Setting-GTA-V-Notebook-A10

GAMING REVIEW: Buktikan Kemampuan Notebook AMD APU A10 dengan Libas GTA V!

Sebagian besar Gamers pasti sudah tahu mengenai game fenomenal satu ini. Setelah sebelumnya sempat menimbulkan kontroversi karena peluncurannya yang sempat tertunda cukup lama pada platform PC, akhirnya pada 14 April 2015 lalu penggemar game berbasis aksi petualangan Grand Theft Auto V bisa mendapat kesempatan untuk mencicipinya di PC atau notebook masing-masing.

Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU

Namun yang menjadi masalah selanjutnya adalah dengan ukuran file yang memakan banyak kapasitas pada Harddisk dan spesifikasi yang terbilang cukup tinggi banyak gamers yang kemudian ragu untuk memainkannya pada PC mereka, terutama pada Notebook yang biasanya memiliki kemampuan lebih terbatas. Oleh karena itulah, kami memutuskan untuk melakukan pengujian khusus pada platform Notebook untuk menjawab keraguan kalian yang sampai saat ini belum berani menjajal game GTA V dan masih bertanya-tanya “apakah Notebook saya bisa menjalankan game ini dengan baik tanpa hambatan?”. Mari langsung saja kita simak hasil uji Notebook dengan prosessor AMD APU A10 dalam memainkan GTA V pada pembahasan berikut ini.

Mengapa Menggunakan Notebook AMD APU A10?

Kali ini kami sengaja menggunakan Notebook dengan prosessor AMD APU A10 sebagai perangkat uji untuk menjalankan game GTA V. Tentu keputusan ini bukan dibuat sembarangan melainkan karena Notebook dengan spesifikasi terkait sudah termasuk dalam jajaran notebook yang cukup banyak digunakan kalangan gamers di Indonesia saat ini sehingga hasil pengujian kami bisa menjadi pedoman umum yang tepat bagi pembaca.

Selain itu Notebook dengan AMD APU A10 juga terbilang tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game terkini dengan spesifikasi berat karena sudah menggunakan prosessor seri tinggi sehingga sangat tepat sebagai pilihan menjalankan game demanding seperti GTA V. Apalagi disertai arsitektur khusus Heterogeneus System Architecture (HSA) yang dapat membagi pekerjaan antara CPU core dan GPU core secara efisien plus dukungan Mantle dan DirectX12 API yang mampu berikan suntikan performa saat gaming. Tak heran bila Notebook AMD dengan prosessor AMD APU A10 ini mampu menjadi primadona saat ini di kalangan gamers yang menyukai perangkat gaming mobile mumpuni.

Untuk itulah kami mengambil sampel uji yang tentunya sudah menggunakan prosessor AMD APU A10, yakni ASUS X550ZE dengan AMD APU seri terbaru A10-7400P “Kaveri” yang sudah memiliki 10 Compute Core (4 CPU + 6 GPU) dan sudah dilengkapi dengan grafis RadeonTM R7 M265DX (Anda bisa membaca review lengkapnya di sini). Kami memilih ASUS X550ZE dengan kapasitas RAM bawaan sebesar 4GB dan Harddisk berkapasitas 1 TB dikarenakan spesifikasi standarnya sudah memenuhi syarat minimum untuk dapat menjalankan GTA V.

Promo-Game-A10-ASUS-X550ZEMetode Pengujian

Kali ini kami menggunakan Windows 8.1 64-bit dengan AMD Catalyst 15.5 Beta terbaru yang bisa langsung diunduh pada website resmi AMD. Sebelum bermain pastikan Anda mengaktifkan Mode High Performance atau Maximize Performance untuk mendapatkan performa maksimal pada Notebook Anda. Anda bisa mengaturnya dengan mengakses menu Power pada AMD Catalyst Control Centre.

AMD-Catalyst-Maximize-Performance-GTA-V-Notebook-A10

Notebook ASUS X550ZE dengan AMD APU A10 Kaveri ini sebetulnya memiliki kemampuan untuk mengaktifkan fitur Dual Graphics, dimana memungkinkan grafik terintegrasi pada APU dan grafis diskrit untuk bekerja bersamaan sehingga mendapat performa lebih tinggi. Namun berhubung game GTA V ini masih tergolong baru dan belum bisa memanfaatkan fitur Dual Graphics secara maksimal kami memutuskan untuk mematikan sementara fitur Dual Graphics pada pengujian kali ini. Kedepannya tidak menutup kemungkinan Anda bisa menikmati peningkatan performa dengan fitur Dual Graphics menggunakan patch game GTA V dan driver AMD Catalyst terbaru yang sudah membawa lebih banyak perbaikan dan optimalisasi.

