Ini Dia Tips Maksimalkan Performa Notebook Bertenaga AMD APU

Notebook merupakan salah satu perangkat yang wajib hadir dalam keseharian kita. Mengapa? Karena walaupun teknologi smartphone dan tablet kini tengah berkembang pesat, notebook tetap memiliki kelebihan tersendiri baik dari segi fungsionalitas maupun portabilitas. Notebook menawarkan performa tinggi dengan fitur yang mampu menyamai PC Desktop rumahan sehingga masih no.1 dalam urusan pekerjaan. Namun tidak seperti PC Desktop rumahan, Anda bisa membawa notebook kemanapun saat dibutuhkan dengan mudah.

a1

Oleh karena notebook masih digemari oleh banyak orang termasuk pelajar, pekerja professional, hingga gamers sekalipun sebagai gadget portabel andalan kapanpun dan dimanapun, sangat penting untuk memaksimalkan kinerja notebook yang baru saja dibeli agar mendapatkan performa yang lebih optimal. Nah, bagi Anda pengguna notebook bertenaga AMD APU tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan tips-tips jitunya untuk Anda! Penasaran? Mari kita bahas selengkapnya pada artikel berikut ini!

Gunakan Sistem Operasi Windows 10 Terbaru!

b2

Untuk memperoleh dukungan dari fungsi terbaru dengan performa lebih optimal, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sistem operasi terbaru pada notebook bertenaga AMD APU yang baru saja dibeli. Notebook bertenaga AMD APU kini juga sudah kompatibel dengan sistem operasi terbaru, Windows 10. Adapun beberapa kelebihan dari Sistem operasi Windows 10 diantaranya:

Kompatibel dengan DirectX 12

b3

Notebook yang ditenagai AMD APU sudah ready untuk era gaming baru berbasis DirectX 12 API yang hanya ada pada Windows 10. Kehadiran API ini menawarkan performa lebih baik dalam gaming. Hal ini terbukti dari Benchmark kartu grafis terkini dimana DirectX 12 lebih unggul di banding pendahulunya DirectX 11. Tidak hanya itu, Notebook AMD juga unggul dalam penggunaan DirectX 12 API dibanding kompetitor.

b4

Premium Entertainment Experience

b5

Windows 10 juga hadir dengan support standart multimedia masa depan, berbasis HEVC/H.265. Standart ini kelak akan menggantikan H.264/AVC yang ada pada situs streaming/multimedia sekarang ini. HEVC/H.265 menawarkan improve kualitas dengan bandwidth yang lebih rendah. Notebook AMD APU Generasi Ke-Enam terbaru juga sudah mendukung fitur akselerasi HEVC bahkan pada resolusi Ultra HD (4K).  HEVC sendiri, juga di dukung oleh provider multimedia streaming ternama.

Great Baterai Life :

b6

Tidak hanya itu, Anda bisa mendapatkan daya tahan baterai yang lebih baik berkat optimalisasi yang ada di Windows 10, terutama saat menggunakan konten multimedia. Ini berkat akselerasi perangkat keras khusus yang telah mensupport kontent HEVC dengan baik.

Dapatkan Performa Maximal dengan Update Driver ke Versi Terbaru

b7

Untuk memperoleh performa yang optimal, disarankan untuk mengupdate driver Notebook AMD Anda, khususnya driver kartu grafis Radeon™ untuk performa gaming lebih maximal. Saat ini, driver untuk kartu grafis Radeon™ adalah Radeon Software Crimson Edition dimana driver ini menawarkan peningkatan performa yang lebih baik dibandingkan driver sebelumnya.b8

Peningkatan Radeon Software Crimson Edition yang cukup dratis dalam menjalankan game-game terkini disbanding driver sebelumnya, Catalyst 15.10 Beta.

Selengkapnya mengenai driver ini bisa Anda lihat pada link berikut ini. Anda juga bisa melihat tutorial cara mendownload driver Radeon™ Software Crimson Edition disini dan bagi Anda yang ingin tahu tutorial instalasi lengkap, anda bisa mengklik tautan berikut.

