notebook-lenovo-g4045

GAMING REVIEW: Lenovo IdeaPad G40-45: Notebook Entry Level yang Cukup Tangguh Untuk Gaming Premium

Dahulu gamer terpatok pada perangkat PC untuk dapat memainkan game-game berat. Wajar memang sebab perangkat PC dinilai mempunyai kapasitas yang lebih untuk mengambil peran itu. Walaupun memang perlahan dan pelan-pelan bermunculan notebook gaming yang punya performa tak kalah mengigit. Untuk mendapatkan notebook dengan peruntukan gaming-gaming premium Anda dituntut duntuk merogoh kocek yang dalam apalagi bila komponen prosesor yang digunakan ternyata dihargai sangat mahal tanpa performa yang meningkat signifikan.

Lenovo IdeaPad G40-45 bukan dirancang khusus untuk gaming, misinya lebih kepada pengerjaan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dan produktifitas baik untuk kalangan pekerja atau pelajar. Tetapi bila kita runut dan bongkar lebih dalam, Lenovo IdeaPad G40-45 punya potensi terpendam untuk menjalankan game-game premium. Mari, kami ajak Anda menjadi saksi pembuktian performa gaming Lenovo IdeaPad G40-45 dalam serangkaian ujicoba yang secara real dilakukan tanpa rekayasa.

Sebelum masuk ke materi pengujian perlu kita bahas sedikit perihal Lenovo IdeaPad G40-45 dan apa yang ditawarkan.

Lenovo IdeaPad G40-45 sebenarnya terdapat 3 varian APU, A8 Series, A6 Series dan E1 Series. Yang kita akan bahas dan uji di sini adalah varian A8 Series yang menggunakan prosesor AMD A8-6410 APU berbasis APU Beema. Prosesor ini diperkaya dengan empat buah inti (quad-core) berkecepatan 2.0 GHz yang dapat digenjot hingga 2.4GHz pada saat Turbo Core diaktifkan. Elemen grafis jadi salah satu kunci, dimana terintegrasi grafis dari AMD Radeon R5 Series yang hemat daya.

Spesifikasi dasar notebook Lenovo IdeaPad G40-45 ini antara lain layar 14 inch berteknologi WXGA LED dan ketebalan hanya 24mm dan bobot 2,1 kg. Memiliki kapasitas hard disk sebesar 500GB yang cukup untuk mengisi berbagai data kemudian dukungan RAM sebesar 4GB.

Di atas sudah disebutkan bahwa Lenovo IdeaPad G40-45 A8 Series mempunyai potensi terpendam untuk mengolah gaming premium. Alasan karena di dalam perangkat ini terdapat dua GPU AMD Radeon R5 yang menjadi penggerak sektor grafisnya. GPU ini memiliki arsitektur GCN, arsitektur yang mendukung penggunaan DirectX 11.2.

Grafis pertama terintegrasi dengan APU yang lebih hemat baterai, ditambah yang kedua berupa grafis diskrit AMD Radeon R5 M230 yang punya performa lebih baik apabila pengguna ingin menjalankan game-game berat. Kedua grafis di APU tersebut dapat ditukar-tukar sesuai kebutuhan penggunanya dengan bantuan teknologi Switchable Graphics.

Untuk spesifikasi yang lebih rincinya, bisa baca artikel review sebelumnya.

Pengujian Performa Gaming

Untuk melakukan pengujian performa gaming Lenovo IdeaPad G40-45, penulis menggunakan beberapa tool dan juga melakukan penyesuaian grafis dan game yang digunakan. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7 SP 1 64-bit dengan kondisi update OS dan driver terbaru yang bisa download dari website resminya Lenovo, khususnya driver AMD Catalyst yang sudah mencapai versi 13.302.1301.

lenovo_g40-45_catalyst_control_center_version

Berikutnya AMD melakukan penyesuaian di Catalyst Control Center khususnya pengaturan menu Switchable Graphics Global Settings, dimana dipilih opsi “Maximize Performance” yang bertujuan agar perangkat berjalan di kondisi optimal, bukan mode hemat baterai. Pengaturan ini juga memastikan komponen grafis diskrit Radeon R5 M230 aktif saat game dimainkan.

lenovo_g40-45_catalyst_control_center_switchable_graphics

Kemudian untuk mencatat nilai FPS yang dihasilkan, digunakan aplikasi FRAPS yang punya reputasi sangat baik di bidang ini.

DOTA 2

DOTA 2 adalah game multiplayer pertempuran secara online keluaran 2013, merupakan game sekuel yang berdiri sendiri. DOTA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, dimainkan oleh dua hingga lima pemain, masing-masing menempati benteng dan harus saling bekerjasama merampungkan misi yang diemban.

Tapi kali ini bintangnya adalah Lenovo IdeaPad G40-45, perangkat ini mengemban misi untuk menjalankan DOTA 2 bukan sebagai pemain tapi sebagai perangkat yang mengeksekusi program. Mengingat perangkat ini bukan dirancang untuk menjalankan gaming berat, maka banyak opsi dimatikan tetapi tetap dengan resolusi yang memadai yakni 1366 x 768.

Hasilnya, game ini mampu berjalan dengan mulus dan menghasilkan rata-rata 39 FPS dan maksimal bisa mencapai 53 FPS per detik.

lenovo_g40-45_dota2_low-setting

Grid Autosport

Grid Autosport adalah game balap hasil karya Codemasters yang merupakan seri sequel dari game Race Driver: Grid dan Grid 2. Permainan ini dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 3 dan Xbox 360 pada tanggal 24 Juni 2014.

Hampir sama dengan DOTA 2, di game ini pengaturan rendah juga diterapkan untuk bagian Graphic Settings dengan sebagian besar efek dimatikan.

lenovo_g40-45_grid_autosport_graphics_settings

 lenovo_g40-45_grid_autosport_video_mode

Resolusi layar 1366 x 768, fullscreen dihidupkan, aspect ratio otomatis, dan Gamma 0.80. Tapi hasilnya sangat baik dengan rata-rata FPS atau frame per second 37,89 dan maksimum FPS 49,65.

lenovo_g40-45_grid_autosport_benchmark

Pro Evolution Soccer (PES) 2014

Siapa yang tak mengenal game Pro Evolution Soccer atau lebih dikenal dengan sebutan PES. Game yang bertema sepakbola ini punya jutaan penggemar dari berbagai platform dan kali ini akan dicoba dimainkan di Lenovo IdeaPad G40-45.

Untuk menyesuaikan dengan komponen perangkat, pengaturan kualitas yang dipilih adalah Low dengan resolusi 1280×768. Tetapi hasilnya, game ini bisa menghasilkan rata-rata 59 FPS dan maksimal 65 FPS, artinya game ini berjalan dengan sangat baik tanpa lag di Lenovo IdeaPad G40-45.

lenovo_g40-45_pes2014_settings

Performa yang ditunjukkan oleh Lenovo IdeaPad G40-45 setelah tiga percobaan menjalankan game-game premium membuktikan bahwa meskipun memboyong APU Beema yang peruntukannya lebih ke penggunaan sehari-hari. Namun jika ditopang oleh grafis diskrit yang mumpuni, maka perangkat dapat digenjot dengan lonjakan performa yang sangat powerful. Buktinya, Lenovo IdeaPad G40-45 dapat menjalankan ketiga game berat di atas dengan hasil yang sangat di luar dugaan.

Lenovo IdeaPad G40-45 saat ini dibanderol cukup terjangkau, Rp 5.199.000, banderol harga yang dapat dijangkau oleh banyak kalangan dengan latar belakang berbeda. Perangkat tidak dirancang khusus untuk gamer, sehingga cocok untuk pengguna yang berkecimpung dengan aplikasi produktif tetapi juga punya ketertarikan akan dunia gaming untuk sekedar mengisi waktu luang setelah bekerja atau menyelesaikan kelas.

734 comments

  1. Akylla
    Reply

    Utk HP 14 G008AU dgn spek yg sama AMD A8 6410 with Radeon R5, RAM 2GB, 500GB apakah hasilnya jg sama? Mohon direview. Thanks.

    • Admin
      Author Reply

      Performanya beda karena untuk HP 14 G008AU tidak terdapat grafis diskrit di dalamnya sedangkan pada Lenovo terdapat grafis diskrit yang bisa memboost performa saat butuh proses aplikasi grafis tinggi 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Coba unduh aplikasi GPU Z. disana kamu bisa pilih antara VGA Diskrit dan onboard dengan memilih di dropdown pada kiri bawah aplikasi. Nanti kalau sudah pilih VGA Diskrit buka tab sensor dan perhatikan apakah ada pergerakan, jika ya maka VGA diskrit sedang dipakai saat itu

  2. rahmen
    Reply

    Min, yg di bhinneka koq yg a6 ya? oh ya mau tanya kira2 laptop ini (atau yg versi A6) bisa untuk menjalankan program edit video ?
    trims.

  3. reza
    Reply

    Min mau tanya pes 2014 di lenovo G40-45 sya ini knapa ya ngelag pas kick off nya lambaat…
    Sya pake window 7
    lambaat tolong masukannya ya min

  4. Fajar Bahari
    Reply

    Min, ane baru beli laptop lenovo g40-70, kebetulan vga-nya sama kyk g40-45, tapi ram 2gb, prosesor i3… Kira2 hasilnya sama ga kyk g40-45? Atau malah lebih bagus?

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin low lancar ya, mimin juga belum pernah coba sih, coba dulu saja nanti di resolusi low terus aktifkan high performance di AMD Catalyst control center pada power optionnya

  5. Tama
    Reply

    baru beli nih min g40 nya.. buat main World of Tanks di set minimum/rendah lancar.. kalo diset menengah cuma dpt <20fps.. 🙁 udah di set ke high performance.. kalah sama laptop asus x452cc lawas yg pake radeon HD yg udah kuwarisin ke adek..

