fbpx

Mengenal AMD FSR3 dan AFMF: Teknologi Canggih untuk Memuluskan FPS Pada Game!

AMD sebelumnya sudah dikenal berkat berbagai inovasi dalam teknologi terkait game yang bersifat open-source. Open-source di sini berarti teknologi ini dapat diadopsi dan berjalan di banyak variasi hardware termasuk di dalamnya adalah grafis Radeon™ dari AMD sendiri. Hal ini memungkinkan adopsi teknologi yang lebih cepat dari developer game dan mempercepat para gamer menikmati hasil perkembangan teknologi tersebut.

Yang terbaru dari AMD kali ini adalah AMD FidelityFX Super Resolution 3 (FSR3) dan AMD Fluid Motion Frames (AFMF). Kedua teknologi ini membantu membuat frame tambahan yang akan disisipkan di antara frame yang dirender, membuat grafis yang ditampilkan di layar tampak lebih mulus. Untuk lebih detailnya, akan dibahas mulai dari AMD FSR3.

AMD FidelityFX Super Resolution 3: Frame Generation untuk Meningkatkan Performa Gaming

AMD FSR3 merupakan penerus dari FSR2 yang sudah ada sebelumnya dengan menambahkan frame generation. Frame generation adalah kemampuan untuk membuat frame baru dan mempresentasikannya ke user untuk disisipkan di antara frame render. FSR3 melakukan hal tersebut dengan menambahkan dua teknologi baru yaitu frame interpolation dan optical flow.

Melalui AMD FSR3, teknologi frame generation bisa berjalan di berbagai hardware grafis yang tidak terbatas pada platform desktop. Teknologi ini direkomendasikan untuk digunakan ketika situasi sebelum interpolasi atau frame generation sudah berjalan di minimal 60 FPS. Sehingga, pada situasi yang ideal FSR3 mampu menghasilkan gambar hingga 120 FPS dari yang sebelumnya hanya 60 FPS.

Karena FSR3 merupakan penerus dari FSR2 dengan teknologi resolution upscaling yang sudah ada sebelumnya, para gamer bisa memilih kualitas upscaling yang diinginkan seperti “Quality” atau “Performance”. Sehingga, kualitas grafis yang diinginkan dapat disesuaikan dengan peningkatan performa yang dibutuhkan.

 

Peningkatan Performa Signifikan di AMD Radeon!

AMD telah menguji FSR3 di Forspoken pada berbagai kartu grafis Radeon™. Grafik di bawah adalah kondisi ketika gamer mengejar performa maksimal menggunakan FSR3.

Tampak bahwa performa gaming mampu meningkat hingga lebih dari 3 kali lipat di berbagai kartu grafis Radeon™ menggunakan preset FSR3 Performance + Frame Generation bila dibandingkan dengan tanpa FSR3, hasilnya menakjubkan.

Sedangkan apabila gamer ingin memperoleh kualitas grafis maksimal namun tetap membutuhkan peningkatan framerate dengan FSR3, bisa melalui mode native + Frame Generation dengan hasil seperti grafik di bawah ini.

Walau tanpa resolution upscaling, terlihat bahwa performa game Forspoken dapat ditingkatkan hingga hampir 2 kali lipat dibandingkan tanpa FSR3.

 

Reaksi tetap Cepat tanpa Peningkatan Latency

AMD FSR3 memasukkan teknologi untuk menurunkan latency sehingga dapat memberikan pengalaman gaming yang tetap responsif. Berikut adalah pengujian yang dilakukan AMD terhadap latency pada game Forspoken dan Immortals of Aveum menggunakan Radeon™ RX 7900 XTX dan Radeon™ RX 6800 XT.

Terlihat pada grafik di atas, FSR3 secara umum mengurangi latency untuk menghasilkan performa gaming yang lebih responsif berkat upscaling. Di samping itu, menggunakan frame generation juga tidak memberikan penalti latency yang signifikan.

 

Rekomendasi Settings untuk FSR3

AMD menyarankan untuk menggunakan V-Sync ketika menyalakan FSR3. Hal ini untuk memastikan frame pacing yang konsisten dengan refresh rate monitor. Selain itu, disarankan juga untuk mematikan Enhanced Sync di AMD Software: Adrenalin Edition karena dapat mengganggu dengan frame pacing. Namun demikian, FSR3 tetap dapat digunakan dengan V-Sync disabled untuk tujuan pengujian dan monitoring.

 

Rekomendasi Penggunaan Frame Generation

Gamer disarankan menyalakan frame generation ketika game sudah berjalan pada minimal 60 FPS untuk memastikan pengalaman gaming yang lebih optimal dan mengurangi efek samping dari peningkatan latency. Oleh sebab itu, AMD juga menyarankan penggunaan preset upscaling dan konfigurasi grafis yang sesuai.

Dukungan Berbagai Game dan Developer

AMD menjamin dukungan FSR3 pada berbagai game yang sudah maupun akan rilis.

Selain itu banyak juga studio, developer, dan game engine yang akan mendukung FSR3 untuk berbagai game lain di masa depan.

Hardware yang Mendukung FSR3

FSR3 merupakan standar terbuka yang tidak membutuhkan hardware machine learning tambahan, sehingga memastikan ia dapat dijalankan di berbagai produk dan platform termasuk konsol. AMD merekomendasikan FSR3 dengan upscaling dan frame generation menggunakan hardware berikut.

Supported and Recommended Hardware for using AMD FSR 3 with Upscaling and Frame Generation

Supported:
AMD Radeon™ RX 5000 Series and above

Recommended:
AMD Radeon™ RX 6000 Series and above

AMD Fluid Motion Frames: Satu Kali Klik Setting untuk Semua Game di AMD Software

Sebagai tambahan, AMD juga memasukkan fitur AMD Fluid Motion Frames (AFMF) ke dalam AMD Software: Adrenalin Edition. AFMF adalah teknologi frame generation yang termasuk dalam HYPR-RX untuk meningkatkan framerate di game-game DirectX 11 dan 12 pada grafis AMD Radeon RX 7000 Series. Teknologi ini membuat frame interpolation untuk menghasilkan frame tambahan sehingga gambar yang dihasilkan di layar menjadi lebih mulus.

Berbeda dengan FSR3 yang membutuhkan dukungan aktif dari developer game, AFMF mampu berjalan di semua game. Hal ini akan membantu gamer memperoleh pengalaman gaming yang lebih baik menggunakan grafis Radeon™ di berbagai game yang dimiliki cukup dengan satu klik.

Kesimpulan

AMD kembali lagi berhasil menunjukkan kemampuannya dalam membuat teknologi. Kali ini dengan AMD FidelityFX Super Resolution 3 (FSR3) dan AMD Fluid Motion Frames (AFMF) yang akan membantu menghasilkan grafis yang lebih mulus berkat peningkatan framerate di layar melalui teknologi frame generation dan frame interpolation. Menggunakan standar terbuka pada FSR3 untuk adopsi teknologi yang lebih mudah untuk game di masa depan serta solusi satu klik di AMD Software pada AFMF, keduanya adalah teknologi canggih yang mampu meningkatkan kenyamanan bermain game.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply