fbpx

AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors: Prosesor Terbaik dengan Efisiensi Daya Luar Biasa

Intro AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors

Tahun lalu, AMD sukses menggebrak dunia teknologi dengan menghadirkan prosesor mobile pertama yang sudah berfabrikasi 7nm, serta mengenyam teknologi “Zen 2”. Segala peningkatan performa serta konsumsi daya yang lebih rendah menjadi daya tarik khusus untuk prosesor mobile. Ingin memberikan lebih untuk pengguna setianya, AMD menghadirkan prosesor terbaru di tahun 2021 ini, AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors. Dengan inovasi baru teknologi “Zen 3”, tentunya mampu memberikan performa yang lebih tinggi lagi serta optimal dalam segi konsumsi daya-nya.

AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors hadir dalam 2 seri, yaitu H-Series dan U-Series. H-series memiliki TDP hingga 45W+ untuk notebook yang berorientasi pada gaming dan pembuat konten. Sedangkan dari U-series hadir dalam TDP 15W untuk notebook tipis dan ringan dengan daya tahan baterai yang lebih lama.

 

Varian AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors

Varian AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors

Semua varian dari AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors meneruskan pencapaian yang didapatkan oleh prosesor seri sebelumnya. Dengan konfigurasi hingga 8 Core 16 Thread, tentu saja semua varian ini mampu memberikan performa tinggi hampir setara dengan PC Desktop. Menariknya, pada varian dari H-Series kali ini terdapat 3 jenis, yakni H-Series, HS-Series, dan HX-Series.

 

Hadir dengan Arsitektur “Zen 3” Berfabrikasi 7nm

Hadir Dengan Arsitektur Zen 3 Berfabrikasi 7nm

Sudah berarsitektur “Zen 3” serta fabrikasi 7nm, prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors dipercaya mampu memberikan performa yang lebih tinggi lagi dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini terjadi berkat peningkatan performa per-clock (IPC)-nya. AMD mengubah desain layout “Zen 3” dengan cache dan soc topology yang diunifikasi, sehingga memberikan cache memory ganda untuk mengurangi latensi. Karenanya, prosesor terbaru ini mendapatkan performa single thread atau multithread meningkat secara signifikan. Tentunya, dengan kehadiran AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors, pengguna bisa mendapatkan performa yang #BeneranCepat untuk bermain game, editing foto maupun video, bahkan 3D rendering sekalipun.

 

Baca juga: AMD Hadirkan Kekuatan “Zen 3” ke Prosesor Mobile Terbaik Dunia untuk Bisnis Prosesor Mobile AMD Ryzen PRO 5000 Series

 

AMD Ryzen™ 5000 U-Series

AMD Ryzen™ 5000 U-Series

AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors tentunya tidak lengkap apabila tidak dihadirkan U-Series. Prosesor wajib untuk para pengguna laptop ultrathin yang membutuhkan performa tinggi namun dengan konsumsi daya yang sangat rendah guna memberikan mobilitas yang tinggi. Dengan pengembangan arsitektur “Zen 3” yang dihadirkan, pada seri 5000 kali ini mampu memberikan performa hingga 8 Core 16 Thread yang tinggi serta daya tahan baterai yang fantastis, hingga 21 jam!* Sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan laptop bermobilitas tinggi untuk menunjang kebutuhan komputasi harianmu. Tak lupa juga dukungan AMD Radeon™ Graphics yang tertanamkan, performanya tentu mampu memenuhi kebutuhan olah grafis penggunanya.

 

Baca Juga: Processor Ryzen™ Mobile Dengan Kartu Grafis Radeon™ Vega Hadirkan Performa #BeneranCepat Setara Kartu Grafis Diskrit!

 

AMD Ryzen™ 5000 H-Series

AMD Ryzen™ 5000 H-Series

Seperti pada generasi sebelumnya, AMD kembali menghadirkan HS-Series pada AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors yang memiliki konfigurasi 8 Core 16 Thread serta TDP hanya sekitar 35W saja. Menariknya, HS-Series ini walaupun memiliki TDP yang rendah, performanya tidak dapat dianggap remeh. Bahkan, dapat menyamai performa dari PC Desktop sekalipun pada generasi sebelumnya! Tentunya, dengan kombinasi arsitektur “Zen 3” dengan fabrikasi 7nm ini, performanya dapat melesat lebih tinggi lagi.

 

Baca Juga: AMD Ryzen™ 9 4000 H-Series: Prosesor Mobile Tercanggih di Dunia yang Menggunakan Arsitektur 7nm!

 

AMD Ryzen™ 5000 HX-Series

Selanjutnya, AMD juga mengeluarkan varian terbaru untuk kategori prosesor mobile, HX-Series. Dikhususkan untuk laptop yang mampu memberikan performa sangat tinggi setara dengan PC Desktop, HX-Series mempunyai kemampuan tersendiri dibalik arsitektur “Zen 3”-nya. Sudah terbuka untuk di overclock, maupun TDP yang mampu mencapai lebih dari 45W untuk memberikan performa tertinggi sesuai kebutuhan penggunanya, laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors satu ini akan menjadi primadona tahun ini!

 

Kesimpulan

Kesimpulan AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors

AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors merupakan prosesor inovatif terbaru yang kembali menggebrak dunia teknologi terutama pada kategori laptop ultrathin maupun laptop gaming. Performa unggul hingga 8 Core yang dihadirkan berkat kombinasi arsitektur “Zen 3” dan fabrikasi 7nm-nya, juga mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih lama lagi. Menjadikan laptop bertenaga AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors ini sangat patut untuk dimiliki.

Belum lagi kehadiran varian HS-Series dan HX-Series terbarunya yang mampu memberikan performa setara dengan PC Desktop, tentunya akan semakin memajukan dunia teknologi terutama pada kategori laptop. Kini tidak perlu khawatir lagi akan kurangnya performa pada laptop.

 

*Tergantung pemakaian setiap pengguna.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply