Ryzen 4000 Mobile Series Thumbnail

Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor, Prosesor Laptop Tercanggih, Pertama dan Satu-Satunya Prosesor 7nm Untuk Laptop

Intro AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor

Kekinian, kita dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi agar dapat melakukan segala sesuatu secara fleksibel kapanpun dan dimanapun. Maka dari itu, AMD sebagai salah satu perusahaan teknologi terdepan, memberikan yang terbaik kepada para penggunanya untuk dapat berpacu dengan jaman. Produk terbarunya, Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor dihadirkan untuk menjawab segala kebutuhan komputasi yang dibutuhkan semua orang pada platform laptop.

Menjadi prosesor laptop pertama di dunia dengan arsitektur 7nm yang bertenaga hingga 8 Core 16 Thread sehingga dapat menghadirkan performa tinggi bagi penggunanya, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan generasi pendahulunya. Terlihat dari terobosan pada sektor prosesor gamingnya, yang memiliki performa tinggi namun dengan TDP hanya sekitar 35W saja. Dipercaya, prosesor ini dapat membawa sebuah terobosan baru dalam dunia komputasi laptop ultrathin maupun laptop gaming.

 

AMD Ryzen™ 4000 U-Series

U-Series

Terdapat dua seri prosesor yang diluncurkan oleh AMD untuk mendobrak dunia komputasi laptop lebih tinggi lagi. Yang pertama adalah seri U. Seri ini diciptakan khusus oleh AMD untuk mentenagai laptop ultrathin mid-end hingga high-end. Prosesor Ryzen™ 4000 U-Series ini juga menjadi prosesor mobile bertenaga 8 Core 16 Thread pertama di dunia untuk segmen laptop ultrathin. Mulai dari AMD Ryzen™ 3 4300U yang memiliki 4 Core, hingga AMD Ryzen™ 7 4800U yang memiliki 8 Core. Semua prosesor seri U ini memiliki TDP hanya 15W.

Seri-U ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan laptop tipis dan ringan, serta mudah untuk dibawa berpergian kemanapun berkat konsumsi dayanya yang kecil. Berkat teknologi 7nm yang disematkan, walaupun hemat daya, prosesor ini mampu memberikan performa yang sangat tinggi di kelasnya. Berikut adalah perbandingan performa antara prosesor AMD Ryzen™ 4000 U-Series dengan prosesor kelas atas milik kompetitor.

Pengujian Ryzen™ 3 U 1 Pengujian Ryzen 3 U 2

Mulai dari Ryzen™ 3 4300U, apabila dibandingkan dengan prosesor generasi terbaru milik kompetitor, prosesor rancangan AMD ini dapat memberikan performa lebih tinggi hingga 55% pada pengujian Multi-Thread Performance menggunakan Cinebench R20 nT. Prosesor ini juga dapat memberikan performa content creation hingga 61% lebih besar dibandingkan kompetitor.

Pengujian Ryzen™ 5 U 1 Pengujian Ryzen™ 5 U 2

Beranjak ke pengujian AMD Ryzen™ 5 4600U yang memiliki 6 Core 12 Thread, performanya dapat mengungguli prosesor tercanggih milik kompetitor hingga 97% pada skor multi-thread. Prosesor dengan TDP 15W ini juga sudah mumpuni untuk dipakai content creation, karena memiliki performa hingga 62% lebih besar dibandingkan dengan kompetitor. Untuk gaming juga dapat dikatakan sangat siap, karena memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Salah satunya pada pengujian game Rocket League, AMD Ryzen™ 5 4500U serta Ryzen™ 5 4600U bisa mengungguli performa dari prosesor generasi terbaru kompetitor hingga lebih dari dua kali lipatnya.

Pengujian Ryzen™ 7 U 1 Pengujian Ryzen™ 7 U 2 Pengujian Ryzen™ 7 U 3

Lanjut ke varian tertinggi dari prosesor AMD Ryzen™ U-Series, AMD Ryzen™ 7 4800U yang juga menjadi prosesor mobile pertama di dunia bertenaga 8 Core 16 Thread. Apabila dibandingkan dengan prosesor kelas atas kompetitor, prosesor tercanggih seri U AMD ini memiliki performa multi-thread hingga 118% lebih besar. Dan memiliki performa content creation hingga 47% lebih tinggi menggunakan aplikasi Blender apabila dibandingkan dengan prosesor tercanggih kelas atas milik kompetitor. Untuk gaming pun juga memiliki performa yang lebih tinggi, salah satunya adalah pada game CS:GO dimana AMD Ryzen™ 7 4700U dan Ryzen™ 7 4800U bisa mendapatkan angka hingga 130FPS, dan kompetitor hanya mampu hingga 102FPS saja.

 

AMD Ryzen™ 4000 H-Series

List H-Series

Selanjutnya adalah AMD Ryzen™ 4000 H-Series dari AMD. Prosesor seri H ini diciptakan oleh AMD untuk mentenagai laptop gaming. Sudah berteknologi 7nm, prosesor ini menjadi prosesor mobile terkuat di dunia yang sudah dibekali 8 Core. Spesialnya, AMD juga menciptakan AMD Ryzen™ 4000 HS-Series yang memberikan performa tinggi selayaknya laptop gaming, namun dengan TDP yang lebih rendah hingga 10W dibandingkan H-Series. Prosesor H-Series ini juga dikatakan memiliki performa selayaknya PC Desktop dengan ukuran yang lebih compact. Berikut adalah pengujiannya dibandingkan dengan prosesor gaming kelas atas milik kompetitor.

Pengujian Ryzen™ 5 H 1

Prosesor AMD Ryzen™ 5 4600H yang memiliki 6 Core 12 Thread, jika dibandingkan dengan prosesor sekelas milik kompetitor, terlihat perbedaan performa yang signifikan. Mulai dari perbedaan Multi-Thread Performance hingga 138% lebih tinggi dari kompetitor, sampai pengujian Image Rendering yang menghasilkan angka 126% lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Prosesor ini tentunya cocok untuk Anda para pencari performa tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian.

Pengujian Ryzen™ 7 H 1 Pengujian Ryzen™ 7 H 2

Dalam pengujian game AAA pada resolusi 1080p, terlihat rata-rata AMD Ryzen™ 7 4800H dapat mengungguli performa kompetitor hingga 20-30% lebih besar di segala judul game. Mulai dari Rise of the Tomb Raider yang mengungguli performanya hingga 25FPS lebih besar, hingga pada game berat seperti Hitman yang dapat diungguli sampai 20FPS lebih tinggi dibandingkan prosesor gaming kelas atas milik kompetitor. Bahkan pada game eSports pun terlihat perbedaan performanya, seperti pada game Overwatch, prosesor yang memiliki base clock speed sebesar 2.9GHz ini mampu memberikan performa hingga 59FPS lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Dan dapat menjalankan game eSports lainnya di atas 118FPS dengan mudahnya.

Pengujian Ryzen™ 7 H 3

AMD Ryzen™ 7 4800H juga terbilang sangat cocok untuk digunakan para photo maupun video editor yang membutuhkan performa tinggi. Sebab dari pengujian image rendering yang dilakukan pada software benchmark Blender Classroom, didapatkan performa AMD Ryzen™ 7 4800H lebih tinggi hingga 44% dibandingkan prosesor kompetitor. Untuk video editing pun terbilang dapat dijalankan dengan lancar karena memiliki performa Multi-Thread hingga 46% lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Pastinya tidak perlu diragukan lagi performa dari prosesor Ryzen™ 7 4800H ini dalam menemani pengguna menuangkan ide-idenya.

Pengujian Ryzen™ 9 H 1

Jika AMD Ryzen™ 7 4800H saja memiliki kemampuan yang luar biasa, sekarang kita coba pengujian menggunakan prosesor spesial AMD Ryzen™ 9 4900HS yang memiliki TDP hanya sekitar 35W saja. Hasilnya, AMD Ryzen™ 9 4900HS memiliki performa hingga 56% lebih tinggi pada pengujian Blender BMW Scene dibandingkan dengan prosesor kompetitor yang memiliki TDP lebih besar. Serta performa Audio Encoding hingga 32% lebih besar menggunakan software LAME.

