AMD Dual Graphic

All About AMD Dual Graphics

Artikel ini dikhususkan untuk beberapa pembaca yang sebelumnya bertanya tentang salah satu teknologi visual AMD yaitu AMD Radeon Dual Graphics dan melalui artikel ini akan dijelaskan beberapa hal penting yang harus kita tahu tentang teknologi Dual Graphics ini. Yuk langsung saja

AMD Radeon Dual Graphics adalah teknologi multi-GPU yang ekslusif untuk platform AMD yang menggabungkan AMD APUs dan AMD Radeon discrete graphics cards pilihan untuk bekerja dalam 1 PC; jika sudah digabungkan, platform AMD akan menghasilkan kapabilitas HD dan DirectX® 11 & DirectX® 10 yang lebih baik dari 1 hardware saja. Sampai saat ini sudah ada AMD Radeon Dual Graphics yang didukung oleh AMD A-Series APUs yang berkolaborasi dengan AMD Radeon HD 6000 graphics cards pilihan yang digunakan dalam sistem operasi Microsoft Windows 7.

Memang sejak luncurnya APU series, AMD memfasilitasi untuk penggabungan dual graphics antara graphic card eksternal dengan integrated graphics yang dimiliki oleh processor APU series, namun jangan terlena dulu karena tidak semua graphics eksternal support dengan APU. Untuk mode dual graphics yang avalaible hanya seri HD 6450, 6570, dan HD 6770. AMD’ers bisa check langsung daftar Dual Graphics Solutions untuk notebook dan desktop diabawah ini:

Dual Graphic

Dual Graphic Solution for Notebook

Konfigurasi Dual Graphics atau bisa disebutkan sebagai multi-GPU dengan menggunakan dua buah graphics card lebih merupakan salah satu solusi untuk mendongkrak kinerja gaming. Solusi ini biasa digunakan oleh gamer maupun pengguna biasa jika sebuah graphics card sudah tidak mencukupi untuk menjalankan game kesayangan mereka dengan frame rate yang nyaman di mata.

Dual Graphic

Desktop Dual Graphic

Mode crossfire/dual graphics memang sangat membantu dalam kinerja dan menjadi point plus karena mendapatkan kinerja yang lebih optimal. Selain itu, mode crossfire/dual graphics pada APU ini juga diperuntukan untuk kelas menengah kebawah tentunya sehingga menjadikan penghematan cost untuk perfomance yang lebih baik tanpa harus membeli graphics card yang lebih mahal.

So pembaca, sudah jelaskah kalian tentang teknologi Dual Graphics dari AMD atau mungkin pembaca mau langsung mencoba menggunakan teknologi ini?

 

774 comments

  1. anggit dwi k
    Reply

    kalo boleh saya tanya bagaimana mengoptimalkan dual graphic pada notebook lenovo G405s karena menurut saya performa grafis notebook saya trsebut belum optimal, padahal jika dilihat dari spesifikasinya seperti ditunjang ram 4gb dan dengan 2 kartu grafis seharusnya performanya bisa lebih baik lagi.

  2. Saya mau nanya.. Motherboard saya MSI FM2-A75MA-P33 di spesifikasi motherboardnya tertulis CROSSFIRE dan HYBRID CROSSFIREnya itu NONE (Tidak mendukung) tetapi support AMD Dual Graphics technology..

    yang jadi pertanyaan saya..
    1.. AMD Dual Graphics Technology ama Hybrid Crossfire atau Crossfire itu beda ?
    2. dengan motherboard saya yg sudah support AMD Dual Graphics Technology tetapi tidak support Crossfire dan Hybrid Crossfire, bisa gak saya menggabungkan APU saya AMD A8-6600K Richland dengan HIS Radeon HD 6570 1GB DDR3?

    • Admin
      Author Reply

      Untuk pertanyaan pertama, AMD Dual Graphics merupakan fitur AMD Crossfire khusus untuk GPU yang ada di APU dengan VGA diskrit saja yang dulunya disebut dengan HybridCrossfire. Sedangkan Crossfire sendiri menggunakan minimal 2 VGA diskrit, jadi bukan GPU yang berada di APU.

      Sedangkan untuk [ertanyaan kedua, Bisa karena AMD Elite Quad-Core A8 dapat diaktifkan Dual Graphics dengan menggunakan AMD Radeon HD 6570.

  3. Boby
    Reply

    Min Apa AMD A10 Sudah Ada di indonesia kalo ada kok stoknya rendah banget ya maxnya AMD A8 coba min sebutin lepie amd A10 sekalin MSI Dan asus mohon pencerahannya

  4. Ienz Kasev
    Reply

    malem min . .
    saya pake laptop TOSHIBA M840 dengan spesifikasi Procesor Intel i5 dengan vga AMD RADEON HD 7670M RAM 4GB.
    lalu bagaimana cara mengoptimalkan kinerja laptop tersebut . .. .

    terima kasih

    • Anang
      Reply

      min mau numpang tanya…
      saya punya laptop lenovo G10 AMD A6 terus sering keluar pemberitahuan amd quick stream gimana cara mengatasi nya min..mohon pencerahannya

  5. Mavi
    Reply

    A6-5400k HD 7540D + HD 6570 itu makan berapa watt ya min? n untuk HD 6570 nya sndri max berapa watt ? saya cuma tau CPUna saja 65W

  6. Saya baru ngerakit PC, speknya :

    AMD Trinity A8-5600K Quad-core 3,6Ghz
    DA ATI RADEON HD 5570 2GB 128BIT
    RAM Visipro 4GB + 2GB (yg 2GB bawaan dr spek ane sbelumnya)
    Mobo BIOSTAR Hi-Fi A55S3
    MONITOR LED HDMI LG 20″ (1920×1080)

    Saya coba mainkan game berat seperti Hitman:Absolution, performanya mengecewakan Hasil benchmark hanya 17-20fps.
    Kemudian saya bertanya-tanya di beberapa forum, dan banyak yang menyarankan untuk mengganti VGA tsb dengan Radeon HD 7750 1 GB DDR5.
    Adapula yg menyarankan untuk meng-crossfire A8-5600K tsb dengan Radeon HD 5570 nya.
    Sedangkan AMD sendiri hanya menyarankan untuk memasangkannya dengan HD 6570.

    Maka saya mohon solusi dari Admin.
    Terima kasih.

    • Anonymox
      Reply

      kok RAMnya pincang bro (4+2)? coba di samakan dlu (4+4)
      A8 series itu memang harus di dual-graphic-an dengan HD 6570 (kalau tidak pakai seri ini ya tidak dual graphics)
      dual graphics kan (APU+VGA) kalau crossfire (VGA+VGA)
      cmiiw

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ajib, untuk driver AMD Catalyst 14.1 masih dalam versi Beta sehingga driver tersebut memang masih belum stabil.
      Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan driver versi sebelumnya sembari tunggu 14.1 versi fullnya.

  7. Maaf mas admin, Laptop saya samsung proc AMD A8-4555M APU with Radeon HD Graphic. Ketika pake win7 instalasi VGA nya normal tapi ketika pake win8 dual graphicnya kok malah ratingnya down dan ada tanda tidak cocok (warna kuning) di device managernya, mohon solusinya. Terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dewi, silahkan menggunakan driver AMD Catalyst versi terbaru yang bisa download di web AMD.com sesuai dengan tipe VGA yang digunakan.
      Selain itu, memang tidak semua aplikias ataupun game yang bisa memanfaatkan fitur Dual Graphics.
      Oleh karena itu, silahkan non-aktifkan Dual Graphicsnya jika aplikasi ataupun game yang dijalankan tidak stabil.

  8. Dok, laptop saya Lenovo G405s dan wktu pertama kali beli ada pengaturan buat milih single atau double graphic APU sma GPUnya itu nah kemarin saya iseng update drivernya dan kayanya saya salah install driver jadi skrng kalo mau ke pengaturan switch graphic munculnya malah HydraGrid, minta solusinya dng Dok supaya bisa milih dual atau single graphicnya, Terima Kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Faisal, coba di-uninstall dulu semua driver lama kemudian download dan install AMD Catalyst terbaru sesuai dengan tipe VGA yang digunakan di AMD.com.

  9. Arief budianto
    Reply

    Saya pakai amd a8 6600k dan mobo Gigabyte GA-F2A75M-HD2 AMD Socket FM2, bisa ga di buat menjadi dual graphics (APU + GPU) atau Hybrid croosfire (kalo ga salah).Klo bisa VGA tambahan yang cocok apa?sekalian caranya om termasuk apa saya harus upgrade driver atau apa agar terdetek di windows.sy pakai windows7 ultimate 64 bit ram 4Gg.!pengen kayak laptop sy yg dual graphics juga!!!.makasih om!!

    • Admin
      Author Reply

      Hi Jordan, Lenovo G405S tidak memiliki fitur Dual Graphics meskipun dilengkapi 2 VGA karena 2 VGA ini berfungsi untuk penghematan daya.
      Jika Laptop tidak sedang menjalankan Game ataupun aplikasi berat maka VGA yang akan diaktifkan adalah AMD Radeon 8550G yang lebih hemat daya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, kamu bisa cek di aplikasi Catalyst Control Center, tepatnya di bagian menu Gaming. Mimin saranin untuk selalu menggunakan driver AMD Catalyst terbaru yah 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Fajar, setiap Aplikasi dan Game serta Hardware yang digunakan oleh PC/Laptop memiliki peningkatan kinerja yang bervariasi.
      Mungkin bisa coba untuk menjalankan Aplikasi ataupun Game lain untuk mencobanya.
      Bisa juga melakukan penyesuaian pada bagian Setting agar bisa berjalan dengan mulus.

  10. Tegar
    Reply

    mas saya make ultrabook samsung series 5 dual grapich AMD Radeon HD 7600G + 7550M HD Ram 6gb tapi ok performa nya masih kurang yah, itu cara maksimalin nya gimana mas?

  11. muhammad ashry
    Reply

    min, laptop saya vaio sve14128cvb, win 8, ram 4 gb, amd radeon hd 7550m, gimna cara mengaktifkan amd radeonnya supaya lebih bgus kualitas gambar ??
    di tunggu jawabannya min

  12. Melissa K.
    Reply

    admin, saya dulu g sengaja keuninstall amd radeon saya. saya sudah install lagi & berhasil. Tapi ketika saya buka di device manager bagian graphic adapter tidak ada amd radeon. bagaimana cara memasangnya, min? Terima kasih.

  13. Ichsan
    Reply

    Mas saya baru beli laptop HP pavilion 14-n010ax, dengan dual graphic AMD Radeon HD 8610G/8670M 2 GB. Saya udah download drivernya dari amd catalyst terbaru tapi masih saja kurang performanya untuk kalangan game online. Cara maksimalin performanya gimana ya?

  14. Fajar Pratama
    Reply

    Hi min, saya memiliki laptop Lenovo G40-07 dengan spek core i3 4010u ram 2GB, vga Intel HD dan AMD Radeon R5-M230 2GB, kenapa ketika bermain game Besar seperti GTA 4, Masih ada lag di game tsb? padahal spek laptop saya sudah recomend buat game tsb ? apa salah dengan settingan ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, jika lihat sekilas memang Laptop tersebut agak kurang dalam memainkan game tersebut.
      Mimin sarankan untuk melakukan upgrade pada memory dan melakukan penyesuaian setting.
      Serta jangna lupa untuk menggunakan driver AMD Catalyst terbaru.

  15. Risyad
    Reply

    Min, saya punya laptop dengan asus X452c dengan VGA intel HD dan AMD radeon HD 8530M saat menginstall driver AMD versi terbarunya device yang di detect menjadi R5 M240 mau bertanya apa semua sama driver untuk laptop/notebook? atau driver yang saya download salah? karena masi suka lag pada beberapa game seperti dota2 sering drop FPS nya, terima kasih.

      • dimas putra
        Reply

        nah min, kebetulan laptop saya juga ini. dan permasalahannya juga seperti ini, kalau habis instal drvier pasti langsung blank screen setiap masuk os. udah lebih dari 3x ngulang kayak gini.

        jika saya instal vganya dari device manager, memang berhasil terinstal dan terbaca di device manager, tapi saya rasa itu tidak berfungsi, karena saya bermain game tetep lag, padahal game itu tidak terlalu berat juga.

        makasih

        • Admin
          Author Reply

          Apakah kamu menginstall driver bawaan laptop? Mimin sarankan untuk laptop hanya menggunakan driver bawaan dan bukan yang versi generik / donload dari situs AMD, hal ini dikarenakan belum tentu versinya kompatibel dengan komponen laptopmu, sehingga sering terjadi error

  16. Tasheen
    Reply

    Saya pake proci a6 5400k, dual dengan HD 6570, psu 500watt, mobo socket FM 2..
    Support kah untuk dual grapgics ?
    Sudah install catalyts trbaru dr website amd ..
    Namun ketika menjalankan game, layar monitor saya berkedip hitung saja 1menit lebih dr 10x, apakah yg salah dengan pc saya ?
    Monitor ? Kabel vga ? Atau pengaturan bios dan catalyst control centre ..
    Mohon pencerahannya admin

  17. Tasheen
    Reply

    Sudah aktiv kok min ..
    Atau mungkin game2 nya tidak sopport atau gmn saya bingung ..
    Catalyst trbaru, driver sudah trinstall, enable dual graphics juga udah ..
    Untuk game Pes2013 dan dota 2 yg saya coba kedip2 ketika ada grafis 3D ..
    Harus ganti kabel hdmi atau kabel vga biasa saja ?
    Setting bios gmn ? Untuk bios asus

  18. ricky
    Reply

    min, saya punya lapto asus X452c, dengan VGA AMD Radeon HD 8530M 1GB, saya coba install driver dari driver cd yang di kasih sama asusnya ko, pas saya instal di tengah jalan malahan black screen yah.? terus pas saya cek di divice managernya VGA radeon saya sudah terinstall tapi tidak melalui AMD catalyst… pas saya klick kanan di destop juga gak ada AMDnya .? pas saya cek pake dxdiag, yang kebaca cuma intel (R) graphics…. saya mau unistall juga gak bisa min, karna programnya belom terinstall… tapi sudah tertera di divice managernya saya bingung min, karna setiap saya install dirvernya laptop saya malahan black screen terus, jadi gimana yah solusinya untuk saya bisa mengistall driver catalystnya, dan pas saya klick kanan di desktop ada icon AMDnya.? maaf min kalo pertanyaannya beribet

  19. Tasheen
    Reply

    Min mau nanya ..
    Proci saya amd a6 5400k dual graphics sama amd radeon 6670 ..
    Rencana mau saya ganti procinya pake amd A10 7660, mobo socket FM2 ..
    Apakah cocok ?
    Tinggal colok proci atau ada setting lainnya ?
    Minta pencerahannya min

  20. Gian
    Reply

    Hey min, saya pakai A6-6400K dengan mobo biostar A55S3, apakah bisa dualgraphics ? Jika bisa VGA apa yg cocok? Lalu bagaimanakan konfigurasi nya? Trims min

    • Admin
      Author Reply

      Hi, Motherboard tersebut sudah support Dual Graphics dan AMD Elite A6-6400K bisa dipasangkan dengan AMD Radeon HD 6570 & HD 6450.
      Mimin lebih menyarankan untuk menggunakan seri AMD Radeon R7 saja tanpa Dual Graphics karena memiliki teknologi lebih baru terutama sudah Support Mantle dan DirectX yang baru 🙂

  21. Pandu
    Reply

    Selamat pagi min,mau nanya
    Lenovo G40-45 AMD A8 6410 + Radeon R5 M230 , kenapa pas saya cek dibagian display kedetect nya Radeon R4 Series? saya buka software pengecek Suhu laptop juga kedetect nya radeon R4 Series,cuma pas buka software GPU-Z ada 2 pilihan GPU yaitu radeon R4 series & Radeon R5 M230,dan saya cek dibagian bawah GPU-Z ada tulisan “Crossfire Available”
    nah,yg saya mau tanya,apakah Notebook saya Lenovo G40-45 bisa dibuat Crossfire/Dual Graphics Radeon R4 Series + Radeon R5 M230??
    mohon pencerahannya min,makasih 🙂

  22. newbee
    Reply

    Gan, AMD catalyst control panel ane ko menu gaming,power nya pda ilang iya, sblumnya muncul menu gaming dll nya. Tapi skrng cmn ada menu desktop dan display. Ada solusi gan biar settingan menu gaming nya muncul lgi ? Terus pas di klik kanan di dekstop sblumnya di bwah amd catalys ada configure switchable grapich, tpi skrng ilang. Kenapa ya?

    https://s.yimg.com/hd/answers/i/096b67a7a084436b8f451e2b65cd8ddb_A.png?a=answers&mr=0&x=1407491760&s=3dd77b3b9bea4b4401195ab117deb731

      • permisi admin, laptop saya lenovo G40-70 core i7, ram 4 gb, vga Intel HD graphics 4400 switchable with AMD Radeon HD 8500 2 gb, saya mau tanya, kok laptop saya kalau di pakai game yang graphicnya di high semua kok terjadi lag atau ngadat gitu, terus di setting pes 2013 kok unable dan vramnya cuma 32 mb, padahal sudah saya setting high performance dan drivernya terbaru. terima kasih sebelumnya.

        • Admin
          Author Reply

          Hi, drivernya harap gunakan driver bawaan terbaru yang disediakan oleh vendor pembuat laptopnya ya…
          Dan untuk settingan PES akan selalu mendeteksi GPU Intel HD nya saja, makanya display dari vramnya cuma 32mb. Perlu diketahui, asalkan settingan gamenya sudah diubah ke high-perfomance, saat bermain game tersebut akan secara otomatis berpindah ke GPU yang lebih kuat. Jadi display yang tertulis dibagian settingnya tidak selalu benar ya 🙂

          • Danang

            misi gan, boleh nanya soal [B]lenovo g40-70[/B] core i3 4th, intel HD 4400, 2 GB RAM, GPU AMD R5 M230 2 GB.
            ane pake W8.1 gan, pas mau maen PES 2013 di settingnya Proci “good”, RAM “OK”, GPU kebaca AMD R5 M230, tapi status “unable”, dan VRAM jg hanya kebaca 32 MB, jelas lah statusnya “unable”, sehingga ga bisa di setting high di PESnya. Ane cek lebih lnjut dgn GPU-z terbaca memori AMD R5 M230 0 MB, di bagian sensor memori dedicatednya jg 0 MB. Padahal drivernya kan bawaan ini laptop, jg telah ane coba buat uninstall dan installlg driver AMDnya lagi, baik bawaan ataupun dari situs AMD, tapi hasilnya nihil. ane coba juga updet bios ke versi tebaru tp ga ada pengaruh.
            Hingga ane coba utk install ulang pake OS yg sama namun ttp ga ada hasil. 🙁

          • Danang

            misi min, help! soal lenovo g40-70 core i3 4th, intel HD 4400, 2 GB RAM, GPU AMD R5 M230 2 GB.
            ane pake W8.1 min, pas mau maen PES 2013 di settingnya Proci “good”, RAM “OK”, GPU kebaca AMD R5 M230, tapi status “unable”, dan VRAM jg hanya kebaca 32 MB, jelas lah statusnya “unable”, sehingga ga bisa di setting high di PESnya (ane udh set nih game ataupun settingnya di AMD catalyst control ke high performance). Ane cek lebih lnjut dgn GPU-z terbaca memori AMD R5 M230 0 MB, di bagian sensor memori dedicatednya jg 0 MB. Padahal drivernya kan bawaan ini laptop, jg telah ane coba buat uninstall dan installlg driver AMDnya lagi, baik bawaan ataupun dari situs AMD, tapi hasilnya nihil. ane coba juga updet bios ke versi tebaru tp ga ada pengaruh.
            Hingga ane coba utk install ulang pake OS yg sama namun ttp ga ada hasil.

  23. arismyd
    Reply

    min laptop saya lenovo g40-70 4354 dengan prossesor core i3, vga amd radeon m230 2gb dan ram 2gb.. masalahnya adalah pd saat saya sudah selesai instalasi game pes13 di laptop saya kinerjanya tuh gak optimal pas sy liat di setting pes13 kualitasnya hanya bisa di low tidak bisa naik lalu gpu dan vramnya hanya unable vram saya kebaca di pes13 hanya 32mb, yg saya mau tanya gimana cara optimalkan vga dan vram untuk game seperti pes13 gan?laptop saya baru belom di apa2kan langsung sy instal pes13 dan gak bisa spt yg saya jelaskan tadi. tolong bales min

    • Admin
      Author Reply

      Hi, sebelumnya pastikan AMD Catalyst sudah terpasang dengan benar dan Power Option berada di opsi High Performance.
      Silahkan dicoba kembali. 🙂

      • andik
        Reply

        catalist sudah terinstall, dan setting sudah high performance,tapi tetap saja pes 2013 vram kedetect 32 M, ada cara lain?……..

        • Admin
          Author Reply

          Hi, untuk jumlah VRAM memang diatur otomatis dan tidak terlalu pengaruh banyak pada performa game.
          Mimin sarakan coba sesuaikan setting game tersebut ataupun bisa coba upgrade memory ke Dual Channel agar performa pada APU bisa lebih maksimal.

