Build AMD Ryzen

Tips Membangun PC Berbasis AMD Ryzen™ yang Optimal untuk Gaming dan Produktivitas!

 

Prosessor Ryzen

Prosessor Ryzen™ telah dirilis dengan hadirkan peningkatan performa menakjubkan yang ditunjang dengan efisiensi yang jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya.  Ryzen™ telah hadir dalam beragam lini mulai dari seri Ryzen™ Threadripper untuk segmen PC kelas professional, Ryzen™ 7 untuk kelas enthusiast gamers, Ryzen™ 5 untuk segmen PC kelas menengah serta Ryzen™ 3 yang hadir untuk segmen pengguna PC bertenaga dengan harga sangat terjangkau.

AMD Ryzen OEM

Didukung dengan arsitektur “Zen” serta teknologi SenseMi, Ryzen™ mampu menghadirkan peningkatan performa/watt yang menakjubkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan berbagai kelebihan yang dihadirkan oleh AMD Ryzen™, pastinya membuat banyak pengguna ingin membangun PC Ryzen™ terbaru. Anda tidak  perlu khawatir karena kami akan berikan tipsnya bagaimana membangun PC berbasis AMD Ryzen™ yang lebih optimal untuk pekerjaan sehari-hari maupun gaming. Penasaran? Mari kita bahas selengkapnya pada artikel berikut ini!

1.   Pilih Jenis Prosessor Ryzen™ yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda!

Mungkin masih banyak yang bingung dalam memilih prosessor Ryzen™ yang tepat untuk kebutuhan harian Anda, dikarenakan jenis prosessor ini masih terbilang baru. Oleh karena itu kami akan bantu memberikan saran sebagai berikut sebagai panduan Anda.

Build AMD Ryzen

Pilih prosessor Ryzen™ Threadripper jika Anda merupakan seorang professional yang sering berkutat pada tugas-tugas intensif yang membutuhkan performa dan kecepatan yang tinggi untuk menunjang produktivitas, seperti rendering saat editing video, pembuatan animasi, mengolah efek grafis berat, pembuatan desain arsitektur, pengembangan game, pembuatan konten Virtual Reality dan pembuatan kreasi konten lainnya. Dengan kekuatan hingga 16 cores 32 threads, dilengkapi juga dengan dukungan Quad Channel memori DDR4 dan dukungan Multi GPU hingga 4 buah kartu grafis, Ryzen™ Threadripper sudah sangat mumpuni untuk melakukan pekerjaan berat  yang Anda butuhkan tanpa hambatan! Anda bisa simak selengkapnya kelebihan dari varian Ryzen™ Threadripper di artikel Ryzen™ Threadripper Berkekuatan Hingga 16 Cores 32 Threads, Tangguh untuk Content Creator dan 4K Gaming.

Pilih prosessor Ryzen™ 7 jika Anda merupakan gamer Enthusiast yang menginginkan performa terbaik untuk gaming modern hingga resolusi tinggi bahkan menjalankan gaming Virtual Reality dengan lancar! Bahkan dengan kekuatan 8 cores 16 threads yang dimilikinya, tak hanya kegiatan gaming yang bisa diakomodasi dengan mudah menggunakan prosessor ini. Anda yang berprofesi sebagai Youtuber atau Gamers professional yang hobi live stream, juga akan diuntungkan dengan performa multi-tasking tinggi yang ditawarkan. Kelebihan lainnya dari prosessor ini adalah sudah mampu menjalankan editing video dan kreasi konten yang lumayan mumpuni namun dengan harga lebih terjangkau dibanding Ryzen™ Threadripper. Anda bisa simak kelebihan varian Ryzen™ 7 di artikel AMD Ryzen™ 7 Hadirkan Performa Gaming Kompetitif dan Unggul dalam Aplikasi Harian.