  6. kemaren beli Lenovo G40-45 AMD A8 RAM 4GB DDR3, tapi kok ane install jadi indows 8.1 64bit graficnya jelek yah, main PES2013 ajah gk kuat, tertera di setting game PES-nya katanya VRAM-nya cuma 32mb sedangkan minimum requirementsnya 128mb, gmn ceritanya tuh gan ?
    katanya graficnya bagus, tapi kok lemot di game ginian doank !

    • Admin
      Author Reply

      Coba download driver amd catalyst terbaru di website lenovo sesua seri laptop yang kamu gunakan. Terus kalau sudah install aktifkan high performance di amd catalyst control centre. Nah setelah itu coba mainkan lagi PES2013nya. Semoga membantu ya

    • Admin
      Author Reply

      Untuk yang ini berbeda-beda tergantung dari vendor pembuat laptopnya juga. Jadi untuk lebih jelas bisa coba tanyakan langsung ke vendor laptop yang akan kamu beli. Untuk Processor tidak mempengaruhi ke size RAM yang digunakan, jadi 16GB tetap memungkinkan, yang mempengaruhi lebih ke motherboard yang digunakan. 🙂

  7. Randi Septadi
    Reply

    Min, saya sdh punya Lenovo G40-45 ini, tapi ketika saya coba melakukan cek Windows Experience Index selalu gagal, dan muncul notifikasi “could not measure video playback performance”..kira-kira itu knp ya min??

    • Admin
      Author Reply

      Hi, mimin tidak begitu pasti juga tapi pertama kita coba pastikan apakah kesalahannya berada di AMD CCC nya atau bukan ya.
      Coba pastikan driver yang kamu install adalah driver bawaan dan bukan driver versi terbaru dari website AMD.
      Kalau sudah coba di uninstall drivernya dan bersihkan sisa-sisa driver menggunakan program third-party lain setelah itu restart dan install ulang AMD CCC nya.
      Kalau masih tetap gak bisa mungkin harus install ulang windows.

  8. mahameru57
    Reply

    Min, untuk lenovo G40 45 Amd A6 6310 Radeon R4, driver amd catalyst control center versi terbarunya yg mana ya? saya sudh aktifkan high perform tpi masih lambat saat main game sekelas cod mw3. padahal radeon r4 (beema) kan masih diatas intel HD graphics 3000. apakah perlu di tambah ram nya atau bagaimana?
    mohon pencerahannya min!

    • Admin
      Author Reply

      Ya, diatas perfomancenya tetapi laptop tersebut bukan dibuat untuk bermain game kelas berat ya, laptop tersebut lebih cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari, kantoran, mengerjakan tugas kuliah dan casual gaming. Jadi kalau digunakan untuk bermain game sekelas COD memang akan lebih berat. Paling yang perlu diingat adalah settingan power option pada game tersebut sudah “high-perfomance” saja. 🙂

  9. ziar zu
    Reply

    min , cara gedein vram g40-45 amd A6310 gmna? ram udah 4gb tapi vram cuma 495mb mau buat maen pes15 min.
    mohon solusi nya min

    • Admin
      Author Reply

      PES 2013 mungkin masih bisa tapi kalau di atas itu mimin ga jamin. Karena A6 itu hanya cocok untuk kegiatan harian. Tidak ada efek apa2 asalkan kamu memainkan di ruangan sejuk dan memakai cooling pad, serta diistirahatkan tiap 2-3 jam sekali

  10. erfan
    Reply

    Min ini saya pake lenovo g40 45 amd a8 radeon r5 series,tp gak ada catalyst control nya udah coba download tp ga bisa di instal katanya ga support, gimana ya cara atasinya ?

  11. Irfan Nashrudin
    Reply

    min saya pake AmD A8, Maen Pes 2015 tersendat-sendat min , ga nyaman mainnya , udh di set low dan high performent , tadi kata admin harus di upgrade RAM nya ,,kan RAM nya udh 4gb min yang AmD A8 .

    • Admin
      Author Reply

      Tidak perlu upgrade RAM sih, paling pastikan sudah install driver bawaan terbaru yang disediakan dari vendor pembuat laptopnya masing-masing ya, jangan gunakan yang di website AMD. Setelah itu pastikan juga saat bermain sirkulasi udara laptopnya lancar sehingga perfomance laptopnya tidak menurun karena kepanasan.

  12. firman
    Reply

    min ,,, minta video game play maen dota 2 nya dong min , mau liat grafis nya patah2 atau engga ?soalnya mau beli laptop G40-45 A8 min

  13. Fajar
    Reply

    min laptop ane lenovo g40-45 a8 drivernya ati catalyst dari websitenya lenovo, pas udah ane instal kok yang kedetect di dxdiag radeon r4 ya min? kan mestinya radeon r5?? mohon pencerahannya.. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Untuk notebook E1/Essential memenag hanya diperuntukkan untuk game ringan sekelas gamehouse. Mungkin coba aktifkan high performance di power option bisa membantu pada AMD Catalyst Control Centre

  14. Andantio Korah
    Reply

    min, punya saya Lenovo g40-70. Processor Intel i3-4030, RAM 2GB, VGA AMD Radeon R5 M230. Pas maen PES 2013, VRAM saya cuma kebaca 32mb, apa emang cuma 32mb ato harus install ini itu dulu, trus yang kebaca di settingan PESnya bukan AMD Radeon R5 M230 tapi AMD Radeon HD 8500M. Tolong penjelasannya min, masih beginner soalnya

  15. rian
    Reply

    yang pake AMD A8 6410 atau A6 6310 kalo mau main pes coba pasang aplikasi RadeonPro, terus coba di centang semua opsinya sampe dapet optimalnya, ane user a6 6310 main pes 2015 lancar jaya di medium ataupun high berkat radeonpro, setting high dapet 60 FPS kalo gak pake sweetfx, setting medium dapet 60 fps kalo pake sweetfx
    beneran dah gak bohong nih

  16. feri
    Reply

    To rian n mimin, itu pasang radeon pro harus tetep aktifin high perfor di amd catalyst centrenya ga? Mohon dibantu, soalnya ada rencana mau ambil yg a6.. Thanks

    • rian
      Reply

      ya gan set high perfomance
      kalo mau buat gaming mending desktop jangan mobile, tanggung loh gan, tapi kalo mau mobile jangan pilih dengan procie a6-6310, coba pilih Acer E1-451G, dia udah A8-4500 terus liat VGAnya udah hd 8750 udah bagus tuh vganya untuk laptop harga 5 jutaan

      • Admin
        Author Reply

        Betu kata rian, pilih laptop gaming a8 atau bahkan yang lebih bagus a10. Kalau mau lebih bagus memang lebih enak pakai PC soalny kalo mau upgrade gampang kan game-game selalu berkembang setiap saat 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Biasanya kedip2 itu kalau dipake jalanin aplikasi berat ketika ga pakai charger/ pakai batre saja, hal itu karena pada power saving mode ada fitur untuk menghemat penggunaan daya baterai , efek sampingnya jadi kedip kedip. jadi kalau pakai aplikasi berat coba dicolok charger aja dan aktifkann high performance di power pada amd catalyst control centre

  17. Irfan Nashrudin
    Reply

    saya user amd A8 ,admin sama rian yang komen tanggal 6 januari 2015 boleh minta pin bbm atau alamat fb nya, sya mau konsultasi lebih lanjut tentang masalah saya maen pes 2015 , soalnya saya user baru, belum terlalu faham cara dapetin aplikasi seperti Amd catalys center, GPU Z, sama Radeonpro.. mohon bantuannya.. trims..

  18. Irfan Nashrudin
    Reply

    min mengenai amd catalyst center yang dari situs resmi lenovo,minta link nya min.. takutnya acc yg di sya ini dri amd bukan dri lenovo soalnya hasil instal di mall pas beli laptop nya.

  19. tunggul herbawono
    Reply

    Mr. Admin , please help , saya mau beli G40-45 series A6 untuk kebutuhan photoshop dan coreldraw , apakah cukup dengan spek A6 saja ? Please kebutuhannya hanya cukup yaa , bukan canggih , thanks….

  20. HENDRA
    Reply

    Saya Baru punya laptop Lenovo G40 min, kebaca punya VGA saya R5 Radeon tapi lebih dideteksi lagi VGA saya R4 Radeon. itu yg salah baca laptopnya atau emang gitu min? :/

  21. gan permisi ni laptopnya vga bisa di upgrade atau di ganti gag trus ram nya klo di upgrade jdi 4gb lancar gag main game naruto ultimate ninja strom 3 dah gitu doang tolong di bales y ane dah nunggu lma ni inggin segera bli laptop bru hehehehe

  22. min denger denger yang lenovo g40 45 sering ada masalah di gradasi warna monitor, apa bener? klo bener apa ada solusi ato tips biar ga ada gradasi warna yang tidak diinginkan? trims

  23. agus
    Reply

    Min ane maen ac3 ko gak stabil kadang lag kadang gak
    Udah ane maxium performecs d menu power sama high performces d grafik propertis ane udah pake catalsy terbaru dr vendorny

  24. agus
    Reply

    Ane mau nnya ni tu ada yg komeb maen watch dogs lanvar bisa d uploadin gak video ny beserta fps na sama liat specnya pake cpu n gpu

    • Admin
      Author Reply

      Sepertinya memang stok lagi habis, nanti coba mimin sampaikan ke pihak terkait ya 🙂 kalo boleh tau selain di internet kamu sudah cari di toko-toko offline? Kalo boleh tau posisi kota tempat tinggal kamu dimana ya?

      • NURINA
        Reply

        min, saya punya lenovo g40-45 amd a8 terlihat gradasi warna di lcd nya serta bercak?? terlihat gax bening.. mohon sarannya.. sudah ke SC lenovo katanya memang produk limitasinya begini…
        solusinya gmn??

        • Admin
          Author Reply

          kalau urusan layar seharusnya bisa minta penggantian layar ke lenovo karena memang produsennya adalah lenovo. Coba hubungi kembali SC nya dan minta diganti layarnya atau minta disetting pengaturan layar nya siapa tau ada setting khusus tertentu yang bisa memperbaiki gradasi warnanya

    • Admin
      Author Reply

      Hi, sudah install driver AMD Catalyst?
      Kalau masalah install game gak jalan biasanya lebih ke versi OS yang digunakan dan file installer nya bermasalah.