          • Cindy

            Hi Admin, numpang tanya saya pakai Lenovo G40-70 core i3 1.9 Ghz ram 2gb Vga AMD Radeon R5 M230 2gb + Intel(R) HD Graphics Family . Driver vga keduanya sudah paling update tpi tetep kalo di pake PES 2013 kedeteknya Minimum System Requirements GPU & VRAM nya unable kedetect nya cuma 32 mb! minta pencerahannya sebenernya lenovo G40 aq support ga buat game PES 2013!Makasih,,,

          • Admin
            Author

            Hi Cindy,
            Setau mimin laptop tersebut lebih ke casual gaming dan kalau digunakan buat main PES seharusnya cuma bisa di settingan medium-low.
            Pastikan saja power option yang digunakan adalah high-perfomance supaya saat memainkan game berat laptopnya akan menggunakan VGA Radeon R5 M230

          • saya juga sama, lenovo B40, corei5 4200m ram 4gb. Amd radeon r5 m230 2gb.
            GPU dan VRAM tidak terbaca (unable) di Pes 2013, Vram kebaca 32Mb.
            apa saja yang harus dilakukan?
            amd catalyst sudah terinstall kok. apa harus download vga driver lg yg dr web lenovo?

          • Admin
            Author

            Memang kadang-kadang sering ada kesalahan pada game tersebut. Tapi selama AMD Catalyst Control Center nya sudah terinstall dan power option sudah disetting High Performance, maka akan otomatis menggunakan grais diskrit saat bermain game. Jika menggunakan driver bawaan lenovo akan lebih bagus.

          • Aji

            Lenovo G40-70 4354, core i3, Vga Amd Radeon R5 m230 2gb dan Ram 2gb..
            untuk PES13 kok VGA & Vram “Unable” sih.. ? tolong solusinya min…

          • Admin
            Author

            Ini lihatnya di halaman setting ya? sebenernya tidak masalah asalkan di power option sudah dipilih high peformance, tidak akan mengganggu kinerja kok 🙂

        • Admin
          Author Reply

          Coba Jalankan PESnya As Administrator

          Coba Juga Klik kanan pada Icon PESnya -> Properties -> Compatibility, Compatibility Mode Pilih Windows 8

          Jika Compatibilitynya ga Mempan di Windows 8 Coba Set ke Windows 7 atau Windows XP, dan Jalankan as Administrator

          dan Jgn Lupa Update Driver-drivernya juga

  24. sophie
    Reply

    Hiii kakak suhu, mau tanya ini, aku pakai vga AMD Radeon 6570. aku mau pakai 2 monitor tapi kenapa gak bisa ya..? yang ke detek cuma chanel yang pakai analog cable vga, sedang analog kabel dvi gak ke detect. mohon pencerahan

    • Admin
      Author Reply

      Hi, apakah kamu sudah mencoba pasang di colokkan lain?
      Mimin sarankan untuk tidak menggunakan converter karena kadang-kadang bermasalah di kompabilitas.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, maaf yah mimin belum mencobanya.
      Alangkah baiknya kamu mencobanya langsung yah dan kualitas setting pada game seharusnya berada di Low ataupun Medium dimana tergantung dari game yang dimainkan 🙂

  25. min saya baru beli asus x425c dia kan ada vga radeonnya hd8350 1gb cara ganti vganya jadi radeon yg dipake gimana ya? klik kanan nggak ada run with grapichnya trus masuk catalysnya bingun caranya gimana

    • Admin
      Author Reply

      Hi, apakah di dalam Catalyst Control Center terdapat menu Switchable Graphics?
      Jika ada, kamu bisa melakukan pengaturan di situ.
      Sebelumnya juga pastikan Power Option sudah berada di opsi High Performance agar AMD Radeon tersebut bisa aktif.

  26. fahmi iqra
    Reply

    Admin minta tolong dong saya punya laptop lenovo g40-45 saya mau tanya apa laptop ini mendukung dual vga? Vganya amd Radeon R5 M230 dan Radeon R4 series

        • Admin
          Author Reply

          Setau mimin untuk seri Lenovo tersebut tidak memiliki Dual Graphics. Tetapi Lenovo seri tersebut mempunyai dua GPU dimana akan switch sendiri saat lagi butuh perfomance extra atau saat lagi butuh hemat penggunaan listrik.

          • Reva Amaly

            min minta saran nih laptop saya lenovo g40 45 sid A8, kan itu 2 vga ya to? kalo gak salah AMD radeon R5 ama R4, kalo misal mau aktifin cuman salah satu dari 2 vga itu gmna? trus laptopnya nih gradasi warnanya ga rapih, kalo ada warna dari hitam ke putih mesti ada kotak”nya gitu, solusinya gmna? udah di update catalystnya ttp ga bisa

          • Admin
            Author

            Hi Reva, sebenarnya tidak usah maksa mengaktifkan salah satu VGA, saat laptop butuh kinerja extra maka secara otomatis akan menggunakan VGA yang kemampuannya lebih kuat, sedangkan saat laptop lagi tidak menjalankan applikasi berat akan secara otomatis menggunakan VGA yang lebih menghemat listrik. Yang perlu diubah hanya power option yang digunakan apakah power save atau high perfomance.

            Kalau untuk masalah gradasi warna coba menggunakan driver Catalyst yang disediakan oleh Lenovo. Jangan menggunakan Driver AMD Catalyst dari website resmi AMD karena belum tentu kompatibel dengan laptop yang digunakan. Kalau misalkan tetap gak bisa sebaiknya coba dibawa ke service center Lenovo untuk pengecekan.

          • Admin
            Author

            Hi coba kamu colok ke layar LCD eksternal dengan koneksi HDMI, apakah gradasi masih terlihat di layar LCD eksternalnya, dan apakah bisa minta screenshot juga? di upload ke link external saja biar bisa mimin lihat

  27. Admin, Laptop saya Lenovo G40-45 (A8 6410 + VGA R5 M230 2Gb), kl mau download driver VGA R5 M230 dimana ya ?, soalnya VGA saya ke detect R4, mohon bantuannya ya ?, makasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Anton,

      Kalau untuk driver laptop bisa coba cari di website resmi Lenovo ya atau coba contact admin Lenovo di facebook.com/lenovoid

      Semoga membantu 🙂

  28. AdiSaputra
    Reply

    Selamat siang min. saya liat di device manager, Display adapter saya ada 2. (1. AMD Radeon R5 M230) (2. AMD Radeon(TM) R4 Graphics). tapi yang terbaca di dxdiag dan di setingan pes2013 saya malah yg AMD Radeon(TM R4 Graphics. gimana caranya biar yang R5 M230 saya jadi primary adapter ? Thanks min.

  29. om min mu nanya ni saya berencana untuk beli acer e5 421 dengan AMD Quad-Core processor A6-6310 dan juga video type VGA AMD RADEON HD7470 bagaimana penjelasanya min…karena ingung jga antara tabel diatas dg spesifikasi yang ada…makasih min atas jawabanya…

    • Admin
      Author Reply

      Hi Andre,

      Maksudnya mau beli laptop dan 1 VGA yang terpisah tujuannya buat apa ya?
      Kalau misalkan mau dual graphics di laptop dari mimin sarankan beli laptop yang memang ada fungsi dual graphicsnya.

      Semoga membantu 🙂

      • iya min….acer e5 spek didalemnya udah pake amd quadcore A6 6310 dan vga nya amd radeon hd 7470..maksudnya dengan A6 6310 plus amd radeaon yg hd 7470 kok gk ad itu di tabel diatas…mohon pencerahanya min 🙂

        • Admin
          Author Reply

          Karena list tabel diatas khusus untuk processor PC ya bukan laptop.
          Kalau untuk laptop beda lagi, mungkin bisa dicek seri nya di website Acer apakah ada tulisan dual-graphics. Kalau gak ada artinya gak bisa ya.

  30. awan
    Reply

    Min numpang tanya laptop ku lenovo g40-70 i3 vga amd radeon 2gb. Tp untuk game PES 2013 ke detect nya kok intel HD ya? Cara switch ke AMD Radeon gmana ya? Thx.

  31. selamat siang…laptop saya X452c core i3 dengan VGA Radeon HD 8530m…tetapi yang terdeteksi di sistem hanya intel HD 4000. Saya sudah mengunduh driver terbaru dari AMD dan sudah menginstal catalyst, tetapi di informasinya malah terdetksi R5 M240. Apa yang salah ya? Sistem saya menggunakan Windows 7 Proffesional. Terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aditya,

      Dari sistem windows sendiri memang cuma bisa mendekteksi 1 graphics card dalam satu waktu. Jadi tidak ada hubungan dengan driver yang digunakan ya. Kalau mau memastikan apakah terdapat VGA Radeon HD 8350m nya bisa cek dengan menggunakan applikasi gpuZ

  32. Mas Admin numpang tanya saya pakai Lenovo G40-70 core i3 1.7 Ghz ram 2gb Vga AMD Radeon R5 M230 2gb, kenapa ya saat saya memutar video gambarnya agak lag?tolong solusinya…
    saya sudah update ke AMD Catalyst yang terbaru tapi tetap saja lag…
    trimakasih sebelumnya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Vata,
      Untuk laptop/notebook sebaiknya jangan menggunakan driver AMD Catalyst terbaru yang ada di website AMD ya. Sebaiknya download drivernya dari website resmi Lenovo saja karena lebih kompatibel sama laptop kamu.
      Untuk saat memutarkan video ngelag ada banyak kemungkinan, sebelumnya sudah pernah coba buka videonya pakai applikasi lain sebagai perbandingan? dari mimin sarankan coba menggunakan applikasi video player lain seperti VLC atau Media Player Classic.

      Semoga membantu 🙂

  33. rizki
    Reply

    selamat malam, mohon pencerahannya, laptop saya lenovo g40-45 , ram 4 gb, vga R5 230, nah yang ingin saya tanyakan, ketika membuka dxdiag, kenapa vga nya cuman 512 MB? padahal kemaren di toko katanya vganya 2GB? , dan juga jika saya bermain game apakah hal itu akan menghalangi? terimakasih,

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rizki,
      Untuk Laptop Lenovo G40-45 mempunyai 2 GPU didalamnya, saat normal laptop tersebut akan menggunakan GPU Onboard untuk menghemat penggunaan listrik sedangkan saat butuh perfomance extra laptop tersebut akan menggunakan GPU diskrit untuk perfomance maksimal.
      Dxdiag tidak dapat mendeteksi 2 GPU sekaligus jadi yang terdeteksi disana hanya GPU onboard saja.
      Kalau misalkan mau lebih jelas bisa coba cek menggunakan applikasi seperti GPUZ.

  34. Hi min. laptop saya lenovo g40-45, amd a8-6410 with radeon graphics r5 ,ram 4gb.
    nah yang saya tanya kenapa pas main pes 2013 gpu dan vram unable?
    lalu di dxdiag display kedetectnya amd atombios? padahal settingan amd catalyst sudah high perfomance.
    gimana caranya supaya radeon r5 saya kedetect min?
    saya pake win 8 pro. apakah OSnya ngaruh min? soalnya pas saya liat dikaset driver, itu untuk win 8.1

    • Admin
      Author Reply

      Hi Christian,
      Untuk dxdiag sudah pasti tidak akan bisa detect Radeon R5 karena aplikasi tersebut hanya bisa mendeteksi 1 vga saja, kalau mau cek sebaiknya menggunakan aplikasi seperti gpuz.
      Dan sedikit note, menggubah settingan power option ke high-perfomance tidak berarti laptopnya akan langsung menggunakan VGA yang lebih kuat, laptop akan secara otomatis pindah ke VGA yang lebih kuat kalau misalkan laptop tersebut butuh kinerja extra (Contohnya seperti lagi main game).

  35. Hi min. laptop saya lenovo g40-45 amd a8-6410 with radeon r5 graphic.
    tapi pas main pes kok vram dan gpu unable min?
    pas saya check di gpu-z kok graphicnya microsoft basic display adapter min padahal driver amd catalyst saya sudah instal. saya pake win 8 pro min.
    apa ada solusi min ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Natthael,
      Untuk driver AMD Catalyst-nya gunakan yang official dari website Lenovo untuk laptop G40-45 nya ya…
      Jangan mengunakan AMD Catalyst dari website AMD karena belum tentu kompatibel dengan laptop yang digunakan.
      Dan untuk windowsnya dari mimin sarankan update ke Windows 8.1 ya karena lebih stabil.

    • I A M
      Reply

      saya juga mengalami hal yang sama.. jadi setelah diusahakan dengan berbagai cara, akhirnya ketemu juga cara install amd radeon r5 di windows 8..

      caranya :
      1. install vga driver dengan normal.pada saat kita install driver, awalnya kita diminta untuk menentukan folder untuk mengekstrak aplikasinya.
      ingat dan catat foldernya.

      2. setelah proses instalasi selesai, masuk ke device manager (klik kanan di my computer, pilih properties.. dan klik device manager.

      3. cari displaynya. klik kanan di microsoft basic display dan pilih update driver. pilih browse mycomputer for driver software. dan cari folder hasil extract vga radeonnya.

      4. pilih next dan biarkan dia berkerja..

      5. woalla… amd radeon 5 terinstall dengan sempurna..

      semoga bisa membantu..

  36. Ryan Onta
    Reply

    Pagi min, mau minta saran. Lenovo G40-45 (A8 processor), kalo seandainya saya colok ram tambahan 4gb akan banyak berpengaruh tidak?

  37. Panji Wiguna
    Reply

    siang min, Minta saran nih min laptop saya Lenoyo G40
    ram 2gb
    Hardisk 500gb
    tapi kata temen saya VGAnya gak ada di laptop saya
    sebaiknya VGA merek apa ya min untuk gaming?
    Makasih Min 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Panji,
      Mungkin maksudnya laptop Lenovo G40 ya 🙂
      Berikut informasi yang mungkin bisa membantu:
      1. Untuk laptop VGA tidak dapat dibongkar pasang ataupun ditambahkan ya (kecuali bongkar pasang sendiri dan tidak melalui distributor resmi/service center tetapi hal ini bisa menyebabkan garansi laptop hilang).
      2. Kebanyakan laptop sekarang merupakan switchable graphics, dimana terdapat 2 VGA didalamnya. VGA tersebut akan berpindah sendiri sesuai dengan penggunaannya. Misalkan Anda sedang browsing dan tidak lagi charging laptop Anda, maka dari laptopnya akan menggunakan VGA yang komsumsi daya-nya paling kecil supaya baterai yang digunakan bisa bertahan lebih lama. Sedangkan kalau misalkan lagi main game berat dari laptop tersebut akan menggunakan VGA yang kinerjanya lebih bagus supaya game yang dimainkan tidak lag.
      3. Untuk download AMD Catalyst dari mimin sarankan download di website resmi Lenovo saja menggunakan driver bawaannya supaya lebih kompatibel.
      4. Laptop Lenovo series G40 setau mimin lebih digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau casual gaming. Jadi untuk beberapa game berat mungkin akan sedikit sulit. 🙂

  38. farid
    Reply

    bro Admin numpang tanya saya pakai Lenovo G40-70 core i3 1.7 Ghz ram 2gb Vga AMD Radeon R5 M230 2gb, kenapa Ram pada VGA AMD tidak terdect saya sudah coba pakai CPU-ID dan di sistem AMD catalsty juga Ram y ngak ke detect, serta saya tidak bisa melakukan setting color dan contas, resolusi, di Desktop management di dalam AMD catalyst, sehingga tampilan sangat cerah bahkan melalui tombol hot key keybord untuk kecerahan tidak ada efeknya

    terima kasih
    mohon infonya

    • Admin
      Author Reply

      Sudah update versi windows yang digunakan ke yang terbaru?
      Driver AMD Catalyst yang digunakan apakah sudah kompatibel? dari mimin sarankan mengunakan Driver AMD Catalyst bawaan dari vendor pembuat laptopnya langsung ya 🙂
      Coba cek VGA-nya dengan menggunakan aplikasi GPU-Z, jangan lupa ubah pilihan VGA nya dari intel HD ke R5 Graphics ya.
      Semoga membantu 🙂

  39. dopi cahyana
    Reply

    Pagi min, saya mau bertanya. Laptop saya sony vaio vpcca35fg ketika running dx diag kok vga radeonnya tidak ada ya? Yg terbaca hanya vga intel hd nya saja. Tapi seperti graphics switchable dan amd catalystnya terbaca.

    • Admin
      Author Reply

      Karena Dxdiag cuma dapat membaca 1 VGA dan yang terbaca sudah pasti akan selalu iGPU yang terdapat pada laptop 🙂
      Kalau mau ngecek bisa coba menggunakan aplikasi lain seperti GPUZ

  40. Richard
    Reply

    min laptop ane Lenovo G410 yg i5 punya 2vga yaitu Intel HD 4600 dan AMD radeon 8500m.. nah mau tanya min kok klo pake gpu-z yg kebaca Intel doang ya,, trus ane buka game yg bisa select graphic card yg kebaca tetep Intel doang gmn nih min 🙁
    udah setting high performance pdhl di catalystnya.. tolong dibantu yak min !! 😀

    • Admin
      Author Reply

      Di GPUZ bagian kiri bawahnya tidak ada pilihan GPU yang lain?
      Kalau tidak ada dari mimin sarankan laptopnya dibawa ke Service Center Lenovo atau tempat kamu membelinya untuk pengecekan ya 🙂
      Dan sedikit info, setau mimin belum ada game yang bisa memilih mau menggunakan GPU yang mana, adanya yang bisa mendeteksi GPU apa yang sedang aktif sekarang, sedangkan dari sistem cuma akan menggunakan GPU AMD Radeon 8500m saat membutuhkan perfomance extra (cth: saat lagi main game).

  41. Ryan Onta
    Reply

    Pagi min.. di CPU-Z kok A8-6410 cuma terdetect under 1GHz? Saya pakai untuk main Counter Strike Global Offense cuma dapet FPS 15-23, padahal kalo diliat spek gak tll mengecewakan, dan game disetting di low semua. Ada saran min?
    sorry dopost.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ryan,
      Ini beberapa rekomendasi dari mimin yang mungkin bisa dilakukan:
      – Pastikan power option pada laptop sudah disetting High-Perfomance sebelum mulai memainkan game.
      – Supaya perfomancenya tidak menurun, pastikan gaming di tempat yang sejuk sehingga laptop tidak kepanasan.
      – Update driver Catalyst menggunakan driver bawaan dari vendor pembuat laptopnya sendiri, jangan menggunakan yang di amd.com karena belum tentu kompatibel dengan laptop yang digunakan.

      • Ryan Onta
        Reply

        Saya sudah setting high di control panel, dan di energy management yang dimiliki lenovo, tp masih tetep uy min, FPS gak kedongkrak. Apa yang salah yah?

        Kalo processor yang saya punya itu termasuk APU Procie yah? kalo APU procie itu memang wajib dual slot ram atau bagaimana? soalnya saya masih single slot RAM yang terpasang.
        Lalu saya lihat di beberapa review katanya ada semacam program dual RAM itu, nah program tersebut sudah build in di procie atau ketika saya tambah RAM saya harus download lagi programnya?

        Thanks min

        • Admin
          Author Reply

          Mimin pernah test menggunakan laptop ini untuk bermain dota 2, PES 2014 dan GRID Autosport pada settingan low masih playable dengan FPS 30 keatas rata-rata.
          Sebelumnya menggunakan OS windows versi berapa dan berapa bit?
          Coba di AMD Catalyst bagian power settingnya juga diubah ke High Perfomance.

          Ya APU, tidak wajib harus menggunakan RAM dual channel tetapi perfomance dari APU akan lebih menonjol kalau menggunakan RAM Dual Channel.
          Tidak perlu menggunakan program tambahan, asalkan RAM nya sudah dua keping juga perfomancenya akan meningkat kok 🙂

          • Ryan Onta

            win 8.1 64 bit min.

            Kalo saya tambahin ram, sehingga jadi dual slot, kira2 naik performanya berapa % yah min? untuk peningkatan fps di dota2 aja min.

  42. nugroho
    Reply

    min procie ane hp g008au amd quadcore a8-6410 with radeon r5..
    bisa dual graphic gak min..kalo bisa pake apa min..bisa gak maen game pes 2013?

    • Admin
      Author Reply

      Untuk dual graphics seharusnya tidak bisa…
      Kalau untuk main game PES 2013 dari mimin tidak pernah coba jadi kurang tau. Kalau dilihat dari speknya mungkin bisa dengan settingan low

  43. Ryan Onta
    Reply

    Min, maaf nih banyak tanya.

    kemarin saya upgrade ram, dengan menambahkan 1 slot 4GB DDR3 Ram ke laptop dengan procie A8-6410 with r5, dan vga radeon r5 m230.
    Saya mau bertanya, setelah saya cek cpuZ, channel masih tetap single padahal tipe memory yang saya pasang , speed dan voltase sesuai dengan bawaan pabrik.
    bisa dibantu min untuk masalah ini?
    Terinstal win8.1 64 bit

    Terima Kasih

    • Admin
      Author Reply

      Oh ya maaf Ryan… Dari mimin lupa kalau seri A8-6410 APU Beema memang cuma support single channel memory…
      Mohon maaf banget mimin salah kasih info kemarin >.< Oh ya tambahan untuk masalah CS:GO kemarin, coba cek settingannya apakah sudah menggunakan Direct3D atau OpenGL... jangan menggunakan software.