Build AMD Ryzen

Pilih prosessor Ryzen™ 5 jika Anda seorang gamer yang ingin membangun PC Gaming yang cukup tangguh untuk bermain game hingga resolusi Full HD dengan harga relatif terjangkau sekaligus mumpuni untuk recording dan streaming game lancar berkat kehadiran opsi  6 cores 12 threads atau 4 cores 8 threads yang dimilikinya, varian Ryzen™ 5 ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Tak hanya tangguh untuk kegiatan gaming, Anda juga sudah bisa menggunakannya untuk menjalankan kegiatan harian, multimedia hingga editing foto atau video lho! Simak selengkapnya kekuatan dari Ryzen™ 5 ini di artikel Review Performa AMD Ryzen™ 5: Prosessor Multi-Core Mumpuni Harga Terjangkau untuk Gamer & Pembuat Konten. Anda sudah bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 2 jutaan Rupiah saja!

Build AMD Ryzen

Pilih prosessor Ryzen™ 3 jika Anda memiliki budget terbatas, namun menginginkan PC tangguh untuk gaming e-Sports lancar hingga resolusi Full HD! Hadirkan kekuatan “True Quad Core” 4 cores 4 threads, Ryzen™ 3 juga dapat diandalkan untuk multitasking produktivitas seperti membuat dokumen di Ms. Office, sekaligus jelajah web dan multimedia kualitas tinggi. Bahkan memungkinkan juga untuk melakukan editing foto atau video serta bermain game Virtual Reality lho. Anda bisa melihat artikel Prosessor Ryzen™ 3, Hadirkan True Quad Core dengan Harga Terjangkau dan VR Ready untuk mengetahui keunggulan lebih lengkap mengenai prosessor ini. Dengan harga di bawah 2 juta Rupiah, tentunya varian ini merupakan prosessor dengan penawaran yang sangat menguntungkan dari segi harga dan performa.

2.   Gunakan Jenis Motherboard yang Tepat dan Pastikan Update BIOS Terbaru!

AMD hadirkan motherboard dengan platform TR4 untuk Ryzen™ Threadripper dan motherboard dengan platform AM4 untuk Ryzen™ 7, Ryzen™ 5 dan Ryzen™ 3 yang sudah hadirkan beragam dukungan teknologi terkini.

Build AMD Ryzen

Dukungan Teknologi Terkini untuk Motherboard AM4

Build AMD Ryzen

Dukungan Teknologi Terkini untuk Motherboard TR4

Platform TR4 untuk Ryzen™ Threadripper yang merupakan varian Ryzen™ tertinggi akan hadir dengan chipset X399 premium yang mendukung multi-gpu dan NVMe skala besar untuk pekerjaan professional. Tak hanya itu platform ini juga akan mendukung hingga Quad Channel memori DDR4, ECC support, dan bahkan memungkinkan untuk overclocking demi performa lebih tinggi.

Untuk platform AM4 akan hadir motherboard dengan beragam tipe chipset yang ditargetkan untuk beragam segmentasi pasar yang akan dijelaskan dalam rincian berikut:

  1. Chipset X370: Ditujukan untuk kalangan gamers enthusiast dengan kehadiran fitur lengkap yang sudah mendukung opsi overclocking dan juga multi-GPU, sehingga pengguna bisa memasangkan dua Radeon™ RX 580 dalam mode Crossfire untuk hadirkan performa lebih baik. Direkomendasikan bagi pengguna Ryzen™ 7 yang ingin membangun PC Gaming yang sanggup memainkan game hingga resolusi tinggi dengan kualitas tampilan grafis yang terbaik.
  2. Chipset B350: Ditujukan untuk user mainstream yang inginkan PC Gaming handal dengan opsi overclocking untuk tambahan performa dengan harga lebih terjangkau. Cocok untuk dipasangkan dengan prosessor Ryzen™
  3. Chipset A320: Diperuntukkan untuk pengguna Ryzen™ 3 yang umumnya diisi oleh para penikmat game eSports atau pekerja kantoran yang inginkan PC handal untuk aktivitas sehari-hari. Chipset A320 tidak mendukung opsi overclocking dan Crossfire namun tetap hadirkan fitur standar yang sama dengan yang ada pada motherboard chipset X370 maupun B350.
  4. Chipset Mini HTPC: Untuk user pengguna Mini PC yang didominasi untuk kebutuhan HTPC (Home Theater PC), tersedia motherboard mungil dengan chipset X300 dan A300. Keduanya hadirkan fitur yang tidak jauh berbeda, perbedaannya hanya pada chipset X300 yang menyediakan dukungan untuk opsi overclocking, sedangkan pada chipset A300 fitur tersebut tidak disediakan.

Nah, dari penjelasan singkat di atas, tentunya kini Anda sudah lebih mengerti jenis motherboard manakah yang cocok untuk keperluan spesifik Anda masing-masing. Namun, tak berhenti sampai memilih tipe motherboard yang tepat, kami juga merekomendasikan untuk pengguna senantiasa menggunakan versi BIOS terbaru dari motherboard yang digunakan. AMD bekerjasama dengan berbagai vendor motherboard akan selalu menghadirkan update BIOS terbaru melalui AGESA (AMD Generic Encapsulated Software Architecture) yang hadirkan beberapa peningkatan performa dan fitur untuk platform Ryzen™ seperti dukungan memori yang lebih baik atau kinerja overclocking yang lebih mumpuni melalui update BIOS terbaru. Untuk informasi lebih lengkap mengenai update BIOS dan AGESA ini, silahkan tuju ke artikel Apa Itu AMD AGESA dan Manfaat Update AGESA untuk Prosessor AMD!

3.   Pastikan Memilih Jenis RAM yang Tepat untuk Dipasangkan dengan Prosessor Ryzen™!

Untuk dapatkan PC berbasis Ryzen™ dengan performa optimal, kami merekomendasikan untuk menggunakan RAM dengan spesifikasi Dual Channel DDR4-2667 Mhz (Dual DIMM, Single Rank), karena jenis memori RAM yang digunakan akan sangat berpengaruh dengan performa PC berbasis Ryzen™ milik Anda.

Build AMD Ryzen

Untuk yang menginginkan performa lebih (diatas DDR4-2667), Anda bisa melakukan overclocking Memori RAM. Sebelum melakukan overclocking pastikan motherboard yang digunakan sudah menggunakan BIOS versi terbaru dan juga pastikan memori RAM yang Anda gunakan telah mendukung keperluan OC diatas standar (DDR4-2667). Untuk info lengkap mengenai overclocking memori RAM di platform Ryzen™ silahkan tuju ke artikel Tips Overclocking RAM yang Tepat untuk Hadirkan Performa Terbaik AMD Ryzen™.

4.    Menggunakan Pengaturan Ryzen Balanced Power Plan!

Build AMD Ryzen

Prosessor Ryzen™ 7 1700 hadirkan performa yang lebih baik berkat penggunaan Ryzen Balanced Power Plan1.

Kami juga merekomendasikan untuk mengubah pengaturan “Power Plan” yang ada di Windows ke mode “Ryzen Balanced” yang berguna untuk meminimalisir dampak CPU “parking” atau “Sleep State” otomatis saat core CPU sedang idle  atau tidak bekerja dengan tujuan menghemat daya. Proses CPU-parking yang telah banyak diterapkan pada arsitektur prosessor modern ini, walau bertujuan baik namun dapat menghambat performa. Oleh karena itulah mode “Ryzen Balanced” yang diaktifkan bisa meminimalkan dampak ini sehingga prosessor bisa lebih cepat dalam merespon, segera saat dibutuhkan. Fitur khusus pengguna prosessor Ryzen™ ini, saat ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows 10 saja.

Berikut tutorial penggunaan :

Build AMD Ryzen

  1. AMD telah menggabungkan Power Plan diatas dengan dengan driver chipset terbaru yang bisa diunduh langsung di link berikut. Pengaturan Power Plan seperti di atas akan terpasang otomatis setelah melakukan instalasi driver chipset.
  2. Setelah itu buka “Control Panel” dan tuju ke “Hardware and Sound” dan klik “Power Plan”. Akan tersedia beberapa pilihan, silahkan pilih “Ryzen Balanced” Power Plan seperti contoh gambar diatas.