AMD-Catalyst-Dual-Graphics-Setting-GTA-V-Notebook-A10

Masuk pada eksekusi benchmark GTA V kami akan menggunakan fitur benchmark bawaan GTA V untuk menghitung jumlah FPS yang bisa dicapai oleh Notebook ini saat menjalankan game tersebut. Berikut pengaturan  GTA V yang kami terapkan saat melakukan pengujian dengan resolusi 1366×768 dan dengan setting grafis sebagian besar berada di tingkat Normal.

Setting-GTA-V-Notebook-A10

Setting-GTA-V-Notebook-A10

Setting-GTA-V-Notebook-A10

Hasil yang didapatkan ternyata sama sekali tidak mengecewakan! Hanya dengan spesifikasi Notebook minimal dengan RAM bawaan pas-pasan sebesar 4GB, ternyata Notebook ini mampu menjalankan game GTA V yang haus dengan kapasitas RAM besar ini hingga FPS maksimal mencapai 34 FPS. Tentunya dengan standar FPS minimum untuk gaming dengan nyaman adalah sebesar 30 FPS, bisa kita simpulkan bahwa dengan Notebook bertenaga prosessor AMD APU A10 Anda sudah bisa menikmati game GTA V dengan lancar tanpa merasakan lag.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian di atas bisa disimpulkan bahwa Notebook bertenaga prosessor AMD APU A10 merupakan Notebook yang terbukti handal untuk menjalankan game dengan spesifikasi berat seperti GTA V. Namun tidak berhenti disana, Anda masih bisa meningkatkan performa Notebook berbasis AMD lebih tinggi lagi dengan melakukan upgrade RAM ke 8GB Dual Channel. Dengan melakukan hal tersebut main game GTA V atau bahkan game berat lain sekalipun akan terasa lebih smooth karena performa mampu meningkat hingga berkali lipat. Apalagi mengingat recommended requirement game berat masa kini kebanyakan sudah mencapai 8GB sehingga sudah menjadi syarat yang mungkin tidak bisa dielakkan  lagi untuk bisa menikmati performa gaming yang memuaskan.

Jadi sesuai dengan hasil pengujian di atas, tidak perlu merasa ragu lagi ya untuk segera menikmati keseruan game menantang ini yang sudah terbukti lancar berjalan pada Notebook bertenaga AMD APU A10 milik Anda. Semoga artikel ini juga bisa memberi pencerahan bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi Notebook terbaik untuk jalankan aplikasi dan game terkini dengan lancar.

Nantikan terus artikel lainnya yang tak kalah menarik dari AMD dan selamat bermain GTA V!

211 comments

    • Admin
      Author Reply

      Iya memang belum semua game sudah mendukung fitur dual graphic, Jadi sebelum mencobanya mungkin bisa update dulu game ke versi patch terbaru dan gunakan juga driver amd catalyst terbaru untuk memperoleh optimalisasi dan perbaikan lebih banyak, siapa tau pada patch terbaru dan driver terbaru sudah ada dukungan untuk dual graphic 🙂

      pada umumnya game yang sudah mendukung dual graphic akan menunjukkan peningkatan FPS signifikan saat dimainkan, namun jika yang terjadi malah adanya lag, FPS menjadi tidak stabil berarti game tersebut memang belum mendukung dual graphic 🙂 jadi pastikan selalu gunakan game patch dan driver terbaru 😀

      • Jojo
        Reply

        min ada yang bilang kalo laptop tersebut cepat panas ya? ada solusi selain ditambah kipas pendingin,, dan jika batre soak? apa yang dilakukan/?

        • Admin
          Author Reply

          Kamu bisa pakai pengaturan power saving pada notebook untuk menghemat daya notebook dan menghindari overheat, dimana bisa diakses pada AMD Catalyst Control Centre bagian Power Play. Untuk menghindari batre soak, sebaiknya selang-seling antara mode charging dan mode batre supaya batrenya juga terpakai.

  1. Kribhow
    Reply

    Min, mau tanya. Kalo tipe memori asus x550ze itu yg bawaannya apa ya? Kalo misal di upgrade ke dual channel 4×2 jadi 8gb, yg ga bikin garansi ilang kira2 gimana nih caranya, apa pasangnya harus di service centre asus nya? Makasih

      • Admin
        Author Reply

        Tidak, untuk notebook ini kan dukungan layarnya memang hanya support sampai HD saja (1366×768) jadi tidak bisa sampai 1080p. Kecuali kamu pakai yang FX-7600P bukan yang A10 🙂 itu sudah dukung FHD

        • Bagus Mukti
          Reply

          min, saya baca artikel di atas,
          di X550Ze 7600p, klw Ram di UP sampai 16Gb itu jadi FHD?
          Bukanya tetep jd HD?
          kalau yang d atas keliru tolong di ralat ya min….,

          • Admin
            Author

            Untuk yang X550ZE FX-7600P memang sudah dukung Full HD, sedangkan A10-7400P mentok di HD. Otomatis jika layarnya sudah dukung maka jika RAM ditingkatkan pengaturan juga bisa semakin tinggi. Tapi kalau layar tidak dukung ya tidak bisa FHD. Biar ga salah coba pastikan lagi Notebook ASUS X550ZE FX-7600P apakah sudah dukung FHD atau belum di https://twitter.com/asus_indonesia

          • Admin
            Author

            Oh berarti di Indonesia memang cuma dukung HD karena di luar ada yang jual Asus X550ZE FX-7600P tapi layarnya sudah dukung Full HD

    • Admin
      Author Reply

      Hi coba kamu aktifkan maximize performance dulu supaya yang aktif VGA diskritnya R5 M230 bukan GPU yang di APU, setau mimin VRAM R5 M230 itu sekitar 2GB kalau yang 512 Mb itu yang VRAM GPU di APU. Mungkin untuk lebih detail bisa tanyakan ke ASUS indonesia mengenai fitur switchable graphic di https://twitter.com/asus_indonesia

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk notebook yang memiliki dua jenis graphic, seringkali gamenya (GTA V atau PES) salah mendeteksi RAM mana yang sedang digunakan. Pada game terbaca maksimal 512MB, yakni memory maksimal yang bisa dialokasikan oleh GPU pada APU notebook. padahal jika laptop kamu sudah di set kehigh performance VRAM yang digunakan bukan lagi yang 512 tapi yang 2GB pada gpu diskritnya 🙂 kamu bisa cek dengan GPU Z dengan melihat bagian sensor lihat GPU load mana yang lebih tinggi, berarti GPU itulah yang sedang dipakai.

  2. Yoel Hadi
    Reply

    Min sy pake a8 kaveri knp kaga bisa di 1336×768 ya? Bisanya di 800×900 ato apalah pokoknya paling kecil..

    • Admin
      Author Reply

      Kalau boleh tau sudah pakai RAM berapa kapasitasnya ya? dan melihat maksimalnya hanya di 800×900 saat main game apa / buka aplikasi apa kalau boleh tau?

  3. khanza
    Reply

    min mo tanya…asus ini jenis batt ny bisa dilepas atau paten ga bisa dibongkar pasang? kalau seandainya windows menggunakan windows 7 pengaruh stabilitasnya yg hilang apa?FX dan ZE hanya beda di procie yah,board dan vga speknya sama kan?

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin sih paten/ga bisa bongkar. ga masalah kok pakai windows 7 juga, untuk vga diskrit nya memang sama, yang berbeda hanya procie dan gpu integratednya aja dimana lebih tinggi yang di fx

    • Admin
      Author Reply

      Mimin belum pernah coba mainkan di notebook dengan APU A8, kalau mau coba silakan dicoba pada setting dan resolusi low 🙂 dan kalau bisa upgrade RAM minimal 4GB

  4. Yud
    Reply

    Min mau nanya dong… Laptop yg oke buat game se kelas gta v apa ya? Budget se minimal mungkin lebih baik..
    Kalo bisa kasih nama laptop + harga juga ya hehehe

    • Admin
      Author Reply

      Hmm untuk main GTA V dengan nyaman sih mimin sarankan pakai notebook yang 7 jutaan Yud, seperti ASUS X550ZE dengan APU FX-7600P soalnya kalau beli yang nanggung takut ga lancar mainnya dan jadi ga nyaman dipakai 🙂

  5. RENO A. PRATAMA
    Reply

    Min saya udah fix mau beli Asus X550ZE dengan AMD APU FX-7600P apakah sekarang sudah tersebar, di daerah saya cilegon banten udah ada atau harus mesen dulu di jakarta. Makasih

  6. min min, saya pakai asus x550ze 7400p buat main gta 5,

    sudah setting performance enable amd radeon dual graphic, trus di power play sudah saya setting. plugged in ke maximize performance dan battery ke maximize performance juga.

    Main GTA 5 lancar sih, tapi kalo masuk ke kota yang banyak mobilnya kadang suka lag dan gambarnya seperti belum terload, harus nunggu beberapa saat baru terload gambarnya.

    oh ya, di settingan power play walaupun plugged in dan batterynya sudah di maximized performance, tetapi “active power plan” nya masih balanced, tidak seperti screenshot yg ada di atas (high performance). Cara gantinya gimana min? ga bisa di klik soalnya.

    screenshot: http://s28.postimg.org/pjvir3x31/tes.png

    Mohon bantuannya min 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi sepertinya driver AMD kamu menunya terbatas sekali ya? Mungkin bisa coba install ulang drivernya dengan terlebih dulu uninstall di safe mode pakai display driver unsinstaller trus unduh driver terbaru disini pakai autodetect aja support.amd.com/en-us/download lalu install seperti biasa

      • rizaldi
        Reply

        min ane jg kejadian kyk gtu tp procesor ane uda amd fx tiap main gtaV waktu d. kota ngeload jalannya lama gmana ya solusinya… saya pkek rsolusi 1980 klo ga salah d. setting graphic gta 5

        • Admin
          Author Reply

          Hai, Mimin sarankan untuk mencoba ubah mode Power Saving ke “High-Performance” untuk tutorial caranya, kamu bisa lihat di video yang sudah dijelaskan komunitas dibawah ini :


  7. bagas ganteng min :v
    Reply

    Min laptop saya kan

    HP Pavilion 17 sama lah min sama proccesor 🙂 sama produk min love AMD deh kalo intel mah menang di bagian multimedia doang kalo Amd cocok buat gaming , ngomong ngomong emang amd k-6 seri pertama copas dari intel yak min ? Katanya cuma buat cocokin ke semua motheboard produk intel ? Tapinyatanya harus di Bio boost kalo gak salah dulu ?

    prosesor AMD DualCore A8 5350M-2.9Ghz berkecepatan Turbo 3 .5Ghz yang disandingkan dengan RAM 4GB dan VGA AMD HD8450G bisa main gta v gak ? Di setting berapa ? Assasin creed kayaknya gak kuat yak ? Tapi A8 dapet bonus game juga gak yg seri ini :3 :v

    • Admin
      Author Reply

      Hmm, blum cek sih untuk game GTA V, kalau mau yakin mungkin harus cari2 review hp 15-p229ax atau beli yang Asus saja dimana sudah kami uji dan sudah bisa memainkan GTA V lancar 🙂 Tapi kalau dilihat dari spek, seharusnya laptop hp 15-p229ax ini bisa jalanin GTA V di set normal resolusi hd 🙂

  8. bagas ganteng min :v
    Reply

    Cuma kalo asus X….Ze – ….033d gak ada yg jual min trus kalo acer Asphire E5-551 juga gak ada yg jual di rakitan.com gak ada semua gak ada min tolong dong toko yg mana yg jual laptop asus atau acer di mangga dua thanks min

    • Admin
      Author Reply

      Setelah mimin cari cari, mungkin bisa coba ini I got this from Asus Customer Service Team :
      1. Go to Registry Editor (regedit.exe)
      2. Go to HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\Class\{4d36e968-e325-11ce-bfc1-08002be10318}\0001
      3. Next, go find the KMD_EnableBrightnesslf2 & KMD_EnableBrightnessInterface2 key
      4. Set both to 0.
      5. Reboot.

  9. dipta
    Reply

    Kalo Harga Asus X550ZE 6ang amd a10 7400p di solo berapaan ya, oya sama main gta 5 katanya vramnya cuma 512mb apakah benar dan harganya di solo berapaan ya dan belinya di solo dimana ya?

  10. Postingan diatas saya simak aja min. Kalau bisa mimin jawab pertanyaan saya.

    – Saya punya budget 8 Jutaan s/d 10 juta. nih niatnya pengen main GTA V settingan Medium / High. Yang cocok laptop apa ya min?

    • Admin
      Author Reply

      Hmm, kalau untuk notebook sih mau main GTA V medium/high sih mohon maaf mimin ga ada rekomendasinya nih 🙁 tapi kalau di setting normal sih banyak 🙂 seperti Asus X550ZE dengan APU FX dan notebook lainnya dengan APU A10/FX

  11. marco
    Reply

    Min kalo x550ze apu a-10 buat maen pes 2015 kuat gk.?
    Apa bkin cpet laptop rusak.?
    Trus caranya maximize performance biar vramnya jdi 2gb gmna ya.?

    • Admin
      Author Reply

      Ngga kok, kuat 🙂 cara untuk maximize performance, kamu klik kanan desktop, pilih amd catalyst control centre terus ke power play dan pilih battery dan plugged in nya ke maximize performance

  12. kiki rizki
    Reply

    Min…hp 15fx100dx amd a8 vga radeon r5 integrated 512 mb, ram 4gb.. Main gta v resolusi max hanya sebatas 800×600,gmn cara ningkatin ke 720,bisa gak ningkatin vram 512 dgn nambar ram jd 8gb,tlng solusinya.makasih

  13. Imam Prasetyo
    Reply

    min menurut anda bisa gak laptop LENOVO type G40 spek Processor A8 with R5 Graphic 2GB…RAM saya upgrade ke 8GB/2x4GB…untuk game Batman Arkham City sih aman min….gimana kalo GTA V aman kah?

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin bisa kok 🙂 untuk lebih jelasnya coba tanyakan dulu ke cs lenovo di :

      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  14. Fauzi
    Reply

    Min, saya ada rencana mau beli HP Pavilion 15-229AX, mohon info utk CPU nya better mana sama seri beema atau kaveri?
    Dan utk update pakai os windows 10 sdh support kan driver2 nya. Tks.

    • Admin
      Author Reply

      Untuk windows 10 mimin kurang tau apakah support atau tidak, mungkin bisa langsung tanyain dulu ke customer servicenya di 0 800 111 2 111, hari kerja pukul 8 pagi s.d jam 5 sore 😀

      kalau untuk prosessor dia kan masih richland kalau mau yang terbaru tentu lebih bagus yang kaveri 😀 kalo beema masih lebih rendah dari richland sih soalnya dia memang untuk keperluan sehari-hari saja jadi lebih mengutamakan hemat dayanya 😀

  15. hanif
    Reply

    Min kalo laptop ane x550dp, catalyst 15.7.1 apakah settingan juga dengan singgle graphic? Smentara ini saya bermain dengan setting dual graphic dan settingan game sama seperti di atas tp hanya dapat rata2 20fps :'( mohon bantuanya min

    • Admin
      Author Reply

      Coba dimatikan dulu dual graphicnya (di disable lalu klik apply), abis itu jangan lupa setting power play ke maximize performance semua, dan coba turunin setting & resolusinya dulu

    • Admin
      Author Reply

      Yang terbagus: ASUS X550ZE FX, karena APU yang dipakai udah seri tertinggi, yang kedua: Acer E5-551 karena grafisnya udah pakai R7 M265 dan udah dual channel bawaan 2x2gb, ketiga: asus x550ze A10-7400p

  16. Min saya mau beli Notebook yang harganya antara 7jt – 8jt-an, yang bagus buat game apaya?? klo liat dari Review dan Comment-comment di atas kebnyakan ASUS X550ZE yang FX, tapi hingga sekarang di indo kayaknya belum ada,,, Trus ada lagi yang ACER E5-552G dan itu pun belum di pasarkan kembali…
    Nah untuk Option ke 2, sya mau pilih antara kedua barang ini : ASUS X550ZE A10 dan ACER E5-551 A10 dari kedua barang itu mana yang lebih bagus min???
    Mohon pencerahannya min soalnnya lagi butuh banget..!!!

    • Admin
      Author Reply

      Udah ada kok yang Asus X550ZE FX sejak lama, tapi sekarang jadi langka karena sudah mulai habis stok 🙂 coba cari aja di toko terdekat di kota kamu siapa tau masih ada 🙂

      Untuk acer juga stok sangat terbatas dan kemarin cepat sekali sudah habis lagi, mungkin kalau antara Asus X550ZE A10 dengan Acer E5-551 A10 itu kemampuan sebenernya hampir setara, tapi yang Acer enaknya dia sudah ram bawaan dual channel 2x2gb sehingga lebih optimal dan sudah punya grafis diskrit lebih tinggi yakni r7 m265 🙂

  17. Bintang
    Reply

    Min, laptop saya Lenovo G40 dgn spec AMD A8, dual graphic AMD R4 dan R5 M230, 2gb. Kenapa saat run GTA V yang terbaca hanya 512 ya video grapichnya? Saya sdh set high performance di power plannya dan seluruhnya sdh saya set maximize performance termasuk aplikasi GTA V. Mohon solusinya min. Thanks.

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk GTA V memang hanya bisa membaca GPU di APU saja, tapi asalkan di setting AMD Catalyst sudah maximize performance semua pasti yang jalan udah R5 M230 dengan RAM 2GB nya kok, coba periksa aja pakai GPU Z bagian sensor saat nge game untuk memastikannya. Pada GTA V silakan diaktfkan menu ignored suggested limit settingnya supaya bisa diotak atik pengaturannya

  18. Heri
    Reply

    min, Asus X550ZE A10 7400p, Saya Pake utk main Prototype 2 dan NFS Rival tapi game nya ngelag
    padahal saya Sudah Setting Ke Maximize peformance.
    mohon pencerahan nya dong !!

  19. Wafi46
    Reply

    Min .. saya kok ga bisa fullscreen resolusinya cuma bisa 800×600 .. terus dual graphicnya yg kebaca yg 512mb yg 2 gb ga kebaca .. padahal sett amdnya kayak mimin .. terus ane maen battlefield 4 lancar .. tapi maen gta ga bisa full screen .. gimana itu min ?

  20. Christian
    Reply

    Permisi gan, saya mau nanya , laptop saya HP ENVY m-6 nah itu kuat ga ya main gta V ? Spek nya ini :
    – AMD QUAD-CORE FX-7500
    -8GB RAM
    -WINDOWS 8.1 64 bit
    -R7
    -HDD 750GB

    Bisa ga ya min? Kalo bisa main di resolusi sama low/normal/high settings ? Thxxx

  21. RAHMAD
    Reply

    Thanks gan akhirnya Asus X550ZE ane buat main GTA V no lag lagi.
    Sebelumnya Asus X550ZE ane suka lag tapi pas ane baca artikelnya suruh high performance wuuuus main GTA V jadi lancar meskipun settingan dual grapich ane di enable

  22. herdian
    Reply

    Min mau tanya … Emang ausu x550ze a10 7400 bisa dual grafis?… Bknnya vganya cmn 1 ?
    Mohon pencerahannya min tlng di sebutkan vganya

  23. Musthofa
    Reply

    Min,,setelah ane liat teman-teman konsultasi dengan laptop X550ZE pake 7400P sepertinya ane ngiler juga,, itu kirakira yakin bisa main gta5/watch dogs dan game perang terbaru? ane cek di wewewe.game-detabe dotkom Cpu dan vganya Fail takutnya nannti setelah beli tak nyaman dipake,,hehe oh ya di Sumatera utara/Pematangsiantar sudah ada belum ya min?

  24. Musthofa
    Reply

    Min,, laptop tersebut apa bisa main game gta v,watch dogs dan sebagainya? ane cek di wewewe.game-detabe dotkom , cpu ama vganya fail,, kencangkan speed cpunya min..hehe soalnya takut ketika sudah beli tak nyaman dipake untuk gamming,,hehe
    kalo ram diupgrade kelebih tingginya,,apakah bisa diseting high/ultra gitu? 😀

      • Musthofa
        Reply

        bedanya X550DP dengan X550ZE apa ya Mas..? ane liat di Youtube dua-duanya lancar(GTA5) bingung banget ane vroh,,hehe minta saran dong,, mana lebih baik,bagus,aman,awet,tak cepat panas,, hehe tak tunggu balesan dari Admin AMD ini ya,, :*

  25. Arfan Deniansyah
    Reply

    Min klo asus x550ze amd a10 aja bisa mainin game gta v , berarti asus x550ze amd fx juga udh pasti bisa ya min ??
    soalnya saya mau beli asus x550ze tapi masih bingung amd a10 atau fx..
    makasih min

  26. Bagus
    Reply

    min, ane mau tanya lagi.
    sekarang soal kipas, pada saat mode power save suhu rata2 33C, tapi suara kipasnya seperti bergetar, setelah diganti ke mode High Performance kipas berputar kencang dan suara lebih stabil saat dipakai ngegame FFXIII Suhu rata2 49C.
    yang ingin saya tanyakan apakahkah suara bergetar berdampak buruk kedepannya?

  27. Ramadhan
    Reply

    min, gimana ya caranya aktifkan amd r7 m260 saya di laptop hp 15 p229ax ?
    saya lihat di amd system monitor, vga yang amd r7 m260 nya gak jalan (0%).
    di GPU Z gak jalan juga.

    • Admin
      Author Reply

      Asus X550ZE A10 udah bagus kok untuk main game berat 😀 Harganya juga cuma kisaran 6.5jt kalau dibandingin sama HP-15P230AX prosessornya masih lebih kencang yang asus 🙂 enaknya sih nanti kalau jadi beli langsung upgrade ke 8 gb dual channel biar main gamenya lebih mantep

  28. Ben Joe Shua
    Reply

    admin, mau tanya. saya liat di slh satu toko jual beli online kok spec grafisnya berbeda ya. dengan seri yang sama yaitu Asus X550ZE-XX065D – 15,6″ – AMD FX-7600P – 4 GB. yg satu keterangan spec grafisnya :VGA AMD Dual Graphic R6 + R5 M230 2GB. dan si penjual yg satunya lagi keterangan grafisnya AMD Dual Graphich R7 + R5 M230 V2G. kalau menurut admin yg benar yg mana, yang r6 atau r7 untuk grafis sebenarnya min? mohon info min, saya lagi ngincar nih laptop. makasih. 😀

  29. Denver
    Reply

    ane punya yg fx tapi ngelag GTA V(mungkin karena gamenya bajakan hehheheheh) tapi pas benchmark setting nomal pernah sampe 55 fps (Dual Graphics) tp sering ilang tiba2 jalanya btw kl GTA VI keluar gw beli langsung ori nya

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Radeon R7 M265DX adalah nama yang hadir saat Dual Graphics aktif. Dual Graphics yang dimaksud adalah saat Grafis Terintregasi Radeon R6 dengan Grafis Diskrit Radeon R5 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rizky, keduanya sudah bisa kamu ajak gaming kok 😀
      Untuk Asus X555DG itu dilengkapi dengan prosesor generasi ke -6 “Carrizo” dan Asus X550ZE itu dilengkapi dengan prosesor generasi sebelumnya tetapi memiliki harga yang lebih kompetitif 😀

  30. Badia
    Reply

    boleh minta bantuan min?
    aku adanya radeon setting, dlu sempat ada catalyst cm setelah aku utak atik jadinya cm ada raedeon setiing.
    cara launch catalyst gimana?
    dan masalah overheating, cara tuntaskan biar batre gk soak bagaimana ya min?

    tolong bantuannya, amatir ini min

    • Admin
      Author Reply

      Hi Badia, kalau boleh tahu versi driver yang kamu gunakan sekarang berapa ya? 😀
      Pastikan kamu menggunakan laptop di ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik, dan juga jangan lupa untuk menggunakan cooling pad yang berkualitas saat menggunakan laptop 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aldy, bisa kok, bisa di lihat di gaming reviewnya 😀 Jangan lupa untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

  31. Aldrian
    Reply

    min kalo mau nambah ram yang seri apa? (mohon beri tau detail) soalnya saya mau beli di toko online aja murah :v

    • Admin
      Author Reply

      Hi Geriandriana, kalau untuk cek suhu mimin sarankan untuk menggunakan BIOS saja, karena menggunakan aplikasi pihak ke-3 biasanya suka salah baca 😀

