Benchmark ASUS TUF FX506 Thumbnail

ASUS TUF Gaming FX506: Laptop Gaming Mid-End Dengan Performa High-End yang Hasilkan 80FPS Pada Far Cry 5 di Settingan Tertinggi!

Intro ASUS TUF FX506

Beberapa waktu yang lalu, AMD bekerja sama dengan ASUS menghadirkan sebuah dobrakan terbaru dalam dunia laptop gaming. Laptop gaming dengan tenaga prosesor AMD Ryzen™ 4000 H-Series yang sudah memiliki 8 Cores. Prosesor ini sudah dibekali dengan teknologi 7nm yang menjadikan laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 4000 H-Series akan memiliki performa yang lebih tinggi namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Lebih lengkap mengenai prosesor AMD Ryzen™ 4000 H-Series bisa Anda simak di AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series, Prosesor Mobile Pertama dengan Teknologi 7nm Gemparkan Dunia Komputasi.

Tidak hanya itu, layar IPS Full HD selebar 15.6” yang disematkan juga sudah memiliki refresh rate sebesar 144Hz serta 3ms response time. Belum lagi memori penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, pastinya menjadikan loading pada game serta pembacaan data untuk konten kreasi menjadi lebih cepat dan lancar. Lebih lengkap mengenai pengenalan laptop ASUS TUF Gaming FX506 simak di ASUS TUF Gaming FX506: Laptop Gaming Canggih dengan Prosesor Ryzen™ 4000 Hingga 8 Core!

Dengan jeroan yang powerful ini, pasti banyak yang penasaran akan performanya, simak artikel ini untuk mengetahui hasil pengujiannya!

Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX506

Spesifikasi ASUS TUF FX506

 

Performa ASUS TUF Gaming FX506

Pengujian dilakukan menggunakan varian tertinggi dari ASUS TUF Gaming FX506 pada beberapa aplikasi software benchmark seperti Cinebench R15, Cinebench R20, Geekbench 5, 3DMark, PCMark 10, dan Blender.

Cinebench R15

Cinebench R15 merupakan software benchmark untuk menguji performa prosesor, baik single-core maupun multi-core.

Pengujian Cinebench R15 Single-Core Pengujian Cinebench R15 Multi-Core

Pada pengujian yang dilakukan pada ASUS TUF Gaming FX506 bertenaga AMD Ryzen™ 7 4800H, laptop gaming powerful satu ini berhasil mendapatkan skor sebesar 189 pada pengujian single-core, dan berhasil mencetak skor sebesar 1810 pada skenario multi-core. Kedua angka tersebut terbilang tinggi karena berhasil mengalahkan skor dari prosesor kompetitor kelas atas.

 

Cinebench R20

Cinebench R20 merupakan software benchmark terbaru yang digunakan untuk menguji performa dari prosesor.

Pengujian Cinebench R20

Berkat tenaga dari prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H, laptop ASUS TUF Gaming FX506 berhasil mencetak skor sebesar 4213. Skor tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan prosesor desktop generasi terdahulu dengan 8 Core 16 Thread AMD Ryzen™ 7 1700X. Dan skor itu juga merupakan 2/3 dari prosesor HEDT generasi terdahulu.

 

Geekbench 5

Geekbench 5 merupakan software yang digunakan untuk mengukur kemampuan prosesor pada skenario single-core dan juga multi-core.

Pengujian Geekbench 5

Pada software benchmark Geekbench 5, laptop dengan teknologi 7nm satu ini dapat mencapai skor sebesar 1153 pada pengujian single-core dan mencapai skor 5877 pada pengujian multi-core.

 

3DMark Firestrike

3DMark Firestrike merupakan software benchmark yang menguji kemampuan komputer dalam mengolah grafis menggunakan DirectX11.

Pengujian 3DMark FireStrike

ASUS TUF Gaming FX506 dapat menghasilkan Graphic Score sebesar 16812, serta Physics Score sebesar 20801, dan skor total sebesar 15436.

 

3DMark Firestrike Ultra

3DMark Firestrike Ultra merupakan software benchmark yang menguji kemampuan komputer dalam mengolah grafis menggunakan DirectX11 pada skenario rendering 4K.

Pengujian 3DMark FireStrike Ultra

Pada 3DMark Firestrike Ultra, laptop ASUS TUF Gaming FX506 dapat mencapai Graphic Score sebesar 3787, Physics score sebesar 20552 serta skor total sebesar 3960.

 

3DMark Timespy

3DMark Timespy merupakan software pengujian yang menguji kemampuan komputer dalam skenario DirectX12.

Pengujian 3DMark TimeSpy

Pada 3DMark Timespy dapat mencapai Graphic Score sebesar 6274, CPU Score sebesar 7666 serta skor total sebesar 6449.

 

PCMark 10

PCMark 10 merupakan software yang menilai performa komputer dalam menjalankan komputasi sehari-hari seperti produktivitas, konten kreasi, dan lain-lain.

