Cari Laptop Untuk Game Berat? Cek Rekomendasinya di Sini!

Intro Laptop Game Berat

Gaming, merupakan sebuah aktivitas yang cukup sulit untuk dipisahkan dari kebanyakan kaum milenial jaman sekarang. Berbagai developer berlomba-lomba untuk menghadirkan game-game yang menarik dengan grafis memukau. Tentunya, dengan adanya tuntutan akan grafis memukau tersebut, juga dibutuhkan spesifikasi perangkat yang mumpuni untuk menjalankannya. Maka dari itu, AMD bekerja sama dengan beberapa produsen laptop, untuk menghasilkan jajaran laptop untuk game berat yang mumpuni dalam memenuhi hasrat bermain game penggunanya. Namun, sering kali masih banyak yang kebingungan dalam memilih laptop untuk game berat.

 

Ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan dalam memilih laptop untuk game berat. Mulai dari prosesor, kartu grafis, kapasitas RAM, media penyimpanan HDD/SSD, hingga layar mumpuni dalam bermain game.

Prosesor

Central Processing Unit (CPU) atau biasa disebut prosesor, merupakan komponen utama pada laptop. Performa yang dihasilkan juga berbeda-beda berdasarkan beberapa faktor, seperti jumlah core dan thread yang terdapat pada satu prosesor, teknologi yang digunakan, konsumsi dayanya, dll. AMD menghadirkan prosesor laptop Ryzen™ 5000 H-Series dan HS-Series yang dirancang khusus untuk memberikan performa tinggi dalam gaming maupun editing. Juga menjadi prosesor pertama di dunia yang sudah berteknologi fabrikasi 7nm, memiliki jumlah core hingga 8 core, hingga performance per-Watt yang lebih dibandingkan generasi sebelumnya. Tentunya dengan semua itu, AMD Ryzen™ 5000 H-Series ini mampu memberikan performa tinggi dalam menjalankan laptop untuk game berat. Selengkapnya mengenai prosesor ini simak pada artikel AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors: Prosesor Terbaik dengan Efisiensi Daya Luar Biasa.

 

Kartu Grafis

Video Graphics Array (VGA), biasa disebut juga sebagai kartu grafis. Komponen ini yang bekerja dalam mengolah grafis yang sedang dijalankan pada suatu komputer. Semakin kuat kartu grafisnya, semakin mumpuni game berat dapat dijalankan dengan mudah. AMD sebelumnya menghadirkan kartu grafis Radeon™ Graphics pada prosesor Ryzen™ Mobile yang memiliki performa setara dengan kartu grafis diskrit. Selain itu, AMD juga menghadirkan kartu grafis diskrit Radeon™ RX 6000 M-Series bagi laptop untuk game berat. Sudah dibekali dengan teknologi 7nm, serta berbagai fitur Radeon™ dalam menunjang kegiatan gaming, tentunya dapat memberikan performa mumpuni bagi para penggunanya.

 

RAM

Random-Access Memory (RAM), merupakan memori sementara dimana prosesor mengambil data-data sehingga peranannya cukup penting dalam memastikan komputer dapat menjalanakan berbagai macam program dengan lancar. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka semakin besar data yang dapat disimpan, sehingga berpengaruh pada performa multitasking. Menariknya lagi, Anda dapat lebih mengoptimalkan multitasking dengan menggunakan RAM dual-channel, dikarenakan beban kerja yang dititikkan menjadi terbagi dua, sehingga menjadi lebih cepat.

 

Storage

Terdapat dua pilihan media penyimpanan yang dapat digunakan, mulai dari HDD (Hard Disk Drive), hingga SSD (Solid State Drive). Mudahnya, HDD cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sebaliknya, SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan HDD untuk kapasitas penyimpanannya. Namun, SSD memiliki kecepatan membaca data yang lebih tinggi dibandingkan HDD. Sehingga, bila Anda menginginkan load lebih cepat pada game, maka penggunaan SSD merupakan solusi yang tepat. Tapi, bila membutuhkan kapasitas yang lebih besar namun terhalang budget, maka HDD bisa menjadi solusinya. Bila memungkinkan, penggunaan dual-storage (HDD+SSD) juga merupakan kombinasi yang menarik.

