang menggunakan grafis diskrit dan ada juga yang hanya menggunakan grafis pada prosessor APU (IGPU)

    • Hi Sinungbass, driver laptop disarankan menggunakan driver bawaan laptop itu sendiri agar lebih stabil dan compatible karena driver update dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok untuk laptop yang sedang kamu gunakan.

  28. Gan Kok instal driver VGA AMD di Windows 10 Fall Creator Update terrestart sendiri padahal udah clean uninstall driver amdnya sebelum instal lagi driver amdnya

    • Hi Jastro,

      VRAM Lenovo IP110 default adalah 80MB dan sudah mendukung fitur shared VRAM otomatis yang nantinya akan menambah otomatis memori ke VRAM apabila sudah penuh untuk game.

      Terimakasih, salam.

    • Hi Kevin,

      Kami menyarankan untuk lakukan clean install dengan aplikasi DDU Uninstall setelah itu baru di install driver yang sudah disediakan Lenovo pqda website resmi,

      Mengingat sudah diuji untuk berjalan dengan baik.

      Terimakasih, salam

  29. Maaf mau tanya min, apakah untuk lenovo IP110 yang versi diskrit VGA ini mampu menjalankan sistem operasi windows 7? soalnya saya mau install win 7 dilaptop ini karena menurut saya windows 7 merupakan seri universal setelah windows xp di nonaktifkan layanannya

  30. Min Mohon pencerahan nya donk,laptop ane Lenovo ideapad 110 14 ast a9 gen 7 9420, ram 8gb ddr 4, vga Radeon r5 430, Kalo Di install vga nya selalu mslh Di video tdr nya atimpad Dan atimpag..selalu eror..udh CB semua driver YG Di amd Dan Lenovo site nya, Dan udh pula Di upgrade bios..tetep Sama Aja..Mohon min APA Ada suggest driver YG cocok untuk laptop itu..mksh min

  31. Min.laptop saya kan prosesornya amd a9 lenovo ideapad 110,kalok misalnya prosesornya di upgrade ke a12 kira kira bisa nggk min?

  32. min, mau nanya kemarin aku update bios dari support lenovo terus vram nya yang tdi nya sebelum di update 1 gb jadi turun 512 mb, download original nya dimana ya min soalnya mau aku downgrade bios nya. mohon pencerahanya min

    • Hi Mezcal, Sebelumnya perlu diketahui untuk Lenovo IdeaPad 110 memliki dua varian, yaitu varian yang menggunakan kartu grafis internal AMD Radeon R5 dan kartu grafis eksternal Radeon R5 M430, untuk varian dengan kartu grafis internal memiliki VRAM yang di shared oleh RAM dan diatur secara otomatis oleh sistem menyesuaikan dengan aplikasi atau games yang sedang kamu jalankan dengan maksimal VRAM hingga 2GB, sedangkan untuk varian kartu grafis eksternal sudah memiliki VRAM dedicated (mandiri) sebesar 2GB

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here