  44. wachyu
    Reply

    Problem ASUS x452c Dual vga . vga primary intel HD 4000 . secondary Radeon HD 8530M 1GB. Dalam memainkan PES2013 slalu terdetech vga primarynya..gambar jd tdk smooth..pengaturan dual vga udh diatur melalui switchable graphic HIgh performance utk PES2013. Namun msh tdk bekerja di PES2013 dan masih terdetect vga primary. instal driver dr CD bawaan sdh.. Update driver dr web resmi sudah. tdk ada hasil. mhn kalo ad solusinya.

    win 8.1 64bit
    2gb ram
    core i3 3127u
    dual vga Intel HD dan Radeon HD 1GB

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin setting yang didetech akan selalu iGPU karena VGA hanya akan switch saat lagi butuh perfomance extra saja (seperti sedang dalam game). Jadi selain itu yang kedetech akan selalu iGPU. Kalau misalkan mau dipaksa bisa diubah settingannya di bios.

      Kalau menurut mimin sendiri gambarnya tidak smooth bukan karena masalah diatas. Sebaiknya settingan gamenya disesuaikan sehingga gamenya bisa berjalan dengan mulus.

  45. dio
    Reply

    min samsung seri 3 yang a6 4400m itu dual vga bukan? saya ko abis update driver jadi berkurang yah driver nya jadi cuma kebaca 496mb, tadi nya 512mb

  46. qking
    Reply

    Wachyu @ coba dicek di catalistnya apa betul ngedetectnya HD 8530 m apa bukan… ane update driver malah berubah… bukan HD8530 lagi, ane juga pakai x452c dan sampai sekarang masih trouble dengan driver vga nya yang bentrok… ane awalnya pakai OS 7 tapi catalist ga bisa dibuka, jadi ane instal ulang apakai windows 8.1 tapi masalah catalist dan driver vga nya ga ada solusi…udah banyak juga yang mengeluhkan masalah ini diforum2 lain, apa mungkin ini serinya produk gagal ya …. :3

    • Admin
      Author Reply

      Menggunakan driver AMD CCC yang mana ya? kalau untuk laptop dari mimin sarankan menggunakan versi driver terbaru dari vendor pembuatnya langsung karena akan lebih stabil dan kompatibel.

  47. mau tanya nih min
    temen ane kan mau beli notebook yg spek nya bisa buat maen game pes juga
    kira2 spek Notebook Lenovo G40-45 AMD E1 6010, 2GB DDR3
    sama
    Notebook Lenovo G40-45 AMD A6 6310 1.8Ghz, 2GB DDR3
    lancar ga yah min atau menurut mimin notebook apa yg paling cocok?
    oiya, yang budget 4jt min hehehe

    • Admin
      Author Reply

      Kalau untuk spek akan lebih kuat Notebook Lenovo G40-45 AMD A6 6310 1.8Ghz, 2GB DDR3
      Cuma perlu diingat laptop tersebut didesain lebih untuk kerjaan sehari-hari, nonton dan casual gaming.
      Kalau untuk game-game berat ada kemungkinan tidak begitu kuat dan settingannya perlu disesuaikan supaya bisa lancar. 🙂

  48. Admin yang keren , mau tanya. saya pengguna laptop ASUS X452 C dengan spek intel core i3, RAM 4 GB dan RADEON HD 8530M 1 GB. kebetulan saya pengguna software Adobe Premiere untuk edit video. nah, katanya untuk meningkatkan performa aplikasi itu, harus disetting switchable graphic application settingnya dalam kondisi HIGH PERFORMANCE. tapi kenapa ya min, ada beberapa software (termasuk adobe premiere) dalam kondisi POWER SAVING dan bergambar gembok. bagaimana cara mengubahnya agar menjadi HIGH PERFORMANCE? terima kasih admin… 🙂

  49. wachyu
    Reply

    Qking ..yg terdetect di device manager tipe R5 pada hardware display..Malu kepada costumer sy.. x452c tidak bisa memainkan PES2013..udh update driver terbaru di website resmi dgn mendownload seri HD 8530 dan R5 ..nihil hasilnya… ada product cacat..selalu terdetect Vga primary INTEL HD. pdhl udh disetting High Performance

    mohon penjelasannya Admin. thanks

    • Admin
      Author Reply

      Hi Wachyu,
      pertama coba download driver AMD Catalyst terbaru dari website Asus langsung karena driver AMD Catalyst dari brand memang dibuat khusus untuk laptop tersebut.
      Selanjutnya, memang kadang-kadang ada game yang salah detect kartu grafis yang digunakan sehingga coba patch gamenya ke versi terbaru.
      terakhir coba gunakan aplikasi GPU-Z untuk pantau apakah game yang dijalankan telah menggunakan grafis Radeon.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, Dual Graphics lebih ke penamaan saat mau mengabungkan AMD APU dengan VGA Radeon. Kalau Crossfire lebih ke penamaan saat mengabungkan 2 atau lebih VGA yang identik.

  50. andre
    Reply

    saya pake laptop asus seri K55DR dual graphic
    tapi pas instal amd catalyst, laptopnya nge blank….bisa kasi saran gak?
    karena sekarang laptopnya tidak terinstal amd catalistnya

    • Admin
      Author Reply

      Install driver AMD Catalyst terbaru dari website Asus langsung ya.
      karena driver AMD Catalyst dari brand memang dibuat khusus untuk laptop tersebut

  51. min laptop sy kn lenovo g40-45 AMD A8-6410 APU , awal beli kan pke WIN 8.1 , sekarang ud sy gnti keWIN 7 , smw driver ud ke instal , tpi ad 1 driver yg blom ke instal min , nma driver ny AMD RADEON HD 8500M , kasi sy driverny donkk min 😀
    sy tunggu yaaa min 😀

  52. min ad ny cma AMD CATALYST…
    mw saya sii gini min 😀 , kan mimin pasti tau kan driverpack solution .. na kn sy punya driverpack .. wktu sy instal win 7 sy intal smw driver laptop lenovo sy pke driverpack itu min … naaa… smw ud ke instal , tnggal 1 driver ny AMD RADEON HD8500M gx ada min … jdi cma kpke vga standart min … 🙁
    mw saya siii pngen banget yg driver 1 nii ke instal ,.. tpi gmnaa cri nyaa… ud muter2 tpi gx ada ,.. y ad tpi ktmunya AMD CATALYST … :I

    gmna donk min….. 😀

  53. Laptop saya Lenovo G40 dengan VGA AMD Radeon (TM) R4 Graphics. Kenapa VGA ini gabarnya kurang jernih ya? Saya sudah coba install drivernya, tapi sama saja dengan driver default dari windows. Apakah memang VGA AMD Radeon (TM) R4 Graphics adalah hasilnya tidak jernih? ATau bagaimana? Mohon solusinya.., terima kasih.

      • Abdullah
        Reply

        Hasilnya kayak ada garis-garis yang gimana gitu. Kayak sebelum diinstal VGAnya. Driver versinya dari CD motherboard dari pabrik waktu beli. Layar sudah sesuai.

        • Admin
          Author Reply

          Pastikan windows yang dipakai merupakan windows versi 8.1, kemudian coba install driver amd catalyst bawaan dari vendor. Lihat hasilnya, kalau masih bermasalah coba bawa ke service center resminya takutnya ada kerusakan.

      • gorba
        Reply

        min maaf mau tanya, kenapa gak disarankan ya min ? bukannya defaultnya udah settingan “Enabled AMD Radeon Dual Graphics”, dan kalao enable game2 berat jadi lancar bukannya min ? pls advice min. thanks ya 🙂

        • Admin
          Author Reply

          Mimin asumsi dari kamu sudah tau apa itu Dual graphics ya…
          Saat Dual-Graphics aktif maka ke-2 GPU yang ada didalam akan sama-sama berkerja sehingga secara perfomance akan meningkat setidaknya 30% keatas cuma sayangnya tidak semua game bisa secara maksimal menggunakan ke 2 GPU tersebut dan akibatnya malah bisa bikin lag atau tidak stabil.
          Kalau misalkan merasa tidak stabil lebih baik non-aktifkan Dual Graphicsnya atau bisa juga update game-nya ke versi yang terbaru.

  54. gorba
    Reply

    Siang min/dok
    mau tanya lg nih maap, di atas ada penjelasan AMD A10 cocoknya di pairing sama VGA AMD Radeon HD 6670 supaya bisa jalan dual graphic mode. kebetulan laptop ane Asus x550DP AMD A10, VGA Radeon HD 8670M, apakah brarti dual graphicsnya gak bisa jalan ? maap ya kalo pertanyaan nya super newbie. karena ane main beberapa game yg Req gak tinggi tp patah2 😀 macam Ragnarok 2 Online indonesia. Tks min

    • Admin
      Author Reply

      Hi, itu A10 untuk processor Desktop ya beda dengan laptop. Coba matikan Dual Graphicsnya di AMD CCC atau turunkan kualitas grafiknya ya..
      pastikan juga mainnya di tempat yang sejuk dan ber-AC supaya kinerja laptop tidak menurun karena kepanasan.

    • Admin
      Author Reply

      sebenarnya tidak usah ya, Radeon HD 8670M nya akan aktif sendiri saat lagi main game tanpa harus ditukar terlebih dahulu. Yang penting ingat power optionnya disetting di high perfomance.
      Kalau mau maksa aktifkan Radeon HD 8670m saja bisa coba setting di bios, cuma resikonya baterai akan cepat habis dan rusak.

  55. agung
    Reply

    min mw tanya saya punya laptop merk asus seri x452c speknya core i3, AMD radeon HD 8530M, baru beli beberapa bulan lalu .karna os nya eror saya instal ulang saja pas giliran isntal vga AMD radeonnya ko malah ga bisa masuk osnya tampilanya jadi itemm ituh knpa yah?
    mkasih min 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Driver versi berapa yang diinstall dan downloadnya dari mana?
      Kalau untuk laptop dari mimin sarankan menggunakan driver dari vendor pembuat laptopnya ya.

      • agung gumelar
        Reply

        Ituhh amd radeon versi 13.101.6.0000…saya cba di kaset drivernya, trus download jga di asunya..ttp aja minn msih nge blank itemm tapi pas vga ati nya di uninstall ga ngeblank lg…kira” knp yah?

        Mksh minn..

  56. Ade
    Reply

    admin mau tanyak…saya baru beli laptop Lenovo G40-70 Corei3-4030U dengan RAM 2G dan VGA AtiRadeon 2 Gb, tapi saat saya instal VGAnya ternyata kurang optimal saat bermain game dan yg kebaca VGA Intel HD, bagaimana caranya biar VGA Ati Radeon memorinya kebaca semua dan optimal,
    terima kasi

    • Admin
      Author Reply

      Pastikan driver VGA nya menggunakan driver yang disediakan oleh vendor pembuat laptopnya ya.
      Setinggan power option juga jangan lupa disetting High-Perfomance.
      Nanti pas saat lagi main game dari laptopnya sendiri akan ganti GPU yang digunakan ke yang kinerja lebih bagus.

  57. Vin
    Reply

    Hi mimin
    Cuma mau nanya soal lenovo g40-45
    Untuk RAM ada berapa slot?
    Apakah bisa untuk dual channel atau hanya single channel?
    Dan menggunakan DDR3 atau DDR3L?

    • Admin
      Author Reply

      Lenovo G40-45 ada 3 type, type yang mana yang dimaksud?
      Setau mimin, Lenovo seri itu menggunakan AMD APU Beema dimana cuma bisa single channel.
      Dan untuk masalah RAM karena bukan produk dari AMD sebaiknya hubungi Lenovo langsung atau service centernya untuk informasi yang lebih jelas.

  58. Luthfi Rahman
    Reply

    Min, saya punya Laptop Lenovo G40-45 dr speknya itu menggunakan APU A8 6410. Tp saya lihat komentar diatas kata Mimin AMD A8 6410 tidak support RAM dual channel. Tp setelah saya melakukan pencarian di Google apakah APU ini dan Laptop ini support Upgrade RAM bisa Min… Apakah sebenarnya Laptop Lenovo ini bisa di upgrade RAM nya MIN?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, laptop itu bisa diupgrade RAM nya cuma akan tetap hitungannya single channel (walau RAM nya 2 keping).
      Untuk total maksimun bisa upgrade berapa dari mimin kurang tau dan akan lebih baik langsung hubungi pihak Lenovo saja. 🙂

  59. arul
    Reply

    pagi min,
    saya menggunakan laptop lenovo G40 AMD A6-6310-AMD Radeon R4 Graphics.
    kendalanya kalau nonton video kualitas HD performanya kurang bagus, apalagi kalau main game…mohon pencerahannya..!!!
    saat ini saya cek driver vga di device manage nya “standart vga graphic adapter”

    trimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Arul,
      Sedikit mengingatkan untuk laptop seri ini lebih cocok untuk kerjaan office, nonton film dan casual gaming. Jadi kalau misalkan digunakan untuk gaming berat memang akan ada hambatan minimun spek.
      Pastikan juga driver AMD CCC sudah terinstall. Dan untuk driver AMD CCC nya sebaiknya menggunakan yang disediakan oleh vendor pembuat laptop tersebut karena lebih kompatibel.
      Semoga membantu

    • Admin
      Author Reply

      Hi Joe,
      Untuk AMD APU Seri tersebut lebih cocok digunakan untuk kerjaan kantor/kuliah, multimedia dan casual gaming. Kalau misalkan digunakan untuk gaming berat akan ada sedikit hambatan.
      Coba dipastikan minimun spek gamenya sudah dipenuhi dengan benar. Dari mimin pernah test untuk seri tersebut masih bisa digunakan untuk bermain game PES2014 dengan settingan low tanpa hambatan. 🙂

  60. ali
    Reply

    cara install vga card pakai windows 8 64bit
    saya pakai driver nya kok tidak mau ya…tolong minta arahannya…
    soalnya di manager kok masih cvidio controller !!! mohon penjelasan…trims..

  61. Hi… min, saya mau nanya, spek asus x452c, intel core i3 1,8 ghz, multi gpu (intel 4000 dan radeon graphics hd 8530m1gb), tapi malahan di pes 2013 yang ke detect intel hd 4000, gimana supaya yang ke detect amdnya, kl drivernya sudah versi terbaru

        • Admin
          Author Reply

          Hi, mimin ingatkan vga nya baru akan berganti saat laptop tersebut membutuhkan perfomance extra seperti saat lagi main gamenya ya. Yang penting settingan power optionnya sudah disetting high performance.
          Pastikan juga bermainnya diruangan yang sejuk ya supaya performance laptopnya tidak berkurang karena kepanasan.
          Kalau misalkan masih ngelag, settingan gamenya bisa disesuaikan supaya lancar ya.
          Semoga membantu

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk kedua GPU tersebut sebenarnya hampir mendekati ya secara perfomancenya.
      Dan sebenarnya dari Amar bermaksud membandingkan Lenovo G40-45 A8 dengan Asus X550DP A10 benar bukan?
      Kalau secepat laptop Asus X550DP akan mempunyai kinerja yang lebih bagus karena menggunakan processor A10 dan lebih cocok untuk main game-game berat. Sedangkan yang Lenovo akan membelikan perfomance yang lebih awet karena menggunakan processor A8 seri Beema yang hemat daya dan cocok untuk game-game ringan.

  62. ogata
    Reply

    min ane ada masalah sama driver catalis baru
    ane pakek a8 amd radeon HD 7640G + 7670M Dual Graphics dulu pas beli drivernya gak ada amd gaming evonya
    pas ane coba pasang amd evo ternyata minta update driver catalisnya saya update sesuai permintaan si amd evo
    masalah pun mulai muncul ketika baru selesai update langsung blue screen (saya download di conner wifi id telkom) karena frustasi saya pulang
    setelah sampek rumah saya coba buat game sekelas PSO (phantasy star online 2) dengan full grafik walhasil ngak ada masalah cuman ketika terlalu maksa ato gimana leptop otomatis lost power dan mati
    saya ke wifi id lagi buat download driver dan ternyata kena blue screen lagi
    nah saya mulai mikir ada hubungannya ya antara driver graphic dengan wifi?

    setelah ganti” driver catalis akirnya ngak nemu yang cocok sekarang saya pakek driver lama
    ada solusi untuk masalah amd game evonya untuk leptop saya ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk masalah driver laptop dari mimin lebih sarankan menggunakan versi yang terbaru dari vendor pembuat laptopnya saja.
      AMD Gaming Evolved cuma menyalankan saja karena ada versi terbaru dari website resmi AMD, cuma belum tentu kompatibel dengan laptop yang digunakan.

      • ogata
        Reply

        bisa di bilang kalok driver catalis 14.9 yg baru ngak bisa di pakek di laptop ane ya min..?
        cz driver dari vendor masih driver yg lama saya cek

        atau ada cara lain min?

  63. Luthfi Rahman
    Reply

    Min, tp dari pihak lenovo website dan buku panduannya itu mengatakan untuk lenovo versi G40-45 dgn AMD 6410 Radeon M230 itu maksimal support RAM-nya 8-16 GB Min? masih penasaran saya Min Laptop ini bisa diupgrade atw nggak bisa diupgrade. soalnya saya sudah instal beberapa game berat seperti Battlefield 4, Metro 2033, dan Crysis 3 lancar di set medium. Tp saya mw lebih meningkatkan lagi Min dgn cara mengupgrade RAM ke 8GB…

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk laptop versi tersebut menggunakan AMD APU Beema dimana cuma support RAM single channel. Jadi kalau misalkan mengupgrade RAM mungkin secara kinerja tidak akan meningkat terlalu banyak. Tetapi yang jelas kalau upgrade RAM, jumlah program yang bisa dibuka bersamaan akan lebih banyak 🙂

  64. Djordy
    Reply

    min, mau nanyak nih saya baru beli laptop lenovo b40 spesifikasi ram nya 2gb , intel core i5 dengan vga amd radeon r5 m230 2gb tapi kenapa vram nya itu nol dan kenapa nggak bisa dimainkan untuk game yang min req nya amd ati radeon hd 2600 or better

    • Admin
      Author Reply

      Pertama pastikan kamu lagi ngecharge saat main game tersebut. Settingan power option jangan lupa diubah ke High Perfomance. Driver AMD CCC sudah terinstall di laptop. Jumlah RAM cukup untuk menjalankan game tersebut (tidak banyak program yang berjalan sekaligus).

  65. maaf gan ganggu..
    saya awam soal dual ghrapic.
    mau tanya nih..
    spek komputer saya.
    AMD kaveri a6 7400k
    mobo: asus a88xm-a
    vga msi radeon R7 250 1gb ddr5
    saya mau tanya/….
    bisa dibuat dual ghrapic tidak?
    kalo bisa mohon pencerahan caranya…
    terima kasih…

  66. Ilham R
    Reply

    min, mohon bantuannya dong. laptop saya hp-n010ax download driver graphics.nya dmna ya min ? terus APU.nya tipe yg berapa ? A10 yg tipe berapa ? makasih banyak ya min

    • Admin
      Author Reply

      Seharusnya AMD Quad-Core A10-5745M.
      Untuk drivernya bisa coba cari di website resmi HP ya atau coba tanyakan ke pihak vendor HP untuk lebih jelasnya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, maksudnya A10-5750m dengan Radeon Hd 8670m kan ya…
      Pastikan bermainnya sambil ngecharge, power option sudah berada di high perfomance, kapasitas RAM mencukupi. Sisanya mungkin settingan game nya bisa disesuaikan.

  67. Brodoy
    Reply

    min mau tanya laptop saya menggunakan radeon R5 m230 tapi setelah diinstal ke catalyst 14.9 berubah jadi HD8500M ? bagaimana min

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk laptop jangan menggunakan versi AMD Catalyst terbaru dari website AMD ya… sebaiknya download driver AMD terbaru dari vendor pembuat laptopnya karena lebih kompatibel dengan laptop yang digunakan.

  68. Awil
    Reply

    Mau nanya nih min, Lenovo G40-45-1SID AMD A8 6410 + Radeon R5 M230 cocok nggak untuk mainin PES 2013? Tolong jelasin dengan jelas ya min

  69. ARTHUR
    Reply

    Dimana saya bisa install semua driver untuk laptop ASUS X550DP karena untuk bermain game,kemarin laptop saya ini bermasalah jadi saya install ulang WIN 8 32-bit,thanks

    • Admin
      Author Reply

      Apakah sudah menonaktifkan fitur dual grafis? dan apakah pada power option di Catalyst control center sudah dipilih yang high performance? Jika belum coba lakukan dulu langkah di atas siapa tau bisa memperbaiki performa saat bermain game 🙂

  70. Otonashi
    Reply

    min,laptop saya asus X550DP vram dan gpu nya tidak terbaca dan saya sudah menginstall AMD Catalyst , kemarin ada masalah jadi saya install ulang ke win 8 32-bit apakah bermasalah? dan bagaimana cara melakukan boot pada CD yang tersedia dr asus..