Ubah Settingan AMD Notebook keMaximize Performance”

b9

Notebook AMD khususnya yang berbasis AMD APU sudah di lengkapi dengan teknologi power saver khusus dimana berfungsi untuk memberikan opsi kepada pengguna, apakah ingin menjadikan Notebook lebih hemat daya atau berperforma tinggi. Apabila Anda ingin mendapatkan performa yang tinggi, tentu Anda harus mengubah pengaturan Notebook Anda ke Maximize performance. Berikut ini tutorial untuk mengatur Notebook Anda ke settingan “Maximize Performance”:

Untuk Pengguna Driver AMD Catalyst :

Step 1 : Klik kanan desktop dan pilih “AMD Catalyst Control Center”  atau “AMD Vision Control Engine Control Center“.

b10

Step 2 : Pilih Menu “Power“dan Pilih “Switchable Graphics Global Setting” disitu akan terlihat 2 opsi yakni “Battery” dan “Plugged in” yang mengisyaratkan “Mode” apa yang harus dipakai saat dalam keadaan baterai terpasang (Battery), dan saat dalam keadaan adapter terpasang (Plugged In). Anda bisa men-set keduanya atau salah satunya (sesuai dengan kebutuhan Anda) ke dalam mode “Maximize Performance”.

Untuk pengguna AMD Radeon Software Crimson Edition

b11

Step 1 : Klik Kanan Desktop dan pilih “AMD Radeon Setting

b12

b13

Step 2 : Pilih bagian “Preferences” setelah itu, pilih menu “Radeon Additional Setting” kemudian ke bagian “Power” dan pilih icon “PowerPlay” sama seperti driver Catalyst, Anda akan disuruh memilih untuk bagian “Battery” dan “Plugged in”, anda bisa set ke mode “Maximize Performance”.

Pastikan Suhu Notebookmu Tetap Terjaga Agar Performa Tetap Stabil!

Komponen Notebook khususnya Processor dan kartu grafis diskrit, memiliki pengaman yang berfungsi saat komponen Notebook memiliki suhu yang terlalu tinggi, maka akan menurunkan performa secara paksa alias “Throttling”. Demi menjaga agar Notebook tidak mengalami kerusakan dan untuk mencegah hal tersebut, disarankan agar Anda menjaga suhu Notebook tetap stabil. Berikut beberapa tips untuk menjaga suhu Notebook Anda:

2A. Hindari bermain Notebook di atas kasur : Aktivitas ini kadang dilakukan oleh beberapa orang. Biasanya dilakukan karena alasan bisa bekerja dengan lebih rileks. Namun, tahukah Anda bahwa Notebook memiliki sistem ventilasi udara yang berada di bawah Notebook?

3

Contoh bagian bawah sebuah notebook

Tujuan dari sistem ventilasi ini adalah untuk mengalirkan udara dingin ke dalam yang mendinginkan komponen Notebook Anda hingga nantinya dikeluarkan lewat fan yang ada disamping Notebook. Jadi, pada saat Anda taruh Notebook anda di atas kasur, otomatis ventilasi udaranya terhambat, sehingga sirkulasi udara laptop terganggu dan suhu akan naik.

B. Hindari ruangan tertutup : Ruang tertutup atau ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik juga dapat menghambat kinerja dari Notebook Anda. Sebaiknya gunakan Notebook di ruangan ber-AC atau di tempat terbuka.

C. Direkomendasikan untuk menggunakan CoolerPad tambahan: Walau Notebook sudah hadir dengan pendingin dan ventilasi sendiri namun, demi menjaga suhu tetap stabil disarankan untuk menggunakan CoolerPad tambahan.

4D. Sedangkan cara lain, apabila anda tidak ada CoolerPad. Anda bisa mencoba mengangkat sedikit Notebook anda dengan tujuan agar ventilasi udara di bawah Notebook mendapatkan udara lebih banyak. Anda bisa mengganjalnya dengan adaptor atau kain lap untuk mendapatkan udara lebih baik, agar sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Upgrade Memory Ram Notebook Kamu untuk Dapatkan Performa Lebih

5

Berlaku Juga untuk AMD APU yang hadir di Notebook

Semakin hari, aplikasi yang kita pakai semakin lebih canggih dan memiliki tampilan lebih baik, maka dari itu disarankan untuk meng-upgrade Memory Ram Notebook AMD kamu ke kapasitas yang lebih besar (minimal 4 GB) dan untuk performa yang lebih baik lagi Anda bisa meng-upgrade Ram menjadi Dual Channel dengan clock tinggi (minimal DDR3 1600 Mhz ). APU baik itu versi PC Desktop maupun Notebook, akan ada mengalami peningkatan performa yang signifikan terutama untuk gaming saat menggunakan Ram Dual Channel dengan kapasitas yang besar.