5.   Gunakan Pendingin Berkualitas Tinggi untuk Dapatkan Performa Optimal!

Build AMD Ryzen

Setiap prosessor Ryzen™ hadir dengan fitur bernama “Precision Boost” serta “Extended Frequency Range” yang biasa disingkat dengan sebutan XFR. “Precision Boost” akan memberikan peningkatan performa dengan meningkatkan kecepatan Clock Frequency prosessor berdasarkan kegiatan pengguna. Selain itu terdapat pula XFR yang juga hadirkan Clock tambahan secara otomatis dengan bantuan pendingin mumpuni.

Build AMD Ryzen

Kedua fitur ini hadir di semua prosessor Ryzen™, dimana untuk seri Ryzen™ X menghadirkan fasilitas XFR yang lebih kencang. Oleh karena itu kami sarankan untuk selalu menjaga suhu prosessor Anda tetap dingin dengan bantuan pendingin berkualitas tinggi dan secara berkala membersihkan PC agar sirkulasi udara tetap terjaga, sehingga PC berbasis Ryzen™ milik Anda bisa bekerja dengan lebih optimal berkat bantuan XFR.

6.    Prosessor Ryzen™ + Radeon™ RX Series = Pasangan Tepat untuk PC Gaming Bertenaga Tinggi!

Build AMD Ryzen

Kami merekomendasikan untuk menggunakan kartu grafis Radeon™ RX Series untuk dapat menikmati pengalaman gaming yang optimal di PC berbasis prosessor Ryzen™, karena tak hanya menghadirkan performa optimal tapi juga dilengkapi beberapa fitur unggulan yang dapat membuat kegiatan gaming Anda semakin nyaman, diantaranya adalah:

Radeon FreeSync : Hadirkan teknologi bermain game yang lebih mulus, bebas tearing atau stuttering, sehingga pengalaman gaming terasa lebih maksimal. Dibutuhkan penggunaan monitor yang telah mendukung fitur Radeon FreeSync secara terpisah.

Radeon ReLive : Rekam dan bagikan aktivitas gaming seru Anda secara mudah tanpa ada pinalti penurunan performa dengan fitur khusus ini.

–  AMD Radeon Software Crimson : Software untuk pengaturan performa pada pengguna kartu grafis Radeon™ yang akan didapatkan secara otomatis setelah instalasi driver. Kini telah menggunakan antarmuka yang lebih mudah digunakan dan lebih responsif.

AMD APP Acceleration : Hadirkan penggunaan aplikasi sehari-hari dengan mulus, berkat akselerasi perangkat keras pada grafis Radeon™. Telah dapat digunakan pada software terkenal seperti Adobe, Sony, Autodesk, Cyberlink, Microsoft, Magix2.

DirectX® 12 & Vulkan™ Ready : Hadirkan performa handal di game DirectX® 12 dan Vulkan™ terkini dengan dukungan teknologi Asynchronous Compute, yang tersemat dan teroptimalisasi secara khusus di kartu grafis Radeon™.

Build AMD Ryzen

Build AMD Ryzen Build AMD Ryzen

Radeon™ RX Vega 64 hadirkan framerate lebih stabil dibandingkan kompetitor

Bagi pengguna Ryzen™ 7 yang ingin membangun PC Gaming Enthusiast yang tangguh untuk memainkan game modern hingga resolusi tinggi (4K) di kualitas grafis terbaik dengan performa stabil, kami merekomendasikan untuk menggunakan kartu grafis Radeon™ RX Vega 64 yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru sebagai senjatanya, diantaranya adalah:

  1. High Bandwith Cache: Dengan didukung teknologi High Bandwith Memory serta High Bandwith Controller, memungkinkan game yang telah mendukung fitur HBCC dimainkan dengan lebih mulus dan hasilkan framerate per detik yang lebih stabil dalam berbagai skenario.
  2. Rapid Packed Math: Radeon™ RX Vega juga telah mendukung akselerasi floating point FP16 yang dapat menghadirkan performa tambahan dalam menjalankan berbagai efek grafis yang ada di dalam game. Kabar gembira, fitur ini telah didukung pada game terkenal yang telah ditunggu-tunggu oleh gamers seperti FarCry 5 dan Wolfenstein II lho.
  3. Asynchronous Compute: Fitur unggulan yang satu ini dapat menjalankan aplikasi atau game berbasis API terbaru Vulkan™ dan DirectX® 12 dengan performa yang lebih baik dan dengan alokasi penggunaan perangkat keras CPU & GPU dengan lebih efisien.
  4. LiquidVR : Fitur unggulan satu ini mampu hadirkan performa Virtual Reality yang mulus dan sangat optimal pada kartu grafis Radeon™ RX Vega, dimana sudah didukung oleh vendor VR Headset terkemuka seperti Oculus dan HTC.