  25. rizki eka
    Reply

    sori min sedikit nanya,ane punya lepie lenovo g40 45 a8-6410 r5 m230,tapi yg terdeteksi didx diag r-4 vganya,pernah ane test install game ace combat assault horizon beserta cracknya tp pas dicoba tampilannya hitam saja,perfomance baterainya udah high, apa mngkin r5nya gak nyala pas dicoba,mohon pencerahannya (amd catalyst vers 8)

    • Admin
      Author Reply

      Hi, kalau menurut mimin sih harusnya tidak berhubungan dengan VGA nya ya.
      Pertama Dxdiag memang akan selalu mendeteksi iGPU yang terdapat di laptop tersebut, jadi wajar kalau yang di display selalu R4 Graphics. Selama settingan game nya berada di high-perfomance maka dari laptopnya akan secara otomatis berpindah ke VGA R5 m230 tersebut.
      Dan walaupun tidak berpindah, tidak harusnya tampilan layar hitam, tetapi lebih ke lag saja.
      Dan dari Rizki sendiri ada menyebut crack, biasanya versi bajakan memang akan kurang stabil dibanding versi original. 🙂

  26. John Watson
    Reply

    gan saya mau nanya nih, knpa ya gan wktu saya buka di GPU Z bagian sensor, video grafis R5 230 saya temperaturnya nyampe 500°C sedangkan grafis intel hd 4400 temperaturnya sama dengan cpu saya paling suhu normal lah antara 30-40°C. Padahal saya tidak buka aplikasi/game yang berat sama sekali gan. Kira2 ada problem gx gan. Mohon Bantuannya Yaa….!

    • Admin
      Author Reply

      Coba dipegang permukaan laptop terasa panas ga? kalau tidak berarti hanya kesalahan baca saja pada aplikasi GPU Z nya. Salah baca kaya gitu sering terjadi kok jadi tidak perlu dikhawatirkan 🙂

  27. imam bahroni
    Reply

    min ane newbie ni…ane baru beli g40-45 amd a6 pakai win 8.1 setingan kecerahan layar kok jadi g bisa d rubah y…tetep aj tuerang meski udh d set low or hight…ap ngaruh gara gara amd ccc ny tk uninstall rencana mau tk ganti versi terbaru ccc ny.mohon solusinya min…

  28. Gaza Tonight
    Reply

    Gan saya mau beli Ram ni, kira2 Ram apa yang cocok buat lenovo G40 70(i3-4030U/AMD R5 230).
    Takutnya tuh ntar jebol Cpu law salah beli Ram. Mohon sarannya ya gan…!

  29. edwin juan
    Reply

    Min, game yang bisa dimainin di g40-45 amd a6-6310 radeon r4 apa aja? Sama vram nya hanya 256, bisa di tambah gk min? Dan disetting adapter kaya gk ada vga nya sih min?

    • Admin
      Author Reply

      Berhubung A6 memakai RAM utama sebagai VRAM pada integrated GPUnya jadi wajar jika VRAMnya sedikit tapi nanti akan disesuaikan secar otomatis ketika menjalankan aplikasi. jadi dibiarkan saja. Untuk game yang bs di laptop A6 itu untuk keperluan harian jadi paling hanya bisa mainkan game ringan seperti PES 2013, atau game house 🙂 dan Laptop ini memang hanya pakai iGPU dan tidak pakai GPU Diskrit 🙂

  30. Hardboiled
    Reply

    cara ngembaliin VGAnya yg 2gb gmn??, terus liat di dxdiag display, chip namenya ko AMD ATOMBIOS, bukannya AMD Radeon R5 Graphics??

    • Admin
      Author Reply

      apa minimum requirement sudah cocok dengan laptop ini? Kalau ternyata minimum requirement tidak memenuhi syarat pasti wajar jika aplikasi ini ngelag di laptop ini. Mengenai untuk tingkatkan prforma bisa aktifkan high performance di power pada amd catalyst control centre

  31. zaqi
    Reply

    Mau tanya ini support win 7 64bit? saya cari2 disitus resminya lenovo ko seri ini ga ada ya? mungkin bisa ksh link resminya dari lenovo

  32. min laptop saya Lenovo ideapad G40-70 VGA Radeon R5 M230, 2 minggu pemakian , pada awal beli sih gakpapa tapi akhir akhir ini saat saya memainkan game selalu keluar bintik-bintik seperti noise dan performa saat bermain game juga menurun. saya uda instal driver bawakan dan yang terupdate dari official Lenovo tapi masih saja gak ada peubahan . mohon penjelasanya min …

    • Admin
      Author Reply

      aktifkan high performance di power amd catalyst control centre. jika masih bermasalah silakan hubungi 001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8:30 am – 5:30 pm Monday – Friday
      9 am – 3 pm Saturday

  33. Didit
    Reply

    Min minta sarannya untuk laptop berikut ini :
    Lenovo G40-45 A4 atau Asus X452EA-VX086D (AMD Quad Core E2-3800, 2GB DDR3, 500GB HDD, DVD±RW, WiFi, VGA AMD Radeon HD8210G, Camera, 14″ WXGA)
    Prefer Asus kalo dari brand

    • Admin
      Author Reply

      Tidak harus donlot apa-apa, kamu di pinned itu bisa pilih aplikasi apa yang mau pake grafis diskrit dan mana yang ngga, karena laptop ini bisa switchable graphic

  34. battery untuk pemakaian normal (office dan browsing wifi) kuat berapa lama..? terus kalo pake battery otomatis pake vga on board ya..? bisa gak saat pakai battery tetap menggunakan vga diskrit nya..?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, dari mimin sendiri belum pernah test tapi seharusnya sanggup kurang lebih 5~6 jam keatas.
      Untuk itu tinggal diubah settingannya dari power-saver ke high-perfomance saja, tapi resikonya jelas battery life nya akan berkurang ya 🙂

  35. Aji
    Reply

    Min, ane beli G40-45 AMD6, tp wkt di dxdiag, kedetectnya AMD ATOMBIOS.. di GPUz juga cm ada Microsoft Basic Display Adapter ?
    klo di webnya lenovo driver AMD Grafik cuma buat 8.1 64 bit.. apa ngaruh kalo saya pake 32 bit ?
    klo driver bawaan menunya g sebanyak yg di atas cm ada pin, presets, performance, power O.o

    • Admin
      Author Reply

      Hi, kalau drivernya untuk 64 bit harus di install di Windows 8.1 64 bit ya, jadi kalau menggunakan yang versi 32 bit mimin sarankan diupgrade Windowsnya ke versi 64 bit dulu ya.

  36. ardiat
    Reply

    Min, untuk HP 14 G008AU kan sudah memakai amd r5 tanpa grafis diskrit, nah grafis diskrit tersebut perannya apa dalam lenovo g40-45? terimakasih

  37. Ibas Rahmat
    Reply

    Min, mau tanya.

    Kira2 beda Windows bakal mempengaruhi gak waktu kita main game ?
    Contoh w7 sm w8.

    Kebetulan laptop ane Lenovo G40 AMD A8.

    Waktu maen AC 3 agak sedikit lag gitu..

    Mohon bantuan’a ya min 🙂
    Terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin bakal ada pengaruhnya sedikit tetapi biasanya tidak banyak dan tidak ada yang lebih bagus.
      Untuk lenovo G40-45 A8 memang bukan didesain untuk bermain game berat, jadi mungkin memang akan ada sedikit masalah kalau digunakan untuk bermain game berat 🙂

  38. Min, mau tanya. Saya kan baru beli laptop nih, merk Lenovo type G40 yang E1 series, spesifikasi: processornya AMD E1 with AMD Radeon Graphic, RAM: 2GB, HDD: 500GB, itu bisa buat main RAN Online gak? RAN Online sendiri merupakan game jenis RPG bergenre MMORPG

  39. yakob
    Reply

    Maaf min, mau nannya kalau buat software adobe ilustrator dll masih kuat ga ya pokoknya yang berhubungan dengan editor? Buat game NBA 2K15 apakah kuat min ? Terimakasih

  40. rifkialfajri
    Reply

    min mau tanya saya pake lenovo G40 yg A6 AMD, kok sekarang jd lambat ya performanya min? dan bisa ga kalo mau install ulang widowsnya lgsg di laptop?

    • Admin
      Author Reply

      sudah coba aktifkan high performance di bagian power pada AMD Catalyst Control Centre? Kemudian rajinn dibersihkan sampah2 yang sudah menumpuk dikomputer dengan CCLeaner atau rajin di defrag supaya cepat lagi performanya. upgrade RAM juga bisa tingkatkan performa. bisa kok install ulang tapi sebaiknya samakan dengan windows yang disupprt driver grafis bawaan dari vendor

    • Admin
      Author Reply

      Untuk game berat memang tidak bisa set high karena laptop ini masih pakai APU beema dan Grafis R5. dan hanya ditujukan sebagai laptop harian saja. mungkin bisa coba set ke high performance dulu di bag power di AMD Catalyst Control Centre

  41. Aditya D.N
    Reply

    min saya mau upgrade laptop nih jujur saya bingung sama penjelasan admin ke rekan” yang lain saya pengguna Lenovo B475 yang pake AMD A6 Richland yang ada Radeon HD Seriesnya saya liat spek diatas kertasnya mungkin jauh dari B475 saya yang saya beli 3 tahun lalu, saya bisa dibilang gamers ya tapi ngeliat banyaknya pertanyaan yang nanya soal game anu anu dan anu yang lag saya jadi bingung soal performa si G40 – 45 A8 ini,

    kenapa? karena pengalaman saya di B475 ini bisa dibilang luar biasa walaupun masih pake A6 Richland dengan clock cuma 1,5ghz

    far cry lancar dengan setting medium dan efek dimatiin semua
    need for speed hot pursuit yang penuh dengan efek hancur juga lancar cuma terkadang agak freeze cuma harus pinter pinter ngaturnya
    Call Of Duty Series yang terakhir saya mainin itu yang Ghost dan laptop saya keok disitu sama kyk battlefield 3 yang suaranya telat walaupun lancar,

    nah disini saya mau nanya dari segi performa gaming lebih baik ngambil G40 45 SID A8 ini atau Lenovo yang A10 series yang katanya pake VGA R7 saya lupa serinya apa

    menurut mimin gimana? mohon informasinya

    makasih min

  42. Arief
    Reply

    Min newbie nih mau nanya saya pake lenovo g40-45 yang amd A8 with radeon R5 … tapi main pes 2013 ko aga lag min pertama seting high awalnya lancar terus lag kemudian medium juga sama min padahal udah di high performance gimana tuh min? mohon saran ….

  43. simgan
    Reply

    min mohon info..ane rencana beli g40-45 yg a8, utk kerjaan dibidang pemetaan ArcGIS kira2 kuat ga ya? sebelumnya pake acer v5-122 dg AMD A6 dah bisa cuman pada saat prosessing nya lambat… klo dibandingin intel untuk prosessing pemetaan tsbt bagusan mana ya i3 or A8

  44. julianto
    Reply

    Min laptop ane g40-45sid a8 memank gk narik y klo make photoshop cs6 yg full.
    Sering ngelag laptopnya trus ane mw nanya kalau tumbnail foto hitam n load foto jadi lama itu problem di laptop ato fotonya?

    • Admin
      Author Reply

      RAM sudah upgrade belum? Coba upgrade minimal ke 6Gb. Thumbnail foto yang ga muncul mungkin bisa coba cara berkut:
      -open the taskmanager
      -kill explorer.exe
      -go to File -> new Task, run cmd
      -navigate to C:\Users\user\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer
      -delete all .db files (del *.db)
      -close cmd
      -again, in the taskmanager go to File -> new Task, run explorer
      done.
      hal ini terjadi sepertinya karena low free disk space di HDD

  45. Angga
    Reply

    Min,mau tanya kan saya punya laptop ini. Mau di upgrade ram, kalo saya upgrade nanti garansi nya hangus tidak?
    Karena tempat ram ada segelnya.
    Mohon bantuannya, terima kasih!

    • Admin
      Author Reply

      semua notebook jika dipakai ngegame semalaman juga berbahaya lho pada komponen, sebaiknya gunakan dalam waktu sewajarnya saja dan gunakan kipas cooling pad yang berkualitas. Kalau bisa mainlah di ruangan yang sejuk atau ber AC supaya komponennya tidak cepat panas 🙂

  46. davu
    Reply

    Min laptop lenovo g40-45 a6 ramnya bisa di upgrade ? Klo bisa biayanya berapa ya ? Klo mau upgrade di mna ?.

    TeriMX-Playerma kasih

    • Admin
      Author Reply

      bisa upgrade kok, tapi maksimalnnya mimin kurang tau berapa mungkin bisa telpon ke Lenovo Indonesia di sini +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8:30 am – 5:30 pm Monday – Friday
      9 am – 3 pm Saturday

      untuk upgrade bisa langsung ke service centre lenovonya 🙂

  47. arafat
    Reply

    Min.saya baru beli g40-g45 Amd8.pake windows 8..trus sya install pes2014
    Tpi gagal katanya VGA nya kurang..mohon petunjuk nya min.

  48. amou
    Reply

    Ane baru beli yg a8
    Apa gpp kalau ane nyalain laptop sambil colok adapter dlm keadaan baterai yang udh penuh ?
    Thankyou.

    • Admin
      Author Reply

      gapapa sih soalnya batre sekarang itu kalau full langsung dialihkan ke listrik (batre tidak terpakai) tapi batrenya kadang harus dipake juga biar ga soak ya

  49. Riansyah Aksar
    Reply

    min mau tanya nih, saya kan beli laptop Lenovo G40-45 AMD E1 nih, terus OS nya saya instal win 8.1 64 bit, kok dari awal sudah lelet ya min? sebelumnya saya juga pernah instal win 7 32bit, buat buka google crome saja lelet banget min, apa saya sebaiknya dateng ke service center? kalo ke sana apa saya kena biaya untuk memperbaiki ? trims min

  50. Herdi
    Reply

    Min dan rekan2, mau nanya, pernah dicoba buat main Football Manager 2015? Apakah kuat? Dan utk body builtnya ni laptop brp ya bobotnya? Lumayan jd pertimbangan juga nih. Trims.

  51. mau tanya min saya baru beli lenovo g40-70 saya sudah instal driver amd radeonnya tapi di divice manager tidak terinstal dan saya download langsung dari amd ati radeon R5 tapi pas saya instal semuanya laptop saya jadi tidak bisa shut down masih tetap nyala bisa minta tolong solusinya min

  52. min ane make os windows7 ultimate 32bit radeon hd 5500 baru instal catalyst yg baru kenapa di menu My VGA Display>>properties dari DDC sampe maximum reportednya not supported yah min, mohon bantuanya, terima makasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi, pastikan unduh driver sesuai dengan spek PC yang kamu miliki 🙂 unduh driver di support.amd.com/en-us/download dan pakai auto detect biar ga salah unduh

  53. adi
    Reply

    Min ada cara buat menonaktifkan Anisoptronic Filtering ga? udah ubek-ubek catalyst control center ga ada menu buat matiin fitur itu. Soalnya saya pengen main game jadul Counterstrike 1.6 dan kalo anisoptronik filternya aktif, FPS nya jadi ga stabil kalo pas ketemu musuh…

  54. Kalo di laptopnya jalanin game Assasins creed unity,assasins creed 4 black flag,Resident evil revelation 2 ,Watch dogs,GTA 5,off road drive,final fantasy 15 dan kawan kawan,bisa jalan gk ? terus game ps4 yg ada di pc bisa jalan gk ?

    • Admin
      Author Reply

      belom pernah coba, coba periksa spek game yang kamu mau di game-debate.com dan coba cocokkan apakah sesuai dengan spek notebook ini

  55. darwin
    Reply

    Min, vga diskrit sama dedicated beda ya? Barusan beli lenov G40-45 A8, vga integrted nya R5, yg diskrit koq cmn R4 ya? Bukannya seharus nya R5 230? Cek pke GPU-z tetep aja kebaca R4. mumpung baru sehari, kl memang salah bisa ak tukar. Terima kasih min.

  56. M. Miftahul Azhar
    Reply

    Min, Titanfall mau jalan ga ya di laptop ini (low end setting ) ? Rencana mau beli laptop ini kalau jadi ngekos di semarang 😀

    • Admin
      Author Reply

      Belum pernah coba, mungkin kamu bisa cek sepek minimum requirementnya apakah sesuai dengan spek laptop ini, kamu bisa coba cek ke game-debate.com

    • Admin
      Author Reply

      Hampir setara kok 🙂 memang lebih kencang sedikit yang lenovo g40-45 A8 tapi hati-hati jika membeli yang lenovo periksa layarnya ada gradasi buruk atau tidak, jika tidak yakin dengan gradasi layar bisa pilih asus x550dp 🙂

      Untuk main Fifa 2015 belum pernah coba sih, coba cek aja ke game-debate.com apakah spek min requiremennya memenuhi untuk dimainkan di laptop ini 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Tergantung dari jenis prosessor dan VGA yang dibandingkan, kalau boleh tau kamu inginnya G40-45 yang mana? E1, A6 atau A8 dan bisa minta spek laptop Lenovo G405 yang kamu maksudkan seperti apa?

  57. irfan
    Reply

    Min ane mau tanya, ane baru bli lenovo g 40 amd a8, r5, yg pengen ane tanyakan knp pas di switchable grafis semua aplikasi video player di lock ya, dan alhasil videonya pun jd jelek gambarnya..ane minta saran dong min harus d apain driver yg d pake driver bawaan laptop…thank..

    • Admin
      Author Reply

      Tentu bagusan yang A10 karena prosessornya sudah lebih tinggi,kalau yang kamu sebutkan itu kan masih pakai A8, sayangnya yang A10 sudah diskontinu sih

  58. min klo lenovo ideapad g40 45 di compare sama ASUS Notebook X550DP-XX181D – Black bagusn mana, untuk dipakai main game sama buat sofware pemrograman, atau ada saran lain buget 5 jt

  59. Abdul
    Reply

    Admin, saya memasang game PES 2015 di lenovo baru dengan spesifikasi di atas, awalnya tidak terjadi lag setelah saya pilih grafis high performance. Namun saat ini PES 2015 menjadi melambat, tidak separah lag tapi cukup bikin kepala pusing. Ada solusi untuk mengatasinya? Trims

  60. aditya
    Reply

    Min kalau yang amd A8 kuat gk ya main game naruto shippuden ultimate ninja storm revolution? Jawab ya min pengen beli nih

    • Admin
      Author Reply

      coba kamu periksa dulu dengan aplikasi canyourunit atau cek speknya apakah sesuai dengan laptop A8 milikmu di game-debate.com 🙂

  61. ghum
    Reply

    maaf min mau tanya kalo lenovo g40-45 e1 gue ram sama CPU nya suka penuh tapi belum buka aplikasi apapun gmn min…?

  62. ozi
    Reply

    min mau tanya layar laptop saya lenovo type ini amd A8, pada layar win7 bawaan yang birunya itu tampilannya pecah. tapi cuma pada baground wallpaper yg windows7 itu aja di ganti dengan wallpaper lain gambar bersih. sama kalo mutar vidio itu garis2nya terlihat sekali seperti gambar pecah padahal itufilmnya sudah HD. Tolong dibantu ya min. makasih..