    • Admin
      Author Reply

      Untuk vram pada gpu terintegrasi memang tidak bisa dilacak karena tidak tetap ukurannya. seperti yang kamu tau gpu pada apu meminjam memori yang sama dengan cpu dan menggunakan memori tersebut sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan. Jika kamu ingin melacak RAM VGA diskrit baru bisa menggunakan aplikasi bernama GPU Z. Di aplikasi tersebut ada pilihan dropdown di bagian kiri bawah pastikan kamu memilih yang VGA Diskritnya, jadi sebenarnya tidak ada masalah dengan laptop kamu 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Pastikan ketika membuka aplikasi GPU Z pilih grafis diskrit bukan GPU onboard supaya terdeteksi. Mimin sarankan untuk coba matikan fitur dual grafis dan power option pilih High Performance lalu coba mainkan lagi gamenya, jangan lupa atur / sesuaikan setting di gamenya juga ya 🙂

  71. Handry
    Reply

    mau nanya min
    jadi saya kan punya laptop asus amd A4-5000 apu with HD8330M dengan vga amd 8670M
    kira2 tu bisa di dual kan gak ya?
    kalo bisa bagaimana caranya?

  72. min mau tanya, ini saya udah install driver amd buat g40-45 lenovo. tapi ada problem di my computer, pas di cek ram 4gb tai usable 3.2xx gb. windows udah 6 bit. apa karena pengaruh crossfire? kalo memang benar, saya mau aktifin yang embeded aja (r5), gimana caranya? terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hal tersebut wajar saja kok karena grafis terintegrasi APU tidak punya memori sendiri sehingga RAMnya meminjam dari memori komputer, oleh karena itu untuk APU disarankan menggunakan RAM dual channel untuk meningkatkan kinerja dari prosesor APU itu sendiri 🙂

  73. Rusdian
    Reply

    bang saya mau tanya, saya kan udah install driver radeon hd 8530m 1 gb di laptop saya asus x452c series tapi kok tulisannya failure terus bang pas installing progress… emang berpengaruh ya bang win 7 sma win 8, karna download’annya buat win8
    tolong di bantu ya

    • Admin
      Author Reply

      Iya berpengaruh, karena driver tersebut sudah dikhususkan untuk windows 8, sebaiknya untuk laptop hanya gunakan driver yang berasal dari vendor resmi karena sudah pasti dibuat kompatibel dengan laptop tersebut

  74. tj
    Reply

    min, saya mau tanya, saya pake lenovo g410 i5 AMD radeon HD 8500M series ko pas di dxdiag yang malah intel ya keluarnya? apa pengaruh juga karna saya pake windows 7 home premium? cara buat ngubahnya biar graphicnya jadi terlihat amd radeon ketika di dxdiag gimana ya min?

  75. ukky
    Reply

    min, nanya mo nanya, ane pake asus k55d AMD A8 vision – 4500 1,9GHz, AMD radeon dual graphic hd 7640G + 7470m 1GB dengan standar directx 11.
    Pas di install PES 2014 (require directx 9) bisa main di settingan low, tapi nga lama, laptop lgs off sendiri. Sudah nyoba ganti dari battery saving ke High Performance tapi masalah tetep sama.
    apa ada pengaruh dari otomatic powergear dari asus nya atau gimana ya min? mohon pencerahannya.. thanks min

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin masalah sirkulasi udara di ruangan kamu? Saat bermain coba pakai cooling pad untuk menghindari overheat, dan perhatikan juga suhu ruangan saat bermain, sebaiknya mainlah di area yang sejuk.

  76. Min tolong saya. Saya pae laptop HP 14-N225TX VGA Radeon 8670 tapi kenapa setealah saya instal amd catalist terbaru tapi tidak ada pilihan apa2 di menunya. Saya sudah cek pake GPUz dua VGA graphic adapter dan Radeon. Yang mau saya tanyakan bagaimana mengetahui VGA radeon saya sedang bekerja? soalnya di catalist yg saya donlot dari webnya AMD tidak menampilkan informasi apa2. Saya coba donlit drivernya dari web HP tapi filenya korup terus ketika mau diintal. Mohon pencerahannya yaa

    • Admin
      Author Reply

      Di GPU Z kan ada tab Sensor, dan juga dropdown yang memungkinkan kamu untuk memilih GPU mana yang ingin di cek, coba cek saja setiap gpu yang ada di laptop dan lihat ke tab sensor apakah ada pergerakan, jika ada berarti gpu itulah yang sedang kamu pakai/ sdg bekerja.

  77. dimas putra
    Reply

    Misi min, saya mau bertanya.
    saya kan HD 8530M. itu dual grapich kan ?

    nah yang saya bingung, saya bermain game WOM, game yang seharusnya dari grapich sudah kuat.

    tapi kenapa tetap lag ya. saya di kasih tau teman saya kalau mau main game besar di grapich dual. harus klik kanan di gamenya, terus pilih open with high performance ( vganya ). nah sedangkan saya coba klick kanan, tidak keluar pilihan seperti itu, itu kenapa ya ? makasih

  78. malam min… min mau tanya.. saya sudah download amd yang terbaru.. saya sudah upgrade dari amd r7 260 jadi amd r7 265.. sudah saya high performance semua.. tapi tetap di pes 2013 kebaca vramnya 32mb.. itu kenapa min??

    oiya satu lagi.. saya beli lptop dell inspiron 5447 prssr i7.. tp g pnya cd/dvd rom.. apa ada pengaruhnya ya min?? soalnya saya ga bsa play pesnya krna ga ad cd/dvd it..
    mohon bantuannya min
    makasih min..

  79. asep sukmana
    Reply

    misi min numpang tanya notebook ane asus x452c.. dg amd radeon hd8530m 1gb dan intel hd graphic 4000. nah.. saya coba update driver di situs amdnya.. stelah update mlah berubah seri amd nya jadi R5.. nah yg jadi mslah ane mau masuk ke pc setting kok ngga bisa ya..?? itu loh yg di sbelah kanan di windows 8 yg plihan bawah.. ato pc setting standarnya windows 8.. malah fc.. trus pas buka swictable graphic dan graphic option nya aja ada pemberitahuan error gitu.. apa hrus di downgrade ke versi amd sbelumnya min…??? thx..

    • Admin
      Author Reply

      Untuk notebook mimin sarankan menggunakan AMD Catalyst driver bawaan dari laptop, karena sudah pasti kompatibel dengan laptopmu. Sebenarnya boleh saja menggunakan versi generik dari website AMD tapi sering terjadi error karena kurang cocok.

  80. permisi saya rowman, mw tanya gun, saya punya lenovo g410 core i5, 2GB DDR3, AMD Radeon 8570 2GB
    waktu mau buka amd catalyst koq g bsa muncul,.??
    trus jga gmana ngatur AMD’ny biar fungsinya optimal pda game berat.,?
    makasiih =D

    • Admin
      Author Reply

      Aktifkan High performance pada Power option saat ingin bermain game berat. Coba install driver AMD Catalyst bawaan dari laptopmu atau download langsung dari webiste resmi vendor laptop dimana drivernya pasti sudah kompatibel dengan laptop mu

  81. Thio Adi Prakoso
    Reply

    Min ..

    Saya mau bertanya , laptop saya lenovo G40-45 AMD A8 , 500HDD , 4Gb Ram , 2 Gb VGA .
    Saya instal dota 2 .. tapi pas di mainkan itu super sangat patah-patah . Padahal semua nya saya sudah kotak katik . Terutama dibagian video advanced saya udab low in smua.. padahal RAM 8GB dan VGA 2 GB itu sangat cukup .. tapi kenapa patah – patah ..??

    Apa karna lenovo G40-45 itu mempunyai kelemahan terbesar di Rendering ? . Karna di dota 2 itu pas bagian video advanced ada proses Rendering.

    Trimakasih min.. tolong direspon . Dan kasih solusinya

    • Admin
      Author Reply

      Sudah coba ke power option dan aktifkan High performance? Langkah ini diperlukan untuk mengaktifkan grafis diskrit pada notebook mu supaya gaming jadi maksimal

  82. siang min.. ini spek ane.:

    asus x550 dp
    amd quad core a10 5750m
    8 giga RAM
    8670m discrete
    8650G integrated
    pake driver 14.4 dari adm langsung ( bukan Bawaan ASUS)

    yng saya mau tanyakan kenapa game berat lebih lancar di jalankan di power saving mode diabndingkan dengan high performance mode?
    kalau pake high performance mode game lancar hanya 2 menit setelah itu langsung lag berat..

    thanks sebelumnya

  83. Farid Zaky N
    Reply

    saya juga pake lenovo g40-45 dengan processor A8 dan di dukung R5 (2gb). saya pake sistem operasi win 8.1 tapi setelah semua driver di install tampilan dekstop saja jadi kurang tajam.. terlihat agak pecah pecah, mungkin ada info atau masukannya supaya tampilan lebih smooth dan lebih tajam? sebelumnya terimakasih atas info/jawabannya…

    • Admin
      Author Reply

      Apakah kamu menggunakan driver AMD Catalyst bawaan? Mimin sarankan untuk menggunakan semua driver bawaan dari laptop untuk menghindari terjadinya error. Jika masih bermasalah mungkin bisa coba bawa langsung ke Lenovo service centre, takutnya ada komponen yang bermasalah.

  84. oman
    Reply

    Min, setelah beli lenovo g40-45 a8 r5 m230 ko vga yang kebaca(pake gpuz) cuma microsoft basic display adapter ya? Os win.8 driver bawaan udah install semua

  85. harrys
    Reply

    Min lptop sy lenovo g40-70 wktu br instalan toko sy main pes 13 stat ok meski yg trdetek vga intelny kmrin sy instal ulang vganya amd tp unable sama v ram jga, cara settingny gmn? Soalny pesnu jd ngelag pdhl awalny ga

  86. Luthfi Rahman
    Reply

    Min, bisa tambah RAM tp mengganti RAM dr Pabrikan. Misalnya RAM pabrikan 4 GB, trus diganti dgn 8GB di slot yg sama… Itu bisa gk Min?

  87. rendra
    Reply

    Min mau tanya, laptop saya thinkpad e445 Amd A8-5550m dual graphics 8550g+8570m ram 4gbx2, amd ccc 14.9..
    Buat main car mechanic simulator seting medium kq lag ya Min,, padahal waktu awal” lancar aja dengan setingan yg sma,, mungkin mimin bisa bantu?

  88. pagi min mau bertanya , laptop saya lenovo g40-45 processor amd tapi 64bit saat saya cek di properties nya , kan saya instal ulang min pake win8.1 32bit , full saya instal juga driver bawaan dari laptop di cd nya tertulis 64bit , nah ke inti nya saat sudah saya instal driver AMD Catalyst ,pas dicek di Computer Management -> Device Manager -> Display Adapters , yang tertera disana hanya tulisan Microsoft basic display adapter min , dan yang terjadi 1. kecerahan tidak bisa saya atur artinya layar tetap terang min tidak bisa di naik atau turunkan , 2. dilayar keluar banyak garis-garis cendrung berubah jadi putih blank min, nah solusinya gimana min ? mohon pencerahannya min , terimakasih

  89. Rizky
    Reply

    selamat siang min, setelah install driver baru, option switchable graphicnya kok jadi hilang ya min? gpu saya amd radeon hd 7400m series, laptopnya hp pavilion g4… jadi kalo di spesifikasi PES gpu nya kedetect cuman INTEL.. cara balikin biar ada option switchable graphic lg gimana ya min? nuwun

  90. min saya pake lenovo G40-45,dengan spesifikasi AMD A8 6410 dan R5 M230 graphics, masalahnya setelah saya install OS dan install juga semua drivernya.. tampilan dekstop tidak smooth, cenderung terlalu tajam dan degradasi warna terlihat jelas sehingga jika saya menggunakan wallpaper dekstop yang cerah.. tampilannya terlihat memalukan.. padahal saya sebelumnya pake win 8.1 dan install semua drivernya.. hasilnya memalukan dari segi tampilan dekstop, sekarang saya coba di windows 7 dan install semua drivernya.. tapi tetap saja tampilan tidak jauh berbeda dari sebelumnya.. ada saran dan solusinya min.. help me

    • Danny
      Reply

      selamat siang, kalau boleh saya gabung di diskusi ini.
      saya mengalami permasalahan yg sama dengan mas farid.

      saya merasakan kalau display / tampilan gambar dan warna dari lenovo seri ini sangat tidak memuaskan.
      saya pikir hanya laptop saya saja yg begitu, tetapi ternyata milik mas farid juga sama.

      saya sudah lakukan kalibrasi windows tp tetap saja warna kurang bagus..

      kemudian saya coba memainkan game NFS RIVAL, tetapi hasil nya jg LAG, kurang bisa lancar.
      mungkin ada tips n trik utk meng optimalkan performa GRAFIS AMD dari laptop tsb??

      kemudian awalnya kan integrated AMD R4 Graphics dan AMD R5, kemudian saya update driver terbaru menjadi integrated AMD R5, tetapi performa masih kurang optimal juga.

      mungkin bisa di bagi tips nya utk mengoptimalkan performa laptop tersebut.
      Terima Kasih

      • Admin
        Author Reply

        Sepertinya masalah dari Lenovonya langsung deh, mimin juga kurang tau kenapa, mungkin lebih baik langsung tanyakan pada pihak Lenovo untuk minta solusi yang lebih tepat, kalau mimin cuma bisa menyarankan untuk atur brightness, resolution dan color manual dari wwindows untuk memperbaiki tampilan layar.

        Untuk game yang nge lag, Lenovo ini kan sebenarnya memang bukan laptop yang diperuntukkan untuk gaming namun lebih ke penggunaan sehari-hari, walau menggunakan grafis diskrit tetap saja tidak akan sejago laptop khusus gaming seperti ASUS X550DP dalam memainkan game, jadi jika terjadi lag coba atur resolusi serendah mungkin saat bermain agar game lancar.

        Untuk driver mimin sarankan hanya memakai driver bawaan saja, karena penggunaan driver selain driver bawaan seringkali menimbulkan error karna kurang kompatibel. Untuk tingkatkan performa bisa coba upgrade RAM menjadi dual channel dan aktifkan high performance di power option

      • gan, gradasi nya sudah sembuh belum.. coba screenshoot tampilan gradasinya, terus view di laptop lain atau di Hp, kalo masih gradasinya keliatan berarti dari sistem salahnya, kalo diliat di laptop lain atau di hp gak keliatan lagi gradasinya, berarti di hardwarenya gan.. kata guru ane, di baigan LCD/LED nya gan, bisa aja salah satu transistornya ada yang udah rusak.. ane juga mau komplain lagi ke lenovo centernya, soalnya ada temen ane yang pake laptop dengan tipe yang sama tapi oke oke aja.. regional dimana gan? kalo di bandung, yu kita lenovo centernya bareng.

  91. dhimas
    Reply

    min mau tanya, mbandingin laptop lenovo g410 core i5 ram 2gb+2gb ddr3 vga amd hd 8570 dengan lennovo g40-70 core i5 ram 4gb vga amd r5 m230. kalau buat gaming lebih bagus yang mana? kualitas vga nya sendiri lebih bagus yg mana?? kalo gk salah itu vga rilisnya berdekatan jadi ane masih blum tau mana yg better. mohon pencerahannya thanks 🙂

  92. rian alif triwayat
    Reply

    min mau tanya processor saya amd apu a8-6700.kalo saya mau pasang vga lagi yang support vga apa yach.terima kasih atas perhatianya.

    • Admin
      Author Reply

      Tidak masalah tidak akan mempengaruhi performa saat ngegame kok, berhubung grafis memang menggunaakan memoori bersama dengan CPU maka vramnya tidak tetap alias berubah2

  93. aldi
    Reply

    Maaf ,min saya mau nanya apakah laptop lenovo G40-45 AMD E1 Ram 2Gb,VGA 256mb pertanyaan saya apakah VGA nya bisa di tambah??, makasih min

    • Admin
      Author Reply

      Mimin sih belum pernah coba ya, kalau pes 2013 sih bisa 🙂 mungkin kalau mau coba silahkan disesuaikan saja speknya dengan laptop yang dipunya mulai dulu dari resolusi low, kalau lancar, coba lagi naikkan settingnya. Untuk Laptop gaming yang bagus sih mimin sarankan beli ASUS X550DP, Lenovo Z40-75 dengan APU A10 dan Radeon R5 dan R7 graphic. Kalau desktop mungkin bisa coba prosessor FX 8370, FX 8350 dengan R9 290 / 290X

    • Admin
      Author Reply

      Untuk laptop sebaiknya pakai driver bawaan saja supaya tidak terjadi error. Jika ingin mengecek apakah VGA AMD kamu ada atau tidak bisa gunakan aplikasi GPU Z, dimana di sebelah kiri bawah ada dropdown pilihan GPU mana yang ingin dicek

  94. M Arsyad Amienullah
    Reply

    Permisi Admin,Saya mau tanya… kemarin saya baru beli laptop baru tipenya HP 14-g008AU. Dilaptop tersebut menggunakan proccesor AMD A8-6410 with R5 Graphics. Yang saya mau tanyakan itu bagaimana cara mengaktifkan VGA Radeon R5 tersebut??padahal saya sudah install Catalyst Driver yang sesuai sama laptop menggunakan aplikasi autodetect dari website AMD. tetapi kenapa pas disettingan game PES2013 VGANya masih 32mb :/ ?? saya coba jalankan pes2013 loadingnya lama .. Terima Kasih Sebelumnya 😀 .

    • Admin
      Author Reply

      Untuk laptop sebaiknya hanya menggunakan driver bawaan awal dari laptop, sehingga meminimalkan error karena sudah pasti kompatibel dengan laptopmu. Apakah ketika membeli laptop tidak mendapat driver catalyst bawaan dr penjual?

  95. arif
    Reply

    Min mau nanya, lenovo g40-45 SID procie AMD A8 , VGA Radeon R5,
    Support ga di install win7 ?
    Denger2 kalau install win7 vga radeon r5 2gb ga kepake

  96. Fadil Pratama
    Reply

    min, saya beli notebook PC ASUS X550DP. kan Notebook saya itu Dual grafik HD 8650 G + HD 8670M. pas di cek di CPUZ yang ke detect cuman yang HD 8650G. yang HD 8670M kok gak kedetect. jelas2 di stiker Notebook di padnya tulisannya AMD RADEON HD 8670 M 2 GB. YANG DI CPUZ MALAH RADEON HD 8650 G 2 GB. cuman itu doang yang ke detect. SOLUSI min. ane udah update driver amd ctlyst terbaru.. Buat maen BF3 nge lag, pdhal tmn sya PAKE ATOM aja lancar jaya. pdhal grapik Merek sblah 4400. (BF 3 udah aane setting VERY LOW)

    • Admin
      Author Reply

      HI FADIL, untuk mendeteksi GPU harusnya pakai GPU Z bukan aplikasi CPU Z 😀 kan bisa pilih dropdown menu di sebelah kiri bawah untuk ngecek setiap grafisnya. untuk main BF3 ngelag coba aktifkan high performance di AMD Catalyst control center pada tab power optionnya 😀 SEMOGA MEMBANTU

  97. kuceng
    Reply

    min , mau nanya nih
    buat ningkatin kinerja asus x550dp dual graphic ny gimana gan?
    soalny buat mainin prototype 2 aja sering lag gan

    • Admin
      Author Reply

      Nonaktifkan saja dual grafiknya karena tidak semua game dukung dual grafik. Sebaiknya aktifkan high performance di power option pada amd catalyst control center untuk performa maksimal

  98. Min mau tanya, laptop saya lenovo g400 dual vga. Setelah kemarin saya update driver amd kok sekarang configure switchable graphics dan amd graphics catalyst tidak bisa dibuka ya? Tetapi tidak menunjukkan program error. Dan vram nya masih kedetek.

    • Admin
      Author Reply

      Untuk laptop sebaiknya tetep stay pakai driver bawaan aja yah, karena suka ga kompatibel kalo update pake versi generik dari website AMD. Atau kalau mau update langsung dari website vendor laptop mu yakni Lenovo dan sesuaikan dengan versi laptopmu yakni G400

  99. saya pake HP Prosesor AMD A8-6410 APU with AMD Radeon R5 Graphics, tak instal Sniper Ghosh Warior 2 kok gak bisa ya. apa memang grafik di AMD Radeon R5 belum mampu untuk game tersebut?
    padahal itu di Core i3 bisa lho tapi lelet. AMD yang mengedepankan grafik dan game malah kalah sendiri nih dgn intel. mohon pencerahanya min.

    • Admin
      Author Reply

      Sudah aktifkan high performance di AMD Catalyst control center pada bagian power option? Kalau ada dana lebih upgrade RAM juga akan mendongkrak performa laptop.

    • Admin
      Author Reply

      Asal pada AMD Catalyst Control Center pada tab power option diset ke high performance seharusnya AMD Radeonnya sudah bekerja ya. Coba cek pakai aplikasi GPU Z jika ingin lebih pasti. Nanti ada dropdown di sebelah kiri bawah yang bisa mengijinkan kamu untuk memeriksa kedua GPU yang ada pada laptop.

  100. Eri
    Reply

    saya mau bertanya, cara merubah vga yg aktif dari vga intel menjadi amd radeon 8530 gmna ya caranya ? karna pada saat bermain game cuma vga intel ya yg terbaca

    • Admin
      Author Reply

      Sebenernya asal sudah di set di AMD Catalyst Control Center dengan high performance di power option pasti sudah otomatis bekerja kok yang Radeonnya 🙂 bisa cek kinerja masing2 GPU dengan menggunakan Aplikasi GPU Z 🙂

    • Admin
      Author Reply

      AMD catalyst (dlu ATI Catalyst) mrupakan paket driver dan software optimasi khusus untuk vga radeon. Dulunya hanya bsa setting tngkat kcerahan,3D rendering,anti aliasing dan warna pada layar.skrg fiturnya brtmbah dgan adanya overclocking vga(radeon tipe trtntu),pngaturan kipas,manajemen clock vga,informasi vga,view suhu,pngaturan timing dan clock prosessor jika prosessor nya AMD.

  101. BIMO
    Reply

    Min, Saya pakai AMD 7650D saya ingin menonaktifkan recent application pada switchable graphics… cara nya bagaimana? misal “Dota 2 ……….. High Performance” supaya tidak ada gmna?

  102. BIMO
    Reply

    Bisa Tidak mengembalikan switchable graphic jadi ke not assigned? soalnya Laptop saya kalau Power Saving Lag, High Performance Lag juga? (Pada recent application)

  103. Marcel
    Reply

    min, saya HD 5650.. udah install AMD CCCnya versi lama dari acernya.. tapi ttp crash knapa ya min

    Problem Event Name: APPCRASH
    Application Name: CCC.exe
    Application Version: 3.5.0.0
    Application Timestamp: 4ca242ed
    Fault Module Name: StackHash_a21e
    Fault Module Version: 6.1.7601.18229
    Fault Module Timestamp: 51fb164a
    Exception Code: c0000374
    Exception Offset: 00000000000c4102
    OS Version: 6.1.7601.2.1.0.256.1
    Locale ID: 1057
    Additional Information 1: a21e
    Additional Information 2: a21eb8d409060889559bf405117461b1
    Additional Information 3: aa27
    Additional Information 4: aa27bb4ddc219a4aec5703ba931cd1f4

    Read our privacy statement online:
    http://go.microsoft.com/fwlink/?linkid=104288&clcid=0x0409

    If the online privacy statement is not available, please read our privacy statement offline:
    C:\Windows\system32\en-US\erofflps.txt

    itu kenapa ya min udah install net frame work terbaru jg

    • Admin
      Author Reply

      Coba install ulang saja windowsnya kemudian install lagi driver amd catalyst bawaan. Jika masih bermasalah bisa bawa ke service centre acer untuk penyelesaian problemnya 🙂

  104. tri
    Reply

    Min, saya mau tanya dong. Sy baru beli laptop lenovo g-410. Kan dia pake vga amd hd8500. Nah saya udh install vga amd -nya dari situs lenovo. Tp disini ada masalah, stlh saya install saya coba buat main game ex: pes 2013&2015, need for speed. Disana layar jd kedap kedip gitu, game-nya jalan, tp layarnya jd kedap-kedip ga kayak sebelum sy install vga amd nya.. apa ada kesalahan dari vga-nya sendiri atau emg saya yg salah install nya?

    Bisa kasih penjelasannya ga min? Mohon secepatnya ya min…

    • Admin
      Author Reply

      kamu mainnya pas charger dicolok apa ngga? Kalo main pas charger dilepas wajar suka kedip2 gitu karena ada fitur untuk menghemat tenaga batre saat jalankan game berat.

  105. rizki
    Reply

    pagi min mobo saya MSI FM2-A75MA-P33,proc A8 6600k,yang saya mau tanyakan
    jika di ppasangkan dengan radeon 7750 bisakah menjadi dual grafik?,apakah kinerja radeon 6670 dan 7750 berbeda jauh?melihat selisih harga nya yang seperti nya tidak jauh dan bagus mana buat A8 saya?bagaimana pula dengan 6570?saya masih bingung mau ambil yang mana. dan apakh terasa sekali perbedaan kinerja antara ddr3 dan ddr5 ?
    maaf min kata2 nya berantakan,trims min

    • Admin
      Author Reply

      a8 6600K hanya bisa dual dengan HD 6570 & HD 6670. walau begitu sebaiknya beli yang 7750 saja karna walau ga bisa dual grafik, perfrma akan jauh lebih baik ketimbang pakai dual grafis

      ambil yang ddr5. ddr5 jauh lebih cepat dibanding ddr3

      • rizki
        Reply

        saya ingin nya yang tanpa konektor PCIe tambahan jadi watt kecil hehe
        rekomendasi pake apa nih min,7750 DDR5 atau R7 250 DDR5,sepertinya 2 type ini daya nya kecil yah min harga jg cm selisih dikit,kalau performa nya gmn? trims min

        • Admin
          Author Reply

          pilih yang R7 250 aja karena sudah lebih terbaru jadi ada fitur2 terbarunya juga kaya true audio misalnya 🙂 kalau untuk performa sih hampir sama 🙂

  106. surya
    Reply

    Min, laptop saya lenovoG4070 dengan spek intel core i3 dan amd radeon tetapi buat main pes 2013 saja ga bisa. Padahal settingannya udh saya ganti high performance. Mohon pencerahannya

    • Admin
      Author Reply

      Multi GPU dimana HD 8650G merupakan grafis integrated di APU dan HD 8670M adalah grafis diskritnya, bisa dual grafis atau switchable grapphic 🙂

  107. Samsul Arif Munip
    Reply

    maaf min saya Pakai ASUS X452CP dengan dual VGA (intel 4000 dan radeon graphics hd 8530m1gb), tapi yang kebaca selalu intel 4000.
    jadi pertanyaan saya, apakah Ati Radeon pada laptop tersebut hanya untuk mengelabuhi konsumen saja, atau mimin punya penjelasan lain? mohon maaf sebelumnya.

      • Admin
        Author Reply

        Maka itu, ini memang sering terjadi pada laptop yang campuran (Prosessor Intel, dan grafis AMD). Udah banyak tutorial di youtube mengenai cara switch graphic ke AMD saat main PES, salah satunya adalah dengan mengeset di AMD Catalyst control centre aplikasi yang diinginkan ke High Performance. mungkin bisa juga lihat tutorial di sini https://www.youtube.com/watch?v=DCh9Eob0mNY Semoga berhasil

    • Admin
      Author Reply

      Bukan mengelabuhi konsumen dong 🙁 hanya saja jika memang sedang tidak memakai aplikasi berat, yang dipakai ya hanya Intel HD nya saja. Kalau mau aktifkan yang Radeon bisa ke menu Pinned di AMD Catlyst Control Centre dan set satu2 aplikasi2 yang ingin pake AMD Radeon dengan setting high performance. Kalau mautau lebih banyak bisa cari tutorialnya di youtube.

  108. Permisi, mau tanya soal AMD Dual Graphic.
    Saya pny laptop Lenovo g405s, CPU A8 5550G with HD Graphic 8550G + GPU 8570M. Nah, disaat saya mnggunakan APU graphic, render test di GPU-Z tdk mngalami stuttering, namun saat sya aktifkan dual graphic, Render test di GPU-Z, mnglami stuttering, fps mnglami pnurunan drastis juga. Saat gaming pun kadang dual graphic seakan-akan tdk bekerja maksimal. kira-kira masalahny dimana y? Driver atau yg lain?
    Thanks.. Mohon infonya..

    • Admin
      Author Reply

      Memang fungsi dual grafis masih sering mengalami masalah, makanya mimin lebih menyarankan untuk nonaktifkandual grafis. sebenernya sudah ada perbaikan pada omega catalyst terbaru. Hanya saja belum kompatibel untuk laptop karena laptop tergantung driver dari website vendor langsung. sebaiknya jika ada update driver terbaru dari website Lenovo yang sesuai samalaptop kamu silakan unduh dan ganti drivernya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, diluar yang tertulis diatas kemungkinan besar gak bisa ya… dari mimin sarankan menggunakan single VGA saja yang jalannya lebih cepat seperti R7 250 atau R7 260 :0

  109. firman
    Reply

    min mau nanya kalo prosesor amd e1 6010 itu support game ga misalnya pes dan laptop nya lenovo g40-30 soal nya nge lag banget min maksih

    • Admin
      Author Reply

      Untuk e1 memang hanya untuk kinerja harian makanya kerjanya minimal sekali untuk menghemat daya. kalau mau gaming pakai notebook A10 saja. untuk e1 sendiri paling hanya bisa main game ringan kaya gamehouse

  110. abi
    Reply

    cara turbo boost amd a6 6310 gimana min? saya pake k10stat gabisa keluar tulisan cant detect family 10h/11h/12h/14h. pake amd overdrive juga ga ke detect. mohon pencerahan

    • Admin
      Author Reply

      Hi, Untuk VGA tersebut saat ini tidak begitu cocok digunakan untuk bermain game-game berat. VGA tersebut lebih cocok digunakan untuk bermain mainstream gaming yang lebih ringan. 🙂

  111. Hermawan
    Reply

    min, laptop saya hp procesor amd a8-6410 apu dengan amd apu radeon r5 graphics.. saya coba memainkan pes 2015 tapi vramnya kok kosong ya, 250an vramnya ke shared.. gimana ya itu?

  112. min mau tanya, laptop saya sony vaio VPCSB18GG, saya update driver yang terbaru, tiba tiba amd saya unable, dan hanya intel grafik aja yang enable. terus saya setting di display adapter saya enablekan lagi tetep nggak intel yang aktif, gimana solusinya ?
    terima kasih 🙂

  113. firman
    Reply

    Min… Mau tanya
    Saya punya laptop HP pavilion 14
    AMD A10-5745 dengan dual GPU
    Saya hendak OC cpu nya dengan Amd over drive
    Tapi hanya bisa untuk apu nya saja
    Cpu nya hanya bisa 2.1
    Saya coba sampai 2.9 saat saya ‘apply’ kembali ke angka 2.1

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk masalah ini dari mimin tidak bisa bantu ya dan dari mimin sarankan kalau menggunakan laptop sebaiknya jangan di Overclock. Sebab kalau terjadi kerusakan garansi laptopnya akan langsung hangus ya. 🙂

  114. ridho
    Reply

    numpang tanya gan laptop ane lenovo g40 spek amd a8-6410 APU with amd radeon r5 graphics 2,00 ghz ram (upgrade) 8gb vga ati radeon r4 graphic 4gb kenapa dimainkan game semi berat seperti pes 2015 saja lag ya? makasih gan tollong banget infoya

  115. fajar rahmanto
    Reply

    numpang nanya brad pc saya spectnya ram2gb ddr2 vga 1gb radeon hd 5570 prosesor intel xeon 3,40ghz. mobonya pake amptron g1 series. trapi keluhanya main game tuh gejed bahkan main mine craft juiga gejed. nah yang jadi masalah tuh apanya?

  116. Nur Fazri
    Reply

    Numpang nanya, saya pake lenovo g40-70, processor nya core i3, vga amd radeon r5 m230, tetapi kenapa waktu bermain game pes 2015, gpu saya hanya terdeteksi Intel HD bukan amd radeon?
    terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk display game yang dideteksi sama PES selalu akan iGPU yang terdapat di laptop tersebut ya. Yang penting game tersebut sudah disetting high-perfomance maka saat bermain game tersebut akan secara otomatis menggunakan GPU yang lebih cepat.

  117. abdul
    Reply

    gan. kalo buat desain lebih bagus yang mana antara lenovo g400 (intel pentium 2020M, amd radeon hd8570 2gb. ) dengan lenovo g40-45 (amd A6-6310, radeon R4 )

  118. Teguh
    Reply

    Min mau tanya,prosesor ane a6 6400k mobo bi*star a85s3 ram 2×2 corsair 1600mhz,buat ngegame ga jadi?
    saya dah cek udah keinstal semua drivernya. tolong bantu Min,,darurat,,,,

  119. admin… saya ingin tanya.. laptop saya Lenovo g40 -70 2221, i3 4030U 1.9 Ghz + AMD R5 M230.. bawaan ram 2 gb.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah laptop saya support RAM dual channel?
    2. Mengapa setiap saya upgrade catalyst menjadi catalyst omega versi 14.xx.xxx di detect vganya menjadi 8500m series ya? sebelumnya pake bawaan, yaitu 13.xx.xxx, di detect radeon R5 M230.. apakah tidak apa -apa?
    3. Apakah mengupgrade AMD catalyst menjadi terbaru akan meningkatkan performa walaupun salah detect?
    4. Apakah benar, ada seseorang mengatakan bahwa R5 M230 setara dengan Intel HD 4000 ? setau saya, amd R5 M230 performanya lebih tinggi dari HD 4600 pun, kecuali intel Iris. Apakah benar?

    Terima Kasih, Rafito
    Dijawab ya min… 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rafito,
      1. Dari mimin kurang tau untuk yang ini karena bukan produk AMD processor dan motherboardnya.
      2. Karena Catalyst versi tersebut belum tentu kompatibel, catalyst versi terbaru yang disediakan oleh AMD lebih difocuskan untuk desktop atau PC, untuk laptop sebaiknya menggunakan driver AMD CCC yang disediakan oleh vendor pembuat laptopnya karena sudah dipastikan kompatibel dengan laptop yang digunakan.
      3. Tergantung apakah kompatibel apa tidak 🙂
      4. Untuk perbandingannya dengan kubu sebelah dari mimin kurang tau karena tidak ada data perbandingan yang resmi dari AMD pusat. Tapi pendapat pribadi dari mimin seharusnya sudah pasti diatas perfomance intel HD.

      Semoga membantu 🙂

  120. Ronny
    Reply

    Hi min,

    Numpang nanya, untuk Lenovo G40-70, saya install windows 7 ultimate. Kenapa tidak bisa detect VGA card (Radeon R5 M230) nya ya? padahal sudah download driver dari lenovo supportnya, tapi tetap ada tulisan error code 43..apa emang kita harus pakai Windows 8.1 baru bisa baca VGA cardnya??

        • Admin
          Author Reply

          Hi, kalau driver yang disediakan buat Windows 8.1 jelas tidak mungkin bisa di install ke windows 7 ya…
          Untuk yang ini kalau dari pihak Lenovo tidak menyediakan driver buat windows 7, bisa coba download driver dari amd.com
          Tetapi akan lumayan susah untuk mencari driver yang kompatibel dengan laptop yang digunakan, jadi dari mimin sarankan lebih baik langsung menggunakan Windows 8.1 biar 100% kompatibel

          • ronny

            Udah download dari web nya lenovo sih min untuk driver yang compatible dengan windows 7, bahkan driver VGA nya udah download juga dari web ny AMD tapi tetap tidak bisa detect min. Ada saran lain min?

  121. imam
    Reply

    dear admin,

    laptop saya dell Inspiron (14) – 5447, saat mau install game, yang kedetect hanya yg onboard saja videocardnya, kira kira solusinya gimana ya agar saat saya install game tersebut dapat terdeteksi juga yang amd radeonnya.. please advice, thanks.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, pertama sudah install driver CCC bawaan dari laptop?
      Kalau sudah tidak usah khawatir kalau yang kedetect GPU onboard atau iGPU nya ya…
      Tinggal di CCC nya nanti pada bagian switchable graphics power option gamenya disetting High-Perfomance.
      Saat menjalankan game tersebut dari laptopnya akan otomatis menggunakan AMD Radeonnya ya…

  122. Andreas Sanjaya
    Reply

    Min, mau nanya. Driver catalyst omega 14.12 ad problem ya utk amd dual graphic di notebook? Khususny pas main assassins creed Unity, glitch dimana”.. Kira” ad fix nya ga? Atau musti nunggu smpai release driver baru? Thanks.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk notebook harap gunakan driver bawaan terbaru yang disediakan oleh vendor pembuat laptopnya saja ya karena sudah pasti kompatibel.
      Untuk driver Catalyst omega ini lebih dikhususkan ke user desktop/pc.

      • Andreas Sanjaya
        Reply

        Maaf min, mau nanya lg satu, kira” bisa ga kalau yg di aktifin single gpu saja, spek laptop saya AMD A8 hd radeon 8550g+8570m, nah, saya mauny aktifin 8570m ny saja, bisa g ya? Kalau bisa, ada caranya?

        • Admin
          Author Reply

          Bisa nonaktifkan aja dual graphicnya dengan cara jalankan AMD Catalyst Control Center di komputer Anda, Tepat di bawah panel Gaming atau Performance, temukan menu tab Dual Graphics kemudian pilih Disable AMD Radeon Dual Graphics lalu klik Apply.

          Jangan lupa set high performance di AMD Catalyst di power option

  123. ramadhanipd
    Reply

    min laptop ane asus x452c vganya yg kebaca cuma intel hd 4000,ane udh install driver tapi tetep aja gakebaca,solusinya gimana min?

    • Admin
      Author Reply

      Di game PES ya? Biasanya kalau main PES memang sering kaya gitu, solusi nya set high performance di Power Option di AMD Catalyst bagian power option dan untuk pengaturan Intel HD nya juga set high performance supaya yang dipakai grafis diskritnya

  124. handika
    Reply

    min mau tanya, amd saya gak kebaca ketika rating win 7 index padahal sudah saya coba uninstal dan instal lagi, saya pakai lenovo g40-70….

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin kamu bisa:

      -Update graphics drivers dari websitee lenovonya langsung

      -Update DirectX

      -Check apakah kamu punya space HD cukup (karena tes WEI membutuhkan space temp file cukup).

      -Sesuaikan akselerasi hardware (Control Panel -> Appearance and Personalization -> Personalization -> Display Settings -> Advanced -> Troubleshoot).

  125. Hi Admin.,
    Saya pakai Lenovo Y470p dilengkapi dengan AMD Radeon HD 7690 1GB.
    Sebelumnya sudah pernah bluescreen, sehingga perlu diinstal ulang (win 7-64bit).
    Sejak saat itu setting bios TIDAK BISA SWITCHABLE GRAPHIC lagi.
    apakah bisa bantu solusinya?

    Terima kasih sebelumnya.

  126. Hi Admin.,

    Saya memakai Laptop Lenovo Y470p dilengkapi dengan AMD Radeon HD 7690 1GB.
    Sebelumnya pernah Bluescreen, kemudian diinstal ulang (Win 7 – 64 bit)
    Sejak saat itu setting bios TIDAK BISA SWITCHABLE GRAPHIC.
    JIka dipaksakan switchable menyebabkan Bluescreen.

    Apakah ada solusinya?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Admin
      Author Reply

      Ini pakai Intel HD juga ya? coba nonaktifkan Intel HD Grafiknya press Windows key + R, ketik devmgmt.msc di run prompt.
      • Buka Display adapters section, right-click Intel display adapter, click disable.
      • Restart laptop dan cek apakah kamu dapat error blue screen

      • Terima kasih Admin atas Fast Respons nya.

        Saya sudah coba sarannya untuk menon-aktifkan intel display adapter, setelah restart TIDAK ADA ERROR BLUESCREEN, komputer berjalan NORMAL RESOLUSI RENDAH.

        Apa ini berarti perlu update BIOS?

        Terima kasih sebelumnya. ^-^

  127. Xione
    Reply

    Gan nanya dong ? gw make amd hd 8670M 2 gb kok gw maen cs 1.6 fpsnya turun ya ? setting cs nya gw udah semua kenapa ya ?
    Maen di laptop

    • Admin
      Author Reply

      Menggunakan laptop apa ya?
      FPS turun bisa dari banyak faktor ya, misalnya apakah sirkulasi udara laptopnya sudah benar? sebab kalau misalkan laptopnya kepanasan perfomance dari CPU nya akan menurun banyak.

  128. Bayu Abroori Prestaka
    Reply

    misi min ane mau tanya nih Laptop ane Lenovo G40-70 : windows 8.1, dual graphic Intel HD Graphic 4000 and Radeon R5 M230 kenapa graphic yg amd ke bacanya hanya ke render tidak ke display ?

    Mohon pencerahannya min

      • Bayu Abroori Prestaka
        Reply

        maksudnya itu yg graphic ke 2 hanya terbaca untuk render saja tidak masuk ke display/layar, ngebacanya pakai program DirectX min

        • Admin
          Author Reply

          Set high performance di AMD Catalyst control centre bagian power optionnya ya 🙂 dan coba baca pakai aplikasi GPU Z pada tab sensor untuk melihat apakah kedua grafis berjalan sebagaimana mestinya bisa pilih pilihan grafis yang ingin dicek di sebelah kiri bawah yang ada dropdownnya

          • Bayu Abroori Prestaka

            maksudnya set high performance power apa ya min ? sudah saya baca di GPU z graphic dua2nya ke baca tapi yg ke baca di display hanya integrated nya yg amd nya ke baca untuk yg lain tidak masuk ke display

          • Admin
            Author

            masuk ke menu amd catalyst control centre, tab sebelah kiri pilih power trus pilih yang high performance, nanti otomatis grafikk diskrit akan berjalan

  129. mohammad hisyam risyad
    Reply

    Min mau tanya laptop ane hp 14-g008au. AMD A8 with amd radeon R5 graphic, 2 ghz. RAM 2 gb…buat main pes 2015 lag gak? Kalau nge-lag yang diperbaiki/diupgrade apa?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, dari mimin tidak pernah test laptop tersebut. Kalau misalkan mau upgrade mungkin bisa coba upgrade RAM nya, sebab sekarang RAM 2GB tergolong kecil.

