true audio

Rasakan Pengalaman Gaming Audio Gahar dengan Teknologi TrueAudio dari AMD

GPU14 Tech Day menjadi momen terbaik bagi AMD. Selain menjadi showcase untuk prosesor grafis AMD Radeon R7 dan R9 terbaru AMD, event tersebut juga menjadi tempat AMD mengumumkan teknologi baru seperti Mantle yang sedang digodok.

Seri GPU terbaru ini akan menjadi sebuah batu loncat baru bagi AMD. Tidak main-main, untuk mendukung dua model GPU AMD Radeon R9 (290 dan 290X) ini teknologi audio terkini diintegrasikan ke dalamnya. AMD tidak kemudian menelantarkan seri R7 tanpa teknologi suara yang mumpuni. Namun, untuk kartu grafis seri R7, AMD hanya menanamkan teknologi ini ke tipe 260X saja.

Teknologi ini diberi nama AMD TrueAudio. AMD TrueAudio sendiri adalah teknologi yang dirintis oleh AMD dengan beberapa perusahaan audio terkemuka di dunia seperti Audio Kinetic, Gen Audio dan Eidos. Melirik potensi bagaimana dunia audio akan menjadi sangat esensial di dunia PC gaming, AMD cukup serius dalam menggodok konsep teknologi ini.

true audio

AMD TrueAudio menghadirkan sebuah pengalaman baru dalam dunia audio game. Teknologi ini menghasilkan suara surrounded, walaupun hanya menggunakan headphone biasa saja. Output audio dengan dua speaker biasa pun tetap dapat digunakan untuk menghasilkan surrounded sound dengan teknologi AMD TrueAudio ini.

true audio technology

Kedengaran mustahil, bukan? Tapi hal ini menjadi mungkin dengan teknologi audio AMD ini. Dengan algoritma suara digital yang digodok bersama partner ini, output audio akan menyesuaikan suara yang dihasilkan dengan logika yang tepat. Dengan demikian, suara yang ditangkap akan terasa sperti surrounded. Hasilnya pun sangat akurat dan mencerminkan lingkungan in-game yang sedang dimainkan.

Dengan keakuratan audio effect ini, gamer kemudian dapat menentukan posisi objek yang ada di dalam game pada lingkungan yang berbeda-beda. Contohnya, suara jejak kaki di dalam dan di luar ruangan akan memiliki efek yang berbeda. Suara dari kejauhan dan objek yang mendekat pun dapat dibedakan dengan sangat jelas. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai plus dalam pengalaman bermain game.

Keakuratan suara 3D yang dihasilkan tidak serta merta membuat kerja prosesor semakin berat. Sebaliknya, teknologi AMD TrueAudio ini akan menggunakan unit Stream Processor yang terdapat pada GPU AMD Radeon untuk mengolah data audio yang ada di dalam game. Dengan demikian, efisiensi kerja prosesor tidak menurun akibat dari peningkatan kualitas suara yang dihasilkan selama gaming berjalan.

Efisiensi ini terjadi berkat kehadiran sejumlah Tensilica HiFi EP DSP, hardware yang dapat diprogram dengan perintah spesifik mengenai proses audio. Dengan arsitektur DSP ini, memori yang diperlukan hanya 8KB saja di RAM, dengan 32KB di I-cache dan D-cache. Antar DSP ini nantinya akan saling berbagi akses ke VRAM hingga 64MB.

Hebatnya, keakuratan teknologi ini adalah hasil penelitian selama 25 tahun terhadap respon otak manusia kepada suara yang ditangkap dari output. AMD TrueAudio ini sendiri eksklusif diimplementasikan hanya pada GPU terbaru AMD dengan seri Radeon R7 260X,  R9 290 dan 290X.

Ke depannya, teknologi AMD TrueAudio ini akan digunakan di beberapa game yang dirancang developer partner AMD. Salah satunya adalah Thief, game baru rancangan Eidos. Teknologi AMD TrueAudio akan digunakan untuk mengaktifkan setup convolution reverb dalam game tersebut. Setup ini akan menghasilkan efek suara yang akurat, menyesuaikan dengan lingkungan dalam game.

Jika sebelumnya gamer harus bergantung pada hardware audio mahal, seperti headphone gaming, untuk menikmati kualitas audio stereo dengan surrounded sound yang maksimal, tidak lagi dengan kehadiran teknologi AMD TrueAudio. Dengan teknologi ini, data audio akan diolah agar bisa didengar dengan kualitas setara tersebut dengan menggunakan hardware lain, seperti dengan driver audio USB dan driver audio HDMI/DP.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai teknologi TrueAudio, jika AMD mengaku siap menjadi yang terdepan, bagaimana dengan Anda, sudah siap menerima limpahan inovasi baru ini?

4 comments

Leave a Reply