L405-1

Lenovo G405S, Notebook Langsing Tawarkan Performa Gaming Mulus

Lenovo G405S salah satu dari sekian pendatang terbaru di tahun 2013 ini, menyandang notebook pendatang baru, Lenovo G405S mengemban misi yang tak mudah, harus bersaing dengan sejumlah perangkat di kelas yang sama. Itu sebabnya, notebook berukuran layar 14 inci ini tak bisa dipandang sebelah mata, terlebih dengan tandem spesifikasi yang mentereng.

Jika menyinggung mengenai spesifikasi, Lenovo punya sejarah panjang yang luar biasa, perusahaan ini punya pengalaman puluhan tahun, selalu melahirkan perangkat dengan kualitas nomor wahid, Lenovo G405S adalah salah satunya. Notebook seberat 2,2 kilogram ini diklaim mempunyai performa yang apik dalam menjalankan beragam game kelas atas.

L405

Sebelum kita kupas komponen prosesor dan grafis, ada baiknya kita ulas dahulu fitur lain yang diadopsi Lenovo G405S. Di bagian penyimpanan data terdapat hard disk berkapasitas 500GB yang dipadu dengan memori 4GB DDR3. Dengan hard disk sebesar ini, sudah pasti Anda akan dimanjakan dalam hal penyimpanan data.

Kalau Anda suka mendengarkan musik, Lenovo G405S siap melayani dengan teknologi stereo speaker Dolby Advanced Audio v2 yang diklaim mempunyai kualitas suara luar biasa jernih. Ditambah dengan serangkaian fitur lain seperti Bluetooth, Wifi, LAN, 2 USB 3.0, 1 USB 2.0, VGA port, HDMI Port, 2-in-1 card reader (SD/MMC), headphone/mic combo dan DVD optical drive serta yang tak kalah canggih adalah keyboard AccuType yang didesain sedemikian rupa sehingga lebih ergonomis dan mengurangi resiko kesalahan saat mengetik.

L405-1

Nah, sekarang baru kita bahas dalaman Lenovo G405S. Sebagai notebook gaming, pastinya Lenovo G405S harus punya senjata ampuh. Kami dapati notebook ini dibekali salah satu prosesor terbaru dari AMD yakni AMD Ellite Quad Core A8-5550M APU yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 2,1 GHz. Tak puas dengan 2,1 GHz Anda bisa meningkatkan performanya dengan fitur Turbo CORE hingga 3,1 GHz. Keren kan?

Imbasnya apa? Sudah pasti dong, dengan kecepatan seperti itu Lenovo G405S punya modal besar untuk melibas berbagai aplikasi yang membutuhkan perangkat dengan performa terbaik.

Yang menjadi tandem prosesor Lenovo G405S adalah grafis AMD Radeon HD 8550G yang didukung oleh ketersediaan grafis kedua AMD Radeon HD 8570M yang setiap saat siap bekerja mendukung grafis utama jika memang dibutuhkan.

Dengan mengantongi dua komponen mutakhir di atas, Lenovo G405S jelas punya modal yang kuat untuk memberikan performa apik baik untuk bermain game, menampilkan hiburan multimedia, browsing, ataupun untuk memutar video streaming dan menjalankan berbagai aplikasi kelas berat kepada pengguna.

Hebatnya, Lenovo G405S diklaim sebagai notebook gaming paling ramah di kantong, dengan semua performa dan kelebihan yang dimiliki notebook ini hanya dibanderol 4 jutaan, yang mana relatif lebih terjangkau dibandingkan perangkat lain di kelasnya. So, tunggu apalagi, sedang mencari laptop yang nyaman untuk gaming dan bekerja kan?

172 comments

    • Admin
      Author Reply

      Pakai saja aplikasi GPU Z untuk ngecek grafis mana yang sedang dipakai, nanti ke tab sensor, kamu bisa lihat pergerakan masing2 grafisnya ketika sedang bekerja

  1. sandra
    Reply

    saya beli lenovo g405s, menurut saya laptop ini panas di sebelah kiri atas, kadang kalau fannya jalan, dia normal, apakah dia begitu smart fannya bisa mati nyala sendiri?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Sandra, sebenarnya fan yang di berbagai notebook nyala terus hanya saja jika kita sedang membuka aplikasi berat atau game maka Fan akan otomatis putar dengan kecepatan maksimal. Sebaliknya jika kita sedang menggunakan aplikasi yang tidak berat maka Fannya akan berputar dalam kecepatan medium. Hal ini dilakukan agar hemat daya dan baterai. Pastikan menggunakan notebook pada tempat atau ruangan yang adem dan pastikan notebook kamu bisa mendapat udara segar.

  2. AhmadDani
    Reply

    Baru 2 hari lalu beli G405s ini… dan setelah di install ubuntu 13.10 ternyata RAM di system hanya terdeteksi 3GB padahal di BIOS jelas-jelas ada 4GB. Tadi nyoba ke Harrisma jogja, kata salah satu teknisi di sana pengurangan itu karena pemakain VGA. Bukannya VGAnya menggunakan ATI HD8570M 2GB? koq masih ngambil dari RAM?

    FYI saya install pakai mode UEFI dan sempat bermasalah diawal dengan kartu grafisnya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi AhmadDani, Ubuntu yang diinstall apakah sudah 64bit?
      Agar bisa mendeteksi memori 4GB diharapkan untuk menggunakan OS dengan 64Bit karena versi 32Bit hanya bisa mendeteksi sampai dengan 3GB saja.

  3. AhmadDani
    Reply

    tambah lagi…. masalah dengan panas fan, katanya bisa diselesaikan dengan update BIOS terbaru. update BIOS yang tersedia hanya untuk windows 8, dan yang terinstall ubuntu 13.10. Apakah ada solusi lain?

    Nuwun

  4. Min, apa link nya untuk download aplikasi gesture di lenovo G405s? Dan knp saya install driver CD nya tidak bisa install netwrok controller dan video? Pdhl saya sudah install drivernya. Makasih

  5. Ebert Yonathan.D
    Reply

    mau tanya dong..saya beli lenovo G405s trus keyboardnya kebalik”..misalnya tombol @ nya jadi ” dan sebaliknya..mohon pencerahannya..thx yah min

  6. Delvin
    Reply

    min , ane mau tanya saya gagal formating harddisk lenovo g405s punya saya. Setelah saya restar ulang saya tidak bisa mengakses bios dan hardisknya terkunci
    trims

  7. Toni Ridwan
    Reply

    Saya install pakai Ubuntu 13.10 64 bit ketemu masalah low graphic. Mouse berhenti bekerja. Touch pad juga. Mohon pencerahan. Tks.

  8. fiqh azhar
    Reply

    Mimin dan agan” yg kece, ane mau nanya nih kok g405s ane klo lagi maen PES sambil.cas ngeleg? Mohon pemcerahanya mimin dan agan”

  9. henry yulia
    Reply

    waktu ane switch vga,
    kan kalo amd pake configure switchabe graphic . nah di laptop ane ini kagak bisa di klik, trus tanya2 temen kudu instal driver catalyst Amd nya,

    yang mau ane tanyain Kalo mau install ulang driver catalyst, apakah yang sebelumnya harus di un-install dulu?? ATAU langsung install aja bakalan langsung update drivernya???

    • Admin
      Author Reply

      Hi Henry, sebenarnya langsung timpah saja sudah bisa.
      Tetapi untuk lebih optimal, ada baiknya dihapus dulu driver yang lama kemudian install driver terbaru.

  10. min ,,,
    laptop lenovo g405 s ramnya bisa ditambah ga ? ditambahnya maksimal brapa Gb ?
    trus biaya nambah ramnya berkisar brapa ya ?
    trus Amd A8 5550m turbo boostnya otomatis nyala atau ndak ?
    Thx

  11. Mimin, saya main game2 yg grafiknya biasa aja kok patah2 ya? Pas saya tanya, kata tmen2 itu driver vga nya blum ke update. Update vganya di situs mana ya? Tolong bantu dong….. thanks…..
    tambahan : ana coba buka link yg di publish sama om jono, tapi ga kebuka tuh….. gimana ya?

  12. Angko
    Reply

    min maw nanya sya kan pake lenovo g405s kok main game sekelas ghost recon future soldier lag sih, mohon bantuannya, siapa tau ada hal yg harus sya lakukan,

    • Admin
      Author Reply

      Hi, setiap game memiliki spesifikasi yang berbeda. Mimin sarankan kamu untuk menggunakan driver AMD Catalyst terbaru. Jika masih kurang mulus, silahkan turunkan kualitas settingnya agar bisa lebih mulus lagi.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, memang kadang-kadang Dxdiag memberikan informasi yang tidak benar. Sebaiknya diabaikan saja. Pastikan juga sudah menggunakan driver AMD Catalyst terbaru yah 🙂

  13. fajarr
    Reply

    Mas sya install pes kok gambar nya kurang tajam ya agak gimana gitu
    Trus sya install autocad direct9 nya tanda silang n minta download frame net

  14. Toni
    Reply

    Berhasil install Ubuntu 14.04 di Lenovo G405s ini. Caranya install Ubuntu 14.04 dua kali side by side. Lalu masuk ke Advanced Mode. Repair Broken Package. Jalankan Simple Graphic. Lalu Resume Boot. Berhasil masuk Ubuntu, buka Website AMD Support, cari driver linux yang beta, download, install.