 

Layar

Tidak dapat diremehkan, layar juga menjadi salah satu faktor dalam memilih laptop untuk game berat. Terdapat laptop dengan pilihan layar selebar 14”, hingga 15.6”. Bagi Anda yang mendambakan penglihatan lebih luas, dapat memilih laptop dengan layar selebar 15.6”. Namun, jika Anda juga membutuhkan laptop yang minimalis agar mudah dibawa berpergian, laptop dengan layar selebar 14” pastinya cocok dengan Anda. Refresh rate juga tidak kalah pentingnya, semakin tinggi refresh rate, maka semakin mulus gambar yang dapat ditampilkan.

 

Advantage™ Edition

Gelar Advantage™ Edition juga tidak kalah penting untuk laptop gaming di masa kini. Gelar ini memberikan kemudahan untuk memilih laptop yang cocok banget buat bermain game. Karena untuk mendapatkan gelar Advantage™ Edition, laptop tersebut harus bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series dan juga kartu grafis AMD Radeon™ RX 6000 M-Series. Tidak lupa, layar yang disematkan juga harus memiliki refresh rate tinggi guna kenyamanan dalam bermain game. Selengkapnya mengenai gelar AMD Advantage™, simak pada AMD Advantage™: Solusi Terpadu Laptop Gaming dari AMD Hadirkan Kualitas Terbaik

 

Dari beberapa faktor utama dalam memilih laptop untuk game berat, tentunya AMD bekerja sama dengan beberapa produsen sudah memberikan banyak pilihan bagi para calon penggunanya. Berikut kami rangkum untuk menjadi pilihan Anda dalam memilih laptop untuk game berat yang bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series dan HS-Series.

ASUS ROG Flow X13

Asus ROG Flow X13

ASUS ROG Flow X13, laptop hasil kerja sama antara AMD dengan ASUS ini sudah bertenaga hingga prosesor AMD Ryzen™ 9 5980HS yang tentunya merupakan prosesor teratas dari seri Ryzen™ 5000 HS-Series. Lebih menarik lagi, laptop ini memiliki layar berresolusi 3840×2400 yang dapat diputar hingga 360 derajat lho. Tentunya, segala komputasi berat mulai dari editing ataupun rendering berat, hingga bermain game papan atas, pastinya bisa dilibas dengan laptop bertenaga prosesor Zen 3 satu ini.

 

Lenovo Legion Slim S7

Lenovo Legion Slim S7

Laptop gaming hasil kolaborasi AMD dengan Lenovo ini memiliki keunikan tersendiri karena desain yang ringan dan tipis. Dibalik ketebalan laptop yang hanya sekitar 1.59 cm serta bobot sekitar 1.9 kg, terdapat tenaga prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H yang berkonfigurasi 8 Core 16 Thread di dalamnya. Laptop ini, tentunya sangat mampu memuaskan hasrat bermain game para penggunanya. Untuk konten kreasi? Tidak perlu diragukan lagi pastinya. Selengkapnya mengenai laptop satu ini, simak pada Lenovo Legion Slim S7: Laptop Gaming Ultrathin dengan Performa Tinggi AMD Ryzen™ 5000 H-Series

 

HP OMEN 16 Advantage™ Edition

HP OMEN 16

Tak terlewatkan, AMD juga bekerja sama dengan HP, membuat sebuah laptop gaming yang berperforma tinggi berkat tenaga prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX berkonfigurasi 8 Core 16 Thread dan juga kartu grafis AMD Radeon™ RX 6600M. Layar yang disematkan juga sudah siap untuk dipakai gaming karena memiliki refresh rate sebesar 144 Hz, dan juga 100% sRGB. Simak selengkapnya mengenai laptop HP OMEN 16 Advantage™ Edition: Performa Jempolan dengan Fitur Premium

