HP 15-ba004ax

HP 15-ba004ax: Notebook “Bristol Ridge” Yang Powerful dan Hemat Daya

Kali ini, AMD bekerjasama dengan Hewlett-Packard (HP) menghadirkan notebook dengan kekuatan prosessor terbaru AMD APU 7th Gen “Bristol Ridge yaitu HP 15-ba004ax. Ini merupakan notebook kedua di Indonesia yang memakai AMD APU 7th Gen “Bristol Ridge” setelah Acer Aspire E5-553G. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, AMD APU 7th Gen “Bristol Ridge” ini merupakan prosessor mobile terkini yang lebih powerful dan lebih hemat daya di banding generasi sebelumnya, dimana sudah mendukung memori RAM DDR4 yang dapat mempercepat kinerja prosessor secara keseluruhan. Memori RAM DDR4 sangat signifikan dalam hal kinerja dan konsumsi daya, dimana hanya membutuhkan 1,2 Volt daya di bandingkan dengan DDR3 yang membutuhkan 1,5 Volt, jadi lebih hemat 20%. DDR4 memiliki kecepatan lebih tinggi yaitu 2133 MHz hingga 4266 MHz di bandingkan DDR3 yang memiliki kecepatan 1600 MHz hingga 2133 MHz.

1

AMD 7th Gen “Bristol Ridge” sendiri dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan terbaru dari AMD, serta dirancang khusus untuk peningkatan dalam hal performa, multimedia, dan efisiensi energi.  Adapun beberapa fitur yang ada pada diantaranya:

  1. Virtual Super Resolution(VSR) : Fitur ini memungkinkan Anda untuk menikmati resolusi hingga 4K pada layar 1080p.
  1. AMD FreeSyncTM Technology : Fitur ini mampu untuk mengatasi tearing dan suttering, sehingga gambar menjadi lebih mulus dan tanpa lag.
  1. AMD Start Now Technology : Fitur ini berfungsi untuk mempercepat start-up dan multitasking dengan mulus serta cepat
  1. AMD Perfect Picture Technology : Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas video, warna, kontras dan resolusi secara otomatis.
  1. HEVC : Teknologi HEVC yang tertanam dalam prosessor AMD APU 7th Gen ini berfungsi untuk menjalankan video hingga resolusi 4K dengan lancar.
  1. Advancer Power Management Technology : Fitur yang berfungsi secara otomatis untuk memberikan performa grafis saat di butuhkan dan menonaktifkannya saat tidak di butuhkan untuk menghemat daya.
  1. AMD Turbo Core Technology : Fitur ini berfungsi secara otomatis untuk meningkatkan performa apabila sedang menjalankan aplikasi berat yang membutuhkan kinerja lebih tinggi.
  1. Support API DirectX 12 dan API VulkanTM  : AMD APU 7th Gen juga sudah future-proof dimana mendukung API DirectX 12 dan VulkanTM yang akan mendominasi game-game masa depan.

 HP 15-ba004ax

HP 15-ba004ax sendiri menggunakan prosessor AMD APU 7th Gen “Bristol Ridge” varian A10-9600P, yang dimana memiliki kecepatan hingga 3,3 GHz dan sudah terintegrasi dengan kartu grafis Radeon R5 Graphics. HP 15-ba004ax juga dilengkapi dengan kartu grafis tambahan yang mendukung dual grafik yaitu R8 M445DX 2GB, sehingga notebook ini cocok untuk multitasking, mulitimedia, edit video/foto, bahkan gaming mainstream terkini sekalipun. Ditambah dukungan RAM 4GB hingga 8GB DDR4 yang membuat kinerja menjadi lebih cepat.

HP 15-ba004ax

Tak hanya berbekal komponen yang mumpuni, HP 15-ba004ax juga dibekali dengan layar berukuran 15,6 inch HD (1366×768) SVA BrightView WLED-backlit yang membuat warna menjadi lebih tajam, sehingga mampu memberikan pengalaman visual yang lebih baik ketika menonton video HD ataupun bermain game. Untuk kapasitas media penyimpanan, HP 15-ba004ax menyediakan HDD sebesar 1TB yang mampu menyimpan banyak file Anda dengan leluasa. Untuk konektivitas, HP 15-ba004ax sangat lengkap karena di dukung dengan WiFi, Bluetooth, port USB 3.0, port USB 2.0, port VGA, port HDMI, port LAN, card reader dan DVD RW.

Berikut spesifikasi lengkap dari HP 15-ba004ax:

Microprocessor                 : AMD Quad-Core A10-9600P (2.4 GHz, up to 3.3 GHz, 2 MB cache)

Memory, standard          : 4 GB DDR4-2133 SDRAM (1 x 4 GB) / 8 GB DDR4-2133 SDRAM (1 x 8 GB)

Video graphics                  : AMD Radeon™ R8 M445DX 2GB Dual Graphic

Hard drive                           : 1 TB 5400 rpm SATA

Optical drive                       : SuperMulti DVD burner

Display                                 : 15.6″ diagonal HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)

Keyboard                            : Full-size island-style keyboard with integrated numeric keypad

Pointing device                 : Touchpad with multi-touch gesture support

Wireless connectivity      : 802.11b/g/n (1×1) and Bluetooth® 4.0 combo (Miracast compatible)

Network interface           : Integrated 10/100 BASE-T Ethernet LAN

Expansion slots                 : 1 multi-format SD media card reader

External ports                    : 1 HDMI; 1 headphone/microphone combo; 2 USB 2.0; 1 USB 3.0; 1 RJ-45

dimensions (W x D x H)  : 38.43 x 25.46 x 2.43 cm

Weight                                 : 2.19 kg

Power supply type           : 65 W AC power adapter

Battery type                       : 4-cell, 41 Wh Li-ion

Webcam                              : HP TrueVision HD Camera with integrated digital microphone

Audio features                  : Dual speakers; DTS Studio Sound™

Jadi untuk Anda yang menginginkan notebook dengan kekuatan prosessor AMD 7th Gen APU “Bristol Ridge” yang cepat dan hemat daya, maka HP 15-ba004ax bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Untuk HP 15-ba004ax dengan RAM (1x8GB) DDR4 bisa Anda peroleh dengan harga resmi Rp. 6.299.000,00. Sedangkan jika Anda menginginkan harga yang lebih terjangkau Anda bisa memilih varian dengan RAM (1x4GB) DDR4 dengan harga resmi Rp. 5.949.000,00.

Jadi siapkah Anda menjadikan notebook HP 15-ba004AX sebagai pilihan Anda sebagai senjata harian untuk menyelesaikan pekerjaan dan bahkan menemani kegiatan gaming saat hari libur? Beli sekarang di https://www.hpshopping.id/!

Ingin tahu mengenai performa gaming pada notebook ini? Simak review selengkapnya pada artikel:

GAMING REVIEW: Notebook HP 15-ba004AX dengan Tenaga AMD 7TH Gen APU A10 Terbukti Tangguh untuk Gaming Terkini!

139 comments

  1. dictus
    Reply

    Min itu ramnya udah nempel permanen sm mobo atau bisa dilepas? Di tunggu review gamingnya ya min, klo bisa lebih variatif lg gamenya yg di review

    • Admin
      Author Reply

      Setau mimin sudah mulai masuk di Indonesia, paling coba mampir ke toko-toko laptop di sekitar Semarang saja 🙂 Jika dibandingkan sama E5-553G sih sama persis chip APU dan grafiknya, yang beda hanya, kalau yang Acer E5-553G sudah pakai dual channel memori bawaan, kalo yang hp masih pakai single channel bawaan (tapi bisa diupgrade jadi dual channel)

  2. Ristu TH
    Reply

    Min, saya sdh pakai nih laptop, di properties windows kebaca AMD Radeon™ R5, kenapa itu ya?
    dan sdh saya coba main dark soul III patah2, seperti slow motion saja…seting radeoannya bgm ya min?

    • Admin
      Author Reply

      Klik kanan desktop, buka Radeon Software, buka Global Setting aktifkan Crossfire ON, atau ke menu preference, radeon additional settings, powerplay, aktifkan maximize performance. Atau atur di gaming tab, untuk Dark Soul III di High Performance.

    • Admin
      Author Reply

      Untuk gaming review mohon ditunggu ya 🙂 nanti jika ada akan segera dipublish

      Jika dibandingkan sih clock speed tidak jauh berbeda walau sedikit lebih cepat yang FX Asus, hanya saja dari segi teknologi lebih tinggi yang HP ini karena sudah menggunakan A10 7th gen apu, jadi kalau ingin dukungan aplikasi dan game terbaru bisa pilih yang HP

  3. vlih
    Reply

    min ini settingan radeonnya gimana ya masih bingung sama yang namanya dual graphic!!! main game online kok lag parah, tapi main game assassin creed black flag,NFS the run,Starcraft 2 normal” aja di setingan high.
    kebalik sama laptop jadul ane yang game online lancar tapi game offline lagnya minta ampun…

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Ini dikarenakan belum semua game untuk support dengan fitur Dual Graphics dengan baik. Jadinya game tersebut hanya berjalan di grafis terintregrasi saja. Apabila kamu menemukan game yang tidak support dengan baik. Mimin sarankan untuk mencoba memakai tutorial yang sudah dijelaskan oleh komunitas disini :


    • Admin
      Author Reply

      Hai, Notebook ini sudah hadir dengan pendingin bawaan. serta AMD juga membekali komponen Processor dan Grafis dengan berbagai teknologi hemat daya (Salah satunya AMD Enduro) agar Notebook tetap terjaga suhunya 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Halo Haqnas. untuk fitur Dual Graphics seharusnya sudah aktif secara otomatis. untuk opsi fitur AMD Dual Graphics sendiri
      biasanya berada di bagian Preference >> Radeon Additional Setting >> AMD Dual Graphics.

  4. satu lagi ketika sayya menggunakan driver yang lama , untuk graphics (linked) ke detect nya R8 Mxx , tetapi ketika di upgrade ke driver yang paling baru 16.9.2 malah ke detect nya R7 Mxx , pengaruh kah ?? atau gimana ya perlu dijelaskan

    kalau spesifikasi yang beredar sih R8 M445DX tetapi dengan driver yang paling bbaru kok bisa jadi R7 Mxx, gampangya gitu , mohon dijelaskan yaa

    • Admin
      Author Reply

      Halo, ini berarti menandakan layar yang digunakan tidak support dengan fitur AMD FreeSync. mengingat fitur ini butuh
      sebuah panel layar yang support 🙂

  5. Wahid Khoirunnahl
    Reply

    AMD FreeSync nya kalo ga support gimana ya? apa salah driver apa gimana, kalo salah driver yg cocok pake driver seri yg mana ya?

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk HP 15-b10004ax tidak bisa ditambahkan SSD M.2. mengingat tidak ada slot M.2 yang tersedia.
      untuk Slot Ram terdapat 2 buah slot yang tersedia. bisa expansi hingga 16GB DDR4 RAM.

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Menurut yang mimin ketahui, untuk Notebook ba026ax memakai Processor AMD Quad-Core A10-9600P (2.4 GHz, up to 3.3 GHz, 2 MB cache) yang termasuk keluarga AMD A10 7th Gen 🙂

  6. muarif soli
    Reply

    dear admin, mohon infonya. untuk laptop HP 15-ba004ax ini sebelumnya sudah diinfokan sudah mensupport dual channel. pertanyaan saya apakah laptop ini teknologi support dual channel sudah memilik teknologi assymetric sehingga memmory yg digunakan tidak harus identik? sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.

  7. Farhan Ammar
    Reply

    min, mau nanya
    kalo hp ini dibandingkan Acer Aspire E5-551-TG1A sama Asus X550ZE-XX033D bagusan mana ya min ?
    bingung antara ketiga ini

    • Admin
      Author Reply

      Hai Farhan, Menurut Mimin, dalam hal spesifikasi Notebook ini lebih baik mengingat hadir dengan Processor dan Grafis terbaru
      yang hadir dengan peningkatan performa dibandingkan Notebook lain yang menggunakan Processor dan Grafis seri lawas 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Halo farhan, Menurut yang mimin ketahui. dalam hal spesifikasi keduanya memiliki spesifikasi yang sama, perbedaan hanya pada segi
      jumlah Memory RAM yang di usung untuk HP Notebook – 15-ba004ax hadir dengan Memory RAM 8 GB DDR4. 🙂

  8. Muhammad Kobayashi
    Reply

    Min, kenapa hp ba004ax punya ku kok pas main pes 2016 di settingan High kok patah2.. padahal udah di settting dual graphics & max perfomance…

    • Admin
      Author Reply

      Halo, kemungkinan ini dikarenakan game yang kamu mainkan tidak support Dual Graphics dengan baik. Mimin sarankan, coba kamu disable fitur Dual
      Graphics. Namun, dengan mengubah settingan power saving ke “High-Performance”. kalau kamu belum tahu cara mengubah ke High-Performance. kamu bisa
      baca tutorial yang ada di link dibawah ini :
      https://community.amd.com/docs/DOC-1581

    • Admin
      Author Reply

      Hai, untuk Notebook ini sendiri, tidak ada slot M.2. Jadi Notebook ini hanya bisa memakai SSD SATAIII saja. Kamu bisa mendapatkan
      SSD berbasis SATA III di pasaran 🙂

  9. Ilham
    Reply

    min saya punya laptop main gta 5 kok kebaca cuma 1 gb ya laptop hp 15-ba026ax,yang cocok crimson versi berapa ya min saya sudah download yang versi 16.12.1 tetep gak kebaca vitur dual graphicnya mohon penjelasanya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ilham, kemungkinan ini dikarenakan game yang kamu mainkan tidak support dengan fitur AMD Dual Graphics, sehingga grafis intregrasi yang dipakai, mimin sarankan untuk menggunakan driver yang sudah disediakan vendor di website resmi, mengingat sudah diciptakan khusus untuk Notebook tersebut

  10. ini laptop sama dengan laptop punya saya hp 15-ba026ax tp udah 8gb ram nya. nanya min, kalo jadi dual channel ram nya itu tipe ddr4 2133 8gb lagi ya yg harus dipasang? bagaimana dengan ganti hdd nya ke sshdd? bs gak? karena kalo ssd sataiii kabarnya ga tahan lama dibanding hdd

    • Admin
      Author Reply

      Hi Syahriandra, benar untuk Notebook HP 15-ba026ax direkomendasikan untuk upgrade Ram dengan spesifikasi DDR4 2133 Mhz agar bisa hadirkan konfigurasi Dual Channel Memory serta untuk komponen Hardisk yang digunakan bisa untuk diupgrade baik menggunakan SSD atau SSHD, untuk masalah durabilitas SSD SATA III dan Hardisk mimin kembalikan kepada tata cara pemakaian serta jangka waktu saat pemakaian 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Bright, untuk masalah perbedaan spesifikasi dari Notebook yang ada, mimin rekomendasikan untuk konsultasikan langsung ke fanpagr atau website HP Indonesia 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi wawan, mimin belum mencobanya namun berdasarkan spesifikasi yang ada seharusnya bisa menggunakan aplikasi tersebut, namun mimin rekomendasikan untuk Upgrade Ram yang ada ke 8GB agar hadirkan performa lebih baik 🙂

  11. min.. laptop HP 15 ba004ax ini kan deberi vga dedicated ( radeon R7 m440 2GB) dan integrated ( radeon R5), apa bisa yg vga dedicated ( radeon R7 m440 2GB) saya ganti dengan vga yg lebih tinggi spek nya, seperti radeon rx460 ? mohon pencerahannya min..

    • Admin
      Author Reply

      Hi Naufal, di laptop tidak bisa mengganti komponen kartu grafis karena sudah di bundle dengan motherboard dan tidak menjual komponennya secara bebas.

    • Admin
      Author Reply

      Hi, R8 M445DX merupakaan penamaan dari dual graphics antara kartu grafis intergrated (gpu dalam APU) dan kartu grafis diskrit R7 M440. Sehingga sebenarnya baik dibaca secara terpisah maupun digabung sama saja.

  12. Aditya Rahmat
    Reply

    Halo min.. Laptop ini kalau sambil dipake maen game kayak pes 2017 baiknya sambil di cas (pake batery) atau kalau battery sudah 100% mending di cabut saja chargerannya terus kalau udah 20% di cas lagi?

  13. Hanrian
    Reply

    Min katanya kan “Klik kanan desktop, buka Radeon Software, buka Global Setting aktifkan Crossfire ON, atau ke menu preference, radeon additional settings, powerplay, aktifkan maximize performance. Atau atur di gaming tab, untuk Dark Soul III di High Performance.”

    Aku udah crossfire on, tapi pada menu preference nggak ada radeon additional setting, tolong dibantu min

    • Hi Hanrian

      Perlu diketahui untuk versi Radeon Software terbaru berbagai opsi yang ada pada Radeon Additional Setting telah berpindah posisi ke bagian tab “Setting” pada menu utama Radeon Setting.

      Semoga membantu, salam.

  14. Syam
    Reply

    Min, aku pernah denger dari org lain kalo hp 15 ba004ax ini ada yg seri lain dan spek nya kaya gini AMD Quad Core A10 9620P – Up to 3,6GHz | 8GB DDR4 | HD 1TB | DVD-RW | 15,6” | Radeon 535DX – 2GB | BT…. Bener gk min ini?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, support untuk semua sistem operasi termasuk sistem operasi terbaru, yang penting driver disediakan oleh HP yang bisa kamu cek di situs resmi HP.

    • Hi Abil,

      Saat bermain game walaupun yang terdeteksi dalam pengaturan game adalah Radeon R5, namun vga diskrit Radeon R8 M445DX 2GB yang akan berjalan di latar belakang.

      Pastikan powerplan Windows berada dalam mode “High-performance” agar fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik.

      Semoga bermanfaat, salam.

Tinggalkan Balasan