Pengujian Ryzen™ 9 H 2

Untuk gaming sendiri, prosesor terkuat seri HS ini memiliki performa gaming yang bukan main. Pada game eSports seperti CS:GO ataupun Rocket League, prosesor ini bisa mendapatkan FPS diatas 220FPS dan di atas 120FPS untuk game seperti DotA 2 ataupun League of Legends. Pada game AAA yang berat sekalipun, prosesor ber-TDP 35W ini mampu menjalankan dengan mudah. Seperti pada game F1 2019 yang memiliki tampilan grafis memukau, dapat dilibas hingga 121FPS! Dan game seperti Far Cry 5 yang terkenal berat pun dapat dijalankan hingga 90FPS.

 

Hadir Dengan Radeon™ Graphics

Radeon™ Graphics 1

Prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor hadir dengan dukungan Radeon™ Graphics yang memiliki performa setara kartu grafis diskrit. Pernyataan tersebut terbukti dari pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Software benchmark 3DMark Time Spy. Hasilnya, Radeon™ Graphics yang disematkan padaAMD Ryzen™ 5 4500U dan Ryzen™ 5 4600U memperoleh skor hingga 128 lebih tinggi daripada kartu grafis diskrit mobile milik kompetitor sekalipun.

Radeon™ Graphics 2

Kemudian untuk Radeon™ Graphics yang disematkan pada Ryzen™ 7 4700U dan Ryzen™ 7 4800U, juga memiliki performa setara kartu grafis diskrit mobile sekelas milik kompetitor. Buktinya, pada pengujian 3DMark Time Spy di resolusi 1440p, Radeon™ Graphics mampu mengungguli performa hingga 15 dibandingkan kompetitor. Tentunya segala keunggulan tersebut dapat dicapai berkat teknologi 7nm yang digunakan pada prosesor Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor serta Radeon™ Graphics yang ada. Pastinya dengan kolaborasi performa tinggi dari Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor dengan Radeon™ Graphics, segala kegiatan olah grafis mulai dari multimedia, editing, hingga gaming, dapat dijalankan dengan lancar dan lebih baik lagi.

 

Laptop Bertenaga AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor

ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14

Ada beberapa laptop bertenaga AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor yang sudah hadir di Indonesia. Salah satunya adalah ASUS ROG Zephyrus G14 yang diklaim menjadi laptop 14” paling bertenaga di dunia. Bagaimana tidak? Laptop ini sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS yang memiliki performa tinggi namun dengan TDP sekitar 35W saja. Desain yang minimalis juga berhasil diinovasikan berkat teknologi prosesor 7nm yang disematkan. Dengan layer 14” IPS FHD dengan 120Hz refresh rate yang disematkan, laptop ini bagaikan monster ganas dalam badan minimalis. Selengkapnya dapat disimak pada artikel ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming 14” Terkuat di Dunia Bertenaga AMD Ryzen™ 4000 H-Series.

 

ASUS TUF Gaming FX506

ASUS TUF Gaming FX506

Kemudian ada laptop ASUS TUF Gaming FX506. Sudah ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 4800H, laptop ini dapat memberikan performa tinggi untuk bermain game maupun content creation. Layar 15.6” FHD dengan 144Hz refresh rate yang disematkan juga makin mendukung penggunanya untuk mendapatkan pengalaman gaming lebih tinggi lagi. Untuk selengkapnya dapat disimak pada artikel ASUS TUF Gaming FX506: Laptop Gaming Canggih dengan Prosesor Ryzen™ 4000 Hingga 8 Core!

 

Lenovo IdeaPad Slim 3

Lenovo IdeaPad Slim 3

Dari sektor laptop tipis, hadir pula Lenovo IdeaPad Slim 3. Sudah ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor, laptop ini dapat memenuhi segala kebutuhan akan komputasi harian. Mulai dari komputasi kantoran, editing foto ataupun video ringan, hingga gaming mainstream, laptop ini dapat memenuhi segalanya. Semakin lengkap dengan tambahan RAM sebesar 8GB, dan media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, sangat siap untuk multitasking dan kegiatan lainnya.