 

MSI Delta 15 Advantage™ Edition

MSI Delta 15

Advantage™ Edition juga hadir pada MSI Delta 15. Dengan kombinasi tenaga prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H, dan juga kartu grafis AMD Radeon™ RX 6700M, bisa banget untuk penuhi kebutuhan komputasi berat seperti editing ataupun rendering. Untuk bermain game? Tidak perlu diragukan performanya karena sudah mampu melibas segala game AAA dengan mudah. Simak spesifikasi selengkapnya mengenai laptop MSI Delta 15 Advantage™ Edition: Laptop Gaming Powerful yang Elegan, Penuhi Komputasimu

 

ASUS ROG Strix G15 Advantage™ Edition

asus rog strix g15

AMD juga bekerja sama dengan produsen raksasa, ASUS, untuk menghadirkan laptop gaming papan atas. Bertenaga prosesor tertinggi, AMD Ryzen™ 9 5900HX, serta kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800M, laptop yang diberi nama ASUS ROG Strix G15 Advantage™ Edition ini tentunya menjadi primadona di kalangan laptop gaming. Dengan layar yang memiliki refresh rate 165 Hz, serta 100% DCI-P3, pastinya bisa banget untuk segala kalangan yang mendambakan performa tinggi bagi orang kreatif. Simak selengkapnya di ASUS ROG Strix G15 Advantage™ Edition: Laptop Gaming Kualitas Papan Atas berkat AMD Advantage!

 

HP Victus 16

hp victus gaming 16

Untuk pilihan yang lebih ergonomis, AMD bersama dengan HP menyediakan HP Victus 16 yang bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5 5600H yang berkonfigurasi 6 Core 12 Thread serta berarsitektur Zen 3. Menariknya, selain memiliki layar dengan refresh rate tinggi sebesar 144 Hz, laptop ini juga memiliki port yang terbilang sangat lengkap. Tertarik dengan laptop satu ini? Simak selengkapnya pada HP Victus 16: Laptop Gaming Kencang dan Dingin dengan AMD Ryzen™ 5000 H-Series

 

Kesimpulan

 

KESIMPULAN UNTUK LAPTOP 5000

Berbagai macam laptop untuk game berat hadir di Indonesia dengan ditenagai oleh prosesor Ryzen™ 5000 H-Series, maupun Ryzen™ 5000 HS-Series. Tidak hanya prosesor, ada pula yang sudah ditenagai dengan kartu grafis Radeon™ RX 6000 M-Series. Baik prosesor maupun kartu grafis besutan AMD ini, sama-sama sudah mengenyam fabrikasi 7nm, yang tentunya dapat memberikan performa yang lebih tinggi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Rekomendasi laptop kuat gaming di Indonesia hadir untuk menjawab kebingungan calon pengguna dalam memilih laptop yang mumpuni.

Dalam memainkan berbagai game berat dengan resolusi 1080p, rekomendasi laptop untuk game berati ini sangat mumpuni dalam memberikan bukan hanya frame rate yang tinggi, namun juga kualitas grafis yang memukau. Tidak hanya didukung dengan prosesor maupun kartu grafis berperforma tinggi serta berteknologi 7nm, laptop untuk game berat ini juga didukung dengan kapasitas RAM yang besar dan berkecepatan tinggi, hingga 3200MHz. Tidak lupa media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, tentunya pembacaan data dalam bermain game menjadi lebih cepat.

Jadi pengen laptop Gaming? Tapi budget terbatas? Ini Dia Laptop 4 Juta-an yang Bisa Buat Main Game!

 

Dapatkan segera laptop untuk game berat yang direkomendasikan di atas melalui tombol di bawah ini:

BliBli

shopee button

tokopedia button

Latest articles

Related articles

2 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here