fbpx

Ini Dia Keunggulan Prosesor Pintar AMD Ryzen™ AI Terbaru!

Pada tahun lalu AMD mengumumkan prosesor AMD Ryzen™ 7000 Series dengan AMD Ryzen™ AI untuk pertama kalinya. Untuk tahun 2024 ini, AMD Kembali membuktikan keseriusannya pada teknologi yang cerdas tersebut melalui AMD Ryzen™ AI generasi kedua yang akan segera hadir di laptop berprosesor AMD Ryzen™ 8040 Series.

 

Apa itu Prosesor Pintar AMD Ryzen™ AI?

AMD Ryzen™ AI adalah chip pintar yang bertugas untuk memproses sebuah instruksi khusus pada aplikasi yang berbasis AI (Artificial intelligence), mengurangi beban kerja pemrosesan AI dari CPU maupun GPU. Teknologi AMD Ryzen™ AI dibangun di atas arsitektur AMD XDNA™ yang difokuskan untuk menjalankan semua komputasi terkait AI secara lokal dan efisien. Hal ini memungkinkan berbagai keuntungan bagi pihak developer untuk bisa berinovasi mengembangkan aplikasi AI yang jauh lebih efisien dan tanpa perlu lagi terkoneksi dengan internet.

 

Mengapa Prosesor Pintar AMD Ryzen™ AI Diperlukan?

Ketika menjalankan komputasi pemrosesan AI pada CPU atau GPU, tentunya akan terbebani dan akan lebih cepat menghabiskan baterai maupun menghasilkan suhu berlebih. Dengan prosesor AMD Ryzen™ berteknologi cerdas AMD Ryzen™ AI, CPU dan GPU dapat terbebas dari beban kerja AI untuk mengerjakan aktivitas komputasi lainnya.

Tidak hanya terkait efisiensi daya dan suhu, AMD Ryzen™ AI juga secara cerdas memungkinkan pekerjaan AI dikerjakan secara lokal di perangkat pribadi tanpa memerlukan koneksi ke server yang menjalankan AI. Hal tersebut membuat pengguna tidak perlu khawatir akan data mereka yang harus dikirim ke server karena semua proses komputasi AI dikerjakan pada perangkat pribadi.

 

Manfaat Prosesor Pintar AMD Ryzen™ AI

 

Efek Microsoft Windows Studio

Saat ini, Kecerdasan AMD Ryzen™ AI telah siap digunakan dengan berbagai fitur dari Microsoft Windows Studio Effects. Teknologi ini tergabung dalam Microsoft Windows 11 yang dapat diperoleh melalui update versi terbaru.

 

Framing Otomatis

Fitur ini secara cerdas akan otomatis mengikuti dan memperbesar gambar dari video untuk memastikan kamera tetap fokus pada penggunanya sekalipun sedang bergerak.

 

Koreksi Kontak Mata Otomatis

Fitur ini secara pintar memungkinkan kompensasi terhadap mata pengguna yang sebelumnya berpaling menjadi tetap fokus melihat pada sudut kamera.

 

Efek Latar Belakang Canggih

Fitur ini dengan pintar dapat melakukan efek blur maupun mengganti background menggunakan AI sehingga bisa akurat dan terlihat lebih natural dibanding sebelumnya.

Hasilkan Ide, Desain & Konsep Kreatif

Prosesor pintar AMD Ryzen™ AI dapat merefleksikan ide kreatif, contohnya pada aplikasi Photoshop yang sudah menggabungkan AI ke dalam filter neural untuk editing yang lebih kompleks, seperti penghalusan pada bagian kulit di foto atau, ada juga tool untuk penggantian warna pada langit dan latar belakang otomatis sesuai dengan keinginan penggunanya.

 

Asisten Pribadi Pada Perangkat

Dengan hadirnya prosesor pintar AMD Ryzen™ AI, memungkinkan aplikasi AI bisa memanfaatkan untuk hal-hal yang lebih kompleks maupun beragam kegunaan, contohnya seperti asisten virtual pada perangkat yang bisa diperintah secara pintar untuk melakukan schedule atau memberikan balasan otomatis yang lebih akurat.

 

Kualitas Grafis Lebih Realistis

Prosesor pintar AMD Ryzen™ AI juga bisa meningkatkan pengalaman gaming jadi lebih imersif dengan kualitas visual yang lebih baik, serta memberikan efek yang lebih realistis bagi para pemainnya. Tak cuma itu, aset di dalam game seperti karakter utama dan objeknya bakal jauh lebih kaya akan detail.

 

Privasi yang Lebih Baik

Prosesor pintar AMD Ryzen™ AI dapat meningkatkan privasi dan keamanan data sehingga mampu  mengidentifikasi, mengelola, dan melindungi data pribadi secara lebih efektif, baik dalam situasi online maupun offline, memastikan semua informasi pribadi atau data sensitif dari penggunanya tetap aman setiap saat.

 

Kesimpulan

Prosesor pintar AMD Ryzen™ AI merupakan gebrakan terbaru dari AMD untuk mengintegrasikan teknologi pemroses pintar AMD Ryzen™ AI ke dalam prosesor mereka. Dengan menggunakan chip AMD Ryzen™ AI yang dikhususkan untuk segala bentuk komputasi AI, memungkinkan penggunaan daya yang lebih efisien. Tidak hanya itu, prosesor pintar AMD Ryzen™ AI ini juga dapat membantu agar CPU dan juga GPU pada sistem tidak terbebani.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply