GAMING REVIEW: Kupas Tuntas Kemampuan Gaming Notebook Lenovo Z40-75 dengan AMD APU A10

Kamu salah satu pengguna notebook yang tengah mencari notebook berperforma untuk gaming dengan harga terjangkau? Notebook Lenovo Z40-75 yang telah menggunakan prosessor AMD APU A10-7300 berarsitektur Kaveri dengan 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU) ini mungkin bisa menjadi  salah satu pilihan yang tepat untuk Anda, karena tak hanya mampu mengerjakan tugas harian seperti mengetik, browsing, mengedit foto dan multimedia, notebook ini juga memiliki kemampuan menjalankan game-game populer dengan pengaturan yang tepat.

 Lenovo Z40-75

Sekilas mengenai notebook ini, selain mempunyai prosessor APU A10-7300 dengan kecepatan hingga 3.2 GHz yang cukup powerful juga didukung oleh grafik Radeon R6 M255DX yang mendukung Dual Grafik untuk dorongan performa lebih baik. Namun walaupun memiliki performa tinggi tak perlu khawatir dengan  masalah daya, karena Lenovo IdeaPad Z40-75 juga mempunyai tingkat efisiensi yang sangat baik dengan nilai TDP-nya hanya 19 watt.

Lalu bagaimana dengan performa gaming notebook Lenovo Z40-75 satu ini? Mari simak pengujian selengkapnya!

Pengujian

Kali ini kami menggunakan Sistem Operasi Windows 8.1 dengan driver AMD Catalyst versi 15.7.1. Semua game yang kami ujikan kali ini semua dijalankan pada resolusi HD 1366x768p.

Bioshock Infinite

Anda yang gemar bermain game dengan genre First Person Shooter pasti familiar dengan game yang pernah sangat populer di tahun 2013 ini. Dengan plot menarik yang berbeda dibanding game First Person Shooter lain bertajuk militer, Anda bisa mencoba suasana baru yang ditawarkan game ini dengan menikmatinya pada Lenovo Z40-75. Kabar baiknya walau terbilang cukup berat, Anda bisa menjalankan game ini pada Lenovo Z40-75 dengan cukup memuaskan tanpa lag.

Di pengaturan Low, Lenovo Z40-75 menghasilkan skor rata-rata 30.87FPS hingga maksimal mencapai 41.44FPS. Sementara menggunakan pengaturan Very Low Anda bisa menikmati permainan yang lebih mulus lagi dengan menghasilkan skor rata-rata 41.7 FPS hingga maksimum mencapai 61.33FPS! Namun walau menggunakan pengaturan Low dan Very Low, grafik game ini tetap mampu tampil memukau untuk memanjakan mata Anda sehingga tak perlu khawatir permainan menjadi tidak asyik karenanya.

Lenovo Z40-75

Lenovo Z40-75

Anda Bisa Mendapatkan Jumlah FPS yang tinggi Saat Menjalankan Game Bioshock Infinite pada Lenovo Z40-75 hingga 60an FPS

Dirt Rally

Dirt Rally merupakan game balap terbaru yang mampu menyuguhkan sensasi pengalaman rally seperti aslinya, tak heran bila perangkat yang bisa menjalankan game ini juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk mampu menampilkan efek-efek grafis dengan sempurna tanpa cacat. Kabar baiknya pada pengujian kali ini, Lenovo Z40-75 ternyata mampu menjalankan game ini dengan baik mulai dari pengaturan Ultra Low hingga Medium!

Lenovo Z40-75

Pada pengaturan Medium kamu bisa mendapatkan skor rata-rata 29.73 FPS hingga maksimum 42.08 FPS, dimana artinya permainan mampu berjalan dengan mulus tanpa hambatan berarti. Namun jika Anda menginginkan permainan yang lebih responsif Anda bisa menurunkan pengaturan ke Low atau Ultra Low.

Lenovo Z40-75

Lenovo Z40-75

Pada pengaturan Low Anda bisa mendapatkan rata-rata FPS hingga 36.57 FPS dan maksimum hingga 51.09 FPS. Sedangkan pada pengaturan Ultra Low, Anda bisa mendapatkan rata-rata yang jauh lebih tinggi lagi dengan skor rata-rata mencapai 92.13 FPS dan maksimum mencapai hingga 123.90 FPS!

Lenovo Z40-75

Lenovo Z40-75

Lenovo Z40-75

Lenovo Z40-75

Dari pengujian kali ini tentunya bisa disimpulkan bahwa notebook Lenovo Z40-75 merupakan notebook yang sangat layak untuk Anda yang ingin menjajal game balap terbaru Dirt Rally ini. Bahkan Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS jika membeli sebelum 31 Desember 2015 lho.

DOTA 2

Dalam pengujian game, tentunya game online DOTA 2 tidak boleh terlewatkan! Apalagi game ini termasuk salah satu game online paling populer hingga saat ini dan memiliki banyak pemain setia di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Bila Anda merupakan penggemar dari game ini maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk membeli notebook Lenovo Z40-75 ini, sebab mulai dari settingan Medium hingga High Anda akan dapat memainkan game ini dengan sangat lancar tanpa adanya lag yang menghambat asyiknya permainan!

Lenovo Z40-75

Di pengaturan Medium, Lenovo Z40-75 ini mampu mencetak skor rata-rata 31.42 FPS hingga maksimum mampu mencapai 36 FPS. Jika Anda masih menginginkan efek grafis dengan kualitas lebih baik pada notebook ini saat menjalankan DOTA 2, Anda bisa menaikkan ke pengaturan Highdengan skor rata-ratanya 29.19 FPS dan maksimum hingga 33 FPS dimana  sudah cukup memberikan pengalaman gaming yang memuaskan.

Lenovo Z40-75

Anda Bisa Menaikkan Pengaturan hingga High Saat Menjalankan DOTA 2 di Notebook Lenovo Z40-75 dengan FPS maksimum mencapai 33 FPS

Grand Theft Auto V (GTA V)

Grand Theft Auto V (GTA V) merupakan salah satu judul game yang sudah pasti tidak asing lagi di telinga Anda! Terkenal dengan spesifikasi minimum yang berat dimana salah satunya dikenal membutuhkan porsi RAM yang besar dan minimal prosessor Quad Core untuk bisa menjalankannya dengan baik, Lenovo Z40-75 ternyata merupakan salah satu perangkat yang mampu memainkan game tersebut. Pada pengaturan Normal Anda bisa menembus skor tertinggi hingga 36.5 FPS.

Lenovo Z40-75

Lenovo Z40-75

Pro Evolution Soccer 2015 (PES 2015)

Anda penggemar game sepak bola besutan KONAMI satu ini? Jika ya, maka Anda bisa menjalankannya di Lenovo Z40-75 dengan lancar hingga pengaturan High! Skor rata-rata FPS yang dicapai pada pengaturan tertinggi ini adalah sekitar 57.29 FPS dengan nilai maksimum mencapai 63 FPS. Artinya, dengan pengaturan tertinggi pun kamu tetap bisa merasakan efek-efek keren di PES 2015, seperti memutar replay tanpa putus, mendapatkan reaksi pemain dengan cepat tanpa khawatir harus membuat laptop terbebani. Jika ingin mendapatkan jumlah FPS yang lebih tinggi Anda masih bisa menurunkan pengaturan ke Low atau Medium.

Lenovo Z40-75

Tomb Raider

Game dengan genre petualangan seperti Tomb Raider juga tak kalah seru bila dimainkan di notebook Lenovo Z40-75 satu ini! Game ini mampu menyajikan efek-efek visual yang sangat detail, dimana jika Anda menggunakan Lenovo IdeaPad Z40-75, Anda bisa menggunakan pengaturan Low untuk memperoleh performa mulus tanpa putus. Dalam pengujian game Tomb Raider kali ini, Lenovo Z40-75 ternyata mampu mencetak skor rata-rata hingga 34.4FPS dan maksimum 40 FPS lho.

Lenovo Z40-75

Bila dilihat dari hasil pengujian berbagai judul game  populer di atas pada notebook Lenovo Z40-75, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Anda sudah dapat menjalankan game-game tersebut dengan cukup lancar di notebook mainstream hasil kerjasama AMD dengan Lenovo satu ini. Bila budget yang Anda miliki tergolong pas-pasan namun sangat ingin memiliki sebuah notebook yang cukup handal untuk gaming, Lenovo Z40-75 yang dibanderol dengan harga Rp 6.699.000 juta Rupiah ini tentunya layak untuk Anda jadikan pilihan alternatif dibandingkan dengan notebook khusus gaming yang pada umumnya berharga sangat mahal hingga belasan juta rupiah!