  130. yoghi
    Reply

    hello min laptop saya acer aspire 4745g dual vga, sebelumnya saya pakai ati radeon hd 5470 habis itu saya coba switch ke intel hd setelah itu saya mau switch ke ati lagi knpa ga mau ? mohon infonya

  131. Assalamu alaikum. Gang Saya Belli ini leptop Samsung Ativ Book 2 . ndk bisa Main Game Yg bergendre 3G. apa Yg salah Salah dengan Grapics ku kak. aku menggunakan ( Grapics AMD E2-2000 APU With Radeon ™ HD Grapics 1,75 Ghz .. atau Grapics Ku belum di instalkan Apliksai Grapics nya Yaa. #HelpMe

    • Admin
      Author Reply

      Hmm untuk laptop dengan prosessor E2 memang hanya untuk keperluann essential seperti aplikasi office atau aplikasi ringan lainnya. Game 3D tidak akan bisa berjalan dengan baik di laptop ini. Kalau ingin main game pun mungkin hanya bisa game ringan seperti gamehouse

  132. Arya putra
    Reply

    hello min saya mau nanya,misalkan A8-3850 kalo di Dual Graphics itu pakai Radeon apa yaa supaya bisa menghasilkan hasil yang optimal??

    terimakasih

  133. Arya putra
    Reply

    hallo min saya mau tanya lagi,kalo a8-3850 sama Radeon HD 6570 itu bisa dual grafis gak????

    Terimakasih min maaf mengganggu

  134. fajar
    Reply

    hai Min, mau tanya neh bagaimana cara optimalkan maen game di laptop Lenovo B40 70 intel core i3-4030U, apa bisa maen PES yang baru?

  135. fajar
    Reply

    hai Min, permasalahan saya sama dengan mas Bayu Abroori, saya pakai lenovo B40 70 core i3 4030U, kenapa AMD nya kebaca ke render tidak ke display,,,,kalo ada yang salah bagaimana cara perbaikinya.

    • Admin
      Author Reply

      Set high performance di AMD Catalyst control centre bagian power optionnya ya 🙂 dan coba baca pakai aplikasi GPU Z pada tab sensor untuk melihat apakah kedua grafis berjalan sebagaimana mestinya bisa pilih pilihan grafis yang ingin dicek di sebelah kiri bawah yang ada dropdownnya

  136. faizal
    Reply

    mau tanya nh,saya pake lenovo B40-70 core i3, 4030U,graphic card ati Radeon R5 M230.
    nah utk membaca vga card amdnya bgmana y?
    td uda instal gpu-z tp crash trus.
    mohon bantuannya.
    -makasih sebelumnya-

  137. el fatoni
    Reply

    gan mau tanya nih
    vga lenovo g40-70 ci3 yang dual graphic itu vga nya tipe apa ya??
    kok diinstal dari driver bawaan gak bisa kedetek dari dxdiag maupun di gpu-z

  138. sepriadi
    Reply

    Hai min,saya pengguna laptop HP 1000-1409TX tapi ada masalah pada saat install VGA nya…
    Kalo VGA AMD radeon dan Intel HD nya di enable (di aktifkan) maka laptop saya langsung blue screen dan restart sendiri…. tapi kalo di disable gak masalah…
    Mohon bantuan nya min

  139. Rafaaell Yos
    Reply

    hello min…. saya mau tanya ne… saya punya laptop asus x452c intel core i3 and AMD RADEON GRAPHICS HD 8530M…. bagaiman si caraya… agar vga AMD Radeonya Yang terbaca di specifications gem Pro Evolution Soccer 2013… soalnya hanya intel HD 4000 nya saja yang terbaca… bagaimana caranya biar bisa terbaca atau terdeteksi amd radeonya di specifications gem Pro Evolution Soccer 2013. Tolong Dulu Min Carax……..

  140. omian
    Reply

    hi min, saya pake notebook pc lenovo 80e1,saya kurang rahu ttg yg namanya grafik2. yg saya tahu Amd atombios microsoft basic display adapter, giliran pas saya pake kepengen maen game ko gak bisa lemot banget,padahal cuma game rendah tapi lemot banget, apa.harus ganti display adapter vga nya ato gimana. byar bisa buat main game.. mohon solusinya min. sebelumnya terimakasih 🙂

    • Admin
      Author Reply

      disarankan untuk hanya menggunakan/install driver bawaan dan set high performance di bagian power option pada amd catalyst control centre. Kalo boleh tau pakai prosessor apa?

  141. Hendra
    Reply

    Min Laptop Saya samsung 355v4x proses AMD A8 dual graphic 7460 dan 7400 untuk aktifkan dua”nya gmn ya min?
    karna dh cari amd catalyst control center nya gk ad

  142. ajie
    Reply

    win saya mau tanya, saya punya laptop asus x452c intel core i3 and AMD RADEON GRAPHICS HD 8530M,nah awal beli windows 8 64bit, dan sekarang saya turunin jadi windows 7 64bit, saya cari driver AMD RADEON GRAPHICS HD 8530M tidak ketemu untuk windows 7 64bit solusi nya bagaimana yah, tolong dibantu min, reply: [email protected]/08986436494 ,help me min nanti ada $ dari saya ,terima kasih.

  143. Yosias Erastus
    Reply

    min saya laptop lonovo G40-70 i3 1.70 GHz yang pake amd R5 M230 2GB nah masalahnya kalo buat maen game berat dikit grafiknya patah patah dulu sekitar 1 menitan kurang dikit baru abis itu rada lancar. apa pengaruh RAM bawaannya kecil cuma 2GB ? Cara ngatasin gemana min ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi coba ke amd catalyst control centre, ke menu pinned, dan pilih aplikasi yang mau dijalankan kalo ga salah dengan klik browse, set ke high performance. Nah mimin saranin game game yang sering dimainin di pinned aja terus di set high performance

  144. salam kenal , pak saya sudah install driver dari lenovo untuk graphic card amd radeon seri laptop b40-70, dengan spek os win 8.1 dan graphic card amd radeon r5 m230 sesui spesifikasi standar dari manufaktur laptop tsb, selama penginstallan lancar untuk catalyst driver graphic card , hanya saja yang jadi masalah setiap penginstallan selesai sampai finish ok, tapi timbul pop up driver tidak terinstall sempurna dan catalyst tidak aktif karena hardware tidak terinstall, ( saya sudah install dan donwload 10 kali dari situs dan install untuk memastikan file download tidak bermasalah ) dan saya juga coba dari situs amd juga sama malah lebih parah graphic card tidak dikenal ?ok pak bagaimana dengan solusi nya apakah memang ada patch ? atau driver untuk radeon belum release untuk versi stabil ? atau memang kebetulan graphic card amd saya bermasalah di lenovo tersebut ?, terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      hmm sudah yakin kah kalau driver bawaan lenovonya sudah sesuai dengan versi OSmu? Coba unduh driver amd catalyst disini dan unduh AMD Driver yang sesuai dengan versi OSmu, kalau kamu pakai yang Windows 7 64 bit berarti unduh AMD Driver untuk yang windows 7 64 bit

  145. Y Ikhsan K
    Reply

    Min sy pake hp amd A8, buat PES 2015 kok vramnya cuka ke detect 128 ya ? Padahal speknya udh direkomendasikan buat game itu

  146. Rian alif
    Reply

    Selamat siang min.min saya mau bertanya saya menggunakan apu amd a8-7600 kaveri,,saya menggunakan ram ddr3 pc 12800 ,,sayang pasang 2 keping 4 gb + 2 gb,,saya cek dng perintah dxdiag kebaca 6 giga,,tapi pas saya liat di (windows + Pause Break) ternyata system installed memory Ram = 6.00 GB (1.7 GB Usable),,itu kenapa yach,,soalna waktu itu saya install fifa 2015 jalan,,tapi pass saya jalankan jadi tidak bisa karena tidak memenuhi system requirement fifa15,,liat di settingan di fifa15 (ram 1.7 BAD),,jadi fifana tidak bisa di jalankan ,,dimana letak masalahnya..terima kasih atas perhatiannya.selamat siang

          • Rian alif

            min ternyata sekarang udah kembali normal,,ternyata pengaruh ram,,yang 4 giga merk visipro yang 2 giganya merek samsung,,pass saya lepas yg 2 giga,,ternyata sekarang kembali normal,,jadina 4 giga kebaca 4 giga juga,,dan display apporx nya sudah 2 giga,,mks min atas perhatiannya selamat pagi,,jadi sekarang saya pakai 1 slot memory aja,,nanti mau beli yang satu merek lagi

  147. panji
    Reply

    Admin, laptop saya vga nya kadand terbaca AMD Radeon HD8500M atau AMD radeon R5. bagaimana cara men-switch nya bila ingin pakai salah satu ?

    • Admin
      Author Reply

      biasanya sih klik kanan desktop ada pilihan configure switchable graphic dan dari sana bisa langsung pilih aplikasi mana yang mau di high performance atau pakai grafik diskritnya

  148. Muhammad Zaqlul
    Reply

    Selamat Pagi min. Min saya mau bertanya , ini keluhan dari teman saya dia baru membil laptop lenovo AMD A8 6410 with r5 graphic , dan setelah dia cek di CPUz katanya bagian graphic bertuliskan AMD RADEON r4 Graphic . yang ingin dia tanyakan bukankah r4 untuk processor A6 ? atau dia yang salah atau bagaimana min ? mohon penjelasannya , Terima kasih atas perhatiannya

  149. deva prananda
    Reply

    saya mau tanya nih kenapa amd catalyst saya (yg klik kanan di desktop) sekarang isinya hanya ada hydragrid itu aja ya ? dlu sebelum laptop di install ulang isinya ada pengaturan graphic game gaada hydragrid apa itu karna salah download jenis AMDnya yaa ?, trus mau cek pke gpu z & cpu z ga bisa solusinya gmana yaa ? Amd saya 7670M terimakasih buat admin yg udh jawab 😀

    • Admin
      Author Reply

      hi kamu pas install ulang pakai driver bawaan atau bukan. Coba uninstall dulu driver AMDnya abis itu nanti install pakai yang bawaan. Kalo boleh tau OS lama apa? Dan OS baru sekarang apa?

      • deva prananda
        Reply

        OS tetap windows 7, klo driver bawaan maksudnya bentuk kaset ? saya ga dpet kaset buat install driver jdi semua serba download dlu, tdinya driver amdnya juga ga terdeteksi tpi pas abis download baru bisa, nah tpi begitu versi amdnya berubah fungsi jdi cuma hydragrid aja min

        • Admin
          Author Reply

          windows 7 lama versi 32 bit atau 64 bit? yang sekarang juga 32 bit atau 64 bit? beda versi beda driver, dan sebaiknya sesuaikan dengan seri laptopmu untuk unduh dan install driver. laptop mu apa ya kalo boleh tau?

  150. devaprananda
    Reply

    min kenapa yaa laptop saya ga bisa ngecek pake cpu z atau gpu z ? laptop saya hp pavilion g4 i5, terus juga AMD saya cuma ada hydragrid aja sehabis di install ulang, amd yg 7670M dlu ada graphic pengaturan gamenya..solusinya yaa min thanks

    • Admin
      Author Reply

      OSnya berapa bit? karena CPUZ dan GPU Z tidak akan bisa dibuka jika tidak sesuai dengan bit OS yang dipakai. Solusi untuk driver, silakan unduh driver dari wbsite resmi laptop yang sesuai dengan seri laptopmu dan juga jenis OS yang dipakai

  151. pake patch bro setting highnya… kalo di settting bawaan emang ga bisa….
    soalnya gpunya ngebaca yang intel…
    tapi kalo udah maen mantap ko…
    kata gtu admin kan gtu..
    langsung swithc sendiri kalo high perfomance…

  152. Hi Admin,

    Saya Pengguna LENOVO AMD A8-6410 APU,
    Mau tanya kalau saya mau install OS Type 64Bit di Virtual Box dia selalu Gak Bisa,
    Yang saya mau tnyakan gimana caranya biar dia bisa install OS Type 64Bit diatas Virtual Box
    Harus di ubah settingan dimananya ya ???

    • Admin
      Author Reply

      Hi, sebelumnya untuk requirementnya virtual box seperti RAM dll apakah sudah dipenuhi ya?
      Mungkin bisa coba konsultasi ke forum-forum Virtual box untuk masalah ini 🙂

      • Habsi
        Reply

        sudah terpenuhi min, RAM saya 4GB + 2GB, tapi ternyata di LENOVO AMD A8, utk fitur VT(Virtual Technolognya) tidak ada jadinya gak bs di install OS 64Bit di atas Virtua Box

        • Admin
          Author Reply

          Hi, dari mimin kurang paham juga untuk masalah ini… setau mimin tanpa VT juga seharusnya bisa di install walau mungkin akan kurang maksimal. Mungkin lebih baik coba cari tau di forum-forum Virtual Box buat informasi lebih jelas 🙂
          Mohon maaf kurang bisa membantu

  153. Andri Pratama
    Reply

    Kalo untuk Richland AMD A-8 6600K (HD Radeon HD 8570D) enaknya tambah VGA apa ya biar bisa dual graphics dan menambah performa VRAM yang kurang (cuma 512MB) dari Radeon HD 8570D ?? dan cara agar menjadi dual graphics gimana ?? otomatis atau tidak ????

  154. min punya saya laptop asus x452c prosesor intel core i3-3217u, 1,8 GHz, kok kebacanya di intel hd 4000 ya gak di amd nya? trus pas instal vga amd selalu ada package failure
    gmana ya min solusinya?

    • Admin
      Author Reply

      Ada install Raptr/AMD Gaming Evolved? kalau ada mungkin bisa di uninstall dulu sebelum update driver.
      Bacanya menggunakan software apa ya? untuk beberapa software seperti dxdiag akan selalu membaca iGPU doang kok…
      Jadi kalau mau cek mending menggunakan software seperti GPU-Z

  155. Muhammad Iqbal Tawakkal
    Reply

    Hai min… saya punya laptop Toshiba dgn spesifikasi prosesor AMD A8 dan VGA nya Radeon R5 2GB. tapi waktu dipakai main PES 2015 kedetek nya cuma 512 dan setelah update driver malah jadi unable (jadi turun dari 512). mohon pencerahannya min hehe thankss

  156. min laptop saya ASUS x550D pake dual graphics yaitu
    -primary adapter = radeon HD 8650G(768mb)
    -linked adapter = radeon HD 8600M(2gb)
    cara ganti primary adapternya gimana min biar yang 2gb jadi primarynya?
    terimakasih…

    • Admin
      Author Reply

      Hi, dari AMD ada teknologi yang bernama switchable graphics dimana dari laptopnya sendiri akan switch GPU yang digunakan berdasarkan tingkat stress dari program atau game yang dijalankannya berdasarkan power option yang digunakan juga.
      Tapi kalau misalkan mau dari Suci adalah matikan iGPU dan hanya menjalankan GPU Radeon HD 8600M series nya dari mimin tidak menyarankan ya… Sebab akan merusak lifetime battery dari laptop tersebut.

  157. min saya mau nanya nih
    kan saya punya laptop lenovo b40-70 nah di keterangan vga nya amd radeon, laptop saya osnya window 7 64 bit dan ramnya 2gb. nah saya kan udh instal drivernya tapi knapa pas saya cek dxdiag yang terdetect itu hanya intel hd tapi amdnya ga kedetect. mohon pencerahanya..

    • Admin
      Author Reply

      Hi, beberapa software pendeteksi tidak dapat mendeteksi GPU Discrete dan hanya dapat mendeteksi GPU Integrated.
      Dari mimin sarankan kalau mau cek silakan menggunakan software seperti GPU-Z ya 🙂

  158. Didi
    Reply

    Min mau tanya nih ane punya leptop lenovo g40 70 ane instal windows 7 64 bit, driver semuanya udah download yg paling update tapi vga amd radeon r5 m230 problem terus min, gak kepake jadinya “Windows has stoped this device because it has reported problem (43)” Solusinya gimana min biar vga ane bisa dipake …. mohon bantuannya

  159. Hadiyat
    Reply

    Min, saya sudah update driver saya amd-catalyst-omega-14.12-with-dotnet45-win7-64bit dan sudah berhasil. tapi dipengaturan supaya yang terbaca vga radeonnya bukan intel gimana caranya ya min? saya sudah coba masuk ke switchable graphic, sudah saya ubah maximize performance, tapi kok sepertinya tidak ada perubahan apa-apa. vga yang terbaca tetap intel, dan saat bermain akibatnya lag. tolong pencerahannya min.

    • Admin
      Author Reply

      kalau ini harus ke menu pinned, terus pilih game yang mau pakai grafis diskrit dan set ke high perfrmance, nanti game itu akan jalan pakai radeon secara otomatis

  160. muhamad rizal
    Reply

    Halo gan laptop saya lenovo G-40 dengan amd radeon r5 m230. Nah kan laptoo ini pakai intel hd juga. Bagaimana ketika saya mau install game atay di system reuitmen lab yang ke detect adalah intel hd. Jadi ketika saya install gamw baru gamenya gajalan. Padalah saya sudah download driver barunya baru beberapa hari. Ada solusi biar si grapicnya kebaca amd di game . soalnya kalk di GPU-Z ke deteck amdnya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rizal, sudah pastikan game nya tidak jalan karena GPU integrated?
      Coba settingan power option diubah ke high-perfomance setelah itu dicoba lagi.

  161. min ane pake laptop ASUS series X452C , nah kan VGA nya ada yang intel HD4000 sama AT radeon HD8530M . nah permasalahan nya vga yang kebaca haya yang intel HD4000 nya aja min, biar VGA AT radeon nya kebaca gimana yah min ? padahal AMD catalyst juga udah bisa di buka.
    mohon pencerahan nya yah min

    • Admin
      Author Reply

      Hi, AMD ada teknologi yang namanya switchable graphics dimana saat laptop tidak sedang melakukan hal-hal berat (browsing, nonton, kerjain tugas dll) maka GPU Integrated yang akan berjalan untuk menghemat daya dan battery life. Tapi kalau saat menjalankan game berat secara otomatis akan berpindah ke GPU Discrete dimana memiliki perfomance yang lebih kuat tetapi akan lumayan menghabiskan daya. Yang penting saat main game jangan lupa power option disetting high-perfomance atau bisa coba cek menu switchable graphics di AMD CCC.
      Perlu di-ingat beberapa software/game tidak dapat menampilkan GPU discrete, tetapi saat bermain game tersebut sebenarnya sudah berpindah ke GPU discrete.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, A8 nya beda ya 🙂
      Untuk Asus K45DR menggunakan A8-4500M sedangkan Lenovo G40-45 menggunakan A8-6410.
      Keunggulan dari A8-4500M adalah perfomancenya saat turbo core aktif akan lebih cepat dibandingkan A8-6410. Tetapi konsumsi daya dari A8-6410 akan lebih rendah dibandingkan A8-4500M. Jadi silakan pilih sesuai dengan keperluan sendiri ya 🙂

  162. preconfig
    Reply

    bagaimana performa dual graphics untuk game online saat ini yang masih banyak memakai dx 9 ?
    mohon jawaban pastinya min ! cz ane mau buka warnet pake dual graphics

    • Admin
      Author Reply

      hmm untuk game online kebanyakan belum dukung dual grafis, tapi walau tanpa dual grafis jika memang prosessor dan grafisnya cocok seharusnya kuat untuk jalankan game online terkini.

  163. Ferdy
    Reply

    Min mw tanya, laptop saya toshiba satellite l840, vga amd radeon hd 7670m itu apa sudah ada dual graphicnya, saya lihat kok total memorinya 3,8 gb itu maksudnya gimana min ? apa satu kapasitas 2 gb trus satunya sisanya gitu ?. Trus kalo dual graphic cara aktifinnya gimana ?. Tolong pencerahannya min

  164. Rendi
    Reply

    Malem min mau tanya, laptop saya lenovo G40-45, itu sudah dual grapich belum ya ?
    sama kok ada beberapa game yang tidak bisa saya jalan kan khususnya game yg saya download dri windows store cuman muncul logo abis itu mental lagi ke start scren,sementara untuk main game yg lain bisa, cara mengatasinya gmna ya ?,
    Terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      tidak, hanya switchable graphic 🙂 mungkin gamenya terlalu berat untuk spek laptop ini karna laptop ini bukan laptop gaming tapi hanya laptop harian saja

  165. dwi
    Reply

    Hi min, saya memiliki laptop Lenovo G40-70 dengan spek core i5 4210u ram 4GB, vga Intel HD dan AMD Radeon R5-M230 2GB, kenapa ketika bermain game pes 2013 vganya unabel yah min sebelumnya pake win 7 baik2 aja min pas pake win 8 ko ga bisa tolong infonya min thx 🙂

    • Admin
      Author Reply

      coba ke amd catalyst control centtre dan coba buka menu pinned dan browse pes dan set high performance, atau klik kanan desktop pilih switchable graphic dan pilih radeon jangan yang intel hd

    • Admin
      Author Reply

      untuk bisa dual channel pastinya spek ram harus sama/identik dengan ram bawaan. Konsultasikan dulu ke lenovo indonesia sebelum upgrade ram untuk pastikan dukung dual channel atau tidak +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)

  166. min aq punya laptop lenovo g40-70 vga amd radeon graphics. tp kok pd saat di instal vganya tetap gk ke baca. yg ke baca hanya intel hd gaphics family
    solusinya gie mna min. thanks

    • Admin
      Author Reply

      untuk main pes ya? sebenernya itu memang karena pesnya sih selalu baca yang bawaan prosessor kalau main game standarnya begitu. Biasanya kamu bisa ke menu amd catalyst control centre terus buka menu pinned, browse pes, dan set ke high performance untuk aktifkan yang grafis diskritnya

  167. mau nannya min. saya gk sengaja ke un instal vga saya.. hd 6750. trus pas saya check di divice manager.. malah ilang.. tinggal intel graphic biasa..
    cara buat balikinnya lagi gimana yah..

  168. min saya, gk sengaja nge rool back amd hd 6750 saya ke yang paling dasar di divice manager.. trus malah ilang radeonnya di divice manager jadi tinggal intel graphic card… gimana caranya biar balik lagi radeonnya ya main.. makasih

  169. Willy
    Reply

    malem min,mau tanya nih ane punya hp pavilion g4 2006tx,waktu itu laptop ane kena virus terus sekarang ngga bisa dibuka configure switchable graphics nya terus di task manager CCC.exe ngga ada,ane udah coba uninstall pake DDU ane install lagi graphicsnya tetep ngga bisa,mohon pencerahan nya min 😀

    • Admin
      Author Reply

      coba install semua driver bawaannya mulai dari install driver hdnya juga, amd catalystnya juga, dan pastikan pas install catalyst itu musti pilih yang express/recommended bukan yang custom supaya ga salah install. soalnya biasanya switchable graphic ilang karena emang ada komponen yang ga keinstall sih

  170. ody
    Reply

    Gan mau tanya saya mengunakan prosesor apu 10 saya mengunakan ram 4 gb 2 cenel .kenapa saat di cek di my computer properti cuma ditek 2gb .. ? Dan buat main game ngelag bgt.

  171. Javier Firman
    Reply

    laptop saya x452c sudah pakai cpuz.tapi kok yg ke detect cuma intel HD 4000 ya ? AMD tetep gaada padahal sudah di instal catalystnya

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk cek GPU itu pakai aplikasi GPU Z, bukan CPU Z. Nanti kamu bisa lihat di bagian dropdown sebelah kiri bawah aplikasi semua grafiknya

  172. bagas
    Reply

    Min saya bingung nih soalnye baru pertama kali make AMD..
    1. laptop saya kan merk HP PAVILION 15 p229ax nah di goggle tertera speknya itu grpicnya menggunakan R7 , tetapi mengapa di DX diag terteranya malah HD 8610G….
    2. kata temen sh bilang yg on boardnya itu yg HD9610G kalo misalkan benar gimana caranya nge switch ke R7 nya gan,.
    3. apakah si R7 nya ini otomatis aktif apa harus diaktifin manual…
    4. kalo diaktifin manual gimana caranya gan,,

    mohon pencerahaannya

    • Admin
      Author Reply

      HD 8610 G itu GPU yang ada di APUnya, kalau mau periksa semua grafisnya bisa lihat pakai aplikasi GPU Z liat di dropdown sebelah kiri bawah
      untuk switchnya kamu tinggal aktifkan high performance di amd catalyst control centre bagian power optionsnya 🙂

  173. kk mau tanya laptop saya pakai AMD Radeon HD 7570M/HD 7670M waktu di pakai di aplikasi kenapa kok muncul “Direct3d : create device gagal” ahkirnya aplikasi nya gk bisa di jalankan.. bagaimana cara mengatasinya ??
    tolong di bantu, terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Berarti DirectX kamu tidak update, coba diupdate yang sesuai dengan kebutuhan gamenya butuh DirectX berapa, dan update driver VGA ke versi terbaru

  174. saya menggunakan windows 7 ultimate 64bit
    ram 8 gb
    vga radeon his R7 200 2 gb
    mobo gigabite dual uefi versi 7
    kalo pake w7 ultimate 64 bit vga hanya terbaca 1.748mb
    sedangkan kalo pake win8 terbaca full malah lebih karena ada sharing dari memori

    saya lebih pilih w7 jadi kepana kok g terbaca full vga nya ya min
    bantu dong min, udah pusing ini kepala otak atiknya tapi g bisa juga

  175. alvi
    Reply

    mau tanya min laptop ane toshiba m840 dengan vga amd radeon 7670m tapi pas di pakai buat maen game pes 2015 suka ngelag..mohon solusinya min

    • Admin
      Author Reply

      aktifkan high performance di bagian power options pada amd catalyst control centre. Coba pakai aplikasi sweet fx untuk tingkatkan performa

  176. peace
    Reply

    Min Mau tanya , laptop lenovo saya tipe G40-45 SID saya restart , kok g mau ? cman sampe tulisan lenovo, mohon solusinya
    makasih

    • Admin
      Author Reply

      Baru pertama kali terjadi atau setelah kejadian apa gitu baru mengalami gejala seperti ini? Mungkin bisa jelaskan lebih detail

  177. Mlm min. Ane mau taxa ane pakek amd apu a4 Dengan mobo ecs a55f2 m4. Sebelumnya ane kash dual ram terdetek semua. Tapi mengapa sekarang tiba tiba hanya terdetek 2gb saja setlh saya cek pada propertis komputer. Tapi kalau di lihat pakek cpu z 4 gb. yang bener yang mana min. Saya pakek os windows 7 ultimate 64 bit

    • Admin
      Author Reply

      Coba motherboard nya dibersihkan pakai penghapus dulu, mungkin karena kotor jadi ga kebaca semua, btw kejadiannya baru sekarang aja atau dari awal pasang seperti itu?

  178. Bayu Satrio
    Reply

    Min, tanya dong saya menggunakan Acer E5-551. Di brosur tertulis AMD RADEON R7, tapi kenapa ya saat saya cek di “dxdiag” hanya tertulis AMD RADEON R6. Saya sudah menginstall AMD Catalyst

    • Admin
      Author Reply

      Hi kamu bisa aktifkan grafis diskrit R7 dengan mengaktifkan high performance di AMD Catalyst Control Centre bagian power option

  179. malem dok ..
    saya ingin bertanya beberapa pertanyaan seputar laptop acer e15 e551 tg1a

    waktu saya mencoba main beberapa game sering patah2.
    saya cek di gpu-z,msi,dll yang bekerja hanya r6 , r7 nya ga bekerja ..

    contoh : watch dogs , padahal grafik nya semua nya LOW saya buat, cuma dapet 12-21 fps T_T .

    contoh2 : prototype2 , padahal ini game lebih rendah , tapi malahan ini lebih parah , cuma dapet 2-7 fps . macem wallpaper .

    * saya sudah cek di CYRI untuk pastiin game nya cukup dengan spek e 551 .
    * saya juga sudah setting di AMD catalyst setelan low semua + high performa

    Tapi kenapa hasilnya sama aja T_T .
    apa memang begini , atau saya yang belum mengerti cara penggunaan nya .

    spek laptop acer e15 e551 saya :

    * AMD Quad-Core A10-7300 with turbo core 3.2Ghz
    * AMD Radeon R7 M265 with 2GB Dedicated VRAM ??? (yg bekerja cuma 700mb-an)
    * 4GB + 2GB RAM (6 GB)
    * 1000 GB HDD

    mohon pencerahannya dok T_T

    • Admin
      Author Reply

      Hi coba kamu aktifkan high performance di amd catalyst bagian poer option, terus jangan lupa kamu pakai gamebooster untuk bantu matikan aplikasi background yang sering makan banyak RAM dan bikin lemot, terus kalau bisa Upgrade RAMnya jadi 6 ATAU 8GB karena setau mimin minimum requirement untuk watch dog itu RAM musti 6gb. semoga membantu 🙂 oh ya dan jangan lupa pakai cooling pad berkualitas setiap kali main supaya ga kepanasan dan jadi lemot 😀

  180. cing
    Reply

    min laptop saya HP 1000-1b09AU amd A-4,laptop ini kok di buat main pes 2013 di mode High kok ngelag banget ya???mohon solusinya,

    • Admin
      Author Reply

      Hmm memang diinstall ulang pakai windows apa jadinya? coba tambah RAM dan juga aktifkan high performance di amd catalystnya di bagian power option. Car aakses: klik kanan desktop dan klik amd catalyst 🙂 unduh catalyst dengan autodetect di support.amd.com/en-us/download

  181. elbadr
    Reply

    malem min… mo tanya nih, laptop saya lenovo G40-45 dengan apu A8 6410, apa penyebab “amd quick stream” nya tiba2 sering stop working
    thanks.

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin bisa coba install ulang driver AMD Catalystnya pakai yang terbaru. Bisa unduh di support.amd.com/en-us/download pakai autodetect aja biar ga salah unduh 😀

    • Admin
      Author Reply

      Sebaiknya dikembalikan lagi saja ke driver lama karena takutnya kurang kompatibel, kamu bisa uninstall dulu driver barunya di safe mode dengan menggunakan app pihak ketiga seperti display driver uninstaller, setelah bersih, coba install ulang lagi driver lamanya dengan driver bawaan yang dari CD 🙂

  182. botak
    Reply

    Min minta saran donk..gw mau beli laptop yg cocok utk main game contoh battlefield 3, dan juga untuk desain grafis. Tapi bugdet gw ada 6.5juta..laptop yang cocok kira2 apa ya?? Tolong dijawab ya min. Nuhun

  183. ibrahim husain
    Reply

    selamat pagi laptop saya hp pavilion m6 kenapa pada saat setelah instal dual vga amd radeon 7600m ga ada pilihan perfomance sama lama lama setelah main mulai lag saat main game

    • Admin
      Author Reply

      Instal dual VGA gimana ya maksudnya? Jika kamu mengaktifkan fitur dual graphic, coba matikan dulu saja dual grafiknya di amd catalyst bagian gaming/performance di disable saja lalu klik apply 🙂 dan untuk masalah lag bisa pakai cooling pad berkualitas untuk menghindari overheat

  184. Min netbook ane asus x450cp, dual grapic intel+amd radeon, terus yg mau aku tanyain gmna caranya yg jdi vga utama itu yang Amd gmna ya min? pas aku buka dxdiag yg ke detect itu vga intelnya min?

  185. fazar
    Reply

    Halo amd
    ko game yang selalu saya install main nya engga lancar atau fps nya selalu turun disaat game nya mulai. contohnya saat main menu game tersebut fps nya 30 setelah mulai game nya fps nya tiba2 menurun menjadi 15 padahal settingan ccc sudah High performance semua.
    laptop saya lenovo G40-70 dengan spek
    proccessor : intel core i5
    RAM : 4gb
    dan VGA nya dari AMD radeon r5 m230 saya upgrade autodetect menjadi AMD radeon hd 8500m
    masalahnya apa yah ?
    apakah performa vga nya atau gimana ?

  186. eric
    Reply

    Tolong tanya. Apa amd a8 6600k ini kuat buat dota 2 high setting?? Kira2 fpsnya brp ya? Bujdet saya ada 3 juta tapi bingung ngerakit speknya gimana..

  187. Faidul Mahasin
    Reply

    Min tolong solusinya ni.,laptop lenovo G40-70 Corei5, AMD radeon saya sdah install amd catalyst dan Amd catalyst control centre ga bsa kebuka dan muncul kaa”Amdd Ctalyst control centre cannot be strarted there are currently no settings that can be configured using AMD. mohon pencerahanya karna pertama install saya pakai Intel Grapich Family.,.,

    • Admin
      Author Reply

      coba uninstall sampai bersih drivernya di safe mode, pakai display driver uninstaller abis itu install lagi pakai driver amd yang bawaan laptop

  188. Hi Min, Saya punya laptop Asus K55DR..with dual graphics, masa pakai krg lbh sudah 2 tahun, sudah pernah claim garansi karena HD Bad Sector…saya punya problem min, ketika dipakai untuk main game2 berat..seprti crysis dsb..laptop suka mati min..terutama dipakai sambil dicas sekitar 20-30 menit(random)..kalau tidak sambil cas..tidak mati, tp belakangan tidak sambil cas..bisa mati.. sedangkan dipakai untuk browsing, ngetik baik2 saja..itu kenapa ya min?..apakah kena di VGA nya? sementara sekitar 4 bln yg lalu saya sudah pernah bersihin kipas dan tambah pasta..mohon pencerahannya min..ini sangat menggangu saya..tq

  189. candra
    Reply

    Min saya mau nanya, laptop saya hp pavilion 15-p227ax yang katanya vga pake r7 m260. Bagaimana cara switch dari vga intel ke vga r7 itu?terima kasih

  190. bos mau tanya laptop saya asus x452c ram 6gb core i3 VGA AtiRadeon 1 Gb dan intel hd, tapi saat bermain game dan yg kebaca VGA Intel HD, bagaimana caranya biar VGA Ati Radeon kebaca semua dan optimal,
    terima kasi

    • Admin
      Author Reply

      Kamu klik kanan desktop klik AMD Catalyst Control Centre dan pilih power option, set ke high performance. Dengan cara ini sudah pasti otomatis memakai yang grafis diskrit/dedicated

  191. zul
    Reply

    Hi min, saya memiliki laptop Lenovo G40-70 dengan spek core i5 4210u ram 4GB, vga Intel HD dan AMD Radeon R5-M230 2GB, kenapa pas di upgrade driver berubah jadi amd radeon HD8500M bukan R5-M230 lg knapa ya..& kalau mau hanya mengaktifkan vga amd radeon’a bisa ga ya..thk

    • Admin
      Author Reply

      Selama tidak ada perubahan performa tidak masalah kok, biasanya hanya karena aplikasi salah baca aja, untuk lebih akurat coba lihat jenis grafisnya pakai GPU Z.

      Untuk mengaktifkan driver Radeon saja bisa klik kanan desktop, klik AMD Catalyst Control Centre, pilih power options, set ke high performance. Nanti otomatis pakai yang dedicated

  192. Thomas
    Reply

    Min mau tanya saya punya leptop lenovo g40-70 core i3-4030u ram 2gb amd radeon r5 m230. Pertanyaan ane kalo misalnya sy upgrade ram jadi 6gb,trs mainin game battlefield 4 bsa gak ya? Soalnya saya denger2 radeon r5 m230 sama aja radeon hd8500 . Mohon bantu min thanks.

  193. fahreza
    Reply

    min,,notebook ane kan lenovoG4080
    prosesor : intel i5 5200u
    vga : dual
    ram : 4GB
    ..
    Saya mau nanya sebelum saya update driver amd,,vga nya masih tulisan r5 m230,,tetapi sesudah di update malah turun menjadi HD8500M,,saya download driver dengan teliti dan tidak mungkin salah,,lalu saya mau nanya gimana cara aktifin amd nya bukan intel yg kebaca ,,trims

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk lenovo G40-45 APU A6 tidak menyediakan fitur dual Graphic karena hanya memiliki sebuah grafik yakni GPU terintegrasi APU Radeon R4 🙂

      • rafa
        Reply

        cara Untuk mempercepat graphicnya bagaimana?? soalnya kalau q menggunakan photoshop CS6 Laptop aku jadi agak berat… untuk Pengaturan di AMD catalist Controlnya Kira2 Gimana yah… Mohon Pencerahan.a..
        terus yang kedua cara utk mengatur kalibrasi pada monitor untuk AMD gimana???

        • Admin
          Author Reply

          Hi Rafa, kalau boleh tau kamu memakai laptop apa ya? Untuk aplikasi desain biasanya membutuhkan RAM besar minimal 4GB apakah kamu sudah uograde RAM? Dan untuk pengaturan di catalyst coba klik kanan desktop, masuk ke AMD Catalyst Control Centre dan pilih menu power plan. Lalu set ke maximize performance untuk dapat performa paling maksimal.

          Untuk mengatur kalibrasi biasanya ada di Windows, kamu bisa lihat cara detailnya disini http://windows.microsoft.com/en-id/windows7/calibrate-your-display

    • rafa
      Reply

      halloww min… q mau tanya lagi..
      – cara Untuk Mempercepat Perform Laptop aku setingan di AMD catalist yang cocoknya kayak bagaimana?? soalnya aku maen PES 2015 gambarnya gak maksimal (patah-patah) dan saya juga menggunakan Adobe Photoshop CS6 perform laptop aku juga lambat… Mohon pencerahannya Min

      • Admin
        Author Reply

        Hi Rafa kalau untuk PES 2015 mungkin bisa coba aplikasi sweet fx, dan jangan lupa nonaktifkan program-program yang tidak penting terlebih dulu pada task manager. Mungkin bisa coba turuunkan dulu settingan game dan resolusinya juga supaya ga terlalu berat

    • Admin
      Author Reply

      Bisa silakan set Power Plan di AMD Catalyst control centre menjadi High Performance/Maximize Performance, nanti otomatis akan memakai grafis diskrit R5 M230 sebagai primary

  194. ilhamHaki
    Reply

    Haii min, mau tanyak, saya punya laptop asus k55dr, amd a8 radeon hd 76400+ hd 7400 dual graphic, tapii kenapa ya kalau di buat maen dota 2 dan pes 2015 selalu lag..driver uda saya update. Laptop uda di kasih colingpad . Settingan uda di rubah di amd crytalyst…mohon pncerahanay

    • Admin
      Author Reply

      Sudah setting ke maximize performance di amd catalyst control centre? Apakah sudah coba ubah settingan gamenya dengan merendahkan resolusi dan setting ke low dulu?

  195. Daniel
    Reply

    kak , Laptop saya Lenovo G40-45 A8 RAM 4GB VGA AMD R5 + M230
    itu dibuat game yang berat lancer , tapi kok dibuat main game online ringan seperti Royal master,Dragonnest dll itu kok malah ngga lancar ya ? (kayak ngadat/ngelag) gitu

    saya khawatir kalau system VGA laptop ini yang katanya “Switchable” ini ngga bekerja
    dan setelah saya cek di GPU-Z ada tulisannya Crossfire Disabled (available) gimana cara aktifinnya min ?

    • Admin
      Author Reply

      Halo Daniel, Untuk laptop ini memang tidak bisa crossfire/dual graphic, hanya bisa switchable graphic 🙂 sebaiknya kamu aktifkan high performance di amd catalyst control centre bagian power plannya supaya yang aktif AMD Radeon R5 M230nya (bukan yang integrated) atau kamu bisa coba aplikasi tertentu aja (seperti Royal Master, Dragonnest atau yg lain yg terasa lambat) di set semua ke high performance dengan cara:

      1. Klik kanan desktop, pilih Catalyst Control Center.
      2. Dari Power drop-down menu, pilih Switchable Graphics.
      3. Klik Browse dan cari program yang kamu pingin jadikan high performance
      4. Klik High Performance untuk pilih graphics card tertinggi untuk aplikasi tersebut

      Semoga berhasil 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Coba update windows terbaru terlebih dulu dan pastikan downloadnya sudah benar sesuai OS yang digunakan. Coba download lagi di support.amd.com/en-us/download menggunakan autodetect, pastikan koneksi internet stabil supaya tidak korup hasil unduhannya

      • Sanjaya
        Reply

        Min, seperti Ziqin saya pake lenovo b40 70, tapi pake win7 32 bit. udah pake autodetect sampe download complete. tapi masih belum ada perbaikan. di device manager nya masih pake “standard VGA graphic adapter” sedangkan “AMD radeon R5 M230” masih tanda seru. (oya, setelah download complete pake autodetect, saya ga bisa nemuin file download nya)
        mohon pencerahannya Min.
        Trims

        • Admin
          Author Reply

          setelah install selesai coba buka juga device managernya apakah di bagian display adapter masih tertera Microsoft Basic Display Adapter? Jika ya, kamu klik kanan Microsoft Basic Display Adapternya, terus klik “Update Driver Software”, kemudian “Search Automatically for update driver software” sampai microsoft basic display adapter nya berubah jadi Radeon graphic sesuai spek yang di laptopmu

  196. fender
    Reply

    min saya baru beli hp 14 g008au, yang pake amd a8 with r5 graphic, udah ane instal driver ama catalys terbarunya di situs resmi tapi, pas ane buka dxdiag sama cpuz yang graphic r5 nya nggak kebaca, malah yang kebaca amd atombios

  197. saya pengguna lenovo b40-45 ram 2gb amd r5 grafik os win7 64 bit, saya sudah upgrade bios ke versi 1.15, di cpu-z prosesor hanya terbaca 2 core. apa penyebabnya?