Lakukan Overclock (Do It At Your Own Risk)

6

Tips terakhir adalah dengan melakukan Overclock. Overclocking dalam penjelasan yang singkat adalah metode untuk “Memaksa” kinerja dari komponen yang ada di Notebook Anda untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi. Komponen disini menyangkut kepada Prosessor dan Kartu Grafis Diskrit diatas standart pabrikan. Overclocking biasanya dilakukan oleh pengguna yang sudah berpengalaman. Awalnya hanya ada di PC Desktop, namun sekarang komponen Notebook pun juga ada yang bisa di Overclock.

Walau bisa meningkatkan kinerja yang cukup signifikan, overclocking apabila tidak dilakukan dengan benar, bisa mengakibatkan ketidakstabilan pada sistem Anda. Untuk itulah, jangan mencoba-coba kalau tidak yakin akan apa yang Anda lakukan (Do It At Your Own Risk). Untuk tutorial lengkap mengenai overclocking Anda bisa lihat pada link berikut.

kk

AMD selalu memperhatikan soal performa dari berbagai Notebook yang ditenagai oleh Prosessor AMD dan kartu grafis AMD Radeon™. Dengan menggabungkan kinerja AMD APU dan didukung oleh kartu grafis AMD Radeon™, sesungguhnya sudah cukup untuk menjalankan berbagai macam aktivitas hingga gaming yang menjadi trend saat ini. Namun, Anda masih bisa mendapatkan performa lebih dari Notebook AMD yang Anda beli, jangan sia-siakan kesempatan ini. Semoga tips-tips ini bermanfaat!

Latest articles

Related articles

109 Comments

  1. min mau tanya.kok mendadak notebook ku keluar tulisan “system hardware has changed.please reboot your device,..”
    kenapa ini min?

    • Hi Rufio, ini terkadang terjadi saat kamu selesai update driver yang kamu gunakan ke versi terbaru. kamu tinggal melakukan restart Notebook kamu sesuai intruksi yang diberikan 🙂

    • Hi Sofyan, untuk menampilkan menu lainya kamu bisa tuju ke bagian menu “Preferences” dan pilih opsi “Advanced View” yang nanti akan merubah tampilan Catalyst Control Center dengan lebih banyak menu yang tersedia 🙂

  2. Min, sy mau aktifkan dual graphic, tapi kok di Power Play settingan AMD Radeon saya (versi Crimson 16.12.1) tidak ada pulgged in “Maximize Performance” dan Battery “Optimize Battery”? Hanya ada “Maximize Quality——Maximize Battery life”.

    • Hi Firman, untuk tampilan driver yang ada dari masing-masing versi berbeda-beda, untuk versi terbaru untuk fitur AMD Power Play sudah berubah, kamu bisa menggunakan opsi “Maximize Quality” untuk sebagai pengganti “Maximize Performance” 🙂

    • Hi Maulana, mimin rekomendasikan sebaiknya kamu konsultasikan masalah ini ke pihak vendor Notebook tersebut melalui fan page atau website yang sudah disediakan 🙂

  3. mau tanya nich.
    maximal memory ram pada laptop saya berapa ya ? dan juga Clock speednya min – max nya …
    saya pengen upgrage RAM soalnya ,pengen dual chanel
    spesifikasi
    Lenovo G40-45
    AMD A8 APU & R5
    Ram bawaan 4gb
    HDD bawaan ane ganti ssd 2x500gb

    • Hi Zhakty, mimin rekomendasikan upgrade Ram ke 8 GB untuk performa yang lebih baik, untuk berapa jumlah slot serta maximal memory yang bisa diupgrade mimin rekomendasikan untuk konsultasikan masalah ini ke Lenovo Indonesia 🙂

    • Hi, tidak semua notebook bisa untuk di overclock, pada dasarnya AMD E series didesign hemat daya untuk kebutuhan harian dan gaming ringan saja. Untuk driver disarankan menggunakan driver bawaan agar lebih stabil dan compatible.