Build AMD Ryzen

Build AMD Ryzen

Dengan menggunakan kombinasi prosessor Ryzen™ 7  dan Radeon™ RX Vega, pengguna bisa merasakan keuntungan performa yang sangat handal dalam bermain game resolusi tinggi hingga 4K @60FPS+ di lebih dari 100 Game terkini. Tak hanya itu pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman VR Gaming yang sangat nyata tanpa hambatan berkat teknologi LiquidVR.

Dengan menambahkan monitor khusus yang mendukung fitur Radeon FreeSync, Anda yang menggunakan Radeon™ RX Vega juga akan mendapatkan pengalaman bermain game  lebih nyaman dengan minimum FPS yang lebih tinggi dan lebih mulus tanpa stuttering ataupun screen tearing.  Tidak hanya itu dengan didukung teknologi Radeon FreeSync di monitor yang mendukung, Anda juga bisa dapatkan framerate yang lebih stabil di setiap permainan.

Kesimpulan

Build AMD Ryzen

Dari pembahasan yang sudah kami jelaskan, kita bisa menarik kesimpulan beberapa tips untuk membangun PC berbasis Ryzen™ yang lebih optimal untuk gaming dan produktivitas adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah prosessor Ryzen™ yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Prosessor Ryzen™ hadir dengan beberapa varian, pastikan Anda mendapatkan performa yang sesuai dengan kebutuhan dengan memilih tipe seri yang benar.
  2. Memilih jenis motherboard yang tepat. Motherboard adalah komponen yang berperan penting pada PC Anda, motherboard dengan chipset berbeda akan menawarkan fitur berbeda pula. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan seri prosessor yang Anda gunakan saat ini.
  3. Memilih konfigurasi RAM yang tepat. Dapatkan performa tambahan dengan memilih konfigurasi RAM yang tepat untuk PC Anda. Dengan konfigurasi yang tepat Anda bisa hadirkan performa lebih optimal baik itu melalui overclocking manual atau melalui XMP.
  4. Mengaktifkan pengaturan Ryzen Balanced Power Plan. Khusus untuk Anda pengguna sistem operasi Windows 10, disarankan untuk mengaktifkan mode “Ryzen Balanced” demi mendapatkan performa sistem yang lebih responsif.
  5. Gunakan pendingin berkualitas untuk dapatkan tambahan performa via fitur XFR. Dengan menggunakan pendingin berkualitas tinggi yang mampu menjaga suhu prosessor Ryzen™ yang Anda gunakan tetap dingin, maka memungkinkan Anda untuk mendapatkan performa sistem lebih kencang dengan bantuan fitur XFR.
  6. Memilih kartu grafis yang tepat. Radeon™ RX 500 series atau Radeon™ RX Vega adalah pilihan kartu grafis yang tepat dipasangkan dengan prosessor Ryzen™ karena sudah memiliki beragam dukungan fitur untuk pengalaman gaming dan olah grafis yang lebih baik. Dipadukan dengan penambahan monitor FreeSync juga bisa menjadi solusi tambahan untuk sajikan pengalaman gaming lebih mulus dan stabil.

 

Catatan:

  1. Berdasarkan tes yang dilakukan Legit Reviews di http://www.legitreviews.com/amd-ryzen-balanced-power-plan-benchmarked_193344
  2. Dibutuhkan perangkat lunak yang mendukung AMD APP (OpenCL, DirectCompute dan C++AMP). Untuk contoh tutorial cara mengaktifkan fitur AMD APP di aplikasi populer, Anda bisa tuju link berikut : http://www.amd-id.com/2015/04/grafis-amd-radeon-mampu-dongkrak-performa-autocad-berkat-fitur-hardware-acceleration/

Leave a Reply