 

Lenovo Legion 5

Lenovo Legion 5

Selanjutnya yang masih “fresh from the oven” hadir di Indonesia adalah Lenovo Legion 5. Laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 5 4600H atau Ryzen™ 7 4800H ini mampu memberikan sebuah pengalaman komputasi gaming yang berbeda dari yang lain. Dengan dukungan berbagai macam fitur khusus rancangan Lenovo, menjadikan laptop ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa didapatkan pada laptop lainnya. Berkat prosesor berteknologi 7nm yang disematkan, Lenovo Legion 5 cocok untuk Anda para gamer sejati maupun para content creator. Selengkapnya mengenai laptop ini, simak di Lenovo Legion 5: Laptop Gaming Dengan Prosesor Pertama 7nm Wujudkan Performa Idaman Para Gamer

 

Anda dapat memiliki laptop-laptop bertenaga AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor dan laptop bertenaga AMD lainnya dengan klik link dibawah ini.

shopee button

tokopedia button

 

Kesimpulan

Kesimpulan AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor

Berdasarkan hasil pengujian dengan kompetitor sekelas, saat kini dapat dikatakan bahwa prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor menjadi rajanya prosesor pada platform mobile di kelasnya masing-masing. Mulai dari Seri U yang dapat merubah stigma performa laptop ultrathin yang lambat menjadi super tinggi, hingga Seri H yang memiliki performa setara dengan PC Desktop. Juga menjadi prosesor mobile pertama di dunia berteknologi 7nm, serta pertama di dunia dengan tenaga 8 Core 16 thread yang mengubah stigma laptop gaming yang berat menjadi ringan serta tipis. Pastinya ini dapat menjadi pengalaman pertama yang hebat bagi Anda para pengguna prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor.

Belum lagi Radeon™ Graphics yang disematkan, semakin melengkapi performa tinggi dari prosesor Ryzen™, seakan mendobrak batasnya performa teratas menjadi lebih tinggi lagi. Mengungguli performa grafis dari prosesor kelas atas milik kompetitor, tentunya tidak perlu diragukan apabila Radeon™ Graphics yang disematkan dapat disetarakan dengan kartu grafis diskrit. Menjadikan dunia komputasi menjadi lebih canggih lagi, dan lagi.

 

Ada pula review mengenai ketiga laptop bertenaga AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor tersebut yang dapat kamu lihat di bawah ini.

 

 