    • Admin
      Author Reply

      Kamu pakai APU apa? kalau pakai apu E1 pasti 2 core, tapi karena kamu sudah pakai R5 Graphic seharusnya pakai APU A8-6410 ya? coba diupdate cpu z nya ke versi terbaru lalu coba dibaca lagi

      • Admin
        Author Reply

        Ternyata setelah mimin cek kesalahan pada windowsnya, pada umumnya notebook yang memakai windows 8.1 suka salah terbaca, seperti APU FX yg harusnya Quad Core hanya terbaca 2 core, paling coba update windowsnya saja

  198. ajii
    Reply

    saya menggunakan laptop lenovo g40-45 yang a8 6410 dan gpu r5 230m dan hd 8500m, cara ganti ke hd 8500m nya gimana sama kok tidak bisa menggunakan amd overlocking padahal 2 gpu

  199. wilson
    Reply

    min mau numpang tanya dong saya punya laptop asus tipe x550D amd A10 & radeon HD 8670 2gb, kenapa saya kalo main csgo fpsnya cuma30-50 doang ya ? padahal laptop saya baru satu tahun yg lalu keluar, teman saya laptopnya sudah 3-4 tahun fpsnya 40-60 lebih ? apa saya salah mensetting? apa emang untuk tipe ini tidak bisa mendapat fps diatas 100 untuk game csgo? saya sudah menginstall amd catalyst juga , apa saya harus menguninstall catalyst yg sebelumnya ? tolong di jwb semua min tks

    • Admin
      Author Reply

      sudah setting high perrformance/maximize performance pada power play di AMD Catalyst? coba matikan dual graphic juga di amd catalyst control centre menu gaming/performance, disable, klik apply

  200. Fatah
    Reply

    Min mau tanya dong, AMD Radeon R5 di laptop ane ko ga jalan ya?
    padahal driver sudah di instal dan di Device Manager serta Bios pun sudah terdeteksi/terinstal laptop ane Lenovo G40-70, tolong jawab ya Minn..
    thanks

      • Daniel
        Reply

        Sudah pasti min walau di game nya ga ke detect? soalnya saya make skyrim cuma kedetect radeon r5 yang notabene primary vga nyaaa

        • Admin
          Author Reply

          Asal sudah di aktifkan maximize performancenya pada AMD Catalyst pasti grafik yang bekerja R5 M23O kok. Kamu bisa cek pergerakan sensornya dengan aplikasi GPU Z

  201. Min saya mau tanya nih di laptop Lenovo G40-45 menggunakan AMD A8 6410 with Radeon R5…
    dan Radeon HD 8500m 2GB DDR3…
    tapi kenapa saat memainkan Game GTA V yang terdeteksi VGA Cuman 512 itu kenapa Min,, jadi Lag dan bahkan Close Program…
    Untuk RAM udah ane Upgrade jadi 8GB…
    balas segera ya min, kalau bisa ke email saya..
    terima kasih

  202. min saya lagi memilih milih jenis laptop yang menggunakan system apu, kira kira keperluannya buat kuliah dan bisa gaming untuk dota 2, kira kira ada rekomendasi laptop merk apa saja yg menggunakan system apu. terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin bisa coba Lenovo G40-45 dengan APU A8 & grafis diskrit R5 M230 atau Asus X550DP A8 seharga 4,9 jt atau bisa beli yang A10/FX dengan kiaran harga mulai dari 6-7 jt-an seperti Acer E5-551, Asus X550ZE, Acer E5-552G, HP 15-P229AX atau HP 15-P230AX dan Lenovo Z40-75

  203. Irfan bayu baskoro
    Reply

    mau tanya nh, Laptop saya Hp pavilion 15 p229ax. processor amd a10 with radeon 8610 dan amd R7 m260. pas saya mw coba setting pes 2016. knapa yang kedetect radeon 8610gnya saja? padahal sudah disetel high performance. dan di catalystnya sudah di setel. posisi windows 8.1 catalyst version 15.7.1.

    • Admin
      Author Reply

      Coba langsung jalankan saja gamenya, dan jalankan aplikasi GPU Z, lihat di bagian sensor dengan memilih dedicated VGA. Nah jika pada sensor sudah ada pergerakan berarti VGA dedicated sudah benar berjalan

  204. rahmad
    Reply

    Min, Laptop Lenovo G50-80 core i7, grapich R5. saya udah donload amd terbaru tetapi driver VGA nya tetep gak kebaca… tetep tanda seru

    • Admin
      Author Reply

      setelah install selesai coba buka juga device managernya apakah di bagian display adapter masih tertera Microsoft Basic Display Adapter? Jika ya, kamu klik kanan Microsoft Basic Display Adapternya, terus klik “Update Driver Software”, kemudian “Search Automatically for update driver software” sampai microsoft basic display adapter nya berubah jadi Radeon graphic sesuai spek yang di laptopmu

  205. albar ramadhan
    Reply

    Min leptop aku lenovo g 4045 tapi vganya cuma kebaca r 4 apa ngak r 5? 🙁 apa karena aku instal windows 7 ? 🙁 mohon bantuanya min maen game batle field 3 kuat ngak?

    • Admin
      Author Reply

      Kuat kok main Battlefield 3 set med-high 🙂 Btw kamu baca pakai aplikasi apa? Coba langsung periksa pakai Catalyst aja, di bagian menu Information, Hardware, itu lebih akurat. Seharusnya memang R5 Graphic, tapi setau mimin di device manager sering salah detect jadi R4

  206. dede
    Reply

    Min, mau tanya ni. kok di AMD catalyst control center gak ada swicthable graphicnya ya? laptop saya lenovo G40-45 amd A8 graphic R5.

    • Admin
      Author Reply

      Lenovo G40-45 A8 nya yang harga 5 juta atau yang 3,9? Kalau yang 3.9 memang ga ada menu switchable graphic karena memang tidak memiliki grafis diskrit 😀 hanya punya grafik terintegrasi aja

  207. dede
    Reply

    min, mau nanyak nih. laptop ane lenovo g40-45 ram 4gb, vga R5 + M230, kok di AMD CCC gak ada sub menu swicthable graphic ya? terus yang terbaca VGA nya cuma R5 graphic, M230 nya saya cek di device manager itu dihidden. tolong direspon. terimakasih

  208. fajar
    Reply

    min laptop saya asus x452cp amd radeon 8530m 1gb.. tapi pas nginstal driver versi baru di device managernya berubah jadi amd radeon r5 m240.. itu kenapa yah? terus dipake main pes2016 ngelag.. gimana bikin jadi lancar yah min?

  209. firmanda
    Reply

    min , saya baru beli Laptop lenovo AMD A8-6410 APU with AMD Radeon R5 Graphics x 4 ‎(2.00Ghz)‎ itu kan seharusnya memori vga nya 2GB ya kalo g salah, tapi pas ane buka di setting pes 2013 VGA nya kedetect memang tapi Vram nya kok cuma 512m pas ane buka CPU Z juga 512m dan di AMD catalys juga sama,,, ini saya yang salah beli atau gimana min apa memang beda ya R5 sama R5 m230 atau R5 m330 ?

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Lenovo G40-45 A8 memang ada dua jenis, ada yang pakai Radeon diskrit R5 M230 dan ada juga yang tidak. Kamu belinya yang harga 5 juta atau yang 3,9jt?
      Untuk game PES memang suka salah baca memori, diabaikan saja dan langsung mainkan, biasanya asal kamu sudah set ke maximize performance laptopnya, nanti di GPU Z pada sensor tab yang akan berjalan radeon R5 M230/ diskritnya kok

          • pas beli langsung di Up min :3
            tapi sekarang udah naik :v
            ternyata masalahnya di partisi HD :3
            tadinya di bikin 3 partisi pas di jadiin 2 partisi ramnya jadi usable 7GB dari yang awalnya cuman 3.46 min :v
            ahahahahaha

  210. min.laptop asus x454w series , AMD Dual core E1 – 6010 1,35 Ghz. unable buat main pes 2016. solusinya dong min biar bisa main pes 2016? atau emng ga support? caranya biar support gimana min? dan masalah VRAM biar bisa dinaikin jd 512mb gimana ya min? Thnks.

    • Admin
      Author Reply

      Untuk PES 2016 mimin belom pernah coba sih, tapi kalau dipakai untuk main PES 2015 harusnya bisa. Coba turunkan setting sama resolusinya, terus set ke maximize performance di AMD Catalyst Control Cntre bagian power play.

  211. Apandu
    Reply

    Min OS laptop saya sebelumnya windows 7. saya upgrade ke win 10. kok adapter VGA amd r5 saya ga kebaca. gimana cara ngatasinya min?

  212. Alfi kurniawa n
    Reply

    Min saya pakai lenovo g40 45 a8 6410 apu. Bagaimana kita bisa tau kalo dual graphicnya ini udah aktif apa ngga? Soalnya pas saya buka settingan di amd. Trs pilih performance hanya ada cpu power. Apu dan gpunya tidak ada. Mohon di bantu min thanks

  213. Agung
    Reply

    min, keluhan ane sama ama si Firmanda..
    Jd emang ada 2 macam ya? soalnya abis cek pke CPU Z juga sama, VGA nya bukan 2GB..
    trus di AMD Catalyst Control Center sama skali ngga’ ada settingan buat display, cman settingan Power ama Performance doang..

  214. David
    Reply

    Dear Admin,
    mau tanya nih, saya beli lenovo G40-45, dengan proc A6-6310, dual grafik R5 230M… sudah saya instal Win 8.1 64bit, di device manager terligat dua memang grafik nya, yg APU R4, yg deskret R5, nah pas main game lancar2 saja memang, tp yg bikin ga puas, kayanya kok R4 nya saja yg jalan ya? saya sdh seting gamenya di AMD switchable, saya pilih game nya di high performance… apa betul R5 yg 2Gb itu jalan saat nge game?? saya baru coba 1 game, Tomb Raider 2013…ini pakai Beema driver yg 500mban atai kabini yg hanya 228mb ya min ?

    Mohon penjelasannya… thanks before…

    • Admin
      Author Reply

      Hi David, coba di maksimalkan saja performance laptopnya dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Dengan demikian, maka GPU yang terbaca akan otomatis berubah menjadi R5 230M 😀

      • saya install Lenovo G40-45 pake win 7 sp1 64bit apa pengaruh? yg kebaca di Device manager cuma 1 Graphic Card,kalo saya install win 8.1 apa akan jadi 2 Graphic card?

        • Admin
          Author Reply

          Hi Devri, untuk laptop Lenovo G40-45 itu memang memiliki 2 varian menggunakan APU A8: A8 yang dilengkapi dengan kartu grafis diskrit dan A8 yang dilengkapi dengan kartu grafis non-diskrit (Integrated R5 Graphics) 😀 Jika benar kamu menggunakan hardware yang non-diskrit maka benar hanya akan muncul 1 saja 😀

  215. AlMunif
    Reply

    Min ane kan make laptop Acer E5 551 dengan dual graphic Radeon R6 M265 Sama R7 M265
    Yang mau ssya tanyakan bagaimana cara aktifin dual graphic tersebut?mohon info nya terimakasih
    Saya memake amd crimson versi terbaru

  216. Rifqie
    Reply

    Min saya punya laptop asus x452c tapi pas pasang driver kok malah gak kebaca ya AMD Radeon HD8530 M-nya?
    saya coba pasang driver dari Asus, tetep gabisa, eh pas di unins itu driver vga kebaca radeon r5 tapi kan gak ada driver kan… meh

    saya pakai win 7 64 bit bisa tolong solusinya min?

  217. Christian Darwin
    Reply

    Dear admin,
    Sebelum’a, laptop yang saya pakai sekarang adalah laptop lenovo g40-45 dengan dual graphic yaitu amd radeon r5 graphic dan amd radeon r5 m330 dengan processor amd a8 6410 ram 4gb. Saya ingin bertanya bagaimana mengaktifkan lalu mengubah dual vga dari amd radeon r5 graphic ke amd radeon r5 m330 dan bagaimana mengecek apakah amd radeon r5 m330 tersebut aktif atau tidak.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Christian, kamu bisa set opsi laptop kamu ke Maximize Performance yang bisa dilakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀
      Kalau sudah Maximize Performance, maka pada saat menjalankan aplikasi berat seperti gaming GPU yang digunakan akan secara otomatis di switch menjadi GPU Diskrit 😀

  218. Halo min. Saya memiliki masalah pada laptop saya.
    Laptop saya Lenovo G40-45 AMD A8 6410 memiliki graphic AMD Radeon R5 + AMD Radeon R5 M330. Namun beberapa game hanya mendeteksi VGA yang pertama (1gb), bukan yang linked (2gb).
    Saya sudah mengupgrade driver dan juga sudah setting manual ke High Peformance mulai dari aplikasi drivernya sampai memasukan list game ke menu switch nya. Namun belum ada perubahan. Mohon solusinya, sekian Terimakasih.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Devri, untuk Lenovo G40-45 bukan termasuk Dual Graphic, dan hanya ada switchable graphics (bisa diganti pemakaian GPU antara GPU Diskrit ataupun GPU integrated-nya) 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Adrian, iya benar, untuk varian laptop Lenovo G40-45 memang hadir dengan varian yang dilengkapi kartu grafis diskrit dan yang tidak (hanya R5 Graphics Integrated saja). 😀

      • Admin
        Author Reply

        Berarti laptop yang kamu gunakan merupakan seri laptop Lenovo G40-45 A8 yang non-diskrit 😀 (Tanpa kartu grafis diskrit) dan hanya ada Integrated GPU saja 😀

  219. Min, Laptop saya Lenovo G40-45 A8 6410. Cara aktifkan Virtualization Technology nya gimana ya? Soalnya dari bios udah saya enable kan AMD SVM nya. Hyper-V juga saya uncheck sesuai arahan forum lainnya. Namun aplikasi Koplayer dan Nox tidak mendeteksinya (VT is disable). Mohon solusinya min

  220. Farid Nugraha
    Reply

    Min kenapa ya notebook saya saat dipakai main GTA V vram hanya terbaca 512mb padahal vram saya ada 2GB ?
    Saya pakai laptop HP 15 AF-109AX dengan spek :
    Prosesor AMD APU A8-7410 quad-core 2,2GHz Turbo 2,4Ghz
    Chipset AMD
    Grafis AMD Radeon R5 M330 VRAM 2GB
    Memori RAM 4GB DDR3L

    Mohon pencerahannya min

    • Admin
      Author Reply

      Hi Farid, pastikan sudah set opsi laptop kamu ke Maximize Performance dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀
      Jika sudah di set Maximize Performance, maka pada saat menjalankan game maka GPU yang digunakan akan secara otomatis diswitch ke GPU Diskrit 😀

  221. raynoken
    Reply

    min saya mau nanya, laptop saya lenovo g40-45 win10 (64bit), ram bawaannya 4gb, terus ane upgrade ram jadi 6gb (tambah 2gb di slot kedua),tapi ko saya cek sistem laptop saya ram 6GB (usable 4,96), terus saya udah ikutin cara dari yutup “run+msconfig” dan apus centang max memory, tapi kenapa tetap 4,96 ya min yg usablenya? mohon jawaban dan bantuannya ya min makasih ^^

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Kemungkinan ini dikarenakan karena Notebook yang kamu gunakan memakai AMD APU. maka akan terpakai 1GB jumlah Memory RAM yang ada untuk digunakan sebagai VRAM dari grafis terintregrasi yang ada di Processor AMD APU 🙂

  222. djainal
    Reply

    min mohon bantu permasalahan PC saya, udah bingung banget nih.

    saya ada 2 monitor VGA digital cma beda ukuran aja, saya maunya bisa pakai 2 monitor tersebut untuk memudahkan pekerjaan saya.
    motherboard A8XM-E35 yang saya pakai ada 3 konektor VGA, DVI-D dan HDMI.
    tapi karena monitor saya cma VGA otomatis saya harus beli converter DVI-D to VGA
    tpi entah kenapa sudah beli 2 DVI-D converter sampek 2 tetep aja gak bisa, setingan dari bios sudah tak coba buat double display tapi tetep juga gak bisa. Apakah ada jumper khusus di motherboard nya? mohon bantuannya min.

  223. djainal
    Reply

    min mta pencerahannya dong
    saya pakek motherboard A8XM-E35 yang suport 3 monitor sekaligus dg VGA, DVI-D, dan HDMI.
    untuk yang DVI-d nya tidak bisa baca monitor, saya sudah beli DVI-D to VGA converte, dan di biosnya sudah saya seting untuk dual display juga, apakah ada jumperan khususu di motherboard nya? butuh banget nih mi, mohon untuk pencerahannya. terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Untuk masalahmu Mimin sarankan mencoba untuk memakai converter aktif HDMI to VGA. di Motherboardnya sendiri tidak
      ada opsi jumper yang khusus 🙂

  224. OKTA
    Reply

    Halo Admin. saya baru saja update grafis dengan menggunakan fitur auto detect. Laptop saya Acer E5 552G. Setelah update kartu grafis sebelumnya R8 m365DX sekarang menjadi turun ke R7 M360… itu kenapa ya…

    • Admin
      Author Reply

      Hi Okta. kemungkinan ini dikarenakan driver terbaru belum di test Dual Graphics dengan baik. jadinya, Notebook akan terdeteksi, menggunakan
      grafis diskrit Radeon R7 M360. 🙂 Mimin sarankan untuk kembali menggunakan driver yang sudah disediakan vendor Notebook yang sudah di
      test Dual Graphics dengan baik 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai, ini adalah hal yang normal. mengingat, sebagian besar Memory (kurang lebih 512MB) dipakai untuk Video Memory (VRAM) dari grafis terintregrasi 🙂

  225. Min mau nanya laptop saya kan B40-70 6093 terdapat dual vga. VGA R5 M230 apakah bisa dijalanakan di windows 7 jika saya main pes kedetecknya cuman vga intel, cara supaya VGA amdnya kedeteck di menu stting pes gimana? Terimakasih min

  226. adit
    Reply

    min numpang tanya. saya pake hp 14-af118au dengan grafik yg tertanam amd Radeon r5 521mb. apakah bisa saya upgrade vga ny jadi amd Radeon r5 330 2gb. mohon pencerahannya.

  227. Dermawan Setiyanto
    Reply

    Kenapa Grafis AMD HD 8600 saat diinstal di Windows 8.1 atau Windows 10 tidak terdeteksi, malah yang terdeteksi AMD R 3300.

    Laptop saya Merek “HP” 14-ac004TX

    • Admin
      Author Reply

      Halo Dermawan, Menurut informasi yang mimin ketahui, Notebook HP 14-ac004TX memakai grafis diskrit AMD Radeon R5 M330. untuk pendeteksian grafis sendiri terkadang sering terbaca menjadi HD 8600. tidak perlu cemas. ini tidak berpengaruh ke performa, hanya masalah nama saja.

      Untuk spesifikasi lengkap nya bisa tuju ke url berikut :
      http://support.hp.com/th-en/document/c04742355

  228. Rasyid
    Reply

    Laptop saya sony vaio tipe s vpcsa36gg. Support dual vga intel dan amd 6600m, tp ga bisa di instal amd catalys,, mohon bisa di beri linknya dowld amd nya, beserta seri nya,, soalnya dah download tp ga bisa di instal, os 7 64

    Mksh

  229. arif al imroni
    Reply

    min laptop saya lenovo g41-35 setelah update windows 10 anniversarry amd redeon r5 grapichs dan vram menjadi 512mb saja padahal ada amd redeon r5 m430
    sebelum update windows 10 anniversarry vram 1,3 gb

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Apakah kamu sudah mengunduh driver versi terbaru ?? Mimin sarankan untuk menguduhnya. mengingat, Windows 10 Anniversary membutuhkan support driver terbaru 🙂

  230. Ridha
    Reply

    min ini laptop saya punya dua grapichs. yg satu r5 grapichs. satu lg r5 m330. waktu saya main game kenapa yg terbaca cuma yg r5 graphics nya? soalnya disitu vram nya jadi 512mb saja.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Anto, mimin rekomendasikan untuk menggunakan driver bawaan yang sudah disediakan oleh Toshiba baik di CD driver atau kamau bisa unduh melalui web resmi Toshiba 🙂

  231. azmi manda
    Reply

    min kenapa setelah saya instal Crimson ReLive Edition 17.4.4 di laptop saya processor amd A8-7410 APU with amd radeon R5 graphics layar saya menjadi gelap tidak seperti sebelem diinstal. Mohon bantuan nya

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk notebook sebaiknya hanya menggunakan update dari website vendor ya 🙂 hal ini terjadi biasanya karena driver yang tidak cocok, sementara coba kembalikan dulu ke versi semula sebelum diupdate.

  232. Min mohon bantuan ny
    Laptop saya alienware 18
    vga amd radeon r9 290x

    jadi saya reset pc, lalu setelah reset saya install lah driver di situs dell. terus update windows 10
    lalu tiba2 setelah selesai driver graphic saya jadi intel hd. amd nya hilang sama sekali tidak terdeteksi. udh di coba download di stus amd tp gak bias pas install system blg laptop saya tdk kompitebel.
    mohon balas ke email min bantuannya

  233. Ghofur
    Reply

    Min, saya pengguna laptop toshiba L840D AMD A6 4400 2,7GHz, RAM 2Gb (bawaan) + 4Gb, OS Windows 7 Ultimate 64bit. Udah install AMD catalyst APU series, pas udah di install display adapter ada 2 : Radeon HD 7520g + HD 7500/7600 dual graphics tp setelah reboot dan mau startup selalu blue screen ga bisa loading windows. Saya coba disable salah satu display adapter lewat device manager via safe mode startup lancar tp resolusi jelek. Ada saran driver AMD yg harus saya install biar kinerja laptop maksimal?

    • Hi Ghofur,

      Mimin rekomendasikan untuk mencoba install kembali dengan menghapus driver yang digunakan sekarang menggunakan DDU Uninstaller.

      Setelah itu mencoba install driver kembali, admin rekomendasikan menggunakan AMD Catalyst 15.7.1.

      Terimakasih, salam.

  234. min laptop saya alienware M17xR3 saya pakai win 7
    mau naya nih drivernya sudah saya instal
    trus cara agar AMD radeon 6900 yang jadi displaynya gimana yaa
    laptopnya dual grafik intel 3000 sama amd 6900

    • Hi Dede,

      Radeon HD 6900 sudah mendukung fitur AMD Enduro yang secara otomatis akan menggunakan HD 6900 di background,

      Pastikan pengaturan powerplan sudah diubah ke “High-performance” untuk bisa menggunakan fitur tersebut dengan baik.

      Terimakasih, salam.

Tinggalkan Balasan