    Ubuntu yang ‘kelebihan” bisa diuninstall lewat OS uninstaller. Google di Ubuntu.

    Juga berhasil install Draftsight dan Steam.

    • rafli
      Reply

      jalankan simple graphic maksudnya UMA graphic? saya setelah install ubuntu blank screen, jadi ga bisa masuk ubuntu nya. apa harus setelah install yg pertama kali, langsung install lagi yg kedua? jalankan simple graphic nya pas install atau setelah install?

      • Toni Ridwan
        Reply

        Langsung install kedua, ditanya berdampingan atau overwrite, pilih berdampingan / side by side. Selesai install, reset, masuk grub ada pilihan, pilih Advanced Mode > Repair Broken Package > Simple Graphic. Sesudah ini, lanjut bisa masuk ke Ubuntu, google driver yang saya terangkan berikut cara install. Sesudah terinstall, restart, selanjutnya bisa masuk seperti ‘normal’. Ubuntu yang kelebihan / dobel, selanjutnya bisa dibuang untuk dipakai tempatnya, dengan OS Uninstaller.

  15. tanya, untuk sekelas Lenovo G405s merk lain atau lenovo apa yah. mau beli lagi buat adek. pake OS Slackware 14.1 64bit dekstop KDE gak ada masalah, smooth sekali…jadi kebiasan pake desktop jadinya (biasa pake console).

  16. Delvin
    Reply

    MIn,ane mau mau tanya kalo Vga cuman yang fungsi satu aja gimana cara nge aktifkan kedua nya
    ,,,. ane juga mau tanya kenapa kalo di cas si kinerja laptop menjadi lag

  17. agustian
    Reply

    Min.ko.saya install.driver nya untuk windows 7 pas install.vga nya revovery trus sih pdhl saya dpt copian langsung dari lenovo utk driver ws7.

  18. Mansur
    Reply

    hi Admin, salam kenal

    Saya ingin tanya, untuk Lenovo G405s, berapakah maximum RAM yang dapat diinstall?

    Terimakasih
    Salam

    Mansur

  19. nurhadi
    Reply

    min mo nanya
    Notebook: Lenovo G505s-20255
    Processor: AMD A-Series A10-5750M
    Graphics Adapter: AMD Radeon HD 8650G + HD 8570M Dual Graphics 2048 MB
    apakah sudah ada di pasarkan di indonesia

  20. hamba allah
    Reply

    min lenovo g405s kenapa sih dengan batrai yang kalo dicas harus lewat aplikasi kenapa gak otomatis, kalo gak diaktifin aplikasinya suka mentok di 60%

  21. Setya
    Reply

    Min mau tanya, Kalau setelah update catalyst (uninstal yang lama, terus instal dari update an yang dari web), usb port yang di sebelah kiri(sejajar sama port hdmi) tidak berfungsi sama sekali. Mohon bantuan nya min.

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin update driver catalyst tidak ada pengaruhnya dengan USB port. Kalau mau bisa coba ke safe mode dan lihat apakah di safe mode USB nya berjalan dengan normal apa tidak. Kalau tidak jalan ada beberapa kemungkinan seperti driver USB belum di install, USB port nya rusak dll.

  22. andi
    Reply

    min rencana mau ambil nih laptop, kira2 apa aja yang harus di upgrade dan di downlaod buat ngegame,
    ngeliat komen2 di atas kok banyak masalah yaa, bios, ubuntu dll
    tolong bantu

    • Admin
      Author Reply

      Hi, sebenarnya tidak ada masalah kok dengan laptop ini.
      Mimin sarankan untuk menggungkan driver AMD Catalyst terbaru.
      Kalau ada budget lebih, bisa coba upgrade memory menjadi Dual Channel agar kinerja AMD APU lebih maksimal.

  23. awan
    Reply

    assalamualaikum, sy baru beli lenovo G405, pas mau coba dvd atau mp3 tidak bisa, slalu kluar lg disc nya, knp ya min . . apa ada yg salah dgn setting nya ato gmn . . thanks

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk AMD APU A8 pada laptop ini memang sudah terdapat teknologi Turbo CORE yang bisa menaikkan kecepatan dari 2,1GHz sampai dengan 3,1GHz secara otomatis pada saat kamu membuka aplikasi berat ataupun gaming.

  24. andy jhow
    Reply

    Min, saya mau tanya. Saya pake Lenovo G405s. Kok grafiknya ga maksimal ya? Pada foto atau gambar yg bergradasi warna, gradasi nya kasar sekali dan seperti pecah kualitas grafiknya. Waktu saya tanya teman katanya driver vga blm di update. Tapi setelah saya update tidak berubah. Apakah performa dari laptop ini mentok hanya segitu? Mohon pencerahan nya min.

    • Admin
      Author Reply

      Hi SkyDimz,
      Untuk yang ini mimin gak bisa bantu ya karena bukan produk/driver dari AMD. Mungkin AMD-ers lain bisa bantu atau coba tanya om google ya 🙂

  25. Adiguna Satrya Wibowo
    Reply

    Min, kok hbs instal win 8.1 card readernya gak bs ya ? Pdhl udh download di situs lenovonya ?
    Apa tidak tersedia untuk win 8.1 ?

    • Admin
      Author Reply

      Untuk masalah card reader dari mimin gak tau ya karena bukan produk dari AMD. Coba langsung ditanyakan ke pihak Lenovo langsung biar lebih jelas 🙂

  26. zhanto moyzrano
    Reply

    min ,, boleh nanya,, jenis
    Notebook: Lenovo G505s-20255
    Processor: AMD A-Series A10-5750M
    Graphics Adapter: AMD Radeon HD 8650G + HD 8570M Dual Graphics 2048 MB
    apakh udh ada di pasaran? atau belum? kalau udh ,, kira2 kapan ya kluarnya ??

    • Admin
      Author Reply

      Hi, Dari Admin belum ada dapat info untuk seri tersebut ya. Stay tune di facebook, twitter ataupun BBM Channel AMD ya untuk informasi kapan lirisnya laptop tersebut. Begitu Admin mendapatkan infonya akan diberitakan langsung disana.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk VGA laptop itu tidak dapat diganti ya. Kalau misalkan maksa ganti garansi laptopnya akan hilang.
      Kalau untuk maksimal RAM yang bisa ditambah harus coba ditanyakan langsung ke pihak vendor pembuat laptopnya.

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin ada masalah dengan OS atau program-program lain? Dari mimin kurang pasti juga ya untuk masalah ini karena masalahnya tidak terkait dengan produk AMD.

    • Admin
      Author Reply

      Untuk seri laptop ini sih sekarang sudah tidak diproduksi lagi 🙂 mungkin kamu bisa coba tanya di toko terdekat apakah masih ada stok lama atau tidak. Selain itu kamu bisa juga beli seri lenovo terbaru yakni Lenovo G40-45 APU A8-6410 dengan harga 4,9 jtaan 🙂

  27. min mau tanya, saya pengguna lenovo g405s. ram bawaan laptop saya yaitu samsung 4gb 12800, saya mau upgrade ram. jika saya beli ram merk lain yang sama2 12800 dgn kapasitas 8gb (cz dah tanya yg merk samsung kosong) bagus gak? maksud saya biar ramnya jadi 12 Gb. atau saya cukup beli ram 8gb 12800 dual chanel aja? tq

  28. emy ry
    Reply

    laptop sy selalu restart bila sy running movie around 10-15minit using 8GB ram…tapi bila sy pakai ram 4BG ok pulak..rugilah sy punya ram 4GB..apa solution nya???

        • Admin
          Author Reply

          kalau boleh tau Anda pakai laptop brand apa dan seri berapa? sebaiknya jangan dbawa ke service centre sembarangan, tapi bawa langsung ke service centre resmi dari brand laptop yang Anda miliki 🙂 terutama bila laptop Anda masih masuk garansi, kan bisa diperbaiki tanpa biaya tambahan.

          • emy ry

            sy memang bawa laptop ke service centre lenovo and then ke kedai sy beli laptop..both of them cant solve..boleh sy tanya ;

            1-posibility laptop jenis lenovo G405s A8 utk restart?
            2-mampukah laptop jenis ini bawa 8GB? sy musykil kerna sy mengalami masalah sebegitu.