Pengujian PCMark 10 1 Pengujian PCMark 10 2

Hasilnya, berkat tenaga dari prosesor 7nm Ryzen™ 7 4800H, ASUS TUF Gaming FX506 dapat mencapai skor sebesar 9133 pada Essentials, 7416 pada Productivity, 6129 pada Digital Content Creation, dan mencapai 5348 total skor. Ini membuktikan ASUS TUF Gaming FX506 tidak hanya bertenaga dalam Gaming, namun juga siap untuk menemani kegiatan komputasi Anda dan juga pembuatan konten. Hasil dari pengujian baterai pun didapatkan laptop gaming satu ini dapat bertahan hingga 6 jam 58 menit.

 

Blender

Blender merupakan software benchmark yang digunakan untuk menguji kecepatan 3D rendering pada komputer.

Pengujian Blender BMW

Dengan menggunakan laptop ASUS TUF Gaming FX506, aplikasi Blender dijalankan pada scene BMW. Hasilnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan scene rendering tersebut adalah selama 3 menit 27 detik saja. Sangat cepat, bukan?

 

Pengujian Gaming

Menyandang gelar laptop gaming dengan tenaga prosesor 8 Core, tentunya ASUS TUF Gaming FX506 harus memiliki performa yang tinggi untuk dipakai gaming. Maka dari itu, pengujian dilakukan pada beberapa game AAA berat seperti Battlefield I, Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, dan Far Cry 5.

Battlefield I

Battlefield I merupakan game First-Person Shooter dengan tema perang dunia satu yang dapat dimainkan pada mode single player ataupun multiplayer. Pengujian dilakukan pada resolusi 1080p dengan dua pengaturan grafis, yaitu low dan ultra.

Battlefield I 1 Battlefield I 2

Hasilnya, laptop ASUS TUF FX506 bertenaga AMD Ryzen™ 7 4800H, bisa melibas game perang dunia ini hingga mencapai 121FPS pada pengaturan grafis low dan mencapai 89FPS pada pengaturan grafis ultra. Performa yang sangat gahar untuk platform mobile mengingat game ini dijalankan di resolusi 1080p.

 

Battlefield V

Battlefield V merupakan permainan First-Person Shooter dengan tema perang dunia 2 yang dirilis pada tahun 2018 silam. Game ini tentu membutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankannya dengan lancar karena berbagai macam detail yang terjadi di medan perang, mulai dari percikan peluru, hingga terrain yang mendetail.

Pengujian Battlefield V

ASUS TUF Gaming FX506 bertenaga AMD Ryzen™ 7 4800H, bisa dengan mudahnya menjalankan game ini hingga 88FPS pada pengaturan grafis high di resolusi 1080p. Angka tersebut terbilang nyaman karena minimal untuk kenyamanan dalam bermain game adalah 60FPS.

 

Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Tomb Raider merupakan game ber-genre action-adventure yang dirilis pada tahun 2018. Game ini terkenal akan detail grafis yang cukup memukau dan membutuhkan spesifikasi mumpuni untuk memainkannya dengan lancar.

Shadow of The Tomb Raider 1 Shadow of The Tomb Raider 2

Dengan menggunakan laptop ASUS TUF Gaming FX506, game ini dijalankan pada pengaturan grafis lowest bisa mendapatkan performa hingga rata-rata 80FPS. Kemudian dapat menjalankan rata-rata 71FPS pada pengaturan grafis high. Kedua pengujian tersebut dilakukan pada resolusi 1080p. Tentunya sangat mudah untuk melibas game ini menggunakan laptop bertenaga prosesor 7nm 8 Core ini.

 

Far Cry 5

Far Cry 5 merupakan permainan ber-genre First-Person Shooter yang dirilis pada tahun 2018 silam. Dengan menggunakan laptop ASUS TUF Gaming FX506, pengujian dijalankan pada pengaturan grafis high dan resolusi 1080p.

Far Cry 5

Hasilnya, dengan mudah laptop ini melibas game Far Cry 5 pada rata-rata 80FPS. Angka tersebut terbilang cukup tinggi mengingat spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game ini lumayan berat.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Pengujian ASUS TUF FX506

Laptop ini memiliki performa yang tinggi di kelasnya, mengingat tenaga yang diberikan oleh prosesor ini memiliki performa di atas prosesor desktop 8 Core generasi terdahulu. Performa yang tinggi tersebut juga dibarengi dengan kecepatan pembacaan data yang cepat berkat media penyimpanan SSD yang disematkan. Tidak lupa layar IPS Full HD selebar 15.6” dengan refresh rate 144Hz serta 3ms response time menjadikan laptop ini sangat siap digunakan untuk bermain game.

Dengan daya tahan body yang sudah military-grade hingga daya tahan baterai yang cukup lama hingga 6 jam* berdasarkan pengujian PCMark 10, tentunya laptop ini juga sangat siap untuk dipakai oleh para content creator dalam menuangkan ide kreatif mereka dimanapun dan kapanpun. Tentunya tidak perlu diragukan lagi laptop ini menjadi pilihan yang tepat dalam penggunaan komputasi mulai dari bermain game ringan ataupun berat, hingga editing foto maupun video yang berat.

 

Catatan Kaki

*Tergantung penggunaan pengguna, hasil dapat berbeda-beda.

Leave a Reply