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin bisa coba cari review di google, setau mimin sih lenovo g40-45 A8 udah bagus untuk game terkini tapi hati2 ya pas beli, diperiksa dulu layarnya secara teliti apakah ada gradasi yang ganggu atau tidak

  63. jimmy
    Reply

    Min mau tanya, sya punya lenovo G40-45. Nah dari spek kaya gitu kenapa ya kalo dibuat game Point Blank aja lag gambarnya trs loadingnya jg lelet, pdhl game PB ini di intel celeron pun kuat..
    Mohon pencerahannya

  64. pebri
    Reply

    min saya pakai A6 nie.dulu pakai win 8.1 64 bit.tapi saya ganti yang 32 bit.tapi drivernya kenapa banyak yang gk bisa di pakai.contohnya AMD catalyst control center.buat pengaturan gaming,video tidak ada.pas masih pakai 64 bit perasaan normal semua,tapi saat ganti 32 bit contohya tombol keyboard ada yang gk berfungsi,minta sarannya min.
    alasan saya mengganti dengan 32 bit agar semua program berjalan dengan cepat.

    • Admin
      Author Reply

      untuk prrogram supaya berjalan dengan cepat bisa upgrade ram ke 4gb 🙂 untuk catalyst harus disesuaikan dengan versi windowsnya

  65. Saya punya notebook ini, buat game memang mantap.
    beberapa game yang sudah saya mainkan dengan Lenovo IdeaPad G40-45:
    Mass Effect 1 – 3, The Elder Scrolls V Skyrim – Legendary Edition (bahkan dengan high quality), Age of Empires 3 – All Version, Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Revolution, The Legend of korra, Left 4 Dead, PES2013-2015, Sniper: Ghost Warrior 2, dan banyak lagi yang belum saya tmatin 😀

    • Admin
      Author Reply

      Menurut mimin sih lebih bagus yang Asus X550DP tapi sebaiknya di upgrade dulu RAMnya minimal 4GB supaya makin maksimal kecepatannya 🙂

  66. min minta solusinya untuk g40-45 amd 6 ketika menjalankan browsing dan mejalankan microsoft untuk mengerjakan tugas2 itu lemot atau macet2 gmana min solusinya? biasanya juga untuk browsing saja macet2 juga.

  67. mimin ane kan pake laptop lenovo amd radeon r5-m230… pas diaktifkan high performance kok gk mau jalan ya buka gamenya ? disitu tertera error nya di directx nya ….emang amd pake directx berapa min ?

  68. Infinite
    Reply

    Min mo tanya ini laptop lenovo g40-45 gue waktu gw dxdiag displaynya kok tulisannya Radeon R4 y ? Apa emang dual VGA Radeon R4 sama R5 ? Trus numpang tanya… bwt gaming Tom Clancy’s Ghost Recon Phantoms kwt g min ? 😀 Makasih…

    • Admin
      Author Reply

      Kamu bisa coba periksa dengan aplikasi lain seperti GPU Z karena dx diag memang suka salah baca kok 🙂 Untuk game tersebut belum pernah coba sih, mungkin kamu bisa periksa pakai aplikasi Can You Run It atau periksa di game-debate.com 🙂

  69. Infinite
    Reply

    Min mo tanya laptop gue lenovo g40-45 a8 waktu gue dxdiag kok displaynya R4 y ? Apa emang dual VGA R4&5 ? Udh ins ulang driver 3x dan hasil sama aja… minta pencerahan min…

  70. Met malem min, min mohon bantuannya donk, saya kan baru beli laptop lenovo G40-45 AMD A6 6130, Trus saya install ulang ke windows 7 ultimate 64-bit, nah yang saya pertanyakan apakah saya bisa mengembalikan atau tidak file AMD catalyts dll. mohon pencerahannya 🙂

    Terima Kasih

  71. Rainz
    Reply

    G40-45 sy kok main game sewaktu pertama kali nyala lag banget, tapi setelah di restart baru lancar, sehingga tiap nyalain laptop saya hrus restart dulu spy ngegame lancar, ada saran min?

  72. Harry
    Reply

    Selamat pagi,

    Mau minta review buat lenovo g40-80 dong min, saya cari di internet jarang sekali yang membahas laptop tersebut .. itu kenapa yaa ? apakah baru keluar atau memang jarang orang yang membahasnya ?

    Terima kasih

  73. hadid pradipta
    Reply

    Min saya pakai AMD A8 main GTA IV Patah patah mainya padahal udah di set low dan high perfomance gimana cara setting supaya lancar jaya?

    • Admin
      Author Reply

      apakah resolusi sudah direndahkan? Ram sudah upgrade hingga 8GB? karena game ini sangat haus RAM sebaiknya memakai RAM 8GB dual channel untuk performa optimal

  74. min kenapa lenovo g40 amd A8 ram 4gb radeon r5 grapich

    yang gpu terbaca Microsoft Basic Render Driver ‎(PS5.0/VS5.0)‎
    udah install ulang driver catlyst center controlnya juga, solusi nya min
    main game patah bgt, mungkin ini dia penyebabnya min…,
    Game House…. pun lag.. huft

    • Admin
      Author Reply

      Sudah install driver bawaan? Kalau sudah coba periksa ke device manager dan coba periksa di bagian display adapternya apakah masih microsoft basic display adapter atau sudah radeon? Jika masih microsoft basic diplay adapter kamu klik kanan klik “Update Driver Software”, kemudian “Search Automatically for update driver software” sampai microsoft basic display adapter nya berubah jadi Radeon graphic sesuai spek yang di laptopmu

      • Ada dua dia min 1. amd radeon HD 8500M>Windows has stopped this device because it has reported problems. (Code 43)/tanda seru ! ,2 microsoft basic display adapter >This device is working properly., fast respoon ya min

        • Admin
          Author Reply

          Hi Fauzan mu, Nah, yang microsoft basic display adapter itu coba di klik kanan deh, klik “Update Driver Software”, kemudian “Search Automatically for update driver software” sampai microsoft basic display adapter nya berubah jadi Radeon graphic sesuai spek yang di laptopmu 🙂

          Atau bisa coba saran dari windows:

          1. Buka device manager dengan klik start dan search nama device manager
          2. Buka display adapter, klik kanan yang HD 8500M nya, uninstall. Pas muncul warning klik OK
          3. Kamu coba install ulang lagi driver kamu dari awal, dengan terlebih dulu masuk safe mode dan bersihkan dengan aplikasi driver display uninstaller, setelah selesai coba update juga windowsmu
          4. Install ulang lagi driver seperti biasa
          5. Abis itu bisa coba klik kanan nama PC kamu di device manager dan klik “scan for hardware changes”
          6. Kalo udah klik kanan device yang muncul dan klik properties, pada tab general di properties dialog box, pada device status, biasanya akan muncul pesan device is working properly 🙂

          Semoga berhasil

  75. dimas
    Reply

    Antara lenovo b475 di persenjatai AMD a6 dengan lenovo g-40 di persenjatai Intel caleron untuk grafis game berat Dan grafis disain menang mana?

    • Admin
      Author Reply

      Hmm, maksud kamu lenovo g40-70 bukan? yang grafisnya pakai radeon r5 m230? kalau untuk game dan grafis sebaiknya pilih lenovo g40-70 saja karena sudah ada VGA dedicatednya dan lumayan mumpuni untuk lakukan kedua aktivitas tersebut 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Oh berarti sudah 4GB ya, kadang lagnya pas dimana? Pas video yang banyak penonton itu ya? Kalo mau sih ada tips buat nonaktifin grafis penontonnya pakai PES15 Crowd disabler. Atau bisa coba aplikasi sweet fx untuk atur2 graphicnya lagi 🙂

  76. Satria
    Reply

    Min.. Ane pemakai Lenovo G40-45 AMD A8 with AMD Radeon R5-M230. Saya liat display adapter pada device manager itu ada dua. Yaitu AMD Radeon R4 graphic dan AMD Radeon R5-M230. Permasalahannya kenapa yg kebaca di setting requirement PES 2015 itu VGA nya yg AMD Radeon R4 ya bukan yg R5-M230. Apakah ada cara utk merubah supaya yg R5 yg dipakai? Mohon pencerahan dan solusinya.. Trims

  77. Mita
    Reply

    Min mau tanya, aku baru pertama ini makek lenovo A6 dan dulu makek compaq yg amd turion. Kira” kalo buat program kayak Oracle lenovo a6nya kompatible gak?? Apa perlu upgrade ram??

    • Admin
      Author Reply

      Hi Fauzan, mungkin bisa coba lihat di buku manualnya? untuk fitur laptop bisa langsung tanyakan ke Lenovo Indonesia disini ya 😀 https://twitter.com/lenovo_id

      atau bisa telpon langsung ke

      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

    • Admin
      Author Reply

      Lebih kencang yang ASUS X550DP sih setau mimin processornya kalau grafisnya antara keduanya sama aja, tapi lebih baru yang Lenovo. Overall kemampuan hampir sama, kalau untuk hemat daya lebih hemat yang Lenovo tapi sebelum hati2 hati2 pada kualitas layar, periksa dulu apakah ada gradasi atau tidak 🙂

    • Admin
      Author Reply

      CD nya bermasalah kayanya, coba pakai installer di USB aja, pindahin data ke USB dulu atau kamu coba masukkan CD lain apakah begitu juga? Kalau iya mungkin masalah di CD ROM bisa langsung bawa ke service centre Lenovonya

  78. sandy
    Reply

    gan ane punya laptop lenovo Notebook Lenovo G40-45 AMD Quad-Core A6-6310 APU Win 8.1,16GHz
    AMD QuadCore A6 6310-2.0Ghz Turbo 2.4Ghz,
    RAM 2GB,
    HDD 500GB
    AMD RADEON R4,
    6 6310-2.0Ghz Turbo 2.4Ghz, RAM 2GB, HDD 500GB, DVD/RW, AMD RADEON R4, Screen 14″ LED, Windows 8.1 (BingAMD QuadCore A6 6310-2.0Ghz Turbo 2.4Ghz, RAM 2GB, HDD 500GB, DVD/RW, AMD RADEON R4, Screen 14″ LED, Windows 8.1 (Bing. ( TAPI KOK PUNYA ANE TULISANNYA RAM 4 GB ) . terus game ps 3 apa saja yang cocok buat laptop itu

  79. Nur Rokhim
    Reply

    Min laptop saya lenovo g40-45 amd a8. kok Hardisk saya berbunyi krek krek gitu dalam hening. saya bandingkan dengan laptop lama saya lenovo g470 yg harganya 3 jutaan itu lebih tenang kayak suara angin gitu. tapi lenovo g40-45 amd a8 saya baru beli seminggu ini bunyi krek krek bagian hardisk…. terus ya buat mindah data dari FD ke laptop atau sebaliknya kok lambat ya min ( g40-45 amd a8.

    solusi nih padahal baru beli seminggu an.