          • Admin
            Author

            Hmm, atau mungkin karena overheat terlalu panas ya karena matinya hanya setiap putar video kan? coba setiap putar video pakai cooling pad berkualitas, agar aliran udara jadi lancar. Setting di AMD Catalyst control center bagian power option set ke battery saving untuk menjaga suhu agar tidak terlalu tinggi.

            mengenai Lenovo G405 kuat atau tidak bawa RAM 8GB sebaiknya tanya langsung ke Lenovo supaya tidak salah.

            https://id-id.facebook.com/LenovoID
            https://twitter.com/lenovo_id

  29. costov
    Reply

    Min. Betah banget, ngejawab pertanyaan konsumen. Apa lagi pertanyaan yang sama. Karena konsumen ga mau baca dari atas. :D. Ha ha ha ha.

    Gini min. Ini laptop kapasitas baterainya cuman 2800mAh. Jadi cepet abis. Karena saya sering berada diluar, persentase kesana kesini misalnya. Dengan kapasitas segitu saya jadi was was. Untung ada colokan listrik, kalau nggak, ya bakal pusing.
    Mau minta saran, kalau saya pakai powerbank laptop, resiko ke baterai dan laptopnya seperti apa ? berapa persen ?
    Atau beli baterai baru kapasitas 3x atau 4x lebih besar, tapi barangnya udah ada belum min ? Saya males aja nyari keluar. Takut ga ada, cape muter-muter. -_-

    • Admin
      Author Reply

      Yaaah namanya juga pekerjaaan sebagai mimin, harus dijalani :3

      Kalo memang powerbank yang dipakai adalah untuk laptop mimin rasa sih ga akan ada pengaruh negatif. Asal dayanya kuat untuk support laptop sambil menyala, kalau tidak ya resiko batre jadi lemah dan laptop kurang daya komponen bisa jadi rusak.

      Hmm kalau masalah batre jual apa ngga, mending langsung tanya sama Lenovo Indonesia https://twitter.com/lenovo_id dan https://www.facebook.com/LenovoID daripada capek muter2 ga ada, sekalian tanyain cocok ga kalo dipasangin kapasitas batre yang lebih besar.

    • Admin
      Author Reply

      Tidak, hanya switchable graphic dimana grafik diskrit dipakai saat menjalankan aplikasi berat dan kembali memakai grafik onboard ketika aplikasi ringan

  30. jejen
    Reply

    mlm gan ane instal ulang lenovo g405 AMD pake win7 ultimate stlh brs eh usb hub nya jd gk jalan yg sblh kiri katanya driver nya gk suport win7,, gmn solusinya agar bs jalan lg pak win7?..mksh

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk masalah usb dari mimin kurang pasti ya karena bukan produk AMD, coba pastikan kamu sudah menginstall driver bawaan terbaru yang dikasih oleh Lenovo.

  31. Albert
    Reply

    min mau tanya dong kenapa setiapa nyalain laptop ada tulisan “No AMD graphics driver is installed, or the AMD driver is not functioning properly. Please install the AMD driver appropriate for your AMD hardware” itu solusinya gmn ya min? soalnya efeknya main game kaya dota aja patah2,

    sama kalo AMD Catalyst Control Centernya kalo dibuka jadi cuma ada Pinned, Presets, Performance, dan Power aja padahal pertama beli waktu itu banyak ada kaya gra[hic dan game gitu.

    sama yang terakhir brightnessnya ga bisa di turunin.

    mohon bantuannya dong min. makasih.

  32. mohon maaf, numpang tanya
    kenapa lenovo g405 saat membuka aplikasi validasi emis pendik selalu error
    seperti ini “the microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider is not registered on the local machine”

    • Admin
      Author Reply

      Sudah di high performance belum di catalyst bagian power playnya? dan apakah sudah dicocookan min requirement game pes 2015 dengan procie dan grafis lenovo g405 apakah sudah sesuai?

    • Admin
      Author Reply

      Kalau soal ini langsung telepon saja ke lonovo nya ya di
      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  33. Ofanozy
    Reply

    min, mau tanya nih, Alhamdulilah udah beli ini laptop, tapi entah kenapa ya, kok buat ngegame sering ngeLag, dan itu terjadi hampir disemua game, trus setelah saya Upgrade jadi W.8, alhamdulilah ada peningkatan, yang pegen saya tanyakan min, kalo misal langsung lagi saya upgrade ke W.10 gitu ngaruh jadi cepet gk min ?? atau sebaiknya bertahan aja make W.8 ??? makasih sebelumnya~

Tinggalkan Balasan