Ditambah lagi, bila Anda membeli notebook ini sekarang, maka anda juga akan mendapat bonus beberapa game gratis yang dapat dipilih, antara lain Dirt Rally ,LEGO 3 Batman: Beyond GothamSpace Run, Habitat, Guacamelee & Tales from Space: Mutant Blobs Attack. Tapi ingat, kesempatan ini sangat terbatas hanya sampai 31 Desember 2015! Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan bonus tambahannya jangan sampai lupa membeli notebook ini sebelum batas waktu yang ditentukan. Anda bisa menyimak tutorial unduh game GRATISnya di sini.

Latest articles

Related articles

36 Comments

  1. min saya juga pakek lenovo z40-75 nah apakah pengujian untuk gta v itu ram nya di upgrade apa gak min?,saya ragu buat mainnya?

  2. gan laptop ane z40-75 . gahar memang. ane beli februari 2015. awalnya memang banyak kendala. namuns etelah berjalan sekian lama berbulan bulan dengan aplikasi design,editing video juga game game berat ps3 juga game online seperti LoL. laptop ini memng gahar. namun ada beberapa game yg saya tidak tau troubleshootingnya. salah satunya dota 2. saat saya nstall dota 2 pda saat permainan nya di (sudah pas bermain,di fieldnya) kok lyara peta nya memutih??? namun permainan tetap jalan tapi memutih saat berjalan lumayan jauh dari base pada saaat permainan berlangsung. tolong bantuannya mengenai hal tersebut. dan saya ingin tau bagaimana melihat versi driver AMD Catalyst yg saya punya. Karena saat saya baca postingan halaman ini versi driver AMD Catalyst yg dicoba utk game game yg dipaparkan versi 15.7.1 . Apakah versi laptop saya segitu juga? ato perlukah laptop saya lenovo z40-75 ini di updater vga dan segala macamnya?

    • Kamu bisa cek driver kamu dengan klik kanan desktop klik AMD Catalys Control Centre abis itu pada Information – Software disana kamu bisa lihat versi driver yang digunakan sekarang

      Untuk peta yang memutih mungkin kurang memori? Mungkin sebaiknya upgrade RAM ke dual channel untuk optimalkan kinerja APU pada laptop 🙂

  3. Admin laptop ini ram bisa di upgrade sampe berapa? Sama VGA ini juga bisa di upgrade tidak? kalau bisa maksimal sampai berapa? Makasih

  4. Min z40-75 resolusi layarnya berapa ya? Di web resmi lenovo bilang FHD tapi web lain HD doang. Terus kalo layar 14″ tapi resolusi FHD emang ukuran font bakal kecil? Thanks min

  5. min saya kan upgrade lenovo z 40-75 ke windows 10 ya tapi kok pas d upgrade dvd drivernya hilang ya min yg kebaca malah CD drive itu g mna ya min ???

    • Hi Alif, jadi sebenarnya laptop itu mempunyai kelebihannya masing masing, tapi Lenovo Z40-75 sudah termasuk generasi Kaveri, sedangkan ASUS X550DP itu termasuk generasi sebelumnya, sedangkan ASUS X550DP A10 sudah discontinue, yang ada hanya versi A8 😀

    • Hi Eko, laptop Lenovo Z40-75 dilengkapi dengan grafis AMD Radeon R6 M255DX, yang merupakan kombinasi dari grafis Radeon R6 Series yang tertanam dalam APU dan grafis diskrit Radeon R5 M230 😀

  6. Min laptop ane z40-75 tapi kok buat main pes aja ngelag ya 😂 padahal kebaca ram dan vganya. Padahal udah install driver dari lenovo buat windows 10 yg terbaru

  7. Min, ane udah pakai ni latop z40-75. OS Win10 x64. RAM ane upgade jadi 8GB. Nah, waktu nyobain PES 2016 kok sering nge lag ya, udah di coba semua settingan graphic dari low – high, semuanya sama ada lag. Kira-kira kenapa ya??

  8. Min, mau tanya
    Laptop lenovo z40-75 baterai kira kira mampu berapa jam saat digunakan browsing atau cuma digunakan liat video atau buat office ?

  9. min numpang tanya ini ama lenovo g40-80 untuk gaming unggulan mana ya trus z40-75 berapaan di pasaran budget ane 6-7 juta kalo ada saran buat yang lebih bagus mohon pencerahannya

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here