  4. Min tanya laptop saya lenovo ideapad 310 15abr, gpu nya r7 512 sama R8 M435DX 2gb, saya sudah update drivernya kok gak ada pilihan radeon additional setting ya di preferencenya? Sama di PES 2017 yg ke detect gpu nya yg r7, bukan r8, gmn min solusinya?

    • Hi Tendi.

      Soal pertanyaanmu akan mimin jawab satu persatu ya:

      1. Berbagai opsi yang ada sudah dipindahkan ke menu utama Radeon Setting.

      2. Memang PES 2017 menampilkan Radeon R7 namun yang berjalan di latar belakang adalah grafis diskrit Radeon R8 M435DX.

      Pastikan pengaturan powerplan diubah ke “high-performance” agar performa maksimal.

      Semoga membantu, salam.

  5. Min, laptop saya hp bw017au, pas saya naikin jd Maximize Quality malah jd Lag banget, padahal cuman nyobain maen game Alien Shooter 2. jadi gimana ya solusi biar lancar wkt maen game? terimakasih

    Spesifikasinya:
    Radeon Software Version – 17.1.1
    Radeon Software Edition – Crimson ReLive
    Graphics Chipset – AMD Radeon(TM) R5 Graphics
    Memory Size – 80 MB
    Memory Type – DDR4
    Core Clock – 847 MHz
    Windows Version – Windows 10 (64 bit)
    System Memory – 4 GB
    CPU Type – AMD A9-9420 RADEON R5, 5 COMPUTE CORES 2C+3G

    • Hi Ridho.

      Mimin sarankan untuk merubah setting preset grafis ke semula yakni Balance dimana mimin lebih merekomendasikan untuk mengatur setting grafis langsung dari dalam game.

      Selain itu mimin tidak lupa ingatkan untuk update driver ke Radeon Software Adrenalin terbaru.

      Semoga bermanfaat.

  6. min, Notebook saya HP 14 bw0xx AMD A9 9420 APU7th Gen Radeon R5. dan saya pakek Crimson ReLive versi 17.11.1 , min tolong kasi tips maximize gaming donk buat CRIMSON versi ini (17.11.1) berhubung gada lagi RADEON ADD SETT.

    • Hi Darlis.

      Agar performa yang dihadirkan maksimal saat bermain game. Kamu bisa merubah opsi Power-saving di control-panel windows, Ke mode High-performance.

      Selain itu kamu bisa menyesuaikan settingan grafis game agar bisa berjalan dengan maksimal.

      Terima kasih, salam.

  7. Min,.. gmn cara mengoptimalkan laptop Asus X555QG, saya udah update ke driver terbaru yang adrenalin edition, tapi kinerja saat editing video dan render masih sama agak lemot.. thx min.

  8. Min laptop saya g40 45 amd a8 ram 4gb
    Saya instal crimson relive 17.12.1 lalu kenapa di menu setting radeon catalyst nya tidak muncul??

    • Hi Ekik,

      Perlu kami beritahukan untuk menu Radeon Additional Setting sudah dipindahkan ke menu Radeon Setting utama, mulai di versi Radeon Software Crimson Relive edition.

      Terimakasih, salam.

    • Hi, pastikan menggunakan driver bawaan dari laptop, setting laptop ke maximize performance di Control Panel bagian Power Option, kemudian setting gamenya mulai dari low terlebih dahulu.

    • Hi Nur,

      ASUS X555QG mendukung aplikasi desain grafis seperti Solidwork, namun admin rekomendasikan untuk upgrade Ram yang ada ke 8GB untuk performa yang lebih baik.

      Terimakasih, salam.

  9. Min. Knp di driver saya tidak ada radeon aditional setting ya. Status driver di radeon overlay. Spec laptop saya amd radeon R3 series. Bisa tolong jelas bagaimana caranya install. Thank

  10. permisi min laptopku acer e15 e5-551 prosesor AMD A10 7300 dan APU R6 & R7 M265 VRAM 2GB, untuk settingan biar performance lebih di AMD crimson realive gimana min selain pake aditional setting

    • Hi Yanuar, untuk laptop lebih di sarankan menggunakan driver bawaan dari situs resmi brand laptop yang kamu gunakan, dan untuk settingan performance hanya maximize performance saja, selebihnya tergantung dengan preference masing-masing.

  11. min mau tanya dong lenovo idepad 320 bisa di overlock gk trus alo bisa gmn caranya yakh
    ini spesifikasi saya
    processor amd a9-9420radeon r5,5 compute cores 2c+3g
    ram 4gb
    direct 12
    graphic card amd radeon(TM) r5 graphic
    system nya win 10 pro

  12. Admin, mau tanya. Mengapa di AMD Radeon saya setelah klik bagian Preferences, tidak terdapat menu Radeon Additional Setting? Padahal versi AMD Radeon saya sudah yang terbaru!
    Spesifikasi
    Lenovo Ideapad 320-14ast
    Processor AMD APU A9-9420radeon r5,5 compute cores 2c+3
    RAM 4GB DDR4
    Directx 12
    Graphic Card AMD Radeon R5 Graphic
    Windows 10 Home 64-bit

    • Hi Yugo,

      Perlu admin informasikan, untuk versi driver AMD Radeon Setting, semua fungsi yang ada di menu Radeon Additional Setting di pindahkan ke menu utama Radeon Setting, demi mempermudah pengguna.

      Terimakasih, salam.

        • Hi Satrio,

          Perlu kami beritahukan untuk Radeon Additional Setting sudah dihilangkan di driver terbaru dan berbagai opsi sudah dipindah ke menu Radeon Setting utama seperti untuk swictable telah dipindahkan ke tab “System”.

          Terimakasih, salam.

  13. admin, saya may tanya, mengapa setiap kali saya menghidupkan laptop atau mengklik amd radeon setting terdapat perintah
    “the instruction at 0x00000000000000000 raferenced memory at 0x0000000000000000000, the memory could not be written. ”
    apa yang harus saya lakukan, saya masih kurang paham karna pemula dalam hal ini

    sebelumnya terimakasih

  14. Min say mau tanya
    Laptop saya acer AMD A12 Radeon Dual Grapich Ram 8GB
    AMD QUAD CORE PROCESSOR A12-9700P WITH TURBO CORE TECHNOLOGY UP TO 3.40 GHZ
    AMD RADEO R8 M445DX WITH 2GB DEDICATED VRAM
    grapich nya pecah
    Driver semua udah terbaru selalu update
    Main game lag
    D instal ulang sudah 5 kali tapi masih lag dan pecah grapichnya

  15. Min, laptop saya pake vga discrete Radeon (TM) 530. Untuk performa yang lebih baik, saya menginstal driver Crimson Edition atau Adrenalin Edition?

  16. min, saya kok ga ada pilihan additional setting di preference ya? udah otak atik cari nggak ada juga, saya pake software adrenalin 18.5.1

    • Hi Rezaldi,

      Untuk menu “Radeon Additional Setting” sudah dihapuskan di driver terbaru. Berbagai menu yang ada seperti pengaturan kecerahan dan warna dipindahkan ke Radeon Setting utama.

      Semoga membantu, terima kasih.

  17. laptop saya asus x555dg, spesifikasi yg tertulis di website milik asus menggunakan ram ddr3l 4gb 1600mhz, setelah saya cek yg terbaca ddr3 4g 1333mhz. jadi yg benar yg mana ya min??

  18. Min mau tanya
    Laptop saya Asus X555bp disitu sudah terinstall amd crimson edition,
    Tapi kok ngga ada opsi Radeon Additional setting ya?
    Pliss jawab min

  19. Min saya mau tanya, saya punya laptop lenovo v110-14ast type 80TC. Kalau lihat artikel ada radeon 530 2gb. Tapi di laptop saya tidak ada min/tidak ke deteksi. Itu bagaimana Min?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here