Catatan Kaki

  • RM3-125 Prosesor laptop ultrathin yang memiliki TDP dasar 15W. Pada 20 Desember 2019, telah didemonstrasikan Prosesor Ryzen™ 4000 Mobile Seri-U yang memiliki hingga 8 Cores, jika dibandingkan dengan produk kompetitor (Prosesor mobile Intel Generasi Ke-10) yang menawarkan hingga 6 Cores.
  • RM3-218 Diuji di Laboratorium Performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada 3DMark Time Spy. Hasil dapat bervariasi. 3DMark merupakan merk dagang terdaftar pada Futuremark Corporation.
  • RM3-227 Prosesor Ryzen™ 7 4700U dan 4800 menawarkan performa FPS lebih tinggi pada beberapa judul game dibandingkan dengan prosesor mobile Intel Generasi Ke-10 Ice Lake dan Comet Lake.
  • RM3-127 “Prosesor Laptop Ultrathin” yang memiliki TDP 15W. Diuji pada laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 berpacu kepada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U menggunakan Cinebench R20 1T, Cinebench R20 nT dan 3DMark 11. Hasil dapat bervariatif. 3DMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-269 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada Cinebench R20 1T, Cinebech R20nT, dan 3DMark Time Spy. Hasil dapat bervariasi. 3DMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-219 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada PCMark 10 Benchmark. Hasil dapat bervariasi. PCMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-222 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada 7-Zip. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-223 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada HandBrake. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-224 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada Blender Bench CPU BMW 27. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-225 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada LAME Audio Encoding. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-226 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada PCMark 10 Digital Content Creation. Hasil dapat bervariasi. PCMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-227 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4800U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-1065G7, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10710U, dan Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I7-10510U pada Dawn of the Ancients, Fortnite, Rocket League, Overwatch, GTA V, dan CSGO di resolusi 1080p dan pengaturan Low. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-270 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada Cinebench R20 1T, Cinebench R20 nT, dan 3DMark Time Spy. Hasil dapat bervariasi. 3DMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-234 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada benchmark PCMark 10. Hasil dapat bervariasi. PCMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-237 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada 7-Zip. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-238 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada HandBrake. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-239 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada Bench Blender. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-240 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada LAME MP3 Encoder. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-241 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada DCC PCMark 1-. Hasil dapat bervariasi. PCMark merupakan merek dagang terdaftar atas Futuremark Corporation.
  • RM3-242 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 5 4600U, AMD Ryzen™ 5 4500U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-1035G1, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I5-10210U pada Dawn of the Ancients 2, Fortnite, League of Legends, Rocket League, Overwatch, GTA V, dan CSGO di resolusi 1080p dan pengaturan Low. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-66 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada Cinebench R20 1T dan nT. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-70 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada Benchmark PCMark 10. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-82 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada 7-Zip. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-86 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada 3DMark FireStrike. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-94 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada HandBrake. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-106 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada BMW27. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-110 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada LAME MP3 Encoder. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3-114 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 mengacu pada sistem AMD Ryzen™ 4300U, Dell XPS 7390 dengan prosesor Intel I3-1005G1 pada PCMark 10 Digital Content Creation. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3H-19 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 menggunakan laptop ASUS TUF Gaming FA506IV dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H, dan ASUS Zephyrus M GU502GV dengan prosesor Core i7-9750H dengan pengaturan High 1080p DotA2, Fortnite, Rocket League, Overwatch, CSGO, dan PUBG. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3H-20 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 9 Desember 2019 menggunakan laptop ASUS TUF Gaming FA506IV dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H, dan ASUS Zephyrus M GU502GV dengan prosesor Core i7-9750H dengan pengaturan High 1080p Far Cry 5, ME: SoW, GTA V, Civ VI, Deus Ex:MD, Hitman, F1 2018, AoS, Rise of the Tomb Raider, Monster Hunter World, Strange Brigade, The Witcher 3, Battlefield 1, dan Warhammer Vermintide 2. Hasil dapat bervariasi.
  • RM3H-29 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 30 Maret 2020 menggunakan MSI Bravo 17 A4DDK bertenaga Ryzen™ 7 4800H dan prosesor I7-9750H dengan sistem konfigurasi yang disetarakan pada benchmark: Cinebench R20 1T dan nT, POV-Ray nT, Blender Benchmark BMW dan Classroom, dan LAME MP3 Encoder. Manufaktur PC dapat bervariasi. Performa dapat bervariasi.
  • RM3H-34 Diuji di Laboratorium performa AMD pada 8 Mei 2020 menggunakan laptop bertenaga Ryzen™ 5 4600Hdan prosesor Intel i5-9300H dengan konfigurasi yang setara pada benchmark: Cinebench R20 1T dan nT, POV-Ray nT, Blender Benchmark BMW dan Classroom, dan LAME MP3 encoder. Manufaktur PC dapat bervariasi dengan konfigurasi hasil yang berbeda. Performa dapat bervariasi.
  • Kecepatan maksimal untuk prosesor AMD Ryzen™ adalah frekuensi tertinggi yang dapat dicapai dengan single core pada prosesor yang menjalankan rentetan pekerjaan single-thread. Kecepatan tertinggi dapat bervariasi pada beberapa faktor, termasuk, namun tidak terbatas kepada: Thermal Paste; sistem pendingin; desain motherboard dan BIOS; driver chipset AMD terbaru; dan update OS terkini. GD-150

Leave a Reply