    • Admin
      Author Reply

      Kalau masalah komponennya langsung bawa ke service centre lenovonya ya atau tanyakan langsung ke lenovo indonesia di :

      https://twitter.com/lenovo_id

      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  80. Maurizza
    Reply

    Min.. Kira – kira bisa gak ya kalo g40-45 jalanin game need for speed shift 2?
    Kebutuhan spec nya : processor 1.80 Ghz
    VGA: 512mb

  81. Maurizza
    Reply

    Min kira kira G40-45 Bisa ga buat main Need For Speed Shift 2?
    Kebutuhan spec nya:
    Processor 2.4 Ghz
    VGA : 512mb
    RAM : 2 GB

    • Admin
      Author Reply

      Untuk notebook nya sudah upgrade RAM belum? Untuk lenovo G40-45 kebetulan RAM bawaan cuma 2 GB dan itupun terpotong sama penggunaan RAM untuk GPU terintegrasinya, atau bisa coba setting ke low aja dan resolusinya ke yang paling rendah dulu

  82. Aldo
    Reply

    Gila Min Keren,Ane Pakai Lenovo G40-45 amde1 Bisa Main Game seperti Call Of Duty4,Naruto Strom 3 , Naruto strom revolution, Out last,Dan State of decay
    Lancar Min Dengan Bantuan Software Gamefire hehehehhe.Ane dapat 20 ~30 Fps

    thx Min

  83. Arden
    Reply

    Gw udah coba gtaV setting high dpt 35fps maksimal 45fps itu sdh lancar kalau set medium dpt 40 fps maksimal 55 fps upgrade ram ke 8gb
    Bagus skl untuk game sekelas gta V

  84. Maurizza
    Reply

    Bukan min.. Yang APU A6 6310 2.4 Ghz
    VGA nya Radeon R4.. Sudah saya Cek di game debate.. Lancar sih kaya nya. Baru mau beli.. Lagi nabung2 dulu 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Oh iya bisa sih, soalnya maksimal a6-6310 ini udah bisa sampai 2,4GHz kecepatannya 🙂 Oh ya untuk yang laptop A4 ini kan RAMnya masih 2 GB, kalau bisa sih diupgrade ke 4gb dual channel (2x2gb) biar maksimal performanya 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Tidak ada stock sih setau mimin 🙂 mungkin bisa coba cari di toko toko terdekat di kota kamu dulu 🙂 mimin sih taunya yang masih ada stock yang versi E1 Dual Core, merk Asus harga 3 jutaan, kalau boleh tau preferensi notebook untuk harian, game atau apa ya?

  85. Fadli
    Reply

    min saya punya latop Lenovo G40-45 AMD a8 tapi kok lag bgt ya masa game PB Set Low lag bgt terus kalo main game Dino Storm (Facebook) Dinonya jadi Warna Warni Kayak Gradasi Itu Kenapa Ya mana baru beli kemaren kredit lagi :'(

    • Admin
      Author Reply

      Tergantung, biasanya vendor laptop ada kasih CD Driver untuk VGA AMD, itu sekaligus sama catalyst nya, kalau ga dikasih CD bawaan download disini aja support.amd.com/en-us/download

  86. bang toyib
    Reply

    bang gw kan rencananya mo ambil laptop lenovo spek ky gini :
    AMD A8-6410 QUAD 2.0-2.4GHz
    RAM 4GB + HDD 500GB
    AMD R5 M230 2GB
    bisa gak jalanin game kayak gta v, call of Duty black ops II, ceysis, dan sejenisnya

    • Admin
      Author Reply

      Sebaiknya upgrade dulu RAMnya minimal jadi 4 gb dual channel, dan sebelum main nanti aktifkan maximize performance di catalyst control centre bagian power play, atau pas klik kanan desktop switchable graphic

  87. Bamabang
    Reply

    Min ane rencana mau beli laptop bekas, ada 2 pilihan. Untuk harga dan kondisi fisik sama. Kira pilih yang mana min?
    1.Samsung np355v4x
    AMD Trinity A6-4400M APU 2,7GHz
    -RAM 2 Gb DDR3
    -Hardisk 500 Gb
    -VGA 1 : ATI Radeon HD 7520G + Radeon 7600M

    2. Lenovo G40-45
    -AMD QUAD CORE A6 6310  2,4 GHz
    -HDD 500Gb
    -RAM 2 Gb DDR 3
    -VGA ATI RADEON HD8800 2 Gb

  88. 2
    Reply

    pagi mimin mau tanya nie soal lenovo g 40 45 yang amd a8 include windows 8.1 64 bit masalahnya kenapa pada windows memory terbaca hanya 1,7 padahal ram 4 gb apakah vga memakan ram juga,.???

    • Admin
      Author Reply

      GPU yang terintegrated dengan APU A8 memang akan memakai RAM utama untuk VRAMnya, tapi jika kamu mengaktifkan maximize performance pada AMD CCC maka yang akan dipakai VRAM yang ada di grafis dedicated R5 M230 🙂 jadi tidak usah dihiraukan

  89. Afriadi saputra
    Reply

    Admin saya adie
    Saua punya.laptop lenovo g40 80 saat saya pake bagus dan lancar dengan high performance ketika saya matikan dan hidupkan kemabli lampu power hidup tapi tampilan kosong. Untuk lampu mouse saja cuma kedip sekali dan tak bisa digunain. Tolong bantuannya.

    • Admin
      Author Reply

      Apakah sama sekali tidak bisa hidup lagi? Mungkin harus bawa langsung ke service centre resmi lenovo untuk mendapat diagnosa dan perbaikan yang akurat. Coba telpon aja dulu kesini untuk minta bantuan

      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  90. Moch. Al-Jihad Andi Ibrahim
    Reply

    Menurut saya setelah penggunaan Lenovo G40-45 AMD A6-6310 selama satu bulan ini,, untuk bermain game berkelas seperti: Pes 2013-2015 tidak patah-patah sama sekali, untuk Grand Theft Auto IV tidak patah-patah tetapi saya setting low :D, The Sims 4 lancar jaya, Euro Truck Simulator 2 lumayan lancar tetapi agak patah-patah, Moto GP, Nascar, F1, sangat enteng(tidak berat), Call Of Duty Modern Warfare 1-3 lumayan..

    Mungkin ini curhatan saya 😀 selama memakai laptop lenovo dengan proci AMD ini..

  91. azhat
    Reply

    min, mau tanya nih. temen ane mau beli lenovo Ideapad G40-45 AMD E6010, laptop ini bisa gak dibuat main PES ?
    klo bisa pengaturannya kyk gimana ?
    thanks min..

    • Admin
      Author Reply

      Bisa kok, kalau mau tau lebih lanjut bisa coba telpon ke pihak lenovo di
      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  92. Abhita Daffa
    Reply

    Mau tanya min.. saya pake AMD A8 dan RAMnya 4GB apakah bisa di upgrade RAMnya. Dan apakah bisa ganti grafik card ke R9? Terima Kasih

    • Admin
      Author Reply

      Bisa upgrade RAM kok sampai 8 GB setau mimin, untuk prosedur detail mungkin bisa langsung ke service centre lenovo. Untuk laptop tidak bisa ganti prosessor atau grafik card 🙂

  93. hajrul
    Reply

    Min, mw nanya
    Laptop ane tipe g485,
    Ane instal win 10, tp driver wifi ama lan nya gk ada
    Yg ane mw nanya, emang gk support ato support min
    Kalo support bisa minta link nya
    Soallnya di situs lenovo nya gk ada, cuma sampai win 8.1 aja min

    Kalo ada.kirim ke email ane ya min,,,
    Terima kasih..

  94. Maurizza
    Reply

    Min,AMD Radeon M230 2GB lancar gak kalo buat gaming? Saya mau beli Lenovo G40-80
    Spec nya :
    Intel Core i5 5200U 2.7 Ghz
    AMD Radeon Graphics M230 2GB
    RAM 4GB

    • Admin
      Author Reply

      Bisa dibilang catalyst itu fungsinya untuk mengatur apakah kamu mau menghemat daya notebook dengan pilih power saving mode atau ke performa tinggi dengan ke menu maximize performance. Disesuaikan untuk keperluan, kalau lagi pengen gaming atau kegiatan lain yang butuh power ya set aja ke maximize performance, tapi kalau cuma dipake untuk ketik-ketik dan browsing bisa alihkan ke power saving mode.

      Selain mengatur daya banyak juga fungsi lain dari Catalyst, biasanya untuk mengaktifkan fitur khusus yang ada di perangkat AMD, kayak eyefinity, FRTC, VSR dll

    • Admin
      Author Reply

      Tergantung dari requirement gamenya sendiri, soalnya kan setiap requirment yang dibutuhkan oleh game berbeda-beda, kamu bisa cek ke game-debate.com untuk periksa minimum requirement yang dibutuhkan setiap game yang mau kamu mainkan

  95. Kimau
    Reply

    Min.. Mau ngasih testimoni nih
    Kemaren saya baru beli Lenovo G40-45 yang AMD A8 6410
    Main need for speed shift 2 s3tting high lancar banget min berkat bantuan AMD Gaming Evolved!! Main need for speed Rivals juga lancar.. Tapi settingannya low.. Lumayan dapet 18 FPS…
    Baru pertama kali pake AMD 😀

    • Admin
      Author Reply

      Wah mantap 😀 terima kasih sudah menggunakan produk AMD, kamu bisa akses AMD Catalyst Control Centre dengan klik kanan desktop, abis itu kamu akses menu Power Play dan ubah ke maximize performance baik yang plugged in maupun battery, itu bisa meningkatkan lagi performa gamingnya

  96. min mau tanya, kasu hp notebook 1000 g008au amd apu a8 6410 dengan lenovo ideapad g40 45
    bagusan mana ?? untuk multimedia dan gaming , kalau office2 biasa siih ane percaya udah joss ..

  97. Adrian
    Reply

    Min mau tanya. bagusan mana antara dua latptop ini?

    LENOVO IdeaPad G40-45-SID: AMD A8 6410-2.0Ghz Turbo 2.4Ghz, AMD RADEON R5 M23
    VS
    ASUS X550DP-WX181D: AMD QuadCore A8 5550M-2.1Ghz Turbo 3.1Ghz, VGA Dual AMD RADEON HD8550G+ HD8670-2GB

    Rencana pemakaiannya untuk office+mutimedia.
    yang lain mau jawab silahkan bgt 🙂

  98. ricky
    Reply

    Min !
    Mau nanya ni, gue pengen beli laptop ni buat gaming, khusus game dota2.
    Kalo Lenovo G40-45 yang AMD A8 6410 sama yg IdeaPad AMD8 juga bagusan yang mana ya??

  99. nanda
    Reply

    Min… saya mau tanya
    sayakan baru beli laptop Lenovo G40-45 AMD A6
    sayakan main game need for speed moswanted ko patah patah yah.
    bantu pencerahan nya min.

  100. Anonim
    Reply

    Min.. mau tanya
    Laptop saya Lenovo G40-45 AMD A8-6140 terinstal windows 7 64bit. RAM bawaan 4gb udah saya up jadi 6gb tapi kok usablenya cuman 3,5Gbya. yang mau saya tanyakan ram 4GB itu masih bisa di upgrade lagi ato tidak ? atau ada solusinya supaya bisa terbaca semua RAMnya
    Ram tambahanya itu bus speednya berbeda berbeda, apa itu penyababnya ?

    *rancana mau Upgrade RAM ke 8GB tapi jadi ragu…

  101. Ryan
    Reply

    Dear admin mw tanya sy ada niat beli laptop lenovo ini, cuma sy liat di website toko di mangdu ada yg varian ram 2GB nya ya?

    Lenovo G40-45 AMD A8 Memori 2 GB DOS / B40-45 AMD A8 Memori 2 GB DOS (AMD A8 6410, 2.0 Ghz up to 2.4 Ghz, Wifi, DDR3 2 GB, Hdd 500 GB Sata, DVD-RW, VGA Ati Radeon R5, Card Reader, Camera, LCD 14.1”, DOS)

    Lenovo G40-45 AMD A8 Memori 4 GB DOS / Lenovo G40-45-SID / G40-45 SID / G40-45 1S1D / G40-45 1SID / B40-45 AMD A8 Memori 4 GB DOS (AMD A8 6410, 2.0 Ghz up to 2.4 Ghz, Wifi, DDR3 4 GB, Hdd 500 GB Sata, DVD-RW, VGA Ati Radeon R5, Card Reader, Camera, LCD 14.1”, DOS)

    yg saya mau tanya kedua lenovo diatas sebetulnya sama kan speknya dan sudah vga diskrit, cuma beda di ram saja ya?

    dan apakah laptop seri ini jika mau upgrade ram, ram nya support 2 slot/channel kan ya?

    mhn dijawab ya min. thx

    • Admin
      Author Reply

      ada 2 slot channel ram tapi tetep single channel, kemudian untuk membeli sebaiknya sebelumnya pastikan dulu ada radeon diskritnya atau ngga, soalnya memang ada varian yang ga ada diskritnya

  102. andi
    Reply

    g40 45 a6 6310 ram 2gb.
    ane installed windows 7 32 bit.pas cari driver cuma 64 bit adanya.
    recommend pake windows brp min?apakah baiknya windows 7 64bit , windows 8.1 32bit atau windows 8.1 64bit (sesuai CD driver bawaan) mengingat ram nya mash bwaan 2gb & blm ada rencana upgrade. apakah window 8.1 32/64 bit dgn ram 2gb perform & management ram nya “rakus”? tolong solusinya min.thxz

  103. radenagung
    Reply

    Min ane kan punya Lenovo G40-45 Amd A8 with Ati Radeon R5, nah kan ram Bawaannya 4gb, niat ane mau tambahib 8gb jadi 12gb apakah bisa Min ? Dan max Upgrade ramnya sampe berapa gb min ?katanyakan Lepi ini maksimal kalo dual chanel min :3 cmiww 😀 XD

  104. reza
    Reply

    min punya saya lenovo g40 45
    amd a8 dan gpu amd radeon r5 2gb
    tapi kok vram yang kebaca 512 mb ya ?
    cara nambahinya gimana min?

  105. irmangasali
    Reply

    mau nanya admin saya punya laptop lenovo idepad 30-40, dia punya satu soket ram yang saya mau tanyakan apakah bisa diganti dari ram 2gb menjadi 4 gb,,,?? Klu memang bisa ram4gb yang pc berapa yang baikx digunakan.. Kemudian yg saya mau tanyakan berapa maksimal ram yang bisa digunakan untuk laptop sejenis ini…? Makasih banyak admin klu mau menjawab…

  106. chika
    Reply

    Selamat siang admin.

    Saya pengguna lenovo g40-45 A8.
    Baru beberapa hari.
    Saya baru sadar kalo layar lenovo g40-45 ini agak yellowish dan tidak terlalu terang. Sebagai perbandingan, brightnes paling tinggi lenovo ini hanya setar dg brightness acer saya.

    Pertanyaan saya, apa mmg lenovo g40 45 begitu atu hanya laptop saya?
    Kalau seandainya masalh ini hanya dilami laptop saya, kira2 apa yg salah? Apakaj hardwarenya atau cuma pengaturan saja.

    Memang sebenarnya tidak trllu mengganggu, tapi saya mau memastikkan apa laptop ini bermasalah atau tidak.

    Terimakasi sebelumnya admin..

    • Admin
      Author Reply

      Coba langsung dibawa saja ke service centre Lenovo 🙂 Kamu bisa konsultasi terlebih dulu di

      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  107. Jun
    Reply

    Min ane baru beli Lenovo G40-45 80E1 (3ID) AMD A8 Memory 4GB VGA AMD Radeon M330 2GB
    Nah so far sih mulus mulus aja, tp dari admin ada saran/tips gak buat laptop ane? Kyk upgrade Memory, Install RadeonPro atau Install SweetFX, soalnya ane belum ngerti masalah Dual Channel dan Crossfire tsb, oiya so far ane main PES 2016 setting medium, full screen, resolusi 1366×768 lancar jaya gak ada lag sama sekali. Makasi sebelumnya min.

    • Admin
      Author Reply

      Paling pada AMD Catalyst Control Centrenya (bisa diakses dengan klik kanan desktop pilih AMD Catalyst Control Centre) kamu ke menu Power play dan aktifkan maximize/high performance pada battery dan plugged in nya untuk maksimalkan performa. Kalau mau upgrade RAM lagi juga boleh, tapi notebook ini ga dukung dual channel ya 🙂

  108. Putu
    Reply

    Min mau tanya ni, Lenovo G40-45 ini ada 2 versi ya? Bener gak? Dan perbedaanya apa aja? Sy tertarik bgt karena pake Amd, biar mantap buat main game
    Thx

  109. Albert
    Reply

    saya pake lenovo g40-45 amd A8 ram 4gb main skyrim v bawaan dari default laptopnya high loh min, dibikin kualitas gambar yang ultra sama aja lancar. warbyaza

  110. Enton Hartono
    Reply

    min laptop lenovo G40-45 A8-6410 ane buat pake main game PES2015 suhu nya rata-rata di 78 C, paling tinggi pernah nyampe 81 C, masih aman ga min?? soalnya yang ane dapat suhu maksimal operasinya itu cuman 71.3 C…. mohon pencerahannya…

  111. De Nero
    Reply

    Min saya laptop Lenovo G40-45 AMD E1,RAM 8GB, windows 7 64bit. Yang sya mau tnua prosesornya bisa di ganti jdi A8 gk? thx ya

    • Admin
      Author Reply

      Ada yang bagus ada yang jelek juga karna cacat produk, sebaiknya sebelum membeli memang perhatikan dulu kualitas layar, jika terlanjur membeli sebaiknya konsultasi ke lenovo langsung untuk masalah garansi

  112. tyodemagelang
    Reply

    Dear admin
    Mau tanya ni min.
    Saya baru beli Lenovo G40-45 A6 RAM 2GB.

    Itu kan 1 channel (meskipun waktu saya liat ada 2 slot)
    Maksimum ram nya brp ya? Mau berencana nambah RAM soalnya..

    Seandainya maksimumnya 16GB..apa bisa dibuat 8GBx2?
    thx

  113. Zainal Abidin
    Reply

    Min g40-45 amd a6 kok gak bisa ya pes 2015, katanya vramnya gak ke baca,padahal vga ramnya 1gb. Udah setting di amd catalyst tetep ga kebaca ya mohon solusi min

    • Admin
      Author Reply

      Sudah setting ke maximize performance belum? Asal sudah setting ke maximize performance seharusnya sudah bisa jalan kok 😀 diabaikan saja peringatan vram ga kebacanya pasti akan tetap jalan permainannya selama sudah maximize peformance

  114. Gabriel
    Reply

    Min, Lenovo yang G40-45 A8 Series itu kalau diisi game DIRT3, Most Wanted, dan PES kuat/tidak? Dan RAM nya bisa ditambah/tidak? Maksimal berapa?

  115. fajar
    Reply

    Mau tanya lenovo g40 45 versi a8 yg dedicated vga nya kan r5 m230 ? Tapi punya saya ko r5 m330 ? Kira knapa ya min, terus lebih bagus versi yang mana ?

    • Admin
      Author Reply

      Lebih bagus versi R5 M330 tapi setau mimin yang benar kalau untuk Lenovo G40-45 adalah R5 M230, coba kamu baca melalui catalyst control centre bagian information, hardware, supaya lebih akurat

  116. Teddy
    Reply

    Min mau nanya dunk.. Kalo lenovo g40-45 a8 compare dengan hp 14-G008AU bagus mana ya min? Mohon pencerahannya. Dan apakah laptop lenovo itu emang suka nyetrum2 di bagian luarnya? Thanks

    • Admin
      Author Reply

      Lenovo G40-45 ini kan ada dua ya, yang tanpa grafis diskrit sih sama sepeknya sama hp yang kamu sebutkan, tapi kalau lenovo g40-45 yang pakai grafis diskrit itu lebih bagus karena punya VGA terpisah

  117. galih
    Reply

    Min mau nanya, saya pake lenovo g40-45 amd a8 with amd radeon r5, ram 4gb. Kok ga bisa ya untuk pes 2016?
    Terus di pesnya gpu sama vganya n/a.

    • Admin
      Author Reply

      Sudah coba maximize performance pada AMD Catalyst Control Centre bagian Power Plan? Atau klik kanan Switchable Graphic Global Setting untuk aktifkan maximize performance 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Ada yang pernah coba dan ternyata kuat sih, tapi di set terbatas, sebaiknya beli Lenovo G40-45 yang punya grafis diskrit R5 M230 2GB ya 😀 yang harganya 5 juta

  118. azhar
    Reply

    Gan kenapa ya klo saya main dying light(pertamanya lancar) pas maen yg ke-3 nya ngeblank layarnya terus saga matiin paksa deh pas dinyalaain lagi terus main malah ngelag kenapa ya gan? Padahal pertama2nya saya main lancar2 aja

    • Admin
      Author Reply

      Apakah sudah maximize performance di AMD Catalyst Control Centre? mungkin memang ga kuat ya soalnya kan min. requirement Dying Light memang agak berat, coba turunin resolusi dan setting ke rendah

  119. Ryan
    Reply

    Min, mau tanya ni..
    Kmrn saya baru beli lenovo G40-45 yg di atas di bahas (amd A8)

    Di cd drivernya kok tidak ada driver untuk vga R5 nya ya? Klo harus download lagi , apakah yg di web lenovo dengan kapasitas 500mb++ ? Saya tkt salah download..

    • Admin
      Author Reply

      Untuk download bisa langsung pakai autodetect kalau bingung di support.amd.com/en-us/download

      Atau download manual dengan cara:
      Step 1: Select the type of product that you have: Pilih APU
      Step 2: Select the product family your product belongs to: Pilih Mobile APU
      Step 3: Select your product: Pilih A8-6410
      Step 4: Select the supported operating system that you have: Pilih windows yang kamu gunakan sekarang
      Abis itu
      -Klik Display Results dan unduh

  120. ken
    Reply

    min laptop saya lenovo g40-45 amd a8, sewaktu beli saya minta yang r5 yg graphicnya 2gb tapi ko sewaktu saya cek di catalyst control center & CPUZ graphicnya hanya terdeteksi 1gb dan game dota 2 pun lag sampai 15fps padahal sudah update driver yang terbaru & settingan max performance. Jadi kira kira apa yang salah ya?

    • Admin
      Author Reply

      Apakah kamu yakin ini Lenovo G40-45 yang sudah dilengkapi grafik diskrit R5 M230 2GB? Beli harga berapa waktu itu? Soalnya kalau yang R5 M230 2GB harganya sekitar 5 jt, sedangkan untuk tanpa grafik diskrit harga sekitar 3.9

    • Admin
      Author Reply

      Sudah maximize performance di amd catalyst control centre? min. requirement untuk Far Cry 3 setau mimin memang agak berat, berhubung ini notebook harian sebaiknya mainkan di setting rendah dan resolusi rendah

    • Admin
      Author Reply

      Kalau upgrade hdd sih ga ngaruh sama performa prosessor, untuk melakukan hal tersebut sebaiknya bawa ke service centre supaya ga hilang garansinya

  121. angie 3i networks
    Reply

    sangat puas dengan harga 4 juta dapet laptop dengan performa dan suara yang baguss very recommended for excellent daily use!

  122. Danny sncka
    Reply

    menurut admin, ada recommend lain gak notebook yg bisa jalanin software adobe – corel gak ngelag, dan game lumayan dgn budget dibawah 4,5.
    Kalo utk saat ini yg saya dapat terbaiknya sih lenovo g40-45 ini .. Ada recommend lain ?

    • Admin
      Author Reply

      Notebook tersebut sudah cukup untuk menjalankan aplikasi editing grafis yang kamu jelaskan. demi performa terbaik 🙂 mimin sarankan untuk upgrade RAM minimal ke 8GB 🙂

  123. salsa
    Reply

    Min aq punya laptop g40 setiap saya instal game pasti lelet…jadi sy coba game yg ringan sama saja…jadi sya instal game yg tadi d laptop azus dengan spek yg rendah hasilx bisa ko d jalankan gamex tampa lalot

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Mimin belum mencobanya. Namun, jikalau melihat dari spesifikasi yang ada. game tersebut seharusnya bisa dimainkan dengan baik di versi yang memakai grafis diskrit. Mimin sarankan, untuk game agar performa maximal untuk, coba upgrade RAM ke 8GB 🙂

  124. Lumber Jack
    Reply

    Kalau game assasins creed rogue atau black flag ? Atau prototype.. bisa dimainkan di laptop ini gak min ? Jika normal atau low graphic ? Pencerahannya min.

  125. Arnest
    Reply

    Ini punya saya Lenovo IdeaPad G40-45 bisa buat CS:GO, padahal baru beli, langsung buat eksekusi, tanpa upgrade apapun

    • Admin
      Author Reply

      Hi Syarif, sudah kamu coba memaksimalkan performance laptopnya? Bisa kamu coba dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Indra, mimin belum pernah mencobanya tetapi mungkin kamu bisa mencoba sendiri dengan memastikan telah menggunakan driver AMD terbaru serta aktifkan High Performance dan sesuaikan setting pada PES 2016 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Indra, bisa coba di maksimalkan performance laptopnya dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi, Radeon R5 M330 merupakan versi VGA yang lebih baru daripada Radeon R5 M230 sehingga memberikan performa dan tingkat penggunaan daya yang lebih baik 🙂

  126. yuser
    Reply

    min ini kok gk ad menu buat maximize performance dan dual channel di catalyst, laptop saya lenovo g40 45 amd A8 6410

    • Admin
      Author Reply

      Hi Reza, kalau boleh tahu laptop Lenovo G40-45 yang kamu gunakan sekarang dilengkapi dengan kartu grafis discreet atau non discreet? dan menggunakan driver versi berapa ya? 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk memainkan game Resident Evil 6 disarankan untuk menggunakan laptop yang di lengkapi dengan kartu grafis Discreet 😀 Kalau untuk seri E1 itu lebih untuk hemat daya untuk kegiatan sehari-hari seperti multimedia, office, dan gaming ringan. Kalau untuk gaming berat minimal menggunakan processor A8 atau A10 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Septian, untuk operating system itu tergantung masing-masing penggunaan. Jadi tinggal di sesuaikan saja sama preference kamu 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yonathan, kalau untuk memainkan Dota 2 di sarankan menggunakan notebook yang di lengkapi dengan kartu grafis discreetnya. 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Vincent, overall kedua laptop tersebut sudah mantap buat gaming mainstream, tinggal disesuaikan saja dengan preference kamu. Tapi HP 14AF-118 dilengkapi dengan processor generasi yang lebih baru 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Reinhart, untuk kedua seri laptop tersebut tidak support Dual Channel 😀 Bisa di pasang dua keping RAM dan tetap terbaca full kapasitasnya namun hanya berjalan di Single Channel. Untuk performa keduanya sudah mantap untuk gaming, tetapi HP AF109AX sudah menggunakan processor dengan generasi terbaru (Carrizo) 😀

  127. Vira
    Reply

    Yang jelas, lenovo g40-45 A8 ini vga nya berapa gyga?
    2G atau 1G?
    Masih jadi simpang siur diluar sana?
    Masih jadi tanda tanya..

    • Admin
      Author Reply

      Hi Vira, untuk Lenovo G40-45 itu memiliki 2 tipe, G40-45 yang memiliki kartu grafis discreet dan G40-45 yang memiliki kartu grafis non discreet. Untuk yang G40-45 Non Discreet, VRAM GPU-nya di shared dengan RAM utama, sedangkan yang G40-45 Discreet memiliki VRAM tersendiri sebesar 2GB 😀

        • Admin
          Author Reply

          Hi Agung, Jadi besarnya kapasitas VRAM itu di-shared secara otomatis oleh APU-nya sendiri dan disesuaikan dengan pemakaiannya, dengan arti bahwa pada saat menjalankan aplikasi berat seperti gaming, VRAM akan bertambah sampai dengan 2 GB tergantung RAM utama yang terpasang, dan begitu juga sebaliknya. 😀 Jadi mimin sarankan untuk meng-upgrade RAM menjadi Dual Channel dengan kapasitas minimal 8GB (jika memungkinkan) karena itu dapat meningkatkan performa 😀

  128. iqbal
    Reply

    Min,kok saya padahal sudah disetting ke maximum permofance tapi kok saya main dota fps nya cuman 10 – 20?

  129. bam
    Reply

    min minta linknya buat download drivernya dong sama os yang cocokya pake windows apa ya
    soalnya ini saya kok lag ya maen apa juga pes 2016 aja di seting super low lag parah

    • Admin
      Author Reply

      Hi Bam, mimin sarankan untuk menggunakan Windows 8.1 dan jangan lupa untuk memaksimalkan performance laptop yang bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ibenk, jika dilengkapi dengan grafis diskrit maka ada R5 M330 / R5 M230 nya 😀
      Dalam segi harga juga yang tidak dilengkapi kartu grafis diskrit lebih kompetitif harganya 😀