  32. Aldila
    Reply

    Min mau nanya coment di atas main gta v 7400p ram lebih bagus 4gb + 4gb . Kata mimin saya baca komen di atas. Memang nya kenapa ya? Kalau saya tambah yang 4gb +8gb gimana? Apakah makin baik atau malah turun performa nya?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aldy, berpengaruh 🙂 Jadi besarnya kapasitas VRAM itu di-shared secara otomatis oleh APU-nya sendiri dan disesuaikan dengan pemakaiannya, dengan arti bahwa pada saat menjalankan aplikasi berat seperti gaming, VRAM akan bertambah sampai dengan 2 GB tergantung RAM utama yang terpasang, dan begitu juga sebaliknya. 😀 Jadi mimin sarankan untuk meng-upgrade RAM menjadi Dual Channel dengan kapasitas minimal 8GB (jika memungkinkan) karena itu dapat meningkatkan performa 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Inang, pastikan game GTA V-mu sudah terinstall dengan benar. Kalau boleh tahu driver yang kamu gunakan sekarang versi berapa ya? 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hai, untuk masalah telat render, Mimin sarankan kamu untuk mencoba buka task manager, tuju di bagian Process dan pilih menu GTA V.exe
      di bagian set priority set ke “High”.

  33. Min, ini saya baru beli X550ZE yg FX win 8.1 64bit.. saya dapat cd driver vganya (Catalyst) Versi V13.352.1015.0 persis sama yg di website resmi asus.. Saya coba instal gagal pengaturan dual graphicnya tidak muncul. Stelah itu Saya uninstall sampai bersih ganti CRYMSON tp juga sama Tidak sempurna dual graphicnya tdk muncul (Versi 16.9.2). Saran admin sebaiknya saya install yg Catalyst / Crymson yg versi brpkah ? terimakasih banyak semoga masalah ini cepat teratasi

  34. Min, ini saya baru beli X550ZE yg FX win 8.1 64bit.. saya dapat cd driver vganya (Catalyst) Versi V13.352.1015.0 persis sama yg di website resmi asus.. Saya coba instal gagal pengaturan dual graphicnya tidak muncul. Stelah itu Saya uninstall sampai bersih dengan safe mode ganti CRYMSON tp juga sama Tidak sempurna dual graphicnya tdk muncul (Versi 16.9.2). Saran admin sebaiknya saya install yg Catalyst / Crymson yg versi brpkah ? terimakasih banyak semoga masalah ini cepat teratasi

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Mimin belum mencobanya. Namun, Mimin sarankan untuk mencoba tips yang sudah di berikan mimin diatas. serta, Mimin
      sarankan untuk upgrade RAM ke 8GB untuk bermain game terkini. 🙂

  35. Muhammad Abi Mudoffar Nur Arief
    Reply

    Min Laptop saya FX-9800p VRAM r8M445DX,kuat ga tuh buat main GTA V?terus itu Vramnya kelebihan 2 gb klo sering maen bakal ngaruh ga ke hardware laptop/laptopnya?

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk Notebook AMD FX 9800P yang ada sudah cukup untuk memainkan game GTAV. sedangkan untuk VRAM 2GB ini sudah terdedikasi di kartu grafis diskrit
      yang cukup untuk memainkan game mainstream yang beredar. 🙂

  36. erika saputraning
    Reply

    malem min, saya beli laptop ASUS X550ZE-XX111D AMD Quad Core FX-7500P AMD Radeon R7 + R5 M230 4GB 500GB 15.6 Inch DOS – Gray.
    saya up ram jdi 8GB, tapi terdeteksi 8GB(3,45GB usable) itu knapa yah?
    trus cara menghilangkan 8GB(3,45GB usable) bagaimana yah?
    trima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Halo Erika, apakah kamu sudah menggunakan operasi sistem Windows berbasis 64 bit ?? kalau belum, segera beralih ke
      Windows 64 bit yang support dengan penggunaan RAM diatas 4GB. 🙂

  37. Kiky Arindra
    Reply

    min. kenapa untuk pengaturan VRAM pada PES 2016 pada Asus X550Z yang terbaca cuma 512 mb? pdahal kan VGAnya 2GB??? tolong bantuannya untuk menyelesaikan masalah ini min

  38. yuga
    Reply

    Min laptop asus yang pake amd 10 dengan ram 4gb bawaan ,bisa kagak buat main assasin scred unity, atau call of duty ghost, black ops 2/3
    MOHON BANTUANNYA

  39. Min, numpang tanya dong. Laptop ane Asus X550ZE |A10-7400P|
    kok setiap buka Graphics Properties / Configure Switchable Properties di Desktop (klik kanan), ada bacaan > “Windows cannot find ‘cli’. Make sure you typed the name correctly, and then try again.” <
    Itu kenapa ya min?, padahal mau configure resolusi game gabisa-bisa -_-
    Mohon bantuannya 🙂

Tinggalkan Balasan