GAMING REVIEW: Notebook AMD APU A8 Terbukti Tangguh Libas Metal Gear Solid V: Phantom Pain Tanpa Grafis Diskrit!

Banyak artikel kami sebelumnya yang sudah membahas bagaimana kemampuan gaming dari notebook AMD bertenaga APU A8 yang walaupun tidak memiliki grafis diskrit mereka mampu melibas banyak game populer seperti Dirt Rally, Counter Strike: Global Offensive, PES 2016, Bioshock Infinite, Rocket League, dan GRID: Autosport. Nah khusus pada artikel kali ini, kami ingin mengulik sesuatu yang lain dari kemampuan notebook AMD bertenaga APU A8 yang lebih umum dikenal sebagai notebook harian dengan menguji kemampuannya menggunakan game berat berkualitas grafis tinggi seperti Metal Gear Solid V: Phantom Pain!

HP 14-af118AU dengan APU A8-7410

Kira-kira apakah notebook AMD bertenaga APU A8 mampu menjalankan game dengan predikat AAA? Mari simak pengujian selengkapnya menggunakan notebook terjangkau HP 14-af118AU yang telah didukung oleh prosessor AMD APU Quad Core Generasi ke-6 terbaru A8-7410 dan GPU terintegrasi Radeon™ R5 Graphic Series.

Sekilas Mengenai Metal Gear Solid V: Phantom Pain

HP 14-af118AU

Metal Gear Solid V: Phantom Pain merupakan salah satu game PC yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya sejak peluncuran September 2015 lalu. Game action adventure bertema open world satu ini memang sudah berhasil memikat banyak penggemar termasuk di Indonesia sejak seri pertamanya dikeluarkan di tahun 2000-an. Tak hanya dikenal dari segi pengemasan alur cerita memikat, banyak gamer juga mengakui bahwa kualitas grafis yang ditampilkan juga sangat memanjakan mata! Namun konsekuensinya tentu game yang dikembangkan oleh Kojima Productions ini memiliki spesifikasi berat yang sulit dimainkan pada PC biasa.

Untuk Anda yang penasaran dengan seberapa besar tenaga yang diperlukan untuk mampu menangani game ini dengan optimal, berikut spesifikasi minimum yang disarankan:

  • CPU: AMD FX-83205GHz 8 Cores
  • GPU: Radeon HD 5850 2GB GDDR5
  • RAM: 4 GB
  • OS: Win 7 64-bit
  • DirectX: DX 11
  • HDD Space: 28 GB

Sekarang, mari kita lihat apakah notebook AMD dengan harga tidak lebih dari 4 juta-an seperti HP 14-af118AU bertenaga APU A8 sanggup menaklukkannya!

Metode Pengujian

Pada pengujian kali ini kami menggunakan sistem operasi Windows 10 beserta driver Radeon Software edisi terbaru 16.1.1.

HP 14-af118AU

Selain itu, untuk mendapat dorongan performa paling maksimal dari notebook HP 14-af118AU kami pun mengaktifkan Maximize Performance yang bisa Anda akses pada menu Preferences, Radeon Additional Settings, PowerPlay. Pengaturan ini penting demi mendapatkan kualitas permainan yang mulus saat menjalankan Metal Gear Solid V: Phantom Pain pada notebook ini.

HP 14-af118AU

HP 14-af118AU

HP 14-af118AU

Pengaturan Maximize Performance untuk Dapatkan Performa Tertinggi

Hasil Pengujian

HP 14-af118AU

HP 14-af118AU

HP 14-af118AU

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, ternyata hasil pengujiannya cukup mengejutkan!

Notebook bertenaga AMD APU A8 seperti HP 14-af118AU ini terbukti mampu menangani game seberat Metal Gear Solid V: Phantom Pain yang notabene di katakan butuh spesifikasi yang cukup tinggi. Pada HP 14-af118AU, game ini bisa dijalankan dengan mode Fullscreen menggunakan resolusi HD 1280×720p. Selanjutnya kita hanya perlu sedikit penyesuaian pada pengaturan di bagian texture filtering, lighting, shadows, dan effects.

HP 14-af118AU

Framerate per detik yang dihasilkan saat kami memainkan game ini pun bisa mencapai hingga 30 FPS dan bisa dikatakan playable tanpa patah – patah. Hasil pengujian ini tentunya mampu membuktikan prestasi luar biasa dari notebook AMD bertenaga APU A8 yang walau tanpa bantuan grafis diskrit tetap maksimal dalam menangani game-game berat seperti MGS V: Phantom Pain!

Tak berhenti sampai disana, notebook AMD bertenaga APU A8 juga kuat memainkan beberapa game lainnya lho. Jika Anda penasaran lebih jauh apa saja game yang kuat dimainkan dengan menggunakan lini notebook terjangkau dengan harga tidak lebih dari 4 jutaan ini, Anda bisa langsung cek hasil pengujian gaming review dari beberapa notebook bertenaga APU A8 seperti Lenovo G40-45 A8 di sini dan HP 14-af118AU A8 di link berikut.

Sedangkan untuk Anda yang tertarik memiliki notebook AMD bertenaga APU A8 sebaiknya segera membelinya sekarang karena ada penawaran terbatas berupa game original gratis jika kamu membeli notebook ini sebelum 31 Juni 2016. Anda bisa melihat detail promo selengkapnya di sini.

13 comments

  1. spid
    Reply

    min kok 14-af118AU + win7 64 bit wifinya lelet ya cuma mentok 1Mbps lebih dikit? padahal kec internet saya 3Mbps kalo di test dari device lain.
    belum dicoba kalo pake win10 wifinya lancar atau tidak.

    saya udah install driver wireless terbaru yg tanggal 12 mei, OS masih fresh install belum ada app lain yg terinstall tapi tetap wifinya mentok 1Mbps kalo pake LAN baru lancar 3Mbps.

    tolong diperbaiki dong driver wirelesnya utk win7 64 bit

Tinggalkan Balasan