asus x550ze a10

GAMING REVIEW: ASUS X550ZE A10 Terbukti Tangguh Libas Game Berspesifikasi Berat

asus x550ze a10

Memainkan game berspesifikasi berat merupakan kebutuhan primer untuk kebanyakan gamer addict di seluruh dunia. Hanya saja tidak semua gamer memiliki budget tak terbatas untuk membeli gaming notebook mumpuni yang harganya bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Menjawab kebutuhan itulah AMD bekerjasama dengan partner menghadirkan notebook Asus X550ZE bertenaga AMD APU A10 khusus untuk mainstream gamers yang mengidamkan performa tinggi dengan harga yang tidak memeras kantong.  Bersenjatakan APU A10-7400P dengan 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU) disertai grafis diskrit Radeon™ R7-M265DX, Asus X550ZE mampu menjadi teman setia yang handal dalam menjalankan game keluaran terbaru! Anda bisa menyimak spesifikasi selengkapnya di artikel berikut.

Asus X550ZE A10

Anda masih belum yakin dengan kemampuan notebook Asus X550ZE bertenaga AMD APU A10? Bukan sekedar omong kosong belaka, review kali ini juga bertujuan untuk membuktikan apakah sebuah notebook mainstream seperti Asus X550ZE benar-benar bisa menaklukkan game-game berat sekelas Watch Dogs, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution, Pro Evolution Soccer 2016 dan Deadpool. Mari simak langsung pengujian kami berikut ini untuk menjawab rasa penasaran Anda!

Metode Pengujian

Untuk pengujian kali ini, kami memakai sistem operasi Windows 8.1 dengan driver Radeon Software Crimson Edition versi 16.2.1. Seperti biasa kami juga menggunakan pengaturan “Maximize Performance” pada Radeon Software Crimson untuk mendapatkan performa paling maksimal dari notebook ini.

Asus X550ZE A10

Disarankan untuk menggunakan pengaturan “Maximize Performance” pada mode plugged in atau dalam keadaan terhubung ke listrik karena untuk memainkan game-game berspesifikasi tinggi pasti akan membutuhkan banyak daya. Sedangkan saat tidak bermain game atau untuk kebutuhan sehari-hari Anda bisa menghemat daya dengan mengaktifkan “Maximize Battery Life” saat menggunakan baterai sebagai sumber tenaga. Menu pengaturan ini bisa ditemukan pada menu Preferences, Radeon Additional Settings, Power, Powerplay.

Asus X550ZE A10

Berhubung belum semua game mendukung penggunaan fitur Dual Graphic, kami memutuskan untuk mematikan sementara fitur tersebut pada pengujian kali ini. Kedepannya tidak menutup kemungkinan Anda bisa menikmati peningkatan performa dengan fitur Dual Graphics menggunakan patch game dan driver Radeon Software Crimson Edition versi terbaru yang sudah membawa lebih banyak perbaikan dan optimalisasi.

Asus X550ZE A10

Setelah semua persiapan sudah selesai, mari kita masuk pada pembahasan yang sudah ditunggu-tunggu: pengujian performa gaming Asus X550ZE bertenaga AMD APU A10 yang sesungguhnya!

Watch Dogs

Game dengan genre open world / action-adventure / third person shooter / stealth ini merupakan salah satu judul game populer yang dikenal sebagai game berat pada tahun 2014-2015 lalu. Menceritakan kehidupan tokoh utama bernama Aiden Pearce kamu bakal merasakan lika-liku kehidupan seorang hackers yang menegangkan. Namun kualitas grafiknya yang realistis membuat Anda hanya bisa menikmatinya pada perangkat berkekuatan minimum sebagai berikut.

Spesifikasi Minimum

  • OS: Windows Vista (SP2), Windows 7 (SP1) or Windows 8 (64 bit)
  • CPU: AMD Phenom II X4 940 @ 3.0Ghz.
  • RAM: 6 GB System Memory
  • GPU RAM: 1GB Video Memory
  • GPU: AMD Radeon HD 5770
  • HDD: 25GB Free Hard Drive Space
  • DX 11

Lalu bagaimana kinerja game ini ketika dijalankan pada notebook Asus X550ZE bertenaga APU A10?

Asus X550ZE A10 Asus X550ZE A10

Pada resolusi HD (1280x720p) dan pengaturan grafis di tingkat Low-Medium nyatanya Anda sudah bisa mendapatkan permainan yang mulus dengan kisaran framerate per detik 25 FPS hingga maksimal mencapai 34 FPS!

Asus X550ZE A10 Asus X550ZE A10

Memang terdapat sedikit perbedaan antara permainan di dalam dan di luar ruangan dimana saat berada di dalam ruangan, Anda bisa mendapat framerate  stabil di bilangan 30 FPS namun menurun sedikit pada saat bermain di kota atau luar ruangan tergantung pada skenario. Namun secara keseluruhan game berat ini terbilang sangat playable pada notebook Asus X550ZE bertenaga APU A10. Tentunya untuk gamer yang menginginkan perangkat berperforma tinggi dengan harga masuk akal notebook ini bisa menjadi salah satu opsi ideal untuk Anda!

Asus X550ZE A10 Asus X550ZE A10

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution

Anda pencinta anime terkenal dari Jepang, Naruto? Pasti Anda mengenal game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution satu ini. Permainan dengan genre fighting game ini sangat seru dimainkan karena mampu menampilkan berbagai efek jurus yang sangat mirip dengan serial animasinya. Berikut spesifikasi minimum dari game ini.

Spesifikasi Minimum

  • CPU: AMD Athlon 64 X2 Dual Core 4800+
  • GPU: Radeon 2600 XT
  • RAM: 2GB
  • OS: Win XP 32
  • DX 9
  • HDD Space: 8 GB

Asus X550ZE A10

Menggunakan resolusi HD (1366x768p), Asus X550ZE bertenaga APU A10 ini ternyata sudah mampu menjalankan game ini dengan mudah hingga Framerate maksimalnya, 30 FPS! Perlu diketahui bahwa maksimum 30 FPS merupakan hal yang wajar karena game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution ini merupakan hasil porting dari konsol. Dengan framerate yang stabil Anda dapat menikmati serunya pertempuran antar tokoh jagoan Anda secara maksimal.

Asus X550ZE A10 Asus X550ZE A10

Pro Evolution Soccer 2016

Tak lengkap rasanya jika tidak membahas game sejuta umat Pro Evolution Soccer 2016. Game simulasi sepak bola yang biasa disingkat dengan PES 2016 ini memiliki spesifikasi minimum yang cukup menuntut perangkat untuk bisa menjalankannya dengan baik.

Spesifikasi Minimum:

  • CPU: AMD Athlon II X2 240
  • GPU: Radeon X1300 256MB
  • RAM: 1 GB
  • OS: Win Vista 32
  • DX 9

Asus X550ZE A10

Notebook Asus X550ZE bertenaga APU A10 satu ini ternyata mampu menjalankan game ini tanpa masalah pada resolusi HD (1280x720p) dengan kualitas grafis High! Bahkan Anda bisa mendapatkan framerate per detik stabil hingga 60 FPS sepanjang permainan tanpa adanya lag atau patah-patah.

Asus X550ZE A10 Asus X550ZE A10

Deadpool

Mengikuti film nya yang sukses dirilis baru – baru ini, Deadpool the video game yang dibuat oleh High Moon Studios dan dipasarkan oleh Activision untuk PC, PS3, PS4, Xbox One juga mendapat popularitas yang cukup tinggi.  Untuk PC sendiri Anda membutuhkan spesifikasi minimum yang cukup tinggi seperti berikut ini.

Spesifikasi Minimum

  • CPU: AMD Phenom 8750 Triple-Core
  • GPU: Radeon HD 4850
  • RAM: 2GB
  • OS: Win XP 32
  • HDD Space: 7GB
  • DX9

Asus X550ZE A10

Lalu bagaimana aksi superhero Deadpool pada notebook Asus X550ZE bertenaga AMD APU A10? Menggunakan pengaturan resolusi HD (1366x768p) Anda sudah bisa menikmati permainan ini pada kualitas grafis High dengan capaian kisaran rata-rata framerate per detik mulai dari 35 FPS hingga maksimal 43 FPS!

Asus X550ZE A10 Asus X550ZE A10

Kini keraguan Anda terhadap kemampuan notebook Asus X550ZE bertenaga AMD APU A10 terjawab sudah. Selain mampu menjalankan berbagai game berat keluaran terbaru, Anda juga berkesempatan mendapatkan GAME GRATIS seru dari AMD dengan tanggal pembelian hingga tanggal 31 Juni 2016 seperti yang tertera pada artikel berikut ini. Jika Anda masih penasaran game apa lagi yang kira-kira mampu dijalankan pada notebook ini, Anda juga bisa menyimak artikel khusus kami mengenai pengujian game terkenal lainnya: Grand Theft Auto V pada artikel berikut.

53 comments

  1. Min kok ane beli asus x550ze yg d jelaskan d atas agak beda min , ane main pes 2016 dengan kualitas graphic high kok berat min , trus untuk main naruto shipudden ultumate ninja strom 4 sangat berat min …

  2. Kalo setting dual graphic nya di matikan, vga yg dipakai yg mana ya min ? Yg di APU atau yg discrete ?
    Kalau vga discrete nya Bisa always on untuk setiap main game min ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ali, kalau Dual Graphicnya di matikan maka VGA yang di gunakan saat bermain game adalah VGA Discreet 😀
      Bisa kamu setting dengan cara memaksimalkan performance laptop melalui Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk maximize performane laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Jean, untuk harga resmi laptop ASUS X550ZE A10 Rp 6.599.000 😀 Kalau untuk tempat beli kaset PC bisa kamu coba untuk mengunjungi toko-toko terdekat di kota kamu 😀

  3. Oiya satu lagi sy mau nanya, dari kemarin sy udh baca2 ttg artikel update driver amd terbaru, nah leptop sy pingin coba di update driver amd nya, krna yg sy baca driver amd versi trbaru bnyk fitur baru, klo sy mw update driver amd trbaru gmn ya baiknya? Apa sprti cntoh artikel yg ada kalo sy hapus dl driver amd yg v.15 nya ? Terus nanti bakal ada mslah gk klo dihapus dl dg leptop sy min? Sy tkt malah ada problem, sprti ntar maen game jd lag atau sgala macam. Bakal baik2 aja kan min ? Cara yg hrs sy lakukan cuma ikutin artikel yg udh amd post ? Begitu. Mohon pencerahannya. Terimakasih 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yunan, pastikan driver yang digunakan sudah versi terbaru ataupun sama dengan artikel di atas, dan pastikan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di-background serta lakukan scan dengan antivirus untuk memastikan laptop dalam kondisi bebas dari virus. Jika memiliki dana lebih, mimin sarankan untuk meng-upgrade RAM menjadi Dual Channel agar laptop kamu mampu menjalankan berbagai game terkini. 😀

  4. Edward
    Reply

    Min, beberapa waktu lalu sy beli asus x550ze. Dari tokonya dapat bonus upgrade ram jadi 8gb.. setelah dipasang dan dicek di properties computer jadi Ram 8gb (3,45 usable) itu knapa ya?

  5. Maxoda
    Reply

    Sebaiknya download driver vga nya dimana ya? Apakah di web asus atau web AMD… Tapi di web Asus tidak seupdate web AMD..

  6. Markus Dito
    Reply

    Min saya mau tanya kok laptop saya (asus x550ze) saat dipasang headset ada suaranya setelah dicabut suaranya hilang. Cara perbaikinya gimana?

  7. min saya saat ini memakai ASUS X550ZE-XX033D A10 dengan dual graphic dan saat ini memakai windows 10 64 bit. software grafis yang cocok untuk notebook ini apa ya min? Kemudian, maksud dari dual graphic ini bagaimana ya min?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Tripelr, maksud software grafis kamu itu driver-nya ? Dual Graphic itu dimana GPU Diskrit dan GPU Non-diskrit (Integrated) bekerja secara bersamaan pada saat yang sama untuk meningkatkan performa 😀

  8. bimo aji
    Reply

    min, laptop saya asus x550ze a10 ram udah saya updagre jadi dual channel 4×2. tadinya driver yg saya pakai hanya amd catalyst dan untuk bermain dota 2 lancar tidak ada lagging pada settingan high, lalu saya mencoba menginstal GTA V tetapi ada masalah texture hilang saat bermain setelah membaca di internet saya mencoba untuk mengupdate driver saya dengah auto detect yang ada di web amd (mengistal amd radeon settings). tetapi setelah menginstal dan restart laptop tidak ada pengaruh di game GTA V dan di Dota 2 malah terjadi lagging dengan settinggan yang sama dengan sebelumnya. mohon bantuannya min

    • Admin
      Author Reply

      Halo rendy, untuk saat tidak diaktifkan, maka game akan menggunakan grafis terintregrasi yang ada di A10 yang memakai VRAM 512MB.
      Untuk pertanyaan kedua, tidak akan membuat rusak kok. namun, demi keamanan. mimin sarankan untuk membeli coolerpad tambahan agar
      suhu tetap terjaga 🙂

  9. Rendy
    Reply

    Oh thanks min.. maaf min mau nanya sekali lagi nih , sekarang kan bulan november kira kira kalo mau beli asus x550ze AMD A10 harganya sekitar berapa ? Bisa diberikan patokan harga gak?!

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Notebook tersebut sekarang memiliki harga sekitar 5,5 Jutaan rupiah. kamu bisa kunjungi ke website online store terkenal seperti Enterkomputer,
      Rakitan, Blibli,Tokopedia dan JD.ID

  10. Farhan Ammar
    Reply

    Min, ASUS ini RAMnya 4 GB single channel atau dual channel ? kalo misalnya single channel, kalo mau upgrade RAM, apakah hanya perlu ditambah lagi atau yang RAMnya harus diganti ??? terima kasih min

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Untuk Notebook dengan Dual Graphics. Mimin merekomendasikan untuk menggunakan driver yang sudah disediakan oleh vendor di website resmi. mengingat, sudah di test dengan baik. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Kevin, untuk Notebook Asus X550ZE menggunakan kartu grafis Radeon™ R7-M265DX Dual Graphics yang merupakan perpaduan dari kartu grafis intregrasi AMD Radeon R6 Graphics dengan kartu grafis diskrit Radeon R5 M230M 🙂

  11. min gw instal automatic detec malah gk kebaca
    muncul no amd graphic driver is instaled, or the amd driver is not functioning properly. please install the amd appro

    • Admin
      Author Reply

      Hi Eriel,

      Mimin rekomendasikan untuk clean install terlebih dahulu driver yang ada sekarang ini menggunakan DDU uninstaller, setelah itu kami rekomendasikan untuk install driver yang disediakan oleh website resmi notebooknya.

      Terima kasih, Salam

Tinggalkan Balasan