fbpx

Cari Laptop Ultrathin yang Terjangkau dan Berperforma Tinggi? Ini Dia Rekomendasinya!

Di era sekarang ini, laptop tentu sudah menjadi perangkat yang diperlukan segala kalangan. Mulai dari aktivitas sekolah untuk belajar mengajar, browsing, entertainment, bekerja, editing, serta bermain game juga memerlukan laptop sebagai perangkat utama. Tidak jarang juga laptop dipilih karena dapat dibawa berpergian kemanapun, dan bentuknya yang compact. Tentu, karenanya laptop ultrathin cukup banyak menjadi incaran demi memenuhi kebutuhan komputasi penggunanya. Namun, laptop ultrathin terkenal dengan harganya yang tidak ramah, serta performanya yang kurang mumpuni.

AMD, bekerja sama dengan berbagai produsen laptop, menghasilkan laptop ultrathin yang terjangkau dan mampu memenuhi kebutuhan komputasi para penggunanya melalui tenaga prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series.

 

Baca juga: Inilah Laptop untuk Pelajar yang Pasti Cocok dengan Budgetmu

 

Mengapa AMD Ryzen™ 5000 Series?

Tenaga Arsitektur Zen 3 Berfabrikasi 7 nm

Prosesor AMD Ryzen™ 5000 U-Series, adalah sebuah prosesor yang saat pertama kali diperkenalkan, mampu menggebrak dunia teknologi karena menjadi prosesor dengan 8 Core pertama yang dipasangkan pada laptop ultrathin. Dengan inovasi teknologi fabrikasi 7 nm, tentu mampu memberikan performa hingga 8 Core 16 Thread yang tinggi serta efisien. Terbukti dari TDP yang diperlukan hanya sekitar 15 Watt saja. Prosesor ini, tentunya apabila dipasangkan dengan laptop ultrathin yang terjangkau, mampu memberikan performa yang tinggi dan mumpuni bagi para penggunanya.

 

Baca juga: AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors: Prosesor Terbaik dengan Efisiensi Daya Luar Biasa

 

Ada sangat banyak laptop ultrathin yang beredar di pasaran Indonesia saat ini. Namun, berikut adalah beberapa rekomendasi laptop ultrathin yang terjangkau, dan memiliki performa yang tinggi.

ACER Swift 3

Kesimpulan ACER Swift 3 Ryzen

Tipe

Spesifikasi

ACER Swift 3 SF314Ryzen™ 5 5500U / Radeon™ Graphics / 16GB / 512GB SSD PCIe NVMe Gen 4 / 14” IPS Full HD 100% sRGB / Windows 11

Yang pertama adalah dari produsen laptop ACER. Laptop ultrathin yang terjangkau satu ini sangat patut untuk dilirik karena selain sudah bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5 5500U, laptop ini juga sudah dibekali dengan kapasitas RAM dual-channel sebesar 16GB dan juga media penyimpanan SSD PCIe NVMe Gen 4 sebesar 512Gb. Menariknya lagi, laptop ini mempunyai layar selebar 14” IPS yang sudah Full HD dan memiliki cakupan warna 100% sRGB. Tak lupa, laptop ini memiliki bobot yang sangat ringan, hanya sekitar 1.19 kg saja.

 

Baca juga: ACER Swift 3: Laptop Ringan dan Berperforma Tinggi dengan Prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series

 

ASUS VivoBook 14 M415

ASUS VivoBook 14 M415DAO

Tipe

Spesifikasi

ASUS VivoBook 14 M415UAORyzen™ 5 5500U / Radeon™ Graphics / 8GB / 512GB NVMe PCIe SSD / 14” FHD / Windows 10 Home

AMD, juga bekerja sama dengan ASUS dalam menghadirkan sebuah laptop ultrathin yang terjangkau, namun juga berperforma tinggi berkat dukungan prosesor berfabrikasi 7 nm yang hemat daya. Juga didukung dengan kapasitas RAM sebesar 8GB yang masih dapat di-upgrade, serta media penyimpanan sebesar 512GB yang sudah menggunakan NVMe PCIe SSD, pastinya segala komputasi dan loading data dapat menjadi lebih cepat dan lancar.

 

HP Pavilion 14

HP Pavilion 14

Tipe

Spesifikasi

HP Pavilion 14Ryzen™ 5 5500U / Radeon™ Graphics / 16GB / 512GB PCIe NVMe SSD / 14” IPS FHD / Windows 10 Home

Rekomendasi berikutnya adalah dari produsen Hewlett Packard, atau yang biasa kita kenal dengan singkatan HP. Yaitu HP Pavilion 14, sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 5 5500U, dan juga kartu grafis AMD Radeon™ Graphics yang memiliki performa setara dengan kartu grafis diskrit, tentunya segala komputasi laptop ultrathin dapat dijalankan tanpa hambatan. Apalagi, sudah disediakan kapasitas RAM dual-channel sebesar 16GB guna meningkatkan multitasking, dan juga media penyimpanan sebesar 512GB untuk produktivitas lebih lagi. Laptop ini sangat cocok untuk Anda yang mencari laptop berproduktivitas dan juga entertainment yang menawan.

 

Lenovo IdeaPad Slim 3

Lenovo IdeaPad Slim 3

Tipe

Spesifikasi

Lenovo IdeaPad Slim 3Ryzen™ 5 5500U / Radeon™ Graphics / 8GB / 512GB SSD PCIe NVMe / 14” IPS FHD / Windows 11 Home

Lenovo, seakan tak ingin kehilangan moment pada kelas laptop ultrathin yang terjangkau. Menghadirkan Lenovo IdeaPad Slim 3 yang tak hanya bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5 5500U, namun juga sudah dibekali dengan RAM dual-channel sebesar 8GB, serta media penyimpanan 512GB yang sudah menggunakan SSD PCIe NVMe. Menariknya lagi, laptop yang memiliki ketebalan hanya sekitar 1,9 cm ini juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi berupa Windows 11 Home yang kekinian. Untuk bermobilitas, juga jangan khawatir, karena laptop ini memiliki bobot hanya sekitar 1,41 kg saja. Sangat menarik untuk dilirik bukan?

 

Baca juga: Lenovo IdeaPad Slim 3: Laptop Ultrathin Premium Bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series

 

MSI Modern 14

MSI Modern 14

Tipe

Spesifikasi

MSI Modern 14Ryzen™ 5 5500U / Radeon™ Graphics / 8GB / 512GB NVMe PCIe SSD / 14” IPS FHD / Windows 11 Home

MSI, juga tak kalah mengeluarkan laptop ultrathin yang terjangkau kali ini. MSI Modern 14, laptop yang memiliki ketebalan hanya sekitar 1,8 cm dan bobot sekitar 1,3 kg ini, sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 5 5500U yang berkonfigurasi 6 Core 12 Thread. Menariknya, laptop ini semakin menjadi nyaman untuk dibawa berpergian kemanapun dan kapanpun berkat Military-Grade Durability-nya. Sehingga, laptop ini tidak hanya memiliki performa tinggi, namun juga ketahanan yang tidak perlu diragukan lagi.

 

Baca juga: MSI Modern 14: Laptop Ringan Bertenaga AMD Ryzen™ 5000 Series yang Trendi dan Tangguh

 

Kesimpulan

Sangat banyak pertimbangan yang perlu diambil dalam memilih laptop ultrathin yang terjangkau. Salah satunya adalah memilih laptop yang bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series. Karena sudah berteknologi fabrikasi 7 nm, pastinya mampu menghadirkan performa yang tinggi, namun dengan efisiensi daya yang lebih baik lagi dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, dukungan kartu grafis Radeon™ Graphics yang memiliki performa setara dengan kartu grafis diskrit juga mampu memberikan performa olah grafis yang mumpuni di kelas laptop ultrathin.

Hanya mulai dari 9 jutaan rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah laptop ultrathin yang terjangkau, serta berperforma tinggi berkat tenaga prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series. Untuk fitur-fitur yang diberikan, memang bermacam tergantung dari masing-masing produsen. Apabila Anda tertarik untuk menjajal laptop ultrathin yang terjangkau tersebut, segera beli di toko komputer terdekat, atau melalui e-commerce berikut ini.

BliBli button

shopee button

tokopedia button

Latest articles

Related